Loker2018.com ~ 4 Masalah Umum Saat Registrasi  CPNS 2018 via Portal Sscn.bkn.go.id, Hindari ya!

Menjelang proses rekrutmen CPNS 2018 yang akan digelar sekitar minggu ketiga September, ada baiknya para pelamar mempersiapkan diri.

Pasalnya, proses seleksi calon pegawai negeri sipil 2018 kali ini berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya.


Tidak dibutuhkan proses lamaran formasi jabatan melalui kertas, melainkan langsung menggunakan sistem berbasis komputer atau portal Sscn.bkn.go.id.

Badan Kepegawaian Negara menyebutkan ada sekiara 238.015 formasi CPNS 2018 yang akan dibagi  - bagi sesuai kebutuhan tenaga kerja dalam formasi umum dan spesialis.

Selain itu, dari total 238.015 formasi jabatan CPNS 2018 tersebut juga bakal disebar melalui kementerian atau lembaga, baik dari pemerintah daerah, pusat dan kabupaten atau kotamadya.

Jika dahulu, para pelamar harus memantau situs resmi kementerian yang terkait, maka khusus tahun 2018, hal itu sudah tidak perlu dilakukan.

Semua formasi akan ditampilkan dan bisa dilamar dalam satu pintu yaitu portal sscn.bkn.go.id.
Meski terlihat praktis dan lebih efisien, melengkapi persyaratan CPNS 2018 via portal sscn.bkn.go.id terkadang juga mendapatkan berbagai kendala.

Selain server yang kerap down, lambat dan sulit dibuka, perlu diperhatikan beberapa masalah umum yang kerap terjadi.

Berikut ini beberapa hal yang layak diketahui untuk mengantisipasi kegagalan mendaftar proses rekrutmen CPNS 2018 seperti yang dirangkum dari Buku Petunjuk Pendaftar Seleksi CPNS 2018 yang dirilis oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

#1. Nomor KK dan NIK bermasalah

Untuk masuk ke portal sscn.bkn.go.id, dibutuhkan NIK sebagai nama pengguna.

Oleh karena itu, sebaiknya para pelamar memastikan agar nomor KK dan NIK tidak bermasalah sehingga  sistem sscn.bkn.go.id bisa menerima pendaftaran CPNS 2018 Anda.

Apabila, Nomor KK dan NIK terdapat masalah, Anda bisa mengurusnya ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Dispendukcapil di wilayah kota masing – masing.

Call Center: Halo Dukcapil, (021) 1 500 537, (Wa/sms/Telepon) 0811 800 5373.

#2. Unggahan dokumen gagal

Berkas – berkas dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya dalam format digital (JPEG atau PDF) wajib diunggah ke dalam portal sscn.bkn.go.id.

Saat proses mengunggah dokumen ini seringkali para pelamar mengalami kesulitan. Terutama saat proses memuat unggahan lambat dan koneksi tersendat.

Terlebih lagi, proses mengunggah dokumen hanya bisa dilakukan satu kali dan tidak bisa diulang. Jadi, pastikan dokumen sudah benar – benar sesuai dengan ketentuan.

Teliti kembali ejaan nama sudah sesuai KTP dan nomor ijasah dengan benar.

Alternatifnya, jika koneksi lambat atau traffic tinggi, lebih baik pilih waktu yang tepat seperti di malam hari atau dini hari, di mana jutaan pelamar yang lain sudah terlelap dan traffic internet sudah lengang.

#3. Salah mengisi data diri

Mengingat momen pendaftaran CPNS 2018 hanya dilakukan satu tahun sekali, jangan biarkan kesempatan Anda melayang hanya gara – gara kesalahan sepele.

Misalnya saja, seperti salah mengetikkan ejaan nama, nomor ijasah hingga data  - data identitas lain yang krusial.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengisi formulir data diri, Anda masih bisa menghubungi Pusat pengaduan (helpdesk) yang dioperasikan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

#4. Salah memilih formasi jabatan

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para pelamar adalah salah memilih formasi atau jabatan di satu instansi/ kementerian.

Tentu saja, hal ini bisa berimbas pada ditolaknya aplikasi lamaran Anda karena tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Namun, khusus untuk problem ini, sistem CPNS 2018 yang berbasis portal sscn.bkn.go.id sudah dilengkapi dengan fitur Self Guided Mechanism.

Fitur ini akan meminimalisir kesalahan para pelamar saat mendaftar suatu jabatan atau formasi secara otomatis. 

Informasi selengkapnya tentang buku petunjuk CPNS 2018, bisa diunduh di link berikut:
https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/BUKU%20PETUNJUK%20PENDAFTAR%20SISTEM%20SELEKSI%20CPNS%20NASIONAL%20TAHUN%202018.pdf

Bagikan :

Description
: 4 Masalah Umum Saat Registrasi CPNS 2018 via Portal Sscn.bkn.go.id, Hindari ya!
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: 4 Masalah Umum Saat Registrasi CPNS 2018 via Portal Sscn.bkn.go.id, Hindari ya!
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:September 25, 2018