Loker2018.com ~ Persiapan CPNS 2018: Tata Cara Membuat Akun di Portal SSCN.BKN.GO.ID

Proses rekrutmen CPNS 2018 masih menempati posisi tersendiri di kalangan pemuda seluruh Nusantara yang ingin berkarir mapan.


Untuk itulah, pada 19 September 2018 nanti, dipastikan portal sscn.bkn.go.id selaku satu – satunya website yang akan dijadikan sarana mendaftar CPNS 2018 akan diserbu masyarakat se-tanah air.
BKN atau Badan Kepegawaian Negara yang membawahi portal sscn.bkn.go.id telah menyiapkan berbagai fitur dan menu untuk memudahkan para pelamar.

Seperti yang disampaikan oleh Menteri Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, para pelamar yang diprediksi jumlahnya mencapai jutaan orang akan memperebutkan hanya sekitar 238.015 formasi.

Pendaftaran Hanya Satu Pintu via Portal sscn.bkn.go.id

Berbeda dengan pelaksanaan proses rekrutmen CPNS tahun – tahun sebelumnya, kali ini sistem seleksi CPNS 2018 hanya menggunakan satu pintu yaitu portal sscn.bkn.go.id milik Badan Kepegawaian Negara.

Untuk membuat akun di portal sscn.bkn.go.id, para pelamar diminta mengisi kolom Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) atau Nomor Kartu Keluarga (KK).

Langkah selanjutnya, para pelamar yang telah membuat akun bisa login atau masuk ke portal menggunakan NIK dan password yang sudah dibuat pada langkah pendaftaran sebelumnya.

Sesudah itu, para pelamar akan diminta selfie atau swa foto dengan menampilkan KTP atau Kartu Tanda Penduduk, dan Kartu Informasi Akun.

Jika proses ini sudah berhasil, kemudian pelamar diminta untuk melengkapi biodata serta memilih instansi, formasi dan jabatan yang diinginkan.

Agar tidak ada kesalahan pengisian data, sebaiknya cek secara seksama resume Anda. Pastikan semua data sudah diisi dengan lengkap dan benar sebelum benar – benar menekan tombol kirim.

Proses terakhir, pelamar dapat mencetak kartu Pendaftaran SSCN 2018 yang nantinya digunakan sebagai bukti keikutsertaan selama proses rekrutmen CPNS 2018.

4 Keuntungan Menjadi Pegawai Negeri Sipil

Profesi sebagai aparatur sipil negara masih menduduki peringat pertama di Indonesia sebagai pilihan karir setelah pengusaha atau karyawan swasta.

Rupanya hal ini memang selaras dengan berbagai keuntungan yang bisa diperoleh para pegawai negeri sipil selama menjabat maupun purna tugas. Berikut di antaranya 4 keuntungan menjadi PNS:

1. Mendapatkan tunjangan besar

Para pegawai negeri mendapatkan tunjangan profesi yang besarnya bisa 1x gaji bahkan lebih.

Penerimaan tunjang kerja ini diatur dalam UU No. 15 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Besar nominal tunjangan profesi ini juga berbeda – beda disesuaikan dengan jabatan, golongan serta faktor lainnya.

Secara berkala, tunjangan akan diberikan saat pembayaran gaji atau pada hari raya Lebaran maupun momen lainnya.

2. Mendapatkan tunjangan saat pensiun

Jika pekerja lain masih harus menabung untuk mempersiapkan masa – masa pensiun, maka PNS berbeda.

Usai bertugas atau memasuki masa pensiun, mereka akan tetap mendapatkan gaji atau tunjangan di masa tua (pensiun) untuk meringankan beban kehidupan sehari – hari.

Bahkan, masih ada tunjangan untuk janda para PNS yang sudah meninggal dunia. Mengenai tunjangan pensiun ini telah diatur dalam UU. No 15 Tahun 2014 Pasal 91 tentang Aparatur Sipil Negara.

3. Kemudahan proses pinjam dana di bank

Para aparatur sipil negara telah mendapatkan jaminan gaji atau penghasilan tetap setiap bulan, bahkan tunjangan profesi khusus.

Oleh karena itulah, kebanyakan bank atau lembaga keuangan bisa mencairkan pinjaman dana kepada pegawai negeri sipil dengan lebih mudah.

Hanya cukup membawa jaminan SK PNS, dana pinjaman bank bisa tersedia dalam waktu singkat.

4. Gaji pokok dan tunjangan yang tinggi

Seorang PNS akan mendapatkan gaji pokok sesuai masa bakti dan golongannya. Apabila si PNS ini memiliki kinerja yang baik dan terus bertambah masa kerja atau mendapatkan promosi jabatan, maka ia juga berhak mendapatkan tunjangan profesi yang lebih besar.

Bagikan :

Description
: CPNS 2018: Tata Cara Membuat Akun di Portal SSCN.BKN.GO.ID
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: CPNS 2018: Tata Cara Membuat Akun di Portal SSCN.BKN.GO.ID
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:September 24, 2018