Loker2018.com ~ Bagi para pencari info CPNS 2018 berikut kami akan berikan info Download Formasi CPNS NTT / Kupang 2018 dan Persyaratan Pendaftaran, silahkan disimak.




KABUPATEN KUPANG

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang mendapat jatah kuota penerimaan CPNSD 2018 sebanyak 249 kursi. Kuota ini lebih diutamakan pada tenaga guru, kesehatan dan tenaga teknis dengan kualifikasi sarjana.

Dalam surat dari BKN itu, kuota yang diberikan sebanyak 249 kursi atau kurang dari kebutuhan yang diajukan.

"Kalau lihat dari kebutuhan memang kuota ini kurang. Kita masih butuh banyak tenaga guru, kesehatan dan tenaga teknis. Tapi kita syukuri ada penerimaan cuma soal waktu dan teknisnya seperti apa nanti pulang dari Jakarta baru diketahui. Kami dipanggil rapat di BKN tanggal 6 September ini," ujar Joni.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah Kabupaten Kupang melalui BKPP telah mengusulkan total kebutuhan CPNSD secara umum yang dibutuhkan daerah sebanyak 2.000 orang. Kebutuhan diprioritasikan pada tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga infrastruktur.

KABUPATEN NAGEKEO

Pemerintah Daerah Nagekeo sudah mendapatkan jumlah kuota resmi dari Kemenpan RI terkait seleksi CPNSD.

Pemerintah Nagekeo saat ini sudah menerima kuota CPNSD sebanyak 237 orang.

Sebelumnya mengusulkan kuota yaitu 258 orang. Namun yang disetujui hanya 237 orang.

Kuota itu terdiri dari tiga formasi diantaranya Kesehatan, Guru dan Tenaga Teknisi lainnya.

"Pemda Nagekeo mengusulkan 258 kuota tapi yang disetujui oleh Kemenpan hanya 237. Kebutuhan tenaga kesehatan yaitu 119 kuota, guru 86 dan tenaga teknisi lainnya 32 orang," ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Nagekeo, Bertin Seke, kepada POS KUPANG.COM, Senin (10/9/2018).

Ia mengatakan pendaftaran dibuka secara nasional serentak 19 September 2018.

Ia mengatakan pihaknya sudah berupaya untuk mengakomodir usulan untuk 258 kuota, namun Kemenpan hanya menyetujui 237 kuota.

KABUPATEN BELU

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu akhirnya mendapat quota CPNS tahun 2018 sebanyak 167 orang.

Pemberian jatah CPNS ini melalui perjauang keras Bupati Belu, Willybrodus Lay pasca keputusan Menpan-RB yang menyatakan Kabupaten Belu nol fomasi CPNS beberapa hari lalu.

Bupati Belu, Willybrodus Lay mengatakan hal itu dihadapan peserta aksi damai dan para anggota DPRD, di Gedung DPRD Belu, Senin (17/9/2018).

Perjuangan dari Pemerintah Kabupaten Belu akhirnya ditindaklanjuti oleh kementerian dan Menpan-RB memberikan jatah CPNS tahun 2018 untuk Kabupaten Belu sebanyak 167 orang.

"Melalui perjuangan dan doa, akhirnya kita mendapat jawaban dari Tuhan. Tuhan mempu mengetuk hati Menteri, sehinga kita diberikan 167 kuota formasi CPNS tahun 2018. Ini berkat doa dan harapan masyarakat Belu," kata Willy Lay.

Diberitakan POS-KUPANG.COM, Forum Penyuara Masyarakat Perbatasan (FPMP) menggelar aksi damai di Gedung DPRD Belu, Senin (17/9/2018).

Dalam orasinya, Forum ini menilai pemerintah tidak serius mengurus masyarakat Belu, khusus mengurus CPNS.

KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) resmi mendapat kuota formasi CPNS dari Kemen PAN-RB. Tahun 2018 ini Kabupaten TTU mendapat 165 formasi CPNS.

Meski demikian, formasi yang ditentukan oleh Kemen PAN-RB tersebut tidak sesuai dengan formasi yang diusulkan oleh Pemkab TTU. Pasalnya Kemen PAN-RB hanya mengakomodir sebagian dari kuota yang diusulkan sebanyak 324 formasi.

Informasi yang dihimpun Timor Express, kebutuhan tenaga pengajar pada Sekolah Dasar di Kabupaten TTU sebanyak 750 orang, untuk SMP sebanyak 550 orang. Untuk tenaga kesehatan, yang dibutuhkan sebanyak 680 bidan dan perawat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten TTU, Fransiskus Tilis Kepada Timor Express, Minggu (3/6) melalui Kabid Kesra Irenius Abi, mengatakan formasi yang ditetapkan Kemen PAN-RB hanya 50 persen dari Pemkab TTU yakni 324 formasi.

Dikatakan, untuk tahun 2018, mayoritas kebutuhan adalah tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. “Namun Kuota ini belum menjawab kebutuhan pemerintah daerah,” kata Irenius.

Menurutnya, usulan formasi oleh Pemkab TTU sesuai dengan jumlah PNS yang pensiun penuh

“Seharusnya Kemen PAN-RB memberikan kuota sesuai dengan usulan dari pemerintah daerah sehingga bisa memenuhi kebutuhan di lingkup Pemda TTU,” ujarnya.

KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA

Berdasarkan data yang diperoleh Timor Express, 20 kabupaten/kota minus Sumba Barat Daya dan Malaka, akan merekrut 5.301 PNS pada tahun ini. Sementara itu Pemerintah Provinsi NTT sebelumnya telah mengusulkan 1.320 formasi ke Kemen PAN RB. Namun belum diketahui berapa total yang disetujui.

Sekretaris Daerah NTT, Benediktus Polo Maing sebelumnya menjelaskan dalam surat usulan yang ditandatangani Gubernur NTT, Frans Lebu Raya disebutkan, kebutuhan PNS di Pemprov NTT tahun 2018 sebanyak 1.320 orang dan didominasi tenaga guru. Rinciannya, guru 1.122 orang, diikuti tenaga teknis sebanyak 143 orang dan tenaga kesehatan 55 orang.

Saat ini PNS pada Pemprov NTT sebanyak 15.241 orang, yakni terbanyak pejabat fungsional tertentu sebanyak 7.772 orang. Diikuti pelaksana 6.280 orang, pengawas 834 orang, administrator 302, pejabat pimpinan tinggi pratama 52 orang serta pejabat tinggi madya satu orang.

KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Guna mendapatkan kuota pengadaan tenaga Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pemerintah Kabupaten TTS dituntut untuk melakukan analisis beban kerja (ABK) CPNS yang akan direkrut.

Selain itu, pemerintah daerah juga dituntut untuk menjabarkan secara rinci pekerjaan-pekerjaan yang akan dikerjaan oleh CPNS yang direkrut dengan ketentuan seorang CPNS, harus dibebankan pekerjaan di atas 1.000 beban dalam satu tahun.

Untuk melakukan penghitungan dan pengkajian beban kerja CPNS di TTS, Pemkab TTS Telah membentuk empat tim untuk melakuka analisa terhadap 67 OPD yang ada di TTS, serta Unit Kerja Perangkat Daerah (UPTD) seperti tingkat SD 504 UPT dan 147 UPTD tingkat SLTP.

Khusus untuk guru, dilakukan analisasa per mata pelajaran. Jika dalam analisa satu jabatan guru terdapat 1000 lebih beban kerja yang dapat dikerjakan dalam satu tahun, maka akan dibukakan formasi. Tetapi jika dalam analisa beban kerja tidak mencapai 1000 lebih dalam satu tahun, maka tidak bisa diadakan tenaga.

"Jika sesuai peraturan Permendagri maka untuk SD saja kita butuh tenaga akuntasi sebanyak 504, tetapi itu harus dihitung beban kerjanya agar dalam satu tahun itu bisa melaksanakan beban kerja di atas 1.000 item beban kerja dalam satu tahun, yang dijabarkan dalam setiap jam kerja. Jadi memang membutuhkan waktu untuk mengalokasi dan menyusun beban kerja secara rinci.

KABUPATEN BELU

Menurut Ose Luan, Bupati Belu sudah berangkat ke Jakarta untuk mengurus segala urusan pemerintahan termasuk mengurus CPNS yang tidak dapat formasi.

"Kita tetap perjuangkan. Pak Bupati sudah ke Jakarta tadi pagi (Kamis pagi-Red)," kata Ose Luan.

Selain Bupati ke Jakarta, DPRD Kabupaten Belu juga langsung menggelar pertemuan dengan pemerintah, Kamis (13/9/2018). Inti pertemuan adalah untuk mencaritahu akar persoalan sehingga quota CPNS untuk Kabupaten Belu tahun 2018 tidak ada.

Diberitakan Pos Kuoang.Com, Kabupaten Belu tidak mendapat quota CPNS tahun 2018 karena kelalaian pemerintah. Pemerinta terlambat memberikan usulan ke Menpan-RB. Keterlambatan ini diduga akibat mis-komunikasi antara antara staf, pimpinan instansi teknis dan pimpinan lebih atas yakni, Sekda, Wakil Bupati dan Bupati. Penyebab utamanya mulai dari  bawahan dan pimpinan di BKPP Kabupaten Belu.

KABUPATEN FLORES TIMUR

Flores Timur dan Ende ternyata mempunyai jatah CPNSD tahun 2018. Mengapa kedua kabupaten ini disebut tidak mempunyai data CPNSD?

Berdasarkan data yang diperoleh POS-KUPANG.COM dari Wakil Bupati Flotim, Agustinus Payong Boli, Kamis (13/9/2018) ternyata untuk Flotim dan Ende terdaftar di Provinsi Nusa Tenggara Barat atau NTB.

Dalam data tersebut Flotim mendapat jatah 282 CPNSD dan Ende sebanyak 165 orang.

Agus Boli mengaku mendatangi sendiri Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta dan bertemu langsung dengan bapak Samsul Bagian Perencanan SDM Aparatur.

Agus Boli menyatakan Flotim siap dengan sistem CAT untuk test CPNSD.

KABUPATEN ENDE

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende memastikan akan menerima CPNS Tahun Anggaran (TA) 2018.

Pendaftaran CPNS 2018 di Kabupaten Ende akan dibuka untuk jalur umum maupun lewat jalur khusus eks honorer K 2 yang memenuhi syarat.

Pendaftaran CPNS 2018 di Kabupaten Ende ini dipastikan setelah mendapatkan informasi dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Regormasi Birokrasi (Kemenpan RB)) namun demikian untuk jumlah formasi belum bisa diumumkan.

Agustinus mengatakan, pihaknya memastikan bahwa tahun ini Pemda Ende akan menerima CPNS baik dari jalur umum maupun khusus eks honorer K 2 yang memenuhi syarat.

“Kalau ditanya apa kali ini Pemda Ende terima CPNS ya memang akan terima namun untuk jumlah dan formasi akan diumumkan kemudian.

Kita di Ende bersyukur bahwa masih bisa menerima CPNS tahun ini karena ada beberapa daerah di NTT justru tidak bisa menerima CPNS,”kata Agustinus.

KABUPATEN SUMBA TIMOR

Pihak pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur melalui Badan Kepegewaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Sumba Timur sudah mengusulkan 152 orang formasi CPNS. 152 orang CPNS yang diusulkan tersebut paling banyak adalah pendidikan dan kesehatan dan sisanya pada dinas teknis birokrasi.

Lu Pelindima menyebutkan 152 orang CPNS yang diusulkan tersebut antara lain, untuk pendidikan guru 52 orang yakni guru SD sebanyak 40 orang CPNS dan guru SMP sebanyak 12 orang CPNS.

Kesehatan sebanyak 35 orang formasi CPNS yakni Dinas Kesehatan 26 dan RSUD 9 orang CPNS.

Sementara sisanya sebanyak 65 orang formasi CPNS pada dinas teknis lainya pada birokrasi. Usulan itu sudah diberikan pihaknya sejak bulan Mei 2018 kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI.

KABUPATEN SUMBA BARAT

Sekretaris daerah Kabupaten Sumba Barat, Drs.Umbu Dingu Dedi mengatakan jatah CPNS Kabupaten Sumba Barat tahun 2018 sebanyak 286 orang.

Dari jumlah tersebut, paling banyak dibutuhkan adalah tenaga guru dan kesehatan.

Sekretaris daerah Kabupaten Sumba Barat, Drs.Umbu Dingu Dedi menyampaikan hal itu ketika ditemui pos kupang di Kampung Bondo Maroto, Sumba Barat, Selasa (11/9/2018). Menurutnya, tes CPNS tahun 2018 berlangsung secara online.

KABUPATEN SUMBA TENGAH

Sekretaris daerah Kabupaten Sumba Tengah, Drs.Umbu Sawola menyampaikan hal itu di kantor DPRD Sumba Tengah diselah-selah menghadiri sidang DPRD yang membahas tiga Ranperda yang diusulkan pemerintah, Rabu (5/9/2018) pagi.

Menurutnya, hari ini juga (Rabu, 5/9/2018), dirinya berangkat ke Jakarta untuk mengikuti rapat dengan kementerian PAN RI tentang rincian kebutuhan formasi dan teknis pengadaan CPNS tahun 2018 yang akan berlangsung, Kamis (6/9/2018).

Karena itu, ia meminta masyarajat Sumba Tengah bersabar menunggu pengumuman resmi pemerintah nanti.

KABUPATEN MALAKA

Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mengusulkan 750 orang calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di tahun 2018.

Kepala BKD Kabupaten Malaka, Veronika Flora Fahik, Jumat (27/5/2018) kepada pos-kupang.com mengatakan, usulan ini untuk mengisi formasi yang masih lowong di pemerintahan.

Sedangkan usulan untuk tahun 2018 ini sebanyak 750 orang untuk mengisi jabatan yang masih lowong.

Veronika belum mendapat infromasi terkait kuota yang diberikan Menpan-RB untuk Pemerintah Kabupate Malaka.

"Kita sudah usulkan untuk masa lima tahun. Tahun 2018 ini kita usulkan 750 orang. Informasi tentang jatah kita di Malaka belum ada. Nanti Menpa-RB akan sampaikan lewat websitew kita punya," kata Veronika.

KOTA KUPANG

Kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2018 untuk Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur mendapat formasi sebanyak 250 orang.

"Kami sudah menerima formasi dari pemerintah pusat untuk penerimaan CPNS 2018 dengan jumlah formasi sekitar 250 orang," kata pelaksana tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kupang, Ade Manafe kepada wartawan di Kupang, Jumat (14/9/2018).

Ia mengatakan, pemerintah Kota Kupang semula mengusulkan formasi sebanyak 500 formasi namun yang disetujui pemerintah pusat lebih dari 250 formasi.

"Jadi kita dapat lebih dari 50 persen dari formasi yang diusulkan kepada pemerintah pusat," kada Ade.

Menurut dia, formasi penerimaan CPNS di ibu kota provinsi berbasis kepulauan ini akan dibagi tiga formasi yaitu formasi jalur umum, tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan.


    Formasi CPNS NTT / Kupang 2018 Lainnya

Bagikan :

Description
: Download Formasi CPNS NTT / Kupang 2018 dan Persyaratan Pendaftaran
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Download Formasi CPNS NTT / Kupang 2018 dan Persyaratan Pendaftaran
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:September 18, 2018