Loker2018.Com ~ Nah akhirnya kabar yang ditunggu mengenai CPNS 2018 tiba, apa itu? Bocoran BKN, CPNS Akhir Juni - Juli 2018 dan Berikut Pengumuman Formasi CPNS 2018. Ya lumayanlah ada harapan bahwa bukaan CPNS makin dekat meskipun kabar inti yang bukaan CPNS belum resmi diselenggarakan setidaknya hingga 4 Juni kali ini.


Lalu apa saja kabar terbaru tersebut?

Ada beberapa poin penting yang tentu saja bermanfaat bagi sobat pembaca semua yakni sebagai berikut.

Kita mulai dari Pengumuman Formasi CPNS 2018

Pada kabar sebelumnya admin menayangkan berita bahwa menurut Menpan pengumuman formasi CPNS akan dipublish pada akhir Mei 2018 namun apa yang terjadi hingga kini yakni di awal Juni ternyata hal itu belum terwujud.

Dan melalui wawancara terhadap pihak terkait penerimaan CPNS 2018 maka didapatkan posisi penyelenggaraan CPNS saat ini, apa itu?

“Sampai saat ini, perhitungan kebutuhan CPNS di pusat dan daerah belum selesai dilakukan,” tegas Ridwan.

Begitulah kira-kira menurut Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), jadi ada kabar baru mengenai kapan penyelenggaran CPNS 2018 yakni akhir Juni hingga awal Juli 2018, atau tepatnya setelah Idul Fitri dan juga Pilkada.

Kabar selengkapnya lanjut hingga selesai.

Tak main-main, PNS menjadi perhatian khusus dalam upaya peningkatan kualitas abdi negara agar bisa bekerja secara maksimal, semua dimulai dari awal perekrutan yang menggunakan sistem CAT yang bersifat akuntabel dan terbuka.

Nantinya baik perekrutan CPNS sebelumnya maupun di tahun 2018 ini calon ASN atau CPNS haruslah orang yang mampu bekerja secara :

  1. Profesional, 
  2. Berwawasan global, 
  3. Menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, 
  4. Memiliki daya hospitality, 
  5. Entrepreneurship, 
  6. Networking, 
  7. Memiliki rasa nasionalisme dan berintegritas

Dari jumlah PNS yang ada saat ini yakni 4,3 juta lebih, ternyata mayoritas atau dengan jumlah paling banyak terutama adalah guru baru kemudian tenaga pelaksana/administrasi, dengan jumlah mencapai 1,6 juta atau sekitar 38 persen.

Bidang Apa Saja yang akan direkrut dalam CPNS 2018

Jika sebelumnya masih tanda tanya mengenai apa saja bidang kompetensi yang ada dalam bukaan CPNS 2018? Maka jawabannya adalah sebagai berikut (sebagai prioritas.

1. Tenaga pendidikan dan kesehatan,
2. Tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

Yang dibutuhkan oleh pemerintah saat ini adalah spesialisasi keahlian, agar nantinya dalam waktu bekerja bisa berjalan baik sehingga perencanaan dan usulan ASN baru harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita, sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional.

Penerimaan CPNS 2018 Wajib Linier atau Tidak "Nyebrang" Kompetensi

Agar kualitas baik maka perekrutan akan dilakukan sesuai dengan bidangnya masing-masing, jika di tempo dulu kita bisa temukan sarjana teknik menjadi tenaga pengajar di sekolah dasar misalnya, maka di tahun ini hal yang demikian tidak akan terjadi.

"Jadi saya dengan tim sekarang tidak mau lagi menerima sarjana teknik sekian orang. Nah kami mau teknik itu teknik apa saja, ditempatkan di unit kerja mana," Jelas Menpan.

"Contohnya misal untuk formasi guru, guru SD di mana, guru SMP di mana, gitu. Jadi tidak ada alasan nanti. Ya mungkin diberlakukan mungkin 5 tahun baru dia pindah," Tambahnya.

Lalu Kepan pelaksanaan CPNS 2018?

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa pelaksanaannya yang pasti adalah Pasca Pilkada artinya akhir Juni ataupun awal Bulan Juli 2018.

"Pemerintah memang berencana membuka penerimaan CPNS tahun 2018 setelah proses Pilkada selesai, sekitar akhir Juni atau awal Juli. Namun sampai hari ini Pemerintah belum menerbitkan surat resmi tentang formasi CPNS TA 2018. Jadi surat tentang laporan penetapan e-formasi itu hoax,” ujar Ridwan, Jumat (25/5/2018), sebagaimana dikutip dari laman resmi BKN, Bkn.go.id.

Lebih lanjut bisa cek di Tanggal Pelaksanaan CPNS 2018 kemudian Download Formasi CPNS 2018 baru masuk ke Formulir CPNS Daerah 2018, terima kasih.

Bagikan :

Description
: Bocoran Menpan BKN, CPNS Akhir Juni - Juli 2018 dan Berikut Pengumuman Formasi
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Bocoran Menpan BKN, CPNS Akhir Juni - Juli 2018 dan Berikut Pengumuman Formasi
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Juni 03, 2018