Loker2018.com ~ Belum Bisa Melengkapi Syarat CPNS 2018? Coba Jalur Khusus Honorer Ini

Pelamar CPNS 2018 yang bersiap untuk mengajukan aplikasi tentunya sudah berusaha melengkapi berbagai persyaratan pendaftaran.


Namun, bagi yang belum memenuhi syarat tes CPNS 2018 tak perlu berkecil hati. Karena ada jalur alternatif khusus untuk kategori Honorer K2 (tenaga honorer kategori 2) pada proses rekrutmen CPNS 2018.

Dikatakan lebih lanjut oleh Menteri PAN RB, Syafruddin, ada sekitar 13.347 formasi untuk THK 2. Adapun sebanyak 12.883 di antaranya adalah tenaga pendidik atau guru.

1. Jalur Khusus Tenaga Honorer

Masih mengulas apa yang disampaikan Menteri Syafruddin, sejak 2014, pemerintah sudah mengangkat lebih dari 1,1 juta orang tenaga honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Jumlah ini merupakan seperempat dari total jumlah PNS.

Namun, kepada mantan Tenaga Honorer Kategori 2 yang belum memenuhi persyaratan mengikuti seleksi CPNS, tak perlu gusar.

Karena nanti masih bisa mengikuti seleksi sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.
Para peserta yang akan mengikuti proses rekrutmen CPNS 2018, akan menghadapi jumlah soal ujian mencapai 100 butir.

Ujian ini mencakup seleksi kecakapan dasar yang terdiri dari tes karakteristik pribadi, tes wawasan kebangsaan dan tes intelegensia umum.

2. Tujuan tes wawasan kebangsaan dan intelegensia umum

Porsi butir soal tes wawasan kebangsaan mencapai 35 butir bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan para pelamar tentang nasionalisme, bela negara, Pancasila, UUD 45 dan NKRI.

Dalam tes wawasan kebangsaan juga dinilai kemampuan berbahasa Indonesia yang baik serta pengetahuan sejarah bangsa Indonesia.

Sedangkan, tes intelegensia umum mencapai 30 butir soal. Tujuan diberikan soal ini untuk menilai sejauh mana kemampuan intelegensia dan berpikir para pelamar.

Selain itu, tes intelegensia juga melihat kemampuan numerik peserta CPNS 2018 dalam pekerjaan yang berhubungan dengan angka – angka.

3. Tujuan tes karakteristik pribadi

Sedangkan tes karakteristik pribadi akan mampu menilai kepribadian peserta dengan menganalisa gambar, diagram dan simbol. Atau yang lebih dikenal dengan psikotes.

Dari hasil tes ini para peserta juga bisa dinilai kemampuan berpikir logis, analitis dan sistematis untuk memecahkan suatu problema.

Tes karakteristik pribadi berisi sekitar 35 butir soal. Mencakup sosial budaya, profesionalisme, teknologi dan semangat untuk berkarya.

CPNS 2018 Masih Didominasi Tenaga Guru

Dari tahun ke tahun, formasi jabatan CPNS masih didominasi mayoritas untuk tenaga pendidik SD dan SMP.

Khusus untuk CPNS 2018, Menpan RB mengarahkan agar aparatur sipil negara bisa berdaya saing di kancah dunia, terutama pada bidang pelayanan publik. Seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Hal ini sejalan dengan pengadaan CPNS 2018 yang membuka jatah kuota untuk 238.015 formasi yang akan diperebutkan oleh jutaan pelamar.

Dari angka tersebut, terbagi sekitar 51.271 formasi untuk instansi di pemerintahan pusat. Sedangkan sisanya, sekitar 186.744 formasi untuk instansi pemerintahan daerah (525 pemda).

Tenaga guru yang akan diseleksi dalam CPNS 2018, antara lain:
1. Guru madrasah Kementerian Agama di Kabupaten atau Kota sebanyak 12.000 formasi.
2. Dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi
3. Guru Kelas dan mata pelajaran untuk pemerintah daerah (pemda) sebanyak 88.000 formasi,
4. Guru agama untuk pemda sebanyak 8.000 formasi.

Tak kurang dari 122.454 formasi tenaga guru akan dibutuhkan di instansi pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah.

Kuota Formasi Tenaga Kesehatan

Selanjutnya, untuk memenuhi kuota formasi pemerintahan pusat bagi para pelamar umum atau teknis, sebanyak 24.817 formasi.

Tenaga kesehatan di pemerintahan daerah, total berjumlah 60.315 formasi yang terdiri dari dokter spesialis, dokter gigi, dokter umum, dan tenaga medis atau perawat. Selain itu, juga dibutuhkan tenaga teknis untuk tipe pelamar umum pada 30.429 formasi jabatan.

Bagikan :

Description
: Belum Bisa Melengkapi Syarat CPNS 2018? Coba Jalur Khusus Honorer Ini
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Belum Bisa Melengkapi Syarat CPNS 2018? Coba Jalur Khusus Honorer Ini
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:September 25, 2018