Loker2018.Com ~ Tampaknya sudah banyak yang tak sabar menantikan jadwal bukaan CPNS 2018, karena memang tahun lalu sudah ada 2 gelombang bukaan CPNS namun hanya diperuntukkan bagi lowongan di instansi perkantoran saja sedangkan untuk formasi daerah belum ada.



Sejenak kita simak sedikit bukaan 2 gelombang CPNS yang telah berlangsung.

Bukaan CPNS Gelombang Pertama : ada sebanyak 17.521 CPNS diterima untuk Kementerian Hukum dan HAM. CPNS gelombang kedua, ada sebanyak 17.928 formasi untuk mengisi jabatan pada 30 kementerian, 30 lembaga negara, dan 1 pemerintah provinsi, yakni Pemprov Kalimantan Utara. Total CPNS diterima pada 2 gelombang pada tahun 2017 sebanyak 35.449 dari 1,2 juta pendaftar.

Nah data diatas merupakan data asli dari 2 bukaan CPNS yang telah berlangsung, selanjutnya untuk tahun 2018 ini akan dibuka kembali seleksi CPNS 2018 untuk gelombang ketiga, kapan? Tunggu dalam beberapa hari ke depan atau simak informasi selengkapnya berikut ini dalam Info Terbaru CPNS 2018 dibuka Dalam Beberapa Hari ke Depan, Lihat Formasi.

CPNS Gelombang dibuka secara besar-besaran.

Bila di 2 seleksi CPNS sebelumnya saja sudah diminati sebanyak 1,2 juta pelamar maka sudah pasti di seleksi gelombang ketiga kali ini atau seleksi CPNS daerah 2018 akan lebih banyak lagi menyerap calon peserta bahkan kami memprediksi bisa saja mencapai 5 juta orang.

Lalu berapa formasi yang akan diperebutkan?

Dari informasi terakhir yang disampaikan oleh Menpan bahwa jumlah pegawai yang akan diterima dalam seleksi CPNS 2018 adalah untuk mengganti tenaga yang telah pensiun, atau sebanyak 200.000 orang meskipun pada hakikatnya tidak melebihi jumlah yang akan pensiun tersebut.

Meskipun persaingan akan berlangsung ketat namun ada 4 hal yang harus diperhatikan agar bisa maksimal dalam mengikuti tes seleksi CPNS 2018, apa saja itu?

1. Lulusan CPNS 2018 ditetapkan berdasarkan kompetensi

Artinya semua boleh daftar namun yang akan ikut seleksi adalah yang memenuhi syarat kualifikasi baik pendidikannya maupun penguasaan terhadap soal ujian yang dibuktikan dengan perolehan nilai yang mencapai passing grade.

2. Dibuka setelah Pilkada

Pemerintah konsisten untuk mengadakan bukaan CPNS setelah pilkada, sebab tidak ingin ajang CPNS dijadikan momentum untuk mengambil keuntungan di proses pilkada 2018.

"Setelah Pilkada. Tapi yang jelas formasinya sedang kita proses," kata Menpan di Jakarta, Selasa (6/3/2018) lalu.

3. Formasi diumumkan bulan Mei

Nah mengenai pengumuman formasi tampaknya akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan, seperti yang pernah diungkapkan Kepala BKN bahkan pengumuman formasi akan berlangsung di bulan Mei 2018.

"Untuk membuka penerimaan CPNS 2018, kan harus ada formasi dulu. Nah formasi CPNS akan ditetapkan pada Mei ini," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (1/5/2018).

4. Lebih banyak formasi guru dan kesehatan

Bersiaplah bagi yang mempunyai kualifikasi pendidikan di bidang guru dan tenaga kesehatan karena prioritas bukaan CPNS tahun ini lebih banyak untuk 2 formasi tersebut.

"Tahun 2018 kami membuka ke seluruh kementerian, lembaga, dan daerah tapi khusus di bidang utama, kesehatan dan pendidikan," ujar Asman saat ditemui di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (4/3/2018).

Dari beberapa penjelasan tersebut maka siapapun punya peluang yang sama untuk bisa lulus tes CPNS karenanya persiapkan diri sejak kini agar nantinya saat ujian tiba dapat memperoleh nilai tinggi dan maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Bila waktunya tiba bisa unduh Formulir Pendaftaran CPNS Daerah 2018, terima kasih.

Bagikan :

Description
: Info Terbaru CPNS 2018 dibuka Dalam Beberapa Hari ke Depan, Lihat Formasi
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Info Terbaru CPNS 2018 dibuka Dalam Beberapa Hari ke Depan, Lihat Formasi