CPNS 2018 Rekrutmen Daerah dan Kementerian 250 Ribu Formasi Menpan SSCN BKN | Loker2018.com ~ Jadwal bukaan rekrutmen CPNS 2018 semakin dekat, sebelumnya ada rencana dibuka awal bulan Juli sedangkan saat ini sudah masuk di akhir Juni 2018, kapan bukaan pasti CPNS 2018 dan seberapa besar peluang di masing-masing daerah dan kementerian? Simak selengkapnya di CPNS 2018 Rekrutmen Daerah dan Kementerian 250 Ribu Formasi Menpan SSCN BKN.


Berdasarkan informasi terbaru bahwa bukaan akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan, dan yang paling baru 22 Juni 2018 lalu oleh Karo Humas BKN, berikut pernyataan lengkapnya.

"Mudah-mudahan saja (dibuka Juli). Jika Pak Menpan oke, formasi sudah ada, daerah dan kementerian atau lembaga dapat berapa formasinya," ujar Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan.

Prosesnya sendiri sudah masuk tahap final yakni sedikit lagi proses pelaksanaan CPNS itu bisa berlangsung, di tahap akhir ini BKn sedang menyiapkan perlengkapan ujian di masing-masing kantor regionalnya pada 34 provinsi.

"Kami sudah menyiapkan infrastruktur untuk penerimaan CPNS 2018," dia menambahkan.

Di kesempatan wawancara dengan Karo Humas BKN itu juga tak lupa ditanyakan mengenai seberapa besar formasi yang dibuka, apakah seperti yang diberitakan selama ini yaitu 200 ribuan, dan memang benar jumlahnya demikian bahkan rentangnya bisa lebih banyak lagi mencapai 250 ribu orang.

‎"(Jumlah) Belum, tapi Pak Menpan beberapa kali bilang antara 200 ribu-250 ribu CPNS," ungkap dia.

Mengenai bidang yang diutamakan dan paling banyan dibuka dalam Rekrutmen CPNS tahun ini lebih condong peluang terbesarnya di tenaga pendidikan dan kesehatan, kemudian ditambahkan lagi tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

Dengan sistem persyaratan wajibnya harus sesuai dengan jurusan masing-masing agar nantinya saat bekerja sesuai dengan keahlian di bidangnya, tidak nyebrang keahlian seperti pada rekrutmen CPNS tahun-tahun lalu, seperti berikut lebih jelasnya.

“Kita memerlukan spesialisasi keahlian, sehingga perencanaan dan usulan ASN baru harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita, sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional,” ujarnya.

Berdasarkan data ASN yang ada memang mayoritas jumlah terbanyak dipegang oleh guru dengan 2,7 juta orang, baru selebihnya adalah tenaga pelaksana/administrasi, sebesar 1,6 juta atau sekitar 38 persen, total jumlah ASN yang aktif saat ini kurang lebih ada 4,3 juta orang.

Lowongan CPNS 2018 yang dibuka adalah bertujuan untuk memenuhi kekurangan pegawai akibat pensiun, meninggal dunia dan lain-lain namun tetap berpedoman pada kemampuan pembiayaan pegawai di masing-masing daerah.

Selain memang formasi itu bersifat kebutuhan mendesak, hal lainnya yang tak kalah penting adalah APBD di daerah tersebut mendukung. Artinya tidak semua daerah dapat menyelenggarakan pendaftaran CPNS 2018, dan sebaliknya ada beberapa daerah yang membuka lowongan CPNS dengan jumlah besar.

Untuk mengetahui daerah mana saja yang membuka lowongan CPNS 2018 maka sobat pengunjung semua bisa menggunakan kolom pencarian di website Loker2018.com yang berada di bagian kanan atas web, ketik kata kunci daerah lalu enter, atau bisa cek Pendaftaran CPNS 2018.

Semakin hari tuntutan kerja semakin tinggi, kompetensi yang dibutuhkan pun bukan lagi standar nasional melainkan yang nantinya mampu bekerja dengan tingkat kompetensi berkelas internasional, untuk menyambut persaingan global di Indonesia tahun 2024.

Hal ini dimulai dari langkah awal yakni rekrutmen CPNS 2018 kemudian beberapa hal lain yang termasuk dalam program strategis pemerintah yang dimulai dari perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengembangan kompetensi, hingga reformasi kesejahteraan.

Pemabaruan sistem informasi juga selama bukaan pendaftaran CPNS telah berinovasi dari sebelumnya yang hanya mengadalkan surat-surat resmi namun kini tengah menyiapkan akun pendukung sosial media resmi baik lewat twitter maupun facebook.

Seperti yang baru-baru ini bahwa diumumkan secara resmi melalui akun resmi twitter BKN, pelamar harus menyiapkan scan atau foto ijazah, transkrip nilai, foto, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan nilai TOEFL jika ada.

"Mimin sampaikan hal2 generik saja. Siapkan pula dok CV, nanti tinggal dicopas ke web SSCN," tulis akun tersebut.

Diingatkan pula bahwa pendaftaran CPNS sifatnya adalah penerimaan data dan kelengkapan administrasi pelamar artinya data dan administrasi harus valid kebenarannya sehingga jangan terburu-buru dalam proses pendaftaran terutama pendaftaran online sebab salah-salah bisa mengakibatkan gagal ikut tes CPNS.

Sedangkan tes CPNS ini tidak dibuka setiap tahun, jangan sampai momen langka yang menjadi impian banyak orang ternyata hilang begitu saja akibat human error atau kesalahan yang sepele namun berakibat fatal, dan berikut himbauan resmi dari panitia seleksi CPNS 2018:

Anda juga jangan buru-buru mendaftar. Pelamar harus dengan seksama membaca persyaratan untuk jabatan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan.

Perlu dipersiapkan juga NIK dan KK yang akan digunakan untuk proses pendaftaran, alangkah lebih baik sebelum waktu pendaftaran itu tiba kita cek ke Dinas Catatan Sipil datau Dukcapil apakah KTP dan KK (NIK) sudah terdaftar dan ada di database Dukcapil, karena proses ini nantinya bagi yang tidak terdaftar di database Dukcapil akan menghambat proses pendaftaran rekrutmen CPNS 2018.

"Sambil menunggu pengumuman penerimaan #CPNS2018 resmi dr @kempanrb, pastikan NIK & KK terdaftar di database nasional @ccdukcapil," tulis admin BKN.

Semua informasi resmi hanyalah yang berasal dari instansi pemerintah yang berwenang di bukaan CPNS 2018, yakni Menpan dan BKN. Jangan sampai proses di tahun ini menjadikan pengalaman buruk karena tergiur dengan oknum-oknum yang mampu menjanjikan lulus CPNS jalur cepat, jalur belakang, dengan sogokan, titipan atau istilah-istilah lainnya.

Karena sejak diberlakukannya sistem tes CPNS menggunakan komputer yang dikenal dengan CAT CPNS, semua asumsi itu bisa dibantah dan lulusan CPNS murni tanpa sogokan bukan lagi isapan jempol.

Hal ini telah disampaikan oleh panitia seleksi CPNS sebagai berikut.

"Jangan pernah percaya jika ada pihak yang menjanjikan dapat membantu dalam penerimaan CPNS, dengan atau tidak dengan imbalan tertentu," ucap Ridwan dalam sebuah keterangan tertulis, Selasa (12/6/2018).

Pastikan kenali situs resmi CPNS di SSCN BKN 2018, apa itu SSCN BKN dan bagaimana cara aksesnya, simak penjelasannya berikut.

Sscn.bkn.go.id adalah website resmi yang dibuat oleh bkn untuk menyeleksi calon pegawai negeri sipil. Dengan adanya seleksi calon pns secara online, diharapkan indonesia akan bebas dari kolusi, korupsi atau praktek nepotisme yang sudah banyak terjadi di badan milik pemerintah tersebut.

Tentu saja siapapun anda, anda bisa mengakses website resmi bkn ini dengan mudah. Cukup butuh koneksi internet, gadget atau laptop dan anda tahu alamat pendaftaran cpns online, anda sudah bisa masuk dengan mudah di website tersebut. Jika anda masih bingung, tak ada salahnya anda mengetahui informasi umum tentang cpns nasional online berikut dengan petunjuk pendaftarannya.

Bagaimana cara Pendaftaran cpns di sscn.bkn.go.id?

Meskipun tidak semua warga indonesia senang dengan pekerjaan yang ada di bawah naungan pemerintah, tetapi banyak dari warganya yang sangat mendambakan menjadi seorang pns karena pns dianggap sebagai pekerjaan yang akan membuat mereka hidup sejahtera.

Ternyata pemerintah mendengarkan keinginan warganya. Walaupun menurut isu pendaftaran cpns cukup sulit, tetapi mulai sekarang anda yang ingin menjadi cpns, anda bisa mendaftar dengan mudah di sscn.bkn.go.id. Ketika anda membuka website tersebut, anda akan disuguhkan dengan berbagai informasi seputar pendaftaran cpns di indonesia.

Apa saja yang informasi yang disuguhkan oleh sscn.bkn.go.id?

Di website tersebut disebutkan bahwa pemerintah indonesia membuka kesempatan sebanyaknya bagi para pelamar yang ingin menjadi seorang abdi negara atau pns. Setidaknya, ada 2 formasi CPNS yang ditawarkan oleh pemerintah kepada pelamar pns, formasi umum dan formasi khusus.

Yang disebut dengan formasi khusus adalah lowongan kerja menjadi pns yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap instansi pemerintahan. Sedangkan formasi khusus yang disebut di website resmi cpns adalah lowongan menjadi cpns yang diperuntukkan bagi mereka yang termasuk putra putri papua, atlet berprestasi, lulusan luar negeri, dan penyandang cacat.

Meskipun pemerintah membuka lowongan cpns untuk pelamar umum, tetapi tetap saja ada ketentuan yang harus anda penuhi. Seperti yang tercantum pada sscn.bkn.go.id, seseorang yang berminat menjadi cpns setidaknya wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut.

Pertama, termasuk warga negara indonesia. Kedua, berumur minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Untuk usia biasanya akan menyesuaikan kebijakan dari instansi yang merekrutnya. Ketiga, memiliki ijazah dan sudah dinyatakan lulus dari perguruan tinggi. Keempat, jenjang pendidikan dan jurusannya harus sesuai dengan formasi cpns yang sedang dibutuhkan.

Pendaftaran cpns online tentu saja gratis dan tidak dipungut biaya sedikitpun. Tetapi jika anda mau diterima, anda harus mau mengikuti prosedur pendaftaran cpns yang sudah ditentukan dari bkn. Sesuai informasi dari sscn.bkn.go.id, ada beberapa prosedur yang meski diikuti oleh para pelamar.

Prosedur pertama adalah mengikuti seleksi tkd atau tes kompetensi dasar. Kedua, bagi mereka yang lolos tkd, mereka juga wajib ikut tes seleksi tkb atau tes kompetensi bidang. Tes tkd ini meliputi tes tertulis dan juga psikotes serta wawancara. Semoga bermanfaat!

Singkatnya sscn.bkn.go.id, website resmi milik pemerintah yang mengurusi tentang seleksi pendaftaran cpns secara online, yang memiliki prinsip akurat dan transparan.

Jadwal CPNS 2018 Terbaru : Formasi dan Kuota CPNS 2018

Inforamsi seputar CPNS 2018 memang sekarang ini menjadi trending di beberapa kalangan. Pasalnya, banyak sekali orang yang ingin menjadi PNS. Menurut mereka, dengan menjadi PNS akan membuat keuangan keluarga bisa lebih terjamin. Disamping itu,menjadi PNS juga memiliki jaminan dimasa tua nanti.

Memang bagi PNS yang sudah pensiun, mereka masih mempunyai jaminan uang pensiun. Namun, untuk pemrosesan uang pensiun ini tidaklah mudah. Tak jarang dari mereka yang mengalami banyak rintangan yang harus dihadapi dikarenakan persyaratan yang harus dipenuhi cukup banyak.

Namun, tahukan anda untuk tahun 2018 ini penerimaan CPNS 2018 memiliki kuota yang cukup sedikit dan hanya berlaku dibeberapa daerah saja yang membukanya. Hal ini dikarenakan adanya ketentuan jumlah seluruh PNS di Indonesia harus dikurangi setiap tahunnya.

Dengan cara bagaimana?

Dengan cara tetap mempertahankan jumlah pegawai pensiun harus lebih besar daripada jumlah penerimaan pegawai. Hal ini tentunya akan menjadi sebauh kendala tersendiri bagi calon pendaftar. Untuk itulah, melakukan persiapan mulai sekarang akan lebih baik daripada nanti setelah pengumuman pembukaan lowongan CPNS 2018 diresmikan.

Lowongan Berdasarkan Formasi dan Kuota CPNS 2018

Berbeda denga tahun sebelumnya yang melakukan perekrutan Pegawai Negri Sipil ini secara besar-besaran, untuk tahun 2018 ini perekrutan hanyalah berdasarkan penggantian beberapa formasi dari total jumlah pegawai pensiun diseluruh indonesia. Jadi, kuota yang dibutuhkan untuk CPNS 2018 ini sangatlah sedikit. Untuk perkiraannya, pegawai yang pensiun jumlahnya sekitar kurang lebih seratus ribu pegawai. Dan itupun tidak seluruh tempatnya bisa digatikan oleh pegawai baru. Hanya sebagian saja yang bisa digantikan posisinya.

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh Menpan yang disampaikan beberapa waktu yang lalu, untuk seluruh jumlah pegawai pensiun hingga tahun 2020 nanti diperkirakan berjumlah 752.271 pegawai. Untuk perincian secara mendetailnya bisa lihat daftar dibawah ini.
1. Tahun 2016 pegawai yang akan pensiun berjumlah 122.515 orang pegawai
2. Tahun 2017 pegawai yang akan pensiun berjumlah 132.815 orang pegawai
3. Tahun 2018 pegawai yang akan pensiun berjumlah 156.349 orang pegawai
4. Tahun 2019 pegawai yang akan pensiun berjumlah 156.050 orang pegawai
5. Tahun 2020 pegawai yang akan pensiun berjumlah 184.542 orang pegawai

Jumlah pegawai pensiun pertahunnya ini, nantinya akan dipertahankan semaksimal mungkin hingga jumlah CPNS bisa sebanding dan jumlah PNS dimasin-masing daerah berada dalam jumlah ideal.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, jumlah ini penerimaan Calon Pegawai Negri Sipil ini tidak akan menyeluruh dibeberapa daerah. Apalagi untuk daerah-daerah yang terpencil yang jauh jangkauannya dengan kota. Akan semakin sulit untuk melakukan penerimaan calon pegawai baru. Untuk itu, sangat penting untuk selalu mengecek dan mencari informasi-informasi terupdate seputar lowongan CPNS 2018.

Bagi anda yang berada di daerah yang terpencil, memang sulit untuk bisa mendaftarkan diri menjadi CPNS. Di beberapa sekolah terpencil saja, mash ditemukan hanya memiliki satu guru saja yang sudah menjadi PNS. Itupun juga merangkap sebagai kepala sekeolah. Sangat ironis memang jika mendengar berita seperti ini. Namun, memang cukup sulit untuk bisa menyeimbangkan jumlah CPNS dan jumlah pegawai pensiun ini.

Demikian tadi sedikit informasi yang bisa kami sajikan untuk anda mengenai Lowongan berdasarkan Formasi dan Kuota CPNS 2018. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi tembahan informasi seputar CPNS 2018 untuk anda.

Bagikan :

Description
: CPNS 2018 Rekrutmen Daerah dan Kementerian 250 Ribu Formasi Menpan SSCN BKN
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: CPNS 2018 Rekrutmen Daerah dan Kementerian 250 Ribu Formasi Menpan SSCN BKN