Loker2018.Com ~ Calon pelamar CPNS diminta menunggu sekitar 2 pekan ke depan sebaba menurut informasi terakir Pengumuman Resmi Jadwal Penerimaaan CPNS Akhir Juli atau Awal Agustus 2018.


Dan berdasarkan info yang diperoleh dari media nasional memang benar pendaftaran CPNS 2018 akan dijadwalkan kurang lebih digelar pekan depan, akhir Juli atau awal Agustus 2018.

Untuk itu ada baiknya calon pelamar mempersiapkan apa saja yang diperlukan salah satunya adalah dokumen persyaratan. Apa saja itu? Ada beberapa dokumen wajib yang harus disiapkan khusus untuk pelamar SMA, SMK sederajat.

Menurut rilis resmi Pekan lalu, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abrar, mengumumkan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 diagendakan pekan depan atau akhir Juli 2018 ini.

Agar pada waktu pendaftaran dimulai semua bisa berjalan lancar maka seharusnya seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah siap oleh masing-masing pelamar. Karena pada bukaan Pendaftaran CPNS 2018 gelombang ketiga ini lebih banyak untuk formasi daerah. Dan diutamakan formasi paling banyak adalah tenaga pendidik.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan pemerintah akan merekrut tenaga pendidik sebanyak 100 ribu orang pada penerimaan CPNS 2018.

Adapun banyaknya perekrutan guru adalah untuk mengganti banyaknya guru yang habis masa kerjanya alias pensiun hingga tahun ini.

Jika dihitung maka hingga tahun ini sudah banyak jumlah pensiun tersebut dan tidak hanya guru saja melainkan kondisi itu sama dengan ASN lain yang akan pensiun mencapai angka 200 ribu orang.

Selain guru, pemerintah juga membutuhkan banyak tenaga kesehatan.Berbeda dari penerimaan CPNS sebelumnya, tahun ini prosesnya dilakukam secara terintregasi di pemerintah pusat. BKN sebagai perwakilan pemerintah yang mengelola proses tersebut.

Proses pendaftaran dan registrasi pun berlangsung secara online dengan hanya bertumpu di satu website. Nantinya juga hanya ada satu portal internet sebagai tempat pendaftaran CPNS 2018.

Selain dari portal pendaftaran ada juga media sosial BKN yang akan terus mengabarkan informasi resmi seputaran CPNS 2018 bisa melalui twitter.

Ada sekitar 100.000 formasi bagi tenaga pendidik pada penerimaan CPNS 2018, formasi bagi CPNS pusat dan daerah dan pelaksanaan seluruhnya akan dilakukan oleh BKN secara terintegrasi, portal pendaftaran nasional dan seleksi by CAT BKN

Begitu isi twit akun Twitter @BKNgoid pada 11 Juli 2018 lalu.

Pada tanggal yang sama, BKN juga menjadwalkan dimulainya penerimaan CPNS 2018 pada akhir Juli 2018.

Berbekal informasi tersebut, calon peserta sebaiknya memperhatikan kembali persiapan terutama NIK dan syarat-syarat lainnya.

Jadwal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur.

Namun menurutnya, waktu penerimaan seleksi CPNS 2018 masih fleksibel, berkaitan dengan penyusunan formasi.

Akan tetapi jadwal penerimaan CPNS 2018 ini masih menunggu rumusan jumlah keseluruhan formasi pasti yang dibutuhkan.

“Rencananya akhir Juli ini, tapi itu kan fleksibel saja ya karena merumuskan formasi itu kan nggak gampang,” ujar Asman, Rabu (11/7/ 2018) di gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

Sementara itu kabar terbaru dari akun resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengingatkan para calon pelamar situs resmi pendaftaran CPNS 2018.

"Hanya ada satu portal dalam penerimaan CPNS 2018 #SobatBKN yaitu SSCN dan terjamin transparansinya," tweet BKN.

Seperti diketahui, saat ini situs https://sscn.bkn.go.id/ masih dalam tahap perbaikan, jelang penerimaan CPNS 2018.

Dalam seleksi CPNS tahun ini, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) terdiri dari tujuh tim, untuk mendapatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkualitas.

BKN juga menjelaskan, pihaknya akan menyediakan Helpdesk untuk menjawab pertanyaan calon pendaftar, saat penerimaan CPNS 2018.

"Mekanisme Pendaftaran peserta CPNS 2018 lebih mudah dan terintegrasi nih #SobatBKN," tambah BKN.

Pemerintah berencana membuka lowongan Calon Pegawai Negara Sipil (CPNS) 2018 pada Agustus mendatang untuk memenuhi kebutuhan pegawai di pusat dan daerah.

Untuk memenuhi kebutuhan pegawai tersebut, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Tenggara telah mengusulkan 140 formasi CPNS daerah ke Kemenpan untuk perekrutan tahun 2018.

Kepala BKD Sultra, Nur Endang di Kendari, pada Jumat lalu mengatakan formasi tersebut meliputi tenaga pendidikan, kesehatan, serta tenaga fungsional tertentu.

"Pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini masih belum jelas. Jika kalau sudah informasi yang jelas dari Kemenpan terkait tes CPNS, maka kita akan umumkan di media masa," kata Endang.

Ia berharap kepada seluruh masyarakat Sultra untuk tetap bersabar menunggu pengumuman CPNS dari Kemenpan.

"Saat ini kami masih menunggu hasil dari Kemenpan karena yang menentukan formasi berapa kuota di masing-masing daerah Kabupaten/kota Kemenpan yang menentukan," katanya.

Menurut dia, Formasi sudah kami kirim ke Kemenpan, jadi saat ini belum ada kepastian kapan tes CPNS.

"Sedangkan untuk kabupaten/kota, saya tidak ketahui pasti, yang jelasnya mereka masing-masing yang mengusulkan formasi sesuai dengan kebutuhan daerah," katanya.

Mekanisme seleksi CPNS 2018 sendiri memang telah dibahas dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2018 oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Rabu (11/7/2018). Salah satu terobosan yang hendak dilakukan dalam perekrutan tahun ini ialah sistem seleksi yang terintegrasi.

Dengan alur yang terintegrasi itu, penyelenggaraan seleksi diharapkan bisa jadi lebih efektif. “Nantinya pelaksanaan seleksi juga hanya akan menggunakan satu sistem seleksi, yakni Computer Assisted Test (CAT-BKN),” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan, melalui keterangan resminya pada 4 Juli 2018 lalu.

Bagikan :

Description
: Pengumuman Resmi Jadwal Penerimaaan CPNS Akhir Juli atau Awal Agustus 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Pengumuman Resmi Jadwal Penerimaaan CPNS Akhir Juli atau Awal Agustus 2018
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Juli 16, 2018