Loker2018.com ~ Saran Eks Peserta yang Sudah Jadi PNS, Ternyata Ada 5 Rahasia Lolos Tes CPNS 2018

Sistem seleksi CPNS nasional sudah menyapa. Akses ke portal SSCN BKN sudah resmi dibuka pada 26 September 2018.


Para pelamar CPNS 2018 yang kebanyakan adalah kaum milenial tentunya mulai mempersiapkan diri dengan segala perlengkapan syarat dan dokumen yang dibutuhkan.

Selain mengunggah berbagai dokumen yang menjadi persyaratan CPNS 2018, belajar lagi buku – buku sejarah dan materi soal CPNS juga tak kalah penting.

Apa saja sih yang harus dilakukan untuk menghadapi tes CPNS 2018? Yuk, simak saran dari para mantan peserta tes CPNS tahun sebelumnya, yang kini sudah berhasil menyandang status pegawai negeri sipil berikut.

1. Hindari kegagalan tes CPNS yang terjadi karena meremehkan masalah administrasi

Sebelum melamar suatu formasi jabatan, terlebih dahulu cari informasi apa saja deskripsi pekerjaan dan lingkup tugasnya.

Selain itu, baca dengan teliti apa saja persyaratan administrasinya. Pasalnya, tidak sedikit para peserta tes CPNS yang gagal hanya karena administrasi yang sepele, seperti yang disampaikan oleh Yungki Kantiana, PNS di Kementerian Ketenagakerjaan.

Sebagai contoh, banyak peserta CPNS yang mengabaikan persyaratan seperti latar belakang foto berwarna merah dan tidak menempelkan materai dalam surat pernyataan.

Patut diketahui bahwa Anda bersaing dengan jutaan orang kandidat terbaik. Hanya sedikit kesalahan, bisa menghalangi langkah Anda maju ke tahap tes CPNS selanjutnya.

 Jadi, pastikan agar tidak ceroboh dan tetap menaati semua persyaratan yang ditentukan pemerintah.

2. Membuka lagi buku mata pelajaran SMA. Seperti Buku Sejarah dan UUD 1945

Beberapa pelamar yang sudah belasan tahun lulus SMA, sangat wajar jika mungkin hanya mengingat sedikit atau beberapa poin penting tentang mata pelajaran Sejarah dan UUD 1945.

Jika ingin berhasil mengerjakan semua butir soal – soal tes CPNS dengan baik, maka dibutuhkan latihan soal secara konsisten sejak 2 minggu bahkan 1 bulan sebelumnya.

Latihan mengerjakan soal – soal Matematika, Pancasila, Sejarah atau UUD 45 akan menyegarkan kembali memori ingatan yang mungkin sudah mulai terhapus sejak lama.

Mata pelajaran tersebut biasanya akan muncul dalam kategori soal tes wawasan kebangsaan atau tes intelegensia umum.

Menurut Fatikhah Astri Amin, PNS dari Badan Pemeriksa Keuangan, disarankan para peserta juga banyak berlatih soal CAT yang ada di internet atau di buku.

3. Ketika tes CPNS berlangsung kerjakan soal – soal yang lebih mudah terlebih dahulu

Usai dinyatakan lulus administrasi atau pemberkasan, kemudian peserta CPNS akan melanjutkan tahapan selanjutnya yaitu seleksi tes kompetensi dasar. Tes ini telah menggunakan metode CAT (Computer Assisted Test).

Kerjakan soal – soal yang lebih mudah terlebih dahulu, dan baru nanti yang tersulit berusaha dikerjakan sebaik mungkin.

4. Jeli melihat peluang alokasi formasi jabatan yang paling banyak mendapatkan jatah kuota

Agar peluang lolos tes CPNS lebih besar, cobalah untuk lebih jeli melihat formasi jabatan yang masih sepi peminat atau paling banyak kuotanya.

Setiap pelamar hanya diperkenankan memilih satu formasi jabatan saja. Jadi, dengan memilih alokasi formasi jabatan yang membutuhkan kuota banyak, tentunya peluang Anda untuk terpilih akan lebih besar.

Seperti yang disampaikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yanuar Muslih. Ia menyebutkan bahwa alokasi formasi jabatan yang cukup banyak membutuhkan tenaga atau sumber daya manusia membuatnya sukses menyandang status PNS.

5. Monitor grafik pendaftar sesuai formasi untuk memasang strategi melamar CPNS 2018

Tak banyak diketahui masyarakat, jika selama proses pendaftaran CPNS 2018, BKN akan merilis grafik pendaftar di setiap formasi jabatan. Grafik pendaftar ini bisa dicek ketika masa pendaftaran berlangsung sudah separuh jalan.

Jadi, sebaiknya bersabar menunggu dan tidak terlalu buru – buru melamar formasi jabatan di awal, karena grafik masih belum terpetakan dan terlihat.

Grafik ini yang akan menunjukkan berapa perbandingan antara suatu formasi jabatan dengan jumlah pelamar. Sehingga lebih mudah memetakan persaingan dan meningkatkan peluang Anda untuk lolos tes CPNS 2018.

Bagikan :

Description
: Saran Eks Peserta yang Sudah Jadi PNS, Ternyata Ada 5 Rahasia Lolos Tes CPNS 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Saran Eks Peserta yang Sudah Jadi PNS, Ternyata Ada 5 Rahasia Lolos Tes CPNS 2018
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:September 25, 2018