Loker2018.ComSyarat Pendaftaran CPNS Guru Online 2018 untuk Lulusan S1 PGSD | Rencana pemerintah mengenai bukaan CPNS pasca pilkada telah dinantikan banyak orang, karena memang saat ini pilkada telah berlalu namun pengumuman CPNS belum ada kejelasan.


Sembari menunggu update dari web resmi CPNS di sscn.bkn.go.id tak ada salahnya kalau sobat semua mempersiapkan semua keperluan menjelang tes seleksi CPNS 2018 yang akan segera berlangsung misalnya apa saja syarat pendaftaran online yang harus dipenuhi.

Beragam formasi akan dibuka dalam bukaan CPNS kali ini namun tetap saja 2 bidang yang menjadi prioritas adalah guru dan tenaga kesehatan, untuk itu agar web ini mempunyai informasi yang lebih lengkap maka kali ini kami akan mengulas lebih mendalam tentang Syarat Pendaftaran CPNS Guru Online 2018 Untuk S1 PGSD, silahkan disimak.

Apakah ada bukaan Pendaftaran CPNS Guru SD lulusan PGSD 2018?

Guru SD merupakan peluang besar dalam bukaan CPNS setiap tahunnya oleh karena itu tak heran jika tiap bukaan mahasiswa baru, jurusan PGSD menjadi favorit bagi anak-anak bangsa yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Namun faktanya jumlah lulusan S1 PGSD tidak sebanding dengan lowongan CPNS Guru yang dibuka, karenanya salah satu formasi yang cukup dinantikan adalah lowongan CPNS dari jurusan S1 PGSD.

Bagaimana dengan tahun 2018 ini, tampaknya lulusan PGSD mendapatkan porsi formasi yang paling banyak (tergantung kemampuan pembiayaan di daerah tersebut) dan banyak peminat ini menjadi PNS Guru membuat persaingan di bidang ini sangat ketat.

Salah satu hal yang harus dipenuhi adalah Syarat Pendaftaran CPNS Guru Online 2018 untuk Lulusan S1 PGSD, berikut informasinya :

  1. Pertama silahkan cek di Syarat Wajib CPNS 2018.
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
  4. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
  5. Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar - latar belakang merah.
Nah itulah Syarat Pendaftaran CPNS Guru Online 2018 untuk Lulusan S1 PGSD yang harus dilengkapi, selanjutnya kapan pelaksanaan seleksi CPNS 2018 itu berlangsung? Simak penjelasannya berikut.

Dimulai dari Pesan Berantai mengenai Pengumuman Pendaftaran CPNS Online 2018


Dalam beberapa waktu terakhir cukup mudah ditemukan beberapa informasi mengenai tanggal bukaan CPNS 2018 baik yang tersebar lewat pesan berantai ataupun media sosial, apakah ini benar adanya?

Bahkan didalamnya terdapat jelas rincian formasi, yang dibuka baik kota maupun kabupaten seluruh Indonesia.

Saat di konfirmasi ternyata Menpan tidak membenarkan hal ini dan terbukti bahwa informasi tersebut merupakan kabar bohong alias hoaks. Sebab dari pihak pemerintah belum ada atau belum pernah mengumumkan secara resmi jadwal penerimaan pendaftaran CPNS apapun.

Perlu diingat juga bahwa info resmi adalah yang memang merupakan pernyataan Menpan langsung atau yang terbit melalui info siaran resmi Menpan dan BKN yakni di 5 media resmi BKN dan Kemenpan.

Janji Pemerintah Bukaan CPNS berlangsung pasca Pilkada 2018

Pencoblosan telah berlangsung di 27 Juni 2018 lalu, artinya pilakda langsung telah dilaksanakan, nah ini menjadi menarik karena sebelumnya Pemerintah berjanji bahwa pengumuman resmi pendaftaran CPNS akan dilaksanakan usai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018, kenapa sekarang belum?

Pencoblosan Kepala Daerah memang sudah dilaksanakan namun masih ada tahapan pilkada yang saat ini masih bergulir, yaitu Penghitungan suara tingkat provinsi akan kelar 7-9 Juli pekan depan. Tahapan sengketa masih bergulir hingga akhir Juli.

Lalu kapan pengumuman Pendaftaran CPNS 2018 formasi daerah resmi dipublish?

Belum ada penjelasan resmi Menpan hingga berita ini ditulis, namun rilis Kemenpan RB terakhir adalah pengumuman penerimaan CPNS akan diumumkan setelah pilkada serentak selesai.

Saat ini tengah banyak beredar kabar mengenai pendaftaran CPNS tahun 2018, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar atau hoax.

"Belum ada informasi resmi mengenai pembukaan dan pendaftaraan CPNS tahun 2018. Kabar yang beredar di masyarakat kami pastikan hoax," tegas Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman di Jakarta, Minggu (24/6/2018).

Lanjutnya dikatakan bahwa, pada tahun 2018 ini memang ada rencana penerimaan CPNS, terutama untuk formasi guru, tenaga kesehatan, serta formasi spesifik lainnya yang membidik Nawacita dan sesuai dengan core business instansi.

"Semua masih dalam proses. Sampai saat ini usulan formasi yang disampaikan oleh instansi melalui e-formasi masih dalam tahap validasi," jelasnya.

Informasi yang beredar di berbagai media sosial itu seolah-olah pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS pada Juli 2018.

Di sana disebutkan kriteria yang diperlukan, susunan formasi, dokumen yang dibutuhkan, alur pendaftaran, dan kuota penerimaan CPNS.

Untuk itu mohon kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati dengan berbagai informasi simpang siur yang beredar namun tidak jelas sumbernya.

"Semua informasi resmi terkait kebijakan pendayagunaan aparatur negara, termasuk rencana penerimaan CPNS tahun 2018, akan kami sampaikan melalui website menpan.go.id," ujarnya.

Lebih lanjut bisa cek Pendaftaran CPNS Guru Honorer dan Pelamar Umum 2018

Bagikan :

Description
: Syarat Pendaftaran CPNS Guru Online 2018 untuk Lulusan S1 PGSD
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Syarat Pendaftaran CPNS Guru Online 2018 untuk Lulusan S1 PGSD
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Juli 01, 2018