Sscn.Bkn.Go.Id 2018 Alamat Resmi Login Pendaftaran CPNS Semua Formasi ~ Isu bukaan CPNS semakin terdengar, namun masih bingung tentang info resmi, karena ada teman yang mengatakan bahwa pendaftaran sudah dimulai, pertama dari Kemenkumham.


Benarkah kabar tersebut? Coba browsing mencari info-info terkait bukaan CPNS, ternyata kabar yang dimaksud adalah bukaan CPNS Kemenkumham di tahun 2017 lalu, sedangkan yang tahun 2018 ini belum ada sama sekali, memang telah ada rencana bukaan di akhir juli namun masih sedang dipersiapkan oleh Menpan.

Keputusan bukaan CPNS di akhir Juli 2018 belum final sebab di ujung pernyataannya Menpan menambahkan bahwa saat ditanya lebih lanjut mengenai diumumkannya jadwal resmi CPNS sifatnya masih fleksibel mengingat merumuskan formasi CPNS tidaklah mudah.

Setiap daerah harus dianalisa secara mendalam sesuai dengan kebutuhan pegawai di daerah tersebut, misalkan di daerah yang mayoritas pertanian, tidak akan mengangkat jurusan dari teknik mesin misalnya.

Hingga hari ini di pertengahan Juli belum ada kabar pasti yang menjawab pertanyaan besar kapan bukaan CPNS 2018, hanya saja ada sedikit pencerahan mengenai website resmi untuk pendaftaran CPNS 2018 hanya ada 1 jalur yakni SSCN BKN.

Dan data terbaru dari website tersebut adalah :

Portal SSCN saat ini belum dapat diakses sampai pengumuman resmi dari Pemerintah terkait penerimaan CPNS 2018. Info lebih lanjut dapat dilihat di Portal BKN yaitu www.bkn.go.id.

3 Formasi terbanyak di bukaan Pendaftaran CPNS 2018

Apa saja 3 formasi terbanyak yang dimaksud? Berdasarkan kabar terkini mengenai tes bukaan CPNS bahwa mayoritas yang dibutuhkan adalah 3 bidang yakni teknis, guru dan tenaga kesehatan.

Untuk bidang teknis sendiri akan dibuka secara umum baik kementerian atau lembaga maupun di CPNS daerah dengan kisaran kuota mengganti jumlah tenaga yang pensiun sekitar 200.000 orang.

Sedangkan untuk Guru dan Tenaga Kesehatan akan dibuka secara terpisah dari jumlah formasi itu, bahkan untuk guru nantinya akan direkrut sekitar 100.000 orang di seluruh Indonesia.

Pendaftaran CPNS 2018 sudah di depan mata karena menurut rencana di akhir bulan Juli 2018 ini CPNS tersebut segera dibuka. Pendaftaran CPNS kali ini merupakan seleksi tahap 3 mengingat lanjutan dari 2 seleksi sebelumnya maka penerimaan kali ini dikenal jugaa dengan pendaftaran CPNS gelombang ketiga.

Telah lamanya tidak ada bukaan secara umum maka tak heran jika informasi mengenai penerimaan CPNS 2018 menjadi target utama pencarian apalagi banyak yang merindukan seleksi CPNS terlebih bagi para pencari kerja dan pendaftar CPNS sebelumnya yang belum lulus seleksi.

Ramainya situasi sering menimbulkan polemik dan dimanfaatkan oknum, karenanya banyak oknum yang kemudian memanfaatkannya untuk kemudian mengeruk keuntungan dari ketidaktahuan orang yang mencari informasi lewat internet seperti menyebarkan isu hoax mengenai formasi-formasi yang katanya bocoran dari BKN.

Yang terbaru terjadi adalah info palsu mengenai Laporan Penetapan e-formasi Tenaga Honorer, Pegawai Tidak Tetap, PT Non-PNS dan Tenaga Kontrak Pengangkatan CPNS Tahun 2016-2019 yang mengatasnamakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) yang memuat formasi sejumlah Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Merespon hal tersebut, Kepala Biro Humas BKN RI, Mohammad Ridwan mengatakan, jika sampai saat ini, perhitungan kebutuhan CPNS di pusat dan daerah belum selesai dilakukan.
Penerimaan CPNS rencananya akan dibuka setelah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak, 27 Juni 2018 atau setelah Lebaaran Idulfitri 1439 H.

"Pemerintah memang berencana membuka penerimaan CPNS tahun 2018 setelah proses Pilkada selesai, sekitar akhir Juni atau awal Juli. Namun sampai hari ini Pemerintah belum menerbitkan surat resmi tentang formasi CPNS TA 2018. Jadi surat tentang laporan penetapan e-formasi itu hoax,” ujar Ridwan, Jumat 25 Mei 2018, sebagaimana dikutip dari laman resmi BKN, Bkn.go.id.

Lanjut kata Ridwan,

“Masyarakat agar tidak percaya pada informasi yang tidak jelas kebenarannya. Informasi resmi penerimaan CPNS hanya dikeluarkan oleh Kemenpan RB dan BKN melalui www.bkn.go.id dan kanal-kanal media sosial resmi milik BKN."

Menpan : CPNS Guru dibutuhkan sebanyak 100 ribu orang

Persaingan tes CPNS 2018 akan menarik di bidang pendidikan sebab semua lulusan keguruan akan bersaing untuk memperebutkan kursi sebanyak 100.000 kuota yang akan disediakan dalam bukaan seleksi CPNS 2018, salah satunya adalah Lowongan CPNS Jurusan PGSD 2018.

Prioritas Guru adalah untuk daerah 3T yang masih ada sekitar 122 daerah yang masih tercatat sebagai daerah 3T, dan bersiaplah bagi semua sarjana guru, karena di tahun 2018 bukaan CPNS Guru akan terbuka lebar tinggal bagaimana kita mampu bersaing dengan peserta lain agar lulus tes CPNS 2018.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Asman Abnur menyatakan, alokasi tambahan khusus untuk profesi guru di seleksi CPNS 2018 mengingat kurangnya jumlah guru di Indonesia.

"Menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saat ini defisitnya 700 ribu guru. Jadi kita cicil kekurangannya, jadi tidak aada alasan lagi guru kurang," kata Asman seperti dilansir dari channel Youtube resmi BKN, Minggu (15/7/2018).

Tak hanya untuk guru, pemerintah juga rencananya juga akan mengalokasi kuota tambahan khusus untuk tenaga kesehatan. Sayang,

Asman masih enggan mengungkapkan berapa jumlahnya.

"Jadi 100 ribu itu untuk guru saja, belum sama tenaga kesehatan," jelas dia.

Untuk waktu seleksi alokasi khusus ini akan dilaksanakan bersamaan dengan seleksi CPNS 2018 umum. "Akhir juli ini ditetapkan rencananya," tuturnya.

Lantas apakah guru honorer akan mendapatkan prioritas untuk mengisi posisi tersebut?

Asman memastikan tenaga honorer K2 tetap harus mengikuti seleksi CPNS 2018 secara terbuka bersama dengan peserta lainnya.

Hal ini juga telah disampaikan saat rapat dengan DPR.

"Dalam rekrutmen sekarang tidak bisa lagi tanpa tes. Kalau honorer K2 penuhi syarat silakan ikuti tes. Sementara kita prioritaskan rekrtutmen itu secara terbuka," paparnya.

Tenaga Kesehatan mendapatkan Porsi Sendiri di CPNS 2018

Tidak hanya Guru namun tenaga kesehatan pun mendapatkan jumlah sendiri di formasi CPNS 2018, meski memang jumlahnya tak sebanyak yang dibuka untuk lowongan guru namun persaingan di tenaga kesehatan ini sendiri akan berlangsung begitu ketat bahkan bisa lebih ketat dari CPNS guru, untuk itu simak terus perkembangan informasi CPNS dan persiapkan diri menjelang tes CPNS dengan sebaik-baiknya agar nanti memperoleh hasil yang maksimal.

Dalam siaran persnya, Selasa 29 Mei 2018, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Asman Abnur mengatakan, proporsi terbesar formasi CPNS pada tahun ini akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis, guna mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

Ini kabar gembira buat anda para sarjana pendidikan, keperawatan, kedokteran, maupun teknik.

Rekrutmen CPNS pun akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

“Kita memerlukan spesialisasi keahlian, sehingga perencanaan dan usulan ASN baru harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita, sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional,” ujarnya.

Saat ini jumlah PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) secara nasional adalah 4,3 juta lebih, dengan proporsi terbesar selain guru adalah tenaga pelaksana/administrasi, sebesar 1,6 juta atau sekitar 38 persen.

Untuk mendukung terciptanya birokrasi berkelas dunia tahun 2024, pemerintah menyelenggarakan program strategis yang dimulai dari perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengembangan kompetensi, hingga reformasi kesejahteraan.

Asman juga menyinggung bahwa Indonesia dan dunia tengah menghadapi perubahan cepat di era industri 4.0 yang dicirikan dengan dominannya peran mesin dan otomatisasi, serta terintegrasinya sistem komputasi dan jejaring dalam proses fisik.

“Oleh karena itu, diperlukan ASN yang profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki daya hospitality, entrepreneurship, dan networking, serta tentunya tetap harus memiliki rasa nasionalisme dan berintegritas,“ tambahnya.

Untuk itu, dalam pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS harus berdasarkan 6 (enam) prinsip yakni kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari prartik KKN serta tidak dipungut biaya.

“Forum Konsultasi dan Validasi Usulan Kebutuhan PNS ini bertujuan untuk memastikan bahwa usulan Kebutuhan PNS pada Kementerian/Lembaga tahun 2018 sudah sesuai dengan arah pembangunan nasional dan kebutuhan organisasi sehingga tidak terjadi mismatch,“ imbuhnya.

Sistem Pendaftaran Online di Satu Pintu SSCN BKN

Sistem online masih diberlakukan untuk seleksi CPNS 2018 namun bila sebelumnya ada 2 web atau lebih untuk proses pendaftaran maka di tahun 2018 ini hanya ada 1 pintu atau ada satu Alamat Resmi Login Pendaftaran CPNS Semua Formasi yakni Sscn.Bkn.Go.Id 2018, bisa akses penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut di Cara isi Formulir Pendaftaran CPNS 2018.

Akun resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan kepada para calon pendaftar bahwa situs resmi pendaftaran CPNS 2018.

Hanya ada satu portal yakni situs SSCN.

"Hanya ada satu portal dalam penerimaan CPNS 2018 #SobatBKN yaitu SSCN dan terjamin transparansinya,"  tulis BKN di akun resmi twitternya

Sementara itu, diketahui saat ini situs  https://sscn.bkn.go.id/  masih dalam tahap perbaikan, jelang penerimaan CPNS 2018.

Dalam seleksi CPNS tahun ini, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) terdiri dari tujuh tim untuk mendapatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkualitas.

BKN menyiapkan layanan Helpdesk bagi para calon pendaftar. Fasilitas dan layanan juga akan disiapkan oleh BKN bagi para calon pendaftar.

Dalam keterangan yang ditulis oleh akun twitter resmi BKN, pihaknya juga menambahkan akan menyediakan Helpdesk untuk menjawab pertanyaan calon pendaftar, saat penerimaan CPNS 2018.

"Mekanisme Pendaftaran peserta CPNS 2018 lebih mudah dan terintegrasi nih #SobatBKN," tambah akun BKN di cuitannya.

Bagikan :

Description
: Sscn.Bkn.Go.Id 2018 Alamat Resmi Login Pendaftaran CPNS Semua Formasi
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Sscn.Bkn.Go.Id 2018 Alamat Resmi Login Pendaftaran CPNS Semua Formasi
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Juli 16, 2018