Loker2018.comJadwal SSCN.BKN.Go.Id Pendaftaran CPNS 2018 Lulusan SMA Online | Kapan jadwal resmi CPNS 2018 di rilis situs resmi SSCN.BKN.go.id dan apakah ada bukaan CPNS Online 2018 khusus lulusan SMA? Sebab banyak sekali para pencari kerja dengan ijazah SMA yang berharap bisa bersaing di seleksi CPNS 2018, simak ulasan lengkapnya berikut.

Tinggalkan sejenak keruhnya situasi di tahun politik ini, ayo kita mulai pikirkan masa depan, kira-kira pekerjaan apa yang bisa dilamar agar kehidupan menjadi lebih baik.

Berbicara mengenai pekerjaan memang cukup banyak jenis profesi yang sangat diminati di Indonesia, beberapa di antaranya adalah lowongan kerja di perusahaan BUMN namun yang lebih diminati lagi adalah menjadi seorang PNS.


Penerimaan CPNS akhir-akhir ini merupakan kesempatan langka apalagi setelah 4 tahun lalu Presiden Jokowi terus komitmen untuk me-moratorium penerimaan CPNS, bahkan jika dilihat dari jumlah pensiun hingga di tahun 2018 ini sejak penerimaan CPNS terdahulu telah mencapai ratusan ribu orang.

Adapun alasan yang mendasar untuk melakukan moratorium adalah tidak seimbangnya APBD dengan jumlah yang dibelanjakan untuk membayar PNS di daerah itu, sehingga moratorium diharapkan mampu menjadi penyeimbang untuk sehat tidaknya APBD di daerah-daerah.

Lalu bagaimana dengan tahun 2018? Menjelang akhir masa jabatan presiden apakah akan diadakan penerimaan pendaftaran CPNS?

Semua sedang menantikan informasinya terutama tentang kapan jadwal pendaftaran CPNS 2018 itu. Sayangnya berita mengenai bukaan pendaftaran CPNS kerap kali simpang siur, bahkan beberapa kabar hoax sempat menghebohkan dalam beberapa kali di tahun 2018 ini.

Dengan maraknya kabar hoax maka kita perlu referensi resmi mengenai informasi CPNS, dan web resmi pendaftaran CPNS hanya ada di web SSCN dengan alamat sscn.bkn.go.id

Sembari menunggu apakah akan ada lowongan Pendaftaran CPNS 2018 Lulusan SMA?

Menurut informasi terbaru memang hingga saat berita ini ditulis belum ada pengumuman resmi berkaitan dengan jadwal pendaftaran CPNS maupun formasi untuk lulusan SMA.

Namun tidak ada salahnya jika kita mempersiapkan diri menjelang pengumuman daftar CPNS 2018 yang tentu saja semakin dekat.

Bila ditinjau dari anggaran maka pendaftaran CPNS 2018 itu sudah dianggarkan sehingga sudah pasti bukaannya akan dilaksanakan dan selambat-lambatnya di akhir tahun.

Adapun beberapa informasi penting mengenai bukaan CPNS 2018 terbaru adalah sebagai berikut.

“Ada 220 ribu ASN yang pensiun, oleh sebab itu dalam waktu dekat ini akan diumumkan formasinya untuk menempati posisi di pemerintah daerah dan kementerian atau lembaga. Seleksi akan dilakukan oleh BKN,” jelas Menpan beberapa waktu lalu.

“Formasi guru dan tenaga kesehatan ini di luar dari teknis yang telah ditetapkan tadi. Khusus guru honorer bakal ada teknis khusus yang harus dilakukan. Guru honorer kan sekarang tak bisa lagi tanpa tes. Jadi, bagi yang memenuhi syarat K2 silakan ikut tes. Rekrutmen dilakukan secara terbuka,” Beliau menambahkan.

Berdasarkan informasi, kuota untuk formasi tenaga pendidik paling banyak dibutuhkan.

Ada sekitar 100 ribu kuota bagi guru.

Tak hanya itu, formasi lain yang juga banyak dibutuhkan ada pada bidang kesehatan, seperti dokter, bidan, hingga perawat.

Adapun Dokumen yang Harus Dipersiapkan untuk S1 atau tenaga profesional antara lain:
1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:
1. Materai Rp 6.000
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi ijazah/STTB
4. Fotokopi ijazah SD
5. Fotokopi ijazah SLTP
6. Fotokopi ijazah SLTA.
7. Situs dan Akun Media Sosial Resmi

Untuk WNI yang berminat mendaftarkan diri sebagai CPNS, Kemen-PAN RB mengimbau untuk rajin memantau beberapa laman resmi milik Kemen-PAN RB, yaitu menpan.go.id. Pantau juga situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI, bkn.go.id. Kabar terbaru BKN tengah mengadakan sosialisasi Pendaftaran CPNS Online 2018.

Bagikan :

Description
: Jadwal SSCN.BKN.Go.Id Pendaftaran CPNS 2018 Lulusan SMA Online
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Jadwal SSCN.BKN.Go.Id Pendaftaran CPNS 2018 Lulusan SMA Online
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Agustus 30, 2018