Loker2018.com ~ Cara Memperkecil Ukuran Pas Foto Agar Sesuai Syarat Upload Pendaftaran CPNS 2018

Pendaftaran CPNS 2018 saat ini semuanya serba online untuk masalah pelengkapan berkas apa saja yang harus di siapkan saat melakukan pelamaran menjadi PNS, beberapa syarat cpns 2018 untuk ukuran file harus mengikuti aturan yang dibuat pemerintah, demi menyamakan dan tidak beratnya file yang di upload dengan maksimal hanya 300 kb.

Pihak BKN menyampaikan bahwa pada tanggal 19 September 2018 bukan untuk pendaftaran CPNS 2018 yang digadang-gadang kemarin, ternyata setelah dibuka situsnya masih belum bisa di akses, yang mana pada tanggal tersebut hanya melalukan aktivasi web sscn.bkn.go.id saja, dan saat ini situs sscn.bkn.go.id sudah bisa menampilkan informasi formasi CPNS yang ada di beberapa daerah.

Untuk anda yang sudah ingin mendaftar di situs sscn.bkn.go.id mulai sekarang, lengkapilah berkas-berkas yang dibutuhkan dan buatlah persiapan yang matang untuk menghadapi seleksi CPNS 2018. Tentang apa saja persyaratan wajib yang harus anda penuhi akan di bahas di halaman lain.

Di dalam artikel ini akan di bahas bagaimana memperkecil ukuran pas foto agar bisa di upload, sesuai yang sudah menjadi persyaratan pendaftaran CPNS 2018 secara online, dengan ukuran file 300kb saja.

Agar anda lancar dalam mengikuti pendaftaran CPNS 2018 sebaiknya anda tahu terlebih dahulu cara-cara mengecilkan ukuran file untuk upload berkas CPNS 2018 yang akan anda upload beberapa dokument penting di website pandaftaran CPNS 2018 tersebut. Maka persiapkan berkas dan dokumen penting dalam bentuk softcopy (scan) dan hardcopy (foto copy).

Lihat juga cara unggah foto selfie pendaftaran CPNS 2018

Persiapan lainnya yang diperlukan selagi menunggu pengumuman jadwal pendaftaran yaitu membaca dan mempelajari bocoran kisi-kisi soal yang sudah dikeluarkan secara resmi. Atau bisa anda cari melalui google dengan kata kunci kisi-kisi soal CPNS 2018 atau di tahun sebelumnyam dan mulai bisa anda kerjakan dengan sebaik-baiknya.

Anda dapat mendownload bocoran kisi-kisi soal yang dikeluarkan secara resmi oleh BKN/kemenpan RB pada situs-situs yang sudah membahas dan menyiapkan link download untuk soal kisi-kisi CPNS.

Silahkan Catat Poin Persyaratan CPNS 2018 Berikut Ini

  • Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar CPNS 2018 dengan cara melampirkan akta kelahiran dan foto copy E-KTP.
  • Tidak pernah melanggar hukum pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap
  • Bukan prajurit TNI, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Bukan sebagai calon PNS, PNS, 
  • Tidak sedang menjadi anggota atau pengurus partai dan terlibat politik praktis
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan
  • Anda harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
  • Setelah syarat dasar yang tersebut ditas telah terpenuhi, kamu harus segeral menyiapkan persyaratan pendaftaran CPNS 2018 laina seperi berkas-berkas.

Untuk bisa ke tahapan seleksi CPNS 2018 berikutnya anda harus benar-benar menyiaka persyaratan berkas yang sudah anda scan dengan ukuran tidak lebih dari yang sudah di tentukan, berikut ini akan kami beri cara bagaimana mengecilkan ukuran file pas foto dan berkas lainya agar bisa masuk dan data anda terkirim dengan baik.

Cara Mengecilkan Ukuran Pas Foto CPNS 2018

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengecilkan ukuran pas foto agar sesuai dengan yang sudah di tentukan oleh pemerintah melalui situs BKN yang maksimal ukuran filenya 300kb.

1. Menggunakan software editing photoshop

Pertama-tama anda harus memiliki software photoshop untuk melakukan cara ini, agar anda tidak binggung saat mengecilkan ukuran file, anda bisa langsung praktekan sekrang juga dengan tahapan yang akan saya pandu.

Buka photoshop yang anda punya, setelah itu buat layer baru dengan memilih menu tool File > New, perhatikan gambar di bawah ini untuk melihat yang mana yang harus anda klik.


Setelah anda memilih dan klik new akan muncul kotakan di tengah untuk mengatur ukuran layer yang akan anda gunakan, di sini kita akan menggunakan ukuran file yang diminta yaitu 2x3 dan 4x6 pada artikel ini kita menggunakan ukuran file salah satunya yaitu 4x6, nantinya anda bisa mempraktekanya sendiri untuk ukuran 2x3, karena langkah dan caranta sama.

Perhatikan gambar di bawah ini


Gambar di atas menunjukan satuan centi meter untuk ukuran pas foto 4x6 anda bisa meniru seperti di gambar dengan lebar 4 dan tinggi 6, laku pilih OK, maka akan muncul layer putih dengan ukuran 4x6 yang bisa anda timpa dengan foto ukuran yang tidak sesuai sebelumnya.

Lalu buka foto anda dengan CTRL+O dan pilih as foto yang ingin anda ubah ukuranya.

Perhatikan gambar di bawah ini.



Pas foto terlalt kecil, cara untuk memperbesar anda bisa menggunakan CTRL+T, yang sebelumnya sudah anda klik layer pas foto, lalu setelah itu posisikan pas foto di tengah dan timpa warna putih dengan warna merah pada pas foto.

Maka pas foto akan menjadi seperti ini, perhatikan gambar di bawah ini.


Lalu simpan dengan CTRL+SHIFT+S. dan pilih sesuaikan ukuran jangan sampai 300 kb, karena persyaratan yang ada di website bkn tidak boleh lebih dari 300kb. Perhatikan gambar di bawah ini. Yang sebelumnya dengan sebelumnya pilih format JPEG.


Lalu pilih OK untuk langkah final. Maka file yang anda edit akan sesuai dengan persyaratan untuk upload berkas di website BKN.

Untuk persyaran lain yang membutuhkan ukuran file kurang dari 300kb anda juga bisa menggunakan cara seperti diatas, bedanya, saat anda baru membuka file, anda bisa langsung save file yang anda ingin edit ukuranya.

2. Menggunakan online tool

Persyaratan untuk dile PDF seperti berkas-berkas hasil scaning, anda bisa menggunakan online tool untuk memperkecil ukuranya, dengan mengunjungi situs pdfresizer.com/resize.

Setelah website terbuka anda akan di perlihatkan pada halaman upload file, anda bisa klik pilih file, lalu memilih file mana yang akan anda rubah ukuranya menjadi ukuran yang sesuai dengan persyaratan dari website BKN sebagai syarat mendaftar CPNS 2018.

Maka setelah anda memilih file, file akan muncul nama saja di kolom pilih file, lalu anda bisa klik upload dan selanjutnya pilih ukuran resolusi untuk mendownload hasil kompres ukuran berkas pdf yang sudah anda siapkan untuk berkas pendaftaran CPNS 2018.

Cukup sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk anda semua, dan bisa menjadi bahan belajar jika ada hal-hal lain yang mengharuskan anda menganti ukuran pas foto agar sesuai dengan persyaratan yang di inginkan maka anda bisa menggunakan cara ini.

Jika dirasa artikel ini membantu anda, alangkah baiknya anda membagikan ini kepada teman-teman seperjuangan yang ingin mendaftarkan diri menjadi CPNS 2018. Sampai jumpa di artikel info CPNS berikutnya.

Bagikan :

Description
: Cara Memperkecil Ukuran Pas Foto Agar Sesuai Syarat Upload Pendaftaran CPNS 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Cara Memperkecil Ukuran Pas Foto Agar Sesuai Syarat Upload Pendaftaran CPNS 2018
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:September 26, 2018