Loker2018.com ~ Peraturan Menpan Tentang Passing Grade CPNS 2018 | Masih banyak orang yang berharap di tahun ini ada bukaan CPNS 2018 tapi apa mau dikata hingga di akhir Agustus 2018 ini belum juga ada jadwal resmi mengenai bukaan pendaftaran CPNS meskipun sebelumnya cukup jelas bahwa diberitakan akan ada bukaan tes CPNS di tahun 2018.


Sembari menanti info resmi mengenai bukaan CPNS mari kita analisis sejenak kira-kira faktor apa saja yang bisa mempengaruhi kelulusan peserta seleksi, agar pada saat pelaksanaan nanti kita bisa memaksimalkan potensi yang ada dengan tujuan akhir adalah bisa lulus sebagai CPNS 2018 murni tanpa sogokan.

Nah bila di antara kamu semua yang coba mengharapkan kelulusan CPNS dengan "jalan lain", atau "jalur belakang" sebaiknya simpan saja uangmu untuk modal usaha sebab hal yang seperti itu lebih menjurus kepada penipuan, salah-salah akan banyak iming-iming yang datang menawarkan jasa bisa meluluskan peserta CPNS tanpa melihat hasil tes ujian.

Padahal hanya hasil tes ujian CPNS itulah yang menjadi tolak ukur kelulusan, dan sistemnya otomatis menggunakan komputer dan secara online atau yang dikenal dengan istilah CAT (computer assisted test) yang merupakan sistem seleksi CPNS terbaru.

Artinya hanya nilai ujian yang menentukan lulus tidaknya seorang peserta seleksi CPNS, dan nilai yang diperoleh inilah mempunyai ambang batas minimal yaitu passing grade.

Lalu berapa passing grade CPNS 2018?

Beberapa waktu terakhir BKN melalui laman resmi di akun twitter menyatakan bahwa :

"#SobatBKN sekali lagi mimin infokan bahwa kami tidak pernah menerbitkan buku tes CPNS yang berisi soal-soal CAT-BKN. Kenapa? karena setiap tahun soal-soal tersebut berganti dan setelah selesai dibuat langsung dikunci oleh Lembaga terkait dan BKN juga tidak mengetahui isi soalnya. Nantinya #SobatBKN, soal-soal tersebut akan diacak oleh sistem secara otomatis saat penyelenggaraan SKD menggunakan CAT-BKN. Lalu bagaimana cara belajar? gampang dan gratis, kalian bisa explore sendiri dengan kisi-kisi TIU, TWK dan TKP yang ada dalam peraturan," tulis akun resmi twitter BKN.

Disana terbaca jelas bahwa dalam satu paket soal ujian CPNS ada 3 kategori soal yaitu TIU, TWK dan TKP yang masing-masing mempunyai passing grade yang berbeda.

Bila dijelaskan sedikit TIU sendiri merupakan singkatan dari tes intelegensi umum atau soal tes pengetahuan umum, kemudian TWK tes wawasan kebangsaan dan TKP tes karakteristik pribadi.

Dan kabar terbarunya hingga di akhir Agustus 2018 ini belum ada peraturan baru yang memuat besaran passing grade CPNS 2018, nah mungkin saja dalam beberapa waktu ke depan.

Bilamana tidak ada peraturan baru hingga dimulainya pendaftaran seleksi CPNS 2018 maka nilai passing grade atau ambang batas nilai yang diperoleh masih berpatokan dengan peraturan Menpan tahun lalu.

Adapun Peraturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri PAN RB No 22 Tahun 2017 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar CPNS Tahun 2017.

Secara ringkas tertera di Pasal 3 yang isinya adalah sebagai berikut.

Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar seleksi calon pegawai  negeri  sipil  tahun 2017 sebagaimana  dimaksud dalam Pasal 2 yaitu:
a. 143 (seratus  empat  puluh  tiga) untuk  Tes  Karakteristik Pribadi;
b. 80 (delapan puluh) untuk Tes Intelegensia Umum; dan
c. 75 (tujuh puluh lima) untuk Tes Wawasan Kebangsaan.


Lebih lengkap bisa langsung download di Peraturan Menteri PAN RB No 22 Tahun 2017.

Lalu bagaimana cara mendapatkan passing grade tersebut.

Pertama dimulai dari persiapan, yakni dengan mempelajari kisi-kisi soal CPNS yang akan diujikan, setiap tahun mengalami perubahan.

Kedua mempunyai target penyelesaian jumlah soal dengan jawaban yang benar.

Kemudian yang terakhir banyak-banyak berdoa.

Nah mungkin hanya itu saja yang bisa kami kabarkan kali ini, untuk kapan mulai pendaftaran CPNS 2018 bisa cek informasinya di tanggal pendaftaran CPNS 2018, terima kasih semoga bermanfaat.

Bagikan :

Description
: Peraturan Menpan Tentang Passing Grade CPNS 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Peraturan Menpan Tentang Passing Grade CPNS 2018
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Agustus 27, 2018