Loker2018.com ~ Berikut kami berikan cara Download Formasi CPNS Papua / Jayapura 2018 dan Persyaratan Pendaftaran, dan peluang CPNS untuk papua memang di tahun 2018 cukup banyak, ayo cek formasi lengkapnya.


CPNS Provinsi Papua 2018

1. CPNS 2018 JAYAPURA:

Ketua Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kab. Jayapura, Alex Rumbobiar menyatakan, untuk format penerimaan CPNS untuk tahun 2018 sampai sekarang belum ada, masih menunggu informasi dari Menpan.

Alex Rumbobiar juga menambahkan, bahwa pihaknya sampai saat ini masih menunggu keputusan dari Menpan. Apabila telah ada panggilan pihaknya akan langsung membahas mengenai penerimaan CPNS ini ke pusat, supaya prosesnya bisa segera terlaksanakan.

Alex Rumbobiar menyatakan, 700 formasi ini harus diusulkan ke Menpan, oleh karena telah sesuai dengan analisis kebutuhan di daerah, dan telah dikaji. “700 formasi tersebut lebih banyak mengarah ke tenaga pengajar dan kesehatan. setidaknya kurang lebih ada 20 persen sampai dengan 40 persen tenaga infrastruktur yang lain. Sedangkan untuk tenaga pengajar (Guru) dan Kesehatan (Medis) 60 persen” jelas Alex. Update cek di CPNS Kab. Jayapura 2018

2. CPNS 2018 BIAK NUMFOR

Pemerintah Kab. Biak Numfor, Papua, mengusulkan  170 permintaan CPNS untuk tahun 2018 khusus formasi guru dan medis kepada Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Kementrian Aparatur Negara.

"Permintaan kebutuhan formasi CPNS Biak telah diajukan kepada pemerintah pusat, namun sampai sekarang belum mendapatkan petunjuk resmi dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi apakah pengajuan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor akan dipenuhi atau justru sebaliknya" jelas Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Karier SDM Biak I Putu Wiadnyana di Biak, 24 Agustus 2018.

Total PNS di Biak Numfor per Agustus 2018 sekitar 4.000 pegawau sesudah terjadinya pengalihan tenaga kerja ke PemProv Papua. Hal itu telah seusai dengan aturan emngenai pelimpahan tenaga PNS ke Pemerintah Provinsi Papua, yaitu guru SMA/SMK, kehutanan, serta tenaga pengawas pekerja. PNS di lingkup Pemkab Biak Numfor dengan total terbanyak berasal dari tenaga guru yang sudah sampai lebih dari 1.000 orang, sedangkan lainnya adalah tenaga medis dan tenaga umum teknis lainnya. Update cek CPNS Kab. Biak Numfor 2018

3. CPNS 2018 MERAUKE

Total penerimaan CPNS untukberdasarkan arahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara untuk Kab. Merauke, hanya berjumlah 90 orang. dan dikhususkan untuk tenaga guru dan kesehatan.

Hal tersebut telah disampaikan Wakil Bupati, Sularso, dengan sejumlah wartawan, pada Rabu,25/7/2018.

Dinyatakan, karena sistem penerimaan berpusat di kementerian, sehingga jumlahnya bisa saja bertambah atau tetap pada berjumlah 90 orang. dan proses penyeleksian akan dilakukan secara nasional.

“oleh karena itu, kita tidak mengetahui dengan pasti apakah penerimaan CPNS untuk Kabupaten Merauke, telah disesuaikan kebutuhan ataupun tidak,” jelasnya.

Wabup ditanya, apakah akan ada perhatian khusus untuk putra-putri asli papua? Wabup mengaku bahwa pernah terjadi pertemuan antara bupati/walikota se-Papua beserta Mendagri supaya diberikan kuota khusus, tetapi belum ada regulasi yang jelas. Update CPNS Kab. Merauke 2018

4. CPNS 2018 JAYAWIJAYA

Pemerintah (Bupati) Jayawijaya, Wempi Wetipo, berharap pada para generasi muda yang memiliki inovasi dan gagasan untuk dapat berwirausaha, daripada menjadi Pegawai Negeri Sipil PNS, untuk menjadi orentasi paling utama untuk bekerja. Hal tersebut disampaikannya, mengikuti terdapatnya penerimaan  CPNS untuk berbagai Kabupaten. yang dilakukan pemerintah pusat. Karena menurutnya, di era milenial seperti sekarang ini banyak hal lain yang bisa dilakukan oleh anak muda agar bisa berwirausaha atau menciptakan lapangan kerja sendiri, dengan modal ide, gagasan serta inovasi.

Menyikapi hal ini, tentunya sebagai orang muda yang memiliki energi yang besar tak boleh menunggu kapan pemerintah membuka lowongan CPNS, sebab itu hanya akan membuang-buang waktu dan membuat seseorang menjadi malas.

Sebatas untuk diketahui, penerimaan CPNS di Kabupaten Jayawijaya, Papua, masih hanya menunggu surat resmi keputusan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), mengenai sistem prekrutan di daerah tersebut.

“Informasi untuk penerimaan itu memang ada, bahkan jumlah kuota telah disampaikan hanya saja belum ada keputusan dari Kemenpan RB untuk mulai melakukan pendaftaran,” jelasnya. Update CPNS Kab. Jaya Wijaya 2018

5. CPNS 2018 NABIRE

Perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil yang direncanakan sejak tahun 2016, 2017 hingga 2018 belum juga bisa terealisasi. BKPSDA Kabupaten Nabire juga sedang menunggu keputusan resmi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

”Kami sedang menunggu keputusan resmi dari Kemenpan, apabila kemenpan telah memberikan surat perintah maka Gubernur akan segera perintahkan seluruh Bupati agar membuka pendaftaran CPNS,” kata Sekretaris BKPSDA, Anton Pekei pada Nasiona Xpos, 3- Agustus- 2018.

Menurut pendapat Anton, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil dan khususnya di Kabupaten Nabire bisa dilakukan jika ada surat perintah dari Kemenpan RB. Sampai saat ini untuk realisasi peneriman CPNS telah direncanakan Pemerintah melalui Kemenpan RB.

“Wilayah Papua telah diberikan formasi CPNS khusus oleh Pemerintah, formasi yang diberikan adalah Kesehatan, Tenaga pengajar dan Penyuluh2 pertanian. Hal itersebut disampaikan saat rakornis dekade Provinsi Papua di Bali.” jelasnya.

“Tunggu saja pengumuman dari Bupati yang berdasarkan hasil keputusan Kemenpan. apabila surat Kemenpan telah beredar maka Bupati akan secara resmi mengumumkan untuk semua masyarakat Kabupaten Nabire.” tutupnya. Update cek CPNS Kab. Nabire 2018

6. CPNS 2018 MIMIKA

Pemerintah Kabupaten Mimika, Yohanis Bassang selaku Wakil Bupati Mimika, menolak pelaksanaan tes CPNS tahun 2018 yang akan dilaksanakan di kabupaten maupun kota di Provinsi Papua serta Papua Barat menggunakan sistem online (daring). 

Berkenaan dengan berita tersebut, Paskalis Kirwelakubun selaku pemimppin BKDD Mimika, mengatakan pihaknya akan menolong para calon peserta tes CPNS 2018 yang tidak mempunyai kemampuan dalam melakukan pendaftaran mandiri melalui jalur online (daring). 

"Peserta diperbolehkan mendaftar sendiri ataupun datang ke kantor BKDD agar dibantu untuk didaftarkan. Di kantor para staf akan membantu cara untuk pendaftaran daring (online) karena tidak semua calon mempunyai kemampuan tersebut," jelas Paskalis di Timika, Papua, 6/08/2018. 

Paskalis juga menjelaskan dokumen-dokumen terkait untuk pendaftaran yang perlu dipersiapkan dengan baik, seperti kartu keluarga (KK), Surat keterangan lulus sekolah (ijazah), transkip nilai serta pas foto, paling utama adalah e-KTP dikarenakan NIK calon peserta tes CPNS digunakan untuk bisa login ke situs resmi saat pendaftaran CPNS.

"Jadi, dokumen-dokumen penting tersebut yang perlu disiapkan, sementara untuk dokumen seperti SKCK, surat keterangan sehat dri dokter, dan lain-lain boleh untuk diurus setelah dinyatakan lulus"

Semua warga negara yang telah berusia 18 sampai 35 tahun, telah memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti tes CPNS 2018, termasuk untuk semua tenaga honorer yang ada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Mimika. jelas Paskalis. Update cek CPNS Kab. Mimika 2018

7. CPNS 2018 BOVEN DIGOEL

Pemerintah kabupaten Boven Digoel, Papua, mengajukan sejumlah 500 calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tingkat pusat yang akan ikut pada penerimaan pada tahun 2018. Dari jumlah 500 tersebut, 70 persennya nya adalah untuk kuota khusus orang asli Boven Digoel dan sisa 30 persen untuk para pendatang.

Benediktus Tambonop, selaku Bupati Boven Digoel,  menyatakan, secara nasional kuota yang telah ditetapkan berkisar 60:40 tetapi pemerintah kabupaten Boven mengajukan 70:30 supaya tidak akan menimbulkan kesenjangan sosial karna anak asli daerah tidak diberi ruang.

Berdasarkan dari media ini pada informasi yang telah dikeluarkan di Metro TV beberapa saat yang lalu, pendaftaran untuk penerimaan CPNS 2018 telah berbeda dengan tahun-tahun sebelumya. Pendaftaran untuk CPNS 2018 sekarang hanya menggunakan satu portal nasional yaitu sscn.bkn.go.id yang dimana website tersebut hanya dikelola oleh pihak dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Update cek CPNS Kab. Boven Digoel 2018

8. CPNS 2018 WAROPEN

Kabupaten Waropen, papua, masih belum menyerahkan berkas untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Daerah tersebut menjadi satu-satunya dari 29 kabupaten di Papua yang belum menyerahkan berkas perbaikan formasi CPNS untuk tahun 2014.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Prov. Papua menjelaskan, Provinsi Papua memiliki kuota sebanyak 173 orang, yang lebih mementingkan bidang pendidikan sebanyak 35 persen, perawat 35 persen serta teknis 30 persen.

Ia juga menyampaikan untuk penerimaan CPNS 2018 saya belum tahu, karena kami lebih fokus untuk perbaikan formasi CPNS 2014 yang belum diserahkan.

Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elyza Auri mengaku merasa khawatir akan kekuarangan tenaga aparatur sipil negara jika Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tidak melakukan pencabutan moratorium mengenai penerimaan CPNS.

Untuk langkah awal pada saat ini pemerintah provinsi Papua yang melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) melakukan pendataan kembali jumlah pegawai.

"Hasil untuk pendataan tersebut, saya pikir akan bisa mengetahui jumlah kekurangan SDM yang nanti akan dibutuhkan oleh pemerintah di daerah," jelasnya. Update CPNS Kab. Waropen 2018

9. CPNS 2018 DOGIYAI

Pemerintah Dogiyai, Provinsi Papua, Yakobus Dumupa selaku Bupati Dogiyai, mengaku sudah melakukan konsultasi mengenai rencana untuk penerimaan CPNS/ calon ASN untuk tahun 2018 serta rencana program reformasi birokrasi untuk daerah yang ia pimpin. Konsultasi tersebut langsung ke Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, di Jakarta.

“Sebagai perencanaan penerimaan calon ASN, saya telah meminta kepada bapak Menteri agar menerima semua usulan dari jumlah CPNS atau calon ASN tanpa mengurangi satu pun,” jelas Dumupa, pada saat siaran pers yang telah diterima Jubi, pada Jumat, (26/5/2018).

menurutnya usulan tersebut telah sesuai dengan kebutuhan untuk daerah tersebut, sedangkan pada reformasi birokrasi ia sudah memutuskan beberapa kebijakan serta tindakan yang spontan untuk menegakan kedisiplinan ASN pada daerah yang ia pimpin.

Dumupa juga meminta bantuan kepada Menteri agar dapat memberikan pembekalan untuk seluruh ASN di Kabupaten Dogiyai yang berkaitan mengenai kedisiplinan dan tugas serta fungsi untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan.

Asman Abnur selaku Menteri memberikan apresiasi untuk kesiapan Pemerintah Kabupaten Dogiyai dalam pelaksanaan penerimaan para calon ASN. Dan Ia mendukung pelaksanaan program reformasi birokrasi yang telah direncanakan oleh Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa.

“Dan juga siap untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan, terutama berhubungan tentang pembekalan bagi semua calon ASN di Kabupaten Dogiyai,” jelas Asman. Update cek CPNS Kab. Dogiyai 2018

10. CPNS 2018 KOTA JAYAPURA

Dinas Tenaga Kerja di Kota Jayapura telah mencatat jumlah pencari kerja, sampai dengan Agustus 2018 telah mencapai 7.900 pencari kerja. Total ini akan terus meningkat, dikarenakan rata-rata pencari kerja menunggu dimulai nya penerimaan CPNS.

Kepala Dinas Tenaga Kerja di Kota Jayapura, Djoni Naa mengatakan pencari kerja di Kota Jayapura berkisaran umur 16-25 tahun.

“Setiap tiga bulan sekali kami telah mencetak sebanyak 1500-an kartu untuk pencari kerja (AK-1) dan biasanya untuk sehari bisa habis sejumlah 70-100 kartu,"  jelas Djoni, Kamis (13/9) .

Djoni juga menyampaikan bahwa tantangan terbesar pemerintah pada saat ini yaitu mencari formula untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi para pencari kerja yang setiap tahunnya tterus bertambah. Ujarnya. cek Update di CPNS Kota Jayapura 2018

Nah untuk semua formasi CPNS Papua tahun 2018 yang tidak dibahas pada penjelasan diatas maka bisa langsung cek informasinya di Formasi CPNS 2018 Seluruh Kabupaten Kota di Papua dan Download Formasi CPNS Papua / Jayapura 2018 dan Persyaratan Pendaftaran di Download Formasi CPNS 2018 PDF.

Bagikan :

Description
: Download Formasi CPNS Papua / Jayapura 2018 dan Persyaratan Pendaftaran
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Download Formasi CPNS Papua / Jayapura 2018 dan Persyaratan Pendaftaran
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:September 14, 2018