Loker2018.com ~ Rekrutmen CPNS 2018, Nama KTP dan Ijazah kok Beda! Apa yang Harus Dilakukan?

Pada Rabu, 26 September 2018, portal sistem seleksi CPNS nasional atau SSCN BKN sudah resmi dibuka. Masyarakat umum yang ingin mengabdikan diri sebagai pegawai negeri sipil 2018 dapat segera memproses registrasi dan mengunggah berkas – berkas yang dibutuhkan.


Tak perlu terburu – buru, karena masih ada waktu sekitar 14 hari semenjak portal SSCN BKN resmi dibuka, agar trafficnya tidak terlalu padat.

Portal SSCN BKN diharapkan akan menjadi jalur pendaftaran satu pintu yang praktis dan efisien bagi para pelamar CPNS 2018.

Kenapa demikian? Pasalnya, dengan sistem berbasis situs web, pelamar tidak perlu lagi bermodal kertas alias paperless untuk mengajukan lamaran pada posisi formasi jabatan. Selain itu, pelamar tidak perlu lagi capek – capek mengirimkan surat lamaran via pos kilat atau reguler, karena semua berkas yang dibutuhkan cukup discan dan diunggah ke portal yang sama.

Ijasah Termasuk Persyaratan Berkas

Dengan memanfaatkan portal SSCN BKN, pelamar bisa melakukan login setiap saat ke dalam portal untuk mendapatkan bukti daftar akun atau memeriksa kembali kelengkapan dokumen sebelum dikirimkan.

Salah satu kelengkapan dokumen yang patut dipersiapkan adalah ijazah. Bagi lulusan S1/D4, D3, maupun SMA/sederajat, ijazah ibarat senjata pamungkas yang menjadi bekal Anda berjuang mengalahkan jutaan kandidat CPNS lainnya.

Ijazah cukup discan kemudian disimpan dalam format PDF dengan ukuran maksimal 300 KB. Kendati terdengar mudah, tampaknya masih ada beberapa pelamar yang mengalami kendala berkaitan dengan ijazah.

Antara lain soal perbedaan nama yang tertera pada ijazah dengan nama yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau akte kelahiran.

Apa yang harus dilakukan bila terdapat perbedaan nama pada ijazah dan KTP?

Pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyarankan agar calon pelamar yang mengalami permasalahan tersebut segera mengurus ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL) di kota masing – masing.

Dokumen resmi dan legal seperti ijazah yang dikeluarkan di kota setempat biasanya menjadi tolak ukur pengurusan profesi atau pekerjaan.

Tentunya akan sangat mengganggu dan bermasalah di kemudian hari jika perbedaan nama ini tidak segera diurus.

Pelamar bisa menghubungi kantor Dukcapil setempat untuk memperbarui data diri seperti nama identitas asli agar sesuai dengan nama ijazah.

Adapun untuk menghubungi tim Helpdesk Dukcapil secara online bisa melalui tautan http://dukcapil.kemendagri.go.id/contact.

Agar lebih cepat, Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil juga tersedia melalui panggilan telepon call center 021 30493838

Data Tidak Dapat Diperbaiki Setelah Terkirim

Tidak hanya perbedaan nama KTP dan ijazah yang kerap memicu masalah. Para pelamar yang terlanjur mengirimkan berkas unggahan tidak bisa lagi diperbaiki.

Untuk itulah, para peserta CPNS 2018 dihimbau agar benar – benar berhati – hati dalam memeriksa kembali berkas – berkasnya.

Jika data sudah dikirimkan, maka tidak bisa untuk diperbaiki atau diedit lagi.

Seperti yang tercantum pada fitur Frequently Asked Question (FAQ) yang tertera di portal SSCN BKN disebutkan bahwa pelamar TIDAK BISA memperbaiki data yang telah dikirim.

Satu – satunya cara mengantisipasi kesalahan adalah berhati – hati dan lebih seksama saat mengisi data.

Namun, tidak perlu khawatir berlebihan. Toh selama masa proses seleksi berlangsung, akan ada tahap – tahap selanjutnya. Seperti tahap wawancara dan pemberkasan.

Nah, pada tahap ini, pelamar yang lolos masih bisa memperbaiki data – data yang perlu diperbarui untuk memproses pemberkasan penetapan NIP.

Bagikan :

Description
: Rekrutmen CPNS 2018, Nama KTP dan Ijazah kok Beda! Apa yang Harus Dilakukan?
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Rekrutmen CPNS 2018, Nama KTP dan Ijazah kok Beda! Apa yang Harus Dilakukan?
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:September 25, 2018