Cara Membuat Akun CPNS di Portal SSCN BKN 2018

Loker2018.comCara Membuat Akun CPNS di Portal SSCN BKN 2018 | Simak informasi mengenai cara buat akun peserta CPNS 2018 di situs resmi pendaftaran CPNS 2018 di SSCN BKN, simak selengkapnya berikut.


Cara Membuat Akun CPNS di Portal SSCN BKN 2018, Anda Wajib Tahu! Rekrutmen CPNS periode pertama tahun lalu yang melingkupi Kemenkum HAM dan MA, setiap pelamar hanya dapat memilih 1 (satu) instansi yang dituju dengan syarat memenuhi kualifikasi yang ditetapkan masing-masing instansi.Namun untuk saat ini, alur pendaftaran CPNS mendatang akan lebih singkat dengan adanya perubahan mekanisme ini. Dengan demikian, pelamar akan lebih mudah karena pendaftaran satu pintu.

Awalnya Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 diprediksi dibuka akhir Juli 2018 atau awal Agustus 2018.Proses pendaftaran CPNS 2018, nantinya melalui situs resmi Badan Kepegawaian Daerah (BKN), sscn.bkn.go.id.Seperti diketahui, situs sscn.bkn.go.id saat ini masih dalam tahap perbaikan, jelang penerimaan pendaftaran CPNS 2018. Deputi Sistem Informasi BKN, berharap para peserta membaca baik-baik informasi ini sehingga meminimalisir kesalahan saat mengunduh berkas-berkas yang dibutuhkan saat pendaftaran CPNS 2018. Berikut Cara Pendaftaran CPNS Di Situs SSCN BKN.

Menjelang pembukaan 2018 CPNS yang akan diadakan setelah Pilkada (19 September 2018) memang ada banyak yang mencari informasi terkait hal itu, apakah salah untuk 2018 Pendaftaran CPNS yang merupakan langkah pertama yang harus diambil oleh peserta adalah akses ke pendaftaran CPNS 2018.

Pembukaan CPNS Jalur Umum khususnya CPNS daerah 2018, secara resmi diumumkan dengan jumlah formasi sebanyak 238.015 orang baik pusat maupun daerah, bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi CPNS resmi bisa langsung melalui situs resmi CPNS. di sscn.bkn.go.id, langkah pertama dapat dilakukan dengan mengunduh Formasi dan kemudian membuat akun SSCN 2018. Kami disini akan memberikan informasi tentang cara mengakses pendaftaran CPNS dan juga langkah pendaftaran.

Apakah Anda Mencari Cara Membuat Akun CPNS di Portal SSCN BKN 2018?

Pendaftaran 2018 CPNS sendiri hanya dilakukan di situs sscn.bkn.go.id. Secara praktis, tidak ada jalur lain untuk penerimaan CPNS 2018. Setelah menunggu begitu lama, pemerintah akhirnya secara resmi mengumumkan kepastian penerimaan CPNS 2018. Maka memang sudah seharusnya bahwa 4 persyaratan disiapkan untuk pendaftaran 2018 CPNS.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), pada konferensi pers di Jakarta Kamis (06/09/2018) Menyampaikan kepastian perekrutan CPNS 2018. Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara resmi dibuka pada 19 September 2018.

Pertemuan Koordinasi Nasional BKN (Rakornas) selesai beberapa bulan yang lalu. Pada rapat koordinasi berlangsung, seluruh proses CPNS 2018 akan dilakukan melalui satu halaman, yaitu SSCN. Itu berarti pelamar dapat mendaftar melalui portal http://sscn.bkn.go.id. Halaman ini akan diintegrasikan dengan laman instansi pemerintah daerah yang membuka lowongan CPNS.

"19 September 2018, portal BKN SSCN siap diakses oleh pelamar," kata Kepala Badan Kepegawaian Nasional dalam pernyataan tertulis. Salah satu Ketua Seleksi Nasional CPNS, mengatakan bahwa pendaftaran dan seleksi sistem untuk CPNS 2018 hanya dapat dilakukan melalui portal nasional melalui http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada melalui portal independen oleh instansi lain.

Bagaimana Cara Membuat Akun CPNS di Portal SSCN BKN 2018?

Sebelumnya cek dulu Buat Akun SSCN BKN 2018

Selanjutnya, proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Total formasi yang tersedia untuk pelamar sendiri adalah 238.015 yang terdiri dari 51.271 lembaga pusat (76 kementerian / lembaga) dan 186.744 (525 lembaga daerah). cek Rincian Formasi CPNS 2018

Diperoleh dari berbagai sumber, mengikuti panduan untuk mendaftarkan CPNS 2018 melalui halaman Sscn.bkn.go.id, ini dapat dilakukan dalam pendaftaran gelombang sebelumnya:
Masukkan menggunakan NIK

  • Pertama, calon peserta CPNS 2018 harus memasukkan Nomor Pendaftaran Kependudukan (NIK).
  • Nomer induk kependudukan harus dicantumkan saat calon peserta akan memasuki halaman Sscn.bkn.go.id.
  • Sistem akan memeriksa validitas NIK dari masing-masing calon peserta.
  • Dapatkan Bukti daftar akun
  • Untuk calon peserta CPNS 2018 yang telah dinyatakan valid, mereka akan mendapatkan bukti daftar akun.
  • Bukti daftar akun ini adalah untuk mendaftarkan posisi yang akan dilamar pada lembaga yang relevan.
  • Calon peserta tetap melakukan pendaftaran melalui laman SSCN.

Termasuk dokumen dalam bentuk Pdf

  • Calon peserta CPNS 2018 harus mengunggah dokumen menggunakan format Pdf.
  • Dokumen yang perlu dipersiapkan adalah ijazah, surat pengantar dan KTP serta sertifikat akreditasi dari BAN-PT

Cetak kartu peserta

  • Setelah semua informasi diatur oleh sistem, instansi dapat mencetak kartu peserta.
  • Calon peserta CPNS 2018 juga akan membuat kartu peserta untuk melaksanakan ujian.
  • Kartu peserta CPNS 2018 yang dapat disimpan dalam penyimpanan ponsel atau cetak yang akan dibawa saat akan melaksanakan ujian.

Kepala BKN memastikan bahwa sudah ada sejumlah peserta yang dapat mencapai 5-6 juta orang. Dilihat dari CPNS 2017, data untuk memutakhirkan masalah Population Identification Number (NIK) adalah jumlah pelamar terbesar. Untuk meminimalkan ini, BKN berharap bahwa sistem Penduduk dan Catatan Sipil (Dukcapil) juga siap.

Selanjutnya, persipan tes CPNS 2018 akan dilakukan di 176 titik lokasi, yang terdiri dari Kantor Pusat BKN, 14 Kantor Wilayah BKN dan 14 Unit Pelaksana Teknis BKN (UPT) di berbagai daerah di Indonesia, fasilitas independen dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

Untuk memperbarui persiapan pendaftaran CPNS 2018, tim SSCN BKN dan admin masing-masing memasuki seluruh formasi. Dengan demikian, situs web sscn.bkn.go.id akan diaktifkan setelah semua kementerian, lembaga dan daerah telah memasukkan formasi dan persyaratan pelamaran. "Proses ini akan dilakukan hingga 18 September 2018," katanya.

Mengenai administrasi pendaftaran, Kepala BKN meminta semua lembaga penerima CPNS 2018 untuk memberikan kondisi yang wajar dan tidak mengganggu komunitas pemohon. Ada 4 dokumen yang wajib dan dipersiapkan. Dokumen yang diperlukan masih menunggu konfirmasi dari pemerintah.

Seberapa Penting Paham Cara Membuat Akun CPNS di Portal SSCN BKN 2018?

Namun, jika melihat dari persyaratan penerimaan CPNS 2017, berikut ini adalah dokumen yang diperlukan. Berkas untuk sarjana dan lulusan SMA tidak sama. Berkas-berkas khusus disiapkan ketika pendaftaran dibuka.

Berikut yang perlu Anda persiapkan untuk pekerja profesional atau dokumen yang harus disiapkan sebagai berikut:

  • 1. Fotokopi KTP
  • 2. Fotokopi ijazah dan nilai transkrip bersertifikat
  • 3. Akreditasi sertifikat dari BAN PT.
  • 4. Ukuran 4x6 cm terbaru adalah 4 lembar - latar belakang merah.

Teks tambahan untuk siswa D III dan SMA / sederajat termasuk:

  • 1. Rp. 6.000 perangko
  • 2. Fotokopi KTP
  • 3. Fotokopi Ijazah / STTB
  • 4. Fotokopi ijazah sekolah dasar
  • 5. Fotokopi ijazah sekolah menengah pertama
  • 6. Fotokopi ijazah SMA

Untuk pelamar yang ingin mendaftar untuk CPNS 2018, siapkan mulai sekarang. Tidak hanya terkait berkas, kemampuan dan mentalitas dalam menjawab pertanyaan CPNS 2018 harus diuji. Pesaingan pasti akan lebih ketat. Seperti, Seperti diketahui, tes penerimaan CPNS melalui berbagai tahapan.

Tahapan tes menggunakan computer assisted test (CAT) membutuhkan ketelitian dan kemampuan berpikir peserta. Mengulang-ulang materi contoh soal CPNS dianggap cukup membantu peserta dalam menjawab soal. Perlu untuk diketahui, Tes berbasis CAT tersebut meliputi seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Tes yang ada dalam skema SKD termasuk Tes Wawancara Kewarganegaraan (TWK), Uji Intelijen Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Peserta yang lulus proses pendaftaran SKD dapat menyelesaikan tahap selanjutnya dari SKB.

Pemilihan kebersamaan meliputi tes kesiapan fisik dan keterampilan dan tes observasi (FSK). Bagi Anda yang ingin mencampur pertanyaan TWK, TIU dan TKP, halaman Simulasi CAT BKN dapat menjadi referensi terbaik.

Berikut cara daftarnya:

  • 1. Login ke http://cat.bkn.go.id/simulasi/index.php (buka formulir CPNS)
  • 2. Kemudian daftar. Isi nama Email dan Kata Sandi.
  • 3. Kemudian masukkan kode verifikasi 10 digit yang dikirim ke email Anda.
  • 4. Login berhasil, Anda bisa melakukan simulasi CAT BKN


Pastikan untuk mendaftar setelah jadwal pembukaan CPNS 2018, secara resmi dibuka, mulai tanggal 19 September 2018. Ikuti Cara Pendaftaran CPNS Di Situs SSCN BKN sesuai prosedur.

Jadwal dan Tahapan CPNS di Portal SSCN BKN 2018

Jadwal dan Tahapan CPNS di Portal SSCN BKN 2018 bagi yang belum tahu, CPNS atau juga perpanjangan Calon Pegawai Negeri Sipil adalah karyawan yang baru lulus ujian seleksi. Penerimaan calon pegawai negeri tahap pertama. Atau juga mereka yang sedang berjuang untuk mendapatkan kursi untuk menjadi PNS.

Bahwasanya jadwal dan tahapan CPNS 2018 sangat penting untuk Anda  ketahui. Pemerintah kembali membuka peluang bagi orang Indonesia yang ingin menjadi pegawai negeri dengan membuka seleksi CPNS 2018. Segera pemerintah dikabarkan akan mengumumkan tanggal pendaftaran CPNS 2018 bersama dengan pengumuman lowongan formasi penuh dengan total lebih dari 100.000 formasi.

Dalam diskusi kali ini rincian tahap registrasi CPNS 2018 yang dibuka sebanyak 120 formasi termasuk kekurangan kuota dalam 35 formasi perekrutan sebelumnya. Dan tahapan yang dimaksud terdiri dari 3 tahap, yaitu Persiapan, pelaksanaan pendaftaran dalam bentuk pengumuman formasi. Pengumuman kelulusan seleksi CPNS plus kapan jadwal seleksi dimulai yang menurut Menpan akan mulai dilaksanakan dalam 2 bulan ke depan.

Ini adalah alasan bahwa sebagai kandidat untuk 2018 CPNS pelamar tidak ketinggalan informasi tentang bukaan, karena tidak hanya file seperti ijazah diperlukan tetapi ada SKCK dari polisi. Dan juga Kartu Kuning atau Tanda Lamaran Pekerjaan dari Kementerian Ketenagakerjaan. Yang pada hari biasa bukanlah proses yang panjang. Tetapi pada pembukaan CPNS akan ada antrean panjang yang ular baik di kantor polisi dan Departemen Tenaga Kerja.

Pemilihan CPNS tahap ketiga dikenal sebagai Pendaftaran CPNS 2018 yang telah banyak didiskusikan dan diantisipasi oleh banyak orang. Karena pembukaan penerimaan CPNS sebelumnya dengan total 35.449 orang tidak bisa menampung semua lulusan yang ingin menjadi PNS.

Ada Berapa Formasi dalam Pendaftaran CPNS di Portal SSCN BKN 2018?
Download Formasi CPNS 2018 PDF

Sebanyak 35.449 formasi merupakan total 2 pilihan pendaftaran CPNS yang dilakukan secara berurutan yaitu 17.928 pertama dan lebih banyak dibuka pada tahap kedua perekrutan CPNS. Dengan agen bukaan dominan adalah Kementerian. Yang menarik dari seleksi CPNS sebelumnya adalah banyaknya pelamar yang sedang booming. Dari total 35 ribu yang akan diterima ternyata diminati oleh lebih dari 1,2 juta pendaftar.

Dan yang lebih menarik, tidak semua formasi dipenuhi karena mereka yang lulus seleksi CPNS adalah mereka yang mampu mencapai tingkat kelulusan CPNS. Dari 1,2 juta orang yang mendaftar itu tidak sepenuhnya memenuhi kelulusan menurut kebutuhan 35,449 karyawan.

Oleh karena itu, bagian dari penerimaan pendaftaran CPNS 2018 adalah untuk kekurangan kuota dalam perekrutan CPNS sebelumnya. Selain itu, Menpan telah membuat pernyataan bahwa CPNS 2018 akan membuka lebih dari 120.000 orang di daerah itu untuk guru dan kesehatan ditambah bidang lainnya. Banyak kekurangan karena karyawan pensiun selama moratorium CPNS.

Karena kesibukan berita tentang pendaftaran CPNS, di sini kami akan mengumumkan tahapan-tahapan penting dalam proses pendaftaran CPNS mulai dari persiapan, pengumuman formasi. Proses seleksi hingga pengumuman kelulusan yang tentu saja untuk tanggal jadwal pelaksanaan menjadi tanda tanya bagi calon pelamar CPNS 2018.

Pada poin pertama ini adalah persiapan proses registrasi CPNS 2018 yang wajib untuk dilewati di setiap pembukaan seleksi CPNS, adapun yang dimaksud dengan persiapan kali ini kami bedakan menjadi 2 bagian, yaitu:

Pertama, dari sisi komite (sudah terjadi), yaitu analisis pekerjaan kebutuhan daerah dari formasi yang telah diusulkan oleh masing-masing pemerintah daerah kepada panitia seleksi CPNS, dalam hal ini Menpan. Hasil dari analisis ini adalah pengumuman formasi.

Kedua, dari sudut pandang peserta, pada awal peninjauan kami telah melaporkan bahwa ada banyak kompetisi seleksi CPNS dengan 1,2 juta pelamar yang bersaing untuk 35 ribu peluang, benar-benar bukan perbandingan yang ideal.

Artinya ada persaingan di sana, ada persaingan yang sangat ketat untuk bisa mencapai seleksi kelulusan lebih banyak lagi sehingga seleksi sebelumnya masih menyisakan pekerjaan rumah karena jumlah kebutuhan karyawan tidak semuanya terpenuhi. Ini berarti bahwa standar CPNS yang diperlukan cukup tinggi sehingga dapat membatalkan jutaan pelamar.

Ini yang paling ditunggu, yaitu pengumuman formasi apa saja yang dibuka oleh satu daerah, karena dengan pengumuman formasi pendaftaran CPNS dipastikan pendaftaran peserta akan segera dimulai. Tapi pertanyaannya adalah kapan pengumuman formasi. Karena ada beberapa versi informasi yang beredar yang masih belum pasti sebelumnya dan sekarang Anda sudah mengetahui yang sebenarnya.

Kapan Jadwal dan Tahapan CPNS di Portal SSCN BKN 2018?
Jadwal Pendaftaran Online CPNS 2018

Pendaftaran calon pegawai negeri pada 2018 akan dilakukan secara bersamaan secara online. Pendaftar dapat mendaftar melalui portal sscn.bkn.go.id. Calon pelamar hanya diperbolehkan mendaftar dengan satu badan pemerintah dan satu formasi jabatan. Fase pengumuman, pendaftaran CPNS 2018 dan verifikasi administrasi akan berlangsung mulai dari minggu kedua September 2018 hingga minggu kedua Oktober 2018.

Pelaksanaan seleksi (SKD dan SKB) pada minggu ketiga bulan Oktober 2018. Pengumuman kelulusan pada minggu keempat November 2018, sementara tahap pengajuan dimulai pada bulan Desember 2018. Ada 238.015 lowongan untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang tersedia untuk diperebutkan oleh pelamar di 2018.

Anda pasti sudah menunggu lama tentang berita pendaftaran CPNS 2018 dan sampai sekarang sudah banyak berita yang beredar. Ada berita baru yang bisa dipercaya dan tidak ada apa-apa tentang tahun 2018 ternyata tes CPNS akan dibuka di awal 2018, kapan pasti semua orang masih menunggunya.
Pemerintah akan melaksanakan pengadaan CPNS pada 2018. Fokus perencanaan dan rekrutmen diarahkan untuk meningkatkan daya saing bangsa. Dengan prioritas di bidang layanan dasar yang meliputi pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Cpns adalah akronim untuk Calon Pegawai Negeri Sipil. Cpns mengacu pada karyawan yang baru saja lulus tes penerimaan untuk Calon Pegawai Negeri tahap pertama. Calon Pegawai Negeri Sipil belum mengikuti kewajiban untuk memenuhi persyaratan sebagai Pegawai Negeri dengan gaji 100%.

Ketika mereka adalah CNN, kompetensi dan kinerja mereka dinilai berdasarkan formasi ketika mereka dinyatakan sebagai kandidat untuk Pegawai Negeri Sipil. Jika mereka belum memenuhi kriteria penilaian tahap kedua, status kandidat dapat ditunda dengan kondisi waktu tertentu.

Jika mereka belum memenuhi persyaratan berdasarkan waktu yang ditentukan, mereka dinyatakan batal atau dibatalkan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Kriteria yang harus dipenuhi sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil:

  • Berpartisipasi dalam pelatihan pra-layanan, dan memiliki sertifikat yang menyatakan kelulusan mereka dalam kegiatan tersebut.
  • Sertifikat kesehatan fisik dan spiritual dari rumah sakit pemerintah.
  • Pencapaian daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP3) dengan nilai minimum yang telah ditentukan.
  • Proporsi terbesar dari formasi CPNS tahun ini adalah untuk posisi teknis dan spesialis yang saat ini kurang, termasuk tenaga kependidikan, petugas kesehatan. Serta personil yang memiliki kualifikasi teknis di sektor infrastruktur sesuai dengan program Nawacita.

Ada tiga tahapan seleksi CPNS 2018, yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Untuk dapat mengambil seleksi lanjutan, pelamar harus lulus seleksi administrasi. SKD adalah salah satu tahapan setelah pemohon lulus seleksi administrasi.

Sedangkan SKD akan terdiri dari tiga tes, yaitu Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelijen Umum dan Tes Wawasan Nasional. Pada tahap ini, pelamar CPNS harus mencapai nilai minimum, yaitu Tes Karakteristik Pribadi memiliki skor standar 143. Tes Intelijen Umum memiliki skor standar 80 dan 75 untuk Ujian Wawasan Nasional.

Semua informasi tambahan mengenai pendaftaran 2018 CPNS, termasuk persyaratan persyaratan, masih dimasukkan dalam sistem hingga 18 September. Namun, BKN meminta lembaga CPNS untuk tidak membebani pelamar dengan kondisi yang sulit.

Untuk dapat mengambil seleksi lanjutan, peserta SKD harus melebihi nilai kelulusan. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 tentang Nilai Ambang Pengadaan SKD CPNS 2018. Semoga Jadwal dan Tahapan CPNS 2018 bermanfaat untuk Anda.

Bagikan :

Description
: Cara Membuat Akun CPNS di Portal SSCN BKN 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Cara Membuat Akun CPNS di Portal SSCN BKN 2018
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:September 12, 2018