Loker2018.com ~ Sistem Seleksi CPNS Nasional 2018 Yang Wajib Anda ketahui

Seleksi CPNS merupakan proses penerimaan PNS yang diselenggarakan negara untuk menyeleksi para pendaftar agar dihasilkan PNS yang berkuwalitas tinggi. Hal ini dilakukan negara agar tercipta sistem yang baik dalam pelaksanaan pekerjaan negara.


Setiap pelaksanaan CPNS selalu melakukan peningkatan agar keamanan ujian dapat terjaga dengan baik. Peningkatan keamanan ini mengakibatkan perubahan yang terjadi dalam sistem seleksi CPNS. Perubahan ini lah yang patut anda perhatikan apanila hendak ikut dalam seleksi penerimaan CPNS tersebut. Berikut adalah tahapan yang harus anda lakukan dalam seleksi CPNS 2018.

Memahami Tata Cara Registrasi

Sebelum mengikuti seleksi CPNS tentulah anda harus mendaftarkan diri anda terlebih dahulu. Proses pendaftaran inilah yang disebut dengan proses registrasi. Pendaftaran dilakukan secara online bisa melalui komputer,laptop atau smartphone tapi dianjurkan dengan koneksi yang bagus. Anda tidak dikenakan biaya apapun dalam pendaftaran bahakan hingga tahapan ujian. Berikut adalah proses yang harus anda lakukan untuk registrasi. Selengkapnya lihat cara registrasi CPNS 2018

Melakukan Pendaftaran / Registrasi Acount

Sekarang anda tidak perlu lagi pergi ke kantor BKN untuk melakukan pendaftaran CPNS. Pendaftaran dibuka online yang bisa andaa akses melalui website https://sscn.bkn.go.id. Lihat cara membuat akun SSCN BKN.

Berikut adalah tahapan dalam pendaftaran online :
Pilih menu registrasi
Mengisikan Nomor induk keluarga , Nomor KK atau NIK kepala keluarga
Mengisi alamat email yang aktif , password dan beberapa pertanyaan keamanan
Mengupload pas foto min 120kb dan max 200kb dengan format JPG atau JPEG
Memcetak kartu informasi akun SSCN 2018

Login Ke Portal SSCN

Untuk mengupload kelengkapan data , anda dapat login ke portal SSCN menggunakan username dan password yang telah anda buat pada proses registrasi sebelumnya,pastikan username dan password yang anda masuka adalah benar. Apabila anda mengalami lupa password anda tidak perlu panik karena SSCN menyediakan tautan untuk mengembalikan akun anda dengan memasukan jawaban dari pertanyaan keamanan yang sebelumnya telah anda isikan saat pendaftaran.

Berikut adalah data-data yang perlu anda input pada portal SSCN melalui akun anda .
Mengunggah foto diri memegang KTP dan kartu informasi akun SSCN
Memilih instansi dan formasi jabatan sesuai dengan pendidikan anda
Melengkapi data diri pada form yang tersedia
Mengunggah dokumen yang diminta sesuai dengan persyaratan instansi yang dipilih
Mengecek informasi yang telah di input pada form melalui menu resume
Setelah tahap ini anda akan diminta untuk menunggu dari pihak SSCN memverifikasi data-data yang telah anda masukan.
Bila anda dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi anda akan mendapatkan kartu ujian yang digunakan untuk mengikuti seleksi selanjutnya sesuai ketentuan instansi
Mencetak kartu pendaftaran SSCN 2018
     “note : pendaftar hanya bisa memilih satu jabatan pada satu formasi dan satu instansi”

Mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer

Seleksi kemampuan dasar (SKD)

Seleksi kemampuan dasar ini dilakukan dalam beberapa jenis ujian. Ujian-ujian ini dilakukan berbasiskan komputer. Pada ujian SKD ini ada nilai ambang yang harus anda capai agar dapat lanjut ke tahap selanjutnya. Anda dapat mengikuti ujian SKD ini apabila telah lulus pada seleksi administrasi.

Berikut adalah tahapan-tahapan ujian SKD

o Tes wawasan kebangsaan (TWK)
Pada ujian TWK ini hal-hal yang diujikan berhubungan dengan pancasila,UUD 1945,bhineka tunggal ika dan NKRI. Meliputi sitem tata negara,sejarah perjuangan peranan dalam regional maupun global dan kemampuan bahasa indonesia. Oleh karena itu baikmya anda mulai mempelajari ilmu-ilmu mengenai hal-hal tersebut karena akan sangat besar peluang anda mendapatkan point yang tinggi.

o Tes intelegensi umum (TIU)
Pada test intelegensi umum ini menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan dan tulis, numerik seperti operasi perhitungan angka dan melihat hubungan angka, berpikir logis seperti penalaran secara runtut dan sistematis, berpikir analitis seperti mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

o Tes karakteristik pribadi (TKP)
Sesuai judulnya ujian ini bertujuan untuk melihat kepribadian anda. Hal-hal yang diujikan meliputi integritas diri, semangat prestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pelayanan, kemampuan adaptasi, mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan belajar berkelanjutan, bekerja sama dalam kelompok dan menggerakkan serta  mengkoordinir orang lain. Test ini juga akan menjadi ladang point bagi anda, karena pertanyaan yang diajukan notabennya berhubungan dengan psikologi dan kepribadian anda. Jadi persiapkanlah materi mengenai ujian ini agar anda mendapatkan poin yang tinggi.

Test lainnya yang biasanya ditentuka oleh instansi yang anda pilih
Test-test tahap ini biasnya berupa test keahlian yang ditentuka instansi yang anda pilih. Test ini bertujuan menguji keahlian anda apakah sudah mumpuni untuk bekerja pada bidang yang anda pilih. Jadi materi yang harus anda persiapkan ada keahlian seputar pekerjaan bukan akademik yang notabennya hanya seputar rumus di atas kertas.

Menunggu Pengumuman Kelulusan

Pengumuman kelulusan biasanya juga dibagi. Ada kelulusan per mata ujian  yang diujikan karena penerapan nilai ambaang batas. Jadi anda dapat lanjut ke ujian selanjutnya apabila anda dinyatakan lulus pada ujian sebelumnya. Untuk pengumuman hasil akhir ujian akan diumumkan melalu portal SSCN atau dapat dilihat melalui portal masing-masing instansi yang anda pilih.

Masukan Dan Saran 

Pendaftaran atau registrasi :
1. Mendaftarlah sendiri dan jangan menggunakan perwakilan. Tidak perlu takut bingung akan prosese pendaftaran karena portal SSCN akan langsung menuntun anda bertahap hingga pendaftaran anda selesai.
2. Sediakanlah sebuah email aktif anda. Dikarenakan SSCN akan mengirim verifikasi ke akun email anda maka hendaklah sebaiknya anda memiliki sebuah email aktif.
3. Memdaftarlah ditempat dimana jaringan internet anda stabil agar tidak terjadi putus koneksi saat pendaftaran. Putus koneksi saat pendaftaran dapat mengakibatkan anda diminta mengulangi proses pendaftaran dari awal lagi.

Ujian tulis :
1. Persiapkanlah diri anda agar dapat menjawab beragam jenis soal yang diberikan pada anda. Belajarlah sebanyak-banyaknya. Kuasailah materi dan lakukanlah latihan soal.
2. Yakinlah pada diri anda bahwa anda bisa mengerjakan ujian ini dengan kemampuan anda sendiri. Jangan harapkan bantuan dari orang lain atau kasarnya anda mencontek.
3. Ingat CPNS ini sama sekali tidaak dipungut biaya. Jadi apabila ada pihak-pihak yang meminta biaya dan menjanjikan anda kelulusan itu adalah sebuah penipuan. Anda dapat melaporkan pihak tersebut ke panitia agar dapat diproses lebih lanjut.
4. Ikutilah segala instruksi dari panitia pelaksana

Kelulusan :
Tidak ada point khusus yang harus anda lakukan sambil menunggu penentuan akhir kelulusan CPNS tersebut. Yakinlah bahwa apa yang telah anda usahakan akan terbayar. Bersyukurlah bila anda lulus dan janganlah kecewa bila anda gagal. Manusia boleh berencana tapi hasilnya tuhan yang tentukam. Berikut sedikit masukan mengenai hal tersebut
1. Perbanyaklah ibadah wajib anda
2. Berdoalah dengan sungguh-sungguh
3. Mintalah doa dari kedua orang tua anda

Bagikan :

Description
: Sscn.bkn.go.id 2018 : Sistem Seleksi CPNS Nasional 2018 Yang Wajib Anda ketahui
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Sscn.bkn.go.id 2018 : Sistem Seleksi CPNS Nasional 2018 Yang Wajib Anda ketahui
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:September 26, 2018