Loker2018.com ~ Update terbaru kabar CPNS 2018 ternyata tunggu hasil rakornas BKN yang berlangsung 11 Juli 2018, lalu apa hasilnya? Disini kami akan membahasnya di 7 Hasil Rakornas Menpan BKN berkaitan Info Jadwal Penerimaan CPNS 2018 Lengkap.


Rakornas ini melibatkan kepegawaian di seluruh tanah air yang berlangsung di Gedung Indonesia Convention Exchibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten pada 11 Juli 2018.

Lalu apa yang dibahas? pejabat tinggi BKN juga dijadwalkan akan memaparkan mekanisme seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terintegrasi kepada para peserta Rakornas Kepegawaian.

Saat ditemui Karo Humas BKN menyatakan bahwa :
“Dalam Rakornas tersebut, nantinya juga akan disampaikan materi mengenai hal yang saat ini sedang dinanti-nanti publik, khususnya mengenai rekrutmen CPNS,” kata Ridwan dalam siaran resminya pada Selasa (3/7/2018).

Sebelum hari H, calon peserta rakornas diminta untuk melakukan registrasi online, di rakornas.bkn.go.id dengan batas waktu 9 Juli 2018.

 Adapun informasi tambahan seputar informasi CPNS 2018 adalah mengenai situs pendaftaran yang mana sebelumnya terdapat 2 portal pendaftaran yakni SSCN dan web instansi namun di pembukaan CPNS kali ini hanya berfokus pada satu situs SSCN BKN.
"Jika tahun sebelumnya, pendaftar seleksi CPNS pada sejumlah instansi masih harus membuka dua portal saat akan registrasi, kini proses pendaftaran hanya berfokus pada portal SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional)," tutur Ridwan, Rabu (4/7).

Pada kabar yang telah lalu, BKN sudah upgrade server BKN yang nantinya diperkirakan mampu menampung pendaftar setidaknya 8 - 10 juta orang, sehingga prosesnya bisa berjalan lancar dan proses pendaftaran peserta tidak mengalami hambatan.

Kabar seputar CPNS 2018 sampaikan BKN melalui akun twitter resminya, @BKNgoid pada Rabu, 4 Juli 2018 kemarin.
"Mekanisme seleksi CPNS terintegrasi akan disampaikan Pejabat tinggi BKN kepada para peserta Rakornas dalam kegiatan Rakornas Kepegawaian 11 Juli mendatang".

7 Hasil Rakornas Menpan BKN Berkaitan Info Jadwal Penerimaan CPNS 2018 Lengkap

Mengenai hasilnya nanti di update di Beranda Loker2018.com atau di Media Sosial CPNS BKN 2018 dan sepertinya ini akan menjadi titik terang dari misteri tentang kapan bukaan CPNS 2018 termasuk jadwal penerimaan CPNS 2018, untuk itu cek terus kabar update terbaru mengenai Penerimaan CPNS Juli 2018.

Adapun beberapa hasil rakornas mengenai penerimaan CPNS 2018 yaitu :

  1. Pendaftaran CPNS menurut Menpan Asman dibuka akhir Juli ini, namun waktunya masih fleksibel sesuai dengan prosesnya nanti.
  2. Calon peserta diminta siap-siap menjelang dibukanya tes CPNS 2018.
  3. Alasan perekrutan adalah pensiunnya 220 ribu ASN, baik di pemerintah daerah dan kementerian atau lembaga.
  4. Penyelenggaran seleksi CPNS 2018 akan dilakukan oleh BKN.
  5. Formasi terdiri dari tenaga teknis, guru dan kesehatan. Formasi guru dan tenaga kesehatan ini di luar dari teknis yang telah ditetapkan. 
  6. Khusus guru honorer bakal ada teknis khusus yang harus dilakukan. Guru honorer kan sekarang tak bisa lagi tanpa tes. Jadi, bagi yang memenuhi syarat K2 silakan ikut tes.
  7. Formasi untuk guru yang diperlukan tahun ini sekitar 100.000 orang untuk menutupi kekurangan tenaga pendidik di seluruh kabupaten, kota dan provinsi yang berjumlah sekitar 700.000 orang.

Seleksi CPNS 2018 direncakan bakal digelar akhir Juli 2018 ini. Namun menurutnya waktu penerimaan seleksi CPNS 2018 masih fleksibel, berkaitan dengan penyusunan formasi.

“Rencananya akhir Juli ini, tapi itu kan fleksibel saja ya karena merumuskan formasi itu kan nggak gampang,” tutup Asman usai terkait penerimaan CPNS 2018.

Lebih lengkap silahkan simak wawancara dengan Menpan yang unggah oleh laman youtube resmi BKN kemarin :


Di sisi lain BKN juga melalui Karo Humasnya BKN menyatakan bahwa ada 3 kesalahan yang paling sering terjadi dalam proses pendaftaran CPNS 2018 yaitu :

1. Nomor NIK dan KK tidak ditemukan

Nomor Indentitas Kependudukan (NIK)/Kartu Keluarga (KK) tidak ditemukan. Untuk mengantisipasi masalah ini, pelamar harus memastikan NIK dan KK yang akan digunakan pada saat pendaftaran online lewat https://sscn.bkn.go.id terdaftar dan update dalam database Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil di pusat.

2. Salah memasukkan data

Dari rekapitulasi pengaduan yang diterima Tim Helpdesk BKN, permasalahan ini disebabkan karena pelamar tidak mencermati dengan teliti fitur-fitur yang terdapat portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan tata cara pengisian kolom di dalamnya sehingga mengisi data yang tidak sesuai dengan apa yang diminta. Selain itu, kebanyakan pelamar terburu-buru melakukan pendaftaran, sebelum memastikan kembali kebenaran data yang diinput, padahal kesalahan input data tidak bisa diperbaiki.

3. Salah menginput dokumen pendaftaran

Hal ini juga menjadi permasalahan yang banyak dialami pelamar. Pelamar cenderung tidak mencermati syarat/kualifikasi dan dokumen yang diminta menjadi awal terjadinya kesalahan input dokumen persyaratan CPNS 2018.

Bukaan CPNS Juli 2018 dipastikan Hoax oleh Kemenpan 2018

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menegaskan bahwa kabar tentang pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang beredar di media sosial tidak benar alias hoax.
"Kabar yang beredar di masyarakat (soal pendaftaran CPNS 2018), kami pastikan hoax. Belum ada informasi resmi mengenai pembukaan dan pendaftaran CPNS tahun 2018," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman dalam pernyataan resmi, Senin, 25 Juni 2018.

Ditambahkan lagi bahwa semua proses akan diumumkan melalui situs dan media sosial resmi milik pemerintah.
"Semua informasi resmi terkait kebijakan pendayagunaan aparatur negara, termasuk rencana penerimaan CPNS tahun 2018, akan kami sampaikan melalui website www.menpan.go.id," ujarnya.

Bagikan :

Description
: 7 Hasil Rakornas Menpan BKN berkaitan Info Jadwal Penerimaan CPNS 2018 Lengkap
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: 7 Hasil Rakornas Menpan BKN berkaitan Info Jadwal Penerimaan CPNS 2018 Lengkap
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Juli 11, 2018