Loker2018.com ~ CPNS 2018: Portal SSCN BKN Dapat Meminimalisir Kesalahan Proses Rekrutmen

Alur proses rekrutmen CPNS 2018 yang dahulu berbelit dan membutuhkan waktu lama, kini sudah dibenahi dengan dirilisnya portal http://sscn.bkn.go.id.


Platform pendaftaran CPNS 2018 ini dinaungi oleh Badan Kepegawaian Negara atau BKN untuk memudahkan proses seleksi aparatur sipil negara.

Sejak dirilis pada sekitara 2010, portal http://sscn.bkn.go.id mendapatkan sambutan hangat dari para pelamar yang sudah mencoba proses seleksi CPNS di tahun – tahun sebelumnya.

Platform pendaftaran CPNS 2018 secara online, dirasakan lebih praktis, paperless dan mudah karena tidak perlu memantau kementerian atau lembaga yang akan dilamar setiap saat. Semua sudah disediakan dalam satu pintu dan satu portal http://sscn.bkn.go.id.

Dibekali fitur Self Guided Mechanisme

Kecanggihan portal http://sscn.bkn.go.id sudah dipersiapkan sedari satu tahun sebelumnya. Berbekal evaluasi dari proses rekrutmen CPNS tahun – tahun sebelumnya, BKN menjelaskan bahwa portal kebanggaan mereka ini sudah mengalami beberapa perubahan.

Antara lain dari segi prosedur pendaftaran CPNS dan proses seleksi. Para pelamar cukup menyediakan berbagai berkas lamaran yang dibutuhkan seperti KTP, KK, Ijasah, foto dan lain – lain dalam file digital.

Kemudian, para pelamar bisa memilih formasi dan jabatan yang diinginkan berdasarkan latar belakang atau kementerian / lembaga yang terkait.

Dengan fitur Self Guided Mechanism, portal http://sscn.bkn.go.id akan meminimalisir kesalahan manusia ketika para pelamar mengajukan aplikasi lamaran.

Jika latar belakang mereka tidak sesuai dengan formasi, maka bisa dipastikan bahwa si pelamar ini tidak akan bisa melamar.

Sehingga, hasil proses seleksi secara terintegrasi situs web akan lebih akurat dan efektif.

Sementara itu, ada yang berbeda dari proses seleksi yang sudah dibenahi dari tahun – tahun sebelumnya. Pendaftaran CPNS 2018 kali ini akan mewajibkan para pelamar melaksanakan sistem seleksi berbasis Computer Assisted Test atau CAT.

Proses ini meliputi seleksi kompentensi bidang (SKB) dan seleksi kompetensi dasar (SKD). Proses seleksi berbasis komputer ini akan diselenggarakan BKN sebagai panitia pelaksana seleksi nasional.

Mencetak Aparatur Sipil Negara yang Berkualitas

Seperti yang disebutkan oleh Mohamad Ridwan, sebagai Kepala Biro Humas BKN sewaktu Rakornas Kepegawaian Tahun 2018, bahwa Aparatur Sipil Negara merupakan pelayan publik.

Jadi, sesuai tema rapat yang mengusung “Manajemen Sumber Daya Manusia Era Revolusi Industri 4.0 Aparatur Sipil Negara Berdaya Saing Kelas Dunia”, secara khusus BKN berusaha keras mempersiapkan proses seleksi CPNS 2018 untuk menjaring sumber daya manusia berkualitas terbaik di Indonesia.

Revolusi Industri 4.0 sendiri saat ini menjadi isu gencar yang sedang digalakkan oleh pemerintahan di berbagai negara. Aparatur Sipil Negara nantinya bisa menjadi pelayan masyarakat yang baik dengan standar pelayanan kelas dunia.

Menuju era globalisasi dan digital, Aparatur Sipil Negara diharapkan juga mampu menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi dan zaman.

Saat ini, hampir semua sistem pelayanan publik di pemerintahan sudah menggunakan layanan digital. Sehingga para aparatur sipil negara juga sudah sepatutnya dapat menerapkannya.

Diketahui, dalam Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian 2018 yang dihadiri pusat dan daerah ini turut mengundang Konsultan Senior Kementerian Keuangan Singapura, Lim Soo Hon, untuk mendapatkan masukan dan saran – saran yang relevan.

Mengingat Singapura merupakan salah satu negara maju di Asia Tenggara yang mendapatkan julukan “Macan Asia”, tentu sudah menjadi langkah yang tepat agar bisa berkaca dan belajar dari keahlian mereka dalam mencetak aparatur sipil negara yang memiliki pelayanan berkualitas dan berstandar dunia.

Bagikan :

Description
: CPNS 2018: Portal SSCN BKN Dapat Meminimalisir Kesalahan Proses Rekrutmen
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: CPNS 2018: Portal SSCN BKN Dapat Meminimalisir Kesalahan Proses Rekrutmen
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:September 25, 2018