Loker2018.com ~ CPNS 2018: Masih Didominasi Formasi Tenaga Guru Hingga 108 Ribu

Kabar gembira bagi para pencari kerja atau fresh graduate yang sedang membidik lowongan CPNS 2018. Pasalnya, Menteri Syafruddin selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyebutkan seleksi pegawai negeri sipil 2018 akan dibuka pada 19 September 2018.


Kesempatan yang baik ini akan memperebutkan lebih dari 230.000 formasi yang masih didominasi oleh tenaga pendidik (guru) dan tenaga kesehatan masyarakat.

Lebih jauh lagi, disebutkan bahwa akan ada penambahan kuota khusus bagi tenaga guru dan tenaga kesehatan jika beberapa daerah masih membutuhkan tenaga bantu.

Tenaga Pendidik Mendapat Porsi Terbanyak

Saat ini proses pendaftaran CPNS 2018 sudah mulai mempersiapkan diri untuk tenaga guru di 36 daerah seperti provinsi, maupun kabupaten dan kotamadya.

Jumlah formasi tenaga pendidik yang disediakan sekitar 108.000. Sedangkan, sisanya terbagi untuk formasi lain seperti tenaga kesehatan, komputer, dan lain – lainnya.

BKN selaku pelaksana proses pendaftaran CPNS 2018 sengaja memberikan jatah formasi yang lebih besar untuk tenaga pendidik karena masih banyak daerah yang membutuhkan tenaga pendidik di daerah – daerah terpencil.

Sementara itu, setiap tahunnya angka pensiunan PNS semakin bertambah. Tengok saja pada tahun 2017, jumlah pensiunan sudah mencapai angka lebih dari 220.000 pegawai.

Namun sayangnya, jumlah PNS yang akan menutup kebutuhan pegawai yang sudah purna tugas masih belum bisa memenuhi formasi tersebut atau kurang dari jumlah para pegawai yang pensiun.

Formasi Menyesuaikan Kebutuhan Daerah

Selain tenaga pendidik atau guru, tenaga kesehatan dan tenaga untuk pengembangan bisnis juga mendapatkan jatah porsi.

Tenaga kesehatan, tenaga IT atau tenaga pengembangan bisnis ini menyesuaikan dengan kebutuhan di masing – masing daerah.

Sebagai contoh, jika di suatu daerah terdapat rumah sakit atau puskesmas baru, maka tenaga kesehatan di daerah tersebut akan mendapatkan lebih banyak formasi.

Selain itu, jika di suatu daerah tersebut memiliki jenis bisnis yang sedang berkembang seperti pertanian, peternakan, atau lain – lain, maka lowongan CPNS 2018 juga diprioritaskan untuk merekrut tenaga dengan latar belakang pendidikan yang sesuai.

Selanjutnya, para calon pelamar seleksi nasional CPNS 2018 juga diharapkan mendaftar sesuai keahlian masing – masing agar memperbesar peluang untuk lolos CPNS 2018.

Proses Pendaftaran Terintegrasi

Tidak seperti tahun – tahun sebelumnya yang masih menuai berbagai polemik karena kurang transparan dan banyak dijadikan ladang nepotisme.

Proses rekrutmen CPNS 2018 menggunakan satu pintu yaitu melalui portal http://sscn.bkn.go.id.
Dengan adanya portal http://sscn.bkn.go.id ini diharapkan masyarakat atau publik secara luas bisa mendaftar formasi sesuai kementerian atau lembaga yang terkait dengan lebih mudah.

Cukup memonitor perkembangan terbaru pada laman http://sscn.bkn.go.id, maka lowongan yang diinginkan bisa langsung diajukan proses registrasi dan mengirimkan aplikasi lamaran.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, setiap kementerian atau instansi mengeluarkan info lowongan atau proses rekrutmen masing – masing.

Sehingga para pelamar juga terpisah – pisah dan harus memantau berbagai situs kementerian yang berbeda.

Pembenahan Proses CPNS 2018

Melalui portal http://sscn.bkn.go.id diharapkan proses rekrutmen CPNS 2018 bisa lebih mudah, efektif dan efisien.

Karena semua sistem terintegrasi hanya dalam satu portal, maka pada 19 September 2018 jajaran Badan Kepegawaian Negara (BKN) harus fokus untuk membenahi performa situs web agar lebih mudah diakses oleh jutaan pelamar CPNS 2018.

Dari segi fitur dan opsi menu, platform http://sscn.bkn.go.id diklaim sudah mendapatkan pembenahan seperti opsi menu yang lebih mudah dipakai atau user friendly.

Bahkan, portal ini turut didukung self guided mechanism yang bisa mengurangi “human error” saat para pelamar memilih formasi berdasarkan latar belakang pendidikan.

Jika si pelamar memiliki latar belakang yang tidak sesuai, secara otomatis formasi tidak akan muncul sehingga tidak akan bisa melamar.

Dari portal http://sscn.bkn.go.id, para pelamar juga bisa memantau secara real – time berapa jumlah pelamar yang sudah mengajukan aplikasi untuk formasi tersebut.

Sehingga diharapkan jumlah pelamar pada tiap – tiap formasi akan lebih merata.

Bagikan :

Description
: CPNS 2018: Masih Didominasi Formasi Tenaga Guru Hingga 108 Ribu
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: CPNS 2018: Masih Didominasi Formasi Tenaga Guru Hingga 108 Ribu
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:September 25, 2018