Loker2018.Com ~ Tes seleksi CPNS 2018 akan segera tiba, dan menjelang pembukaan tes tersebut maka disini kami bermaksud membagikan cara atau langkah mudah proses pendaftaran online menjadi peserta seleksi CPNS 2018, apa saja yang harus dilakukan simak selengkapnya dalam "Cara Daftar Peserta Seleksi CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id".



Secara singkat maka langkah yang wajib ditempuh oleh calon peserta seleksi CPNS adalah :

  1. Akses pengumuman formasi
  2. Lengkapi persyaratan yang diperlukan
  3. Daftar online di situs resmi
  4. Pengiriman berkas via pos
Tidak terlalu banyak bukan? Agar lebih jelas mengenai 4 poin cara daftar online tes CPNS 2018 tersebut bisa simak sebagai berikut.

1. Akses Pengumuman Resmi Formasi CPNS 2018

Sebelum pendaftaran dimulai maka ada pengumuman secara terbuka tentang formasi apa yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS 2018, untuk itu sebelum masuk ke proses pendaftaran online CPNS 2018 maka sobat bisa cermati pengumuman formasi CPNS kemudian pilih formasi mana yang diminati dan syarat apa yang diperlukan.

Agar bisa memperoleh pengumuman formasi tersebut bisa akses situs yang berwenang dalam seleksi CPNS 2018, yakni situs Menpan, BKN dan Panselnas.

2. Lengkapi semua persyaratan yang diminta

Adapun persyaratan yang dimaksud disini berupa dokumen-dokumen seperti ijazah, KTP, KK, SKCK, dan lain-lain sesuai dengan yang tercantum dalam pengumuman pendaftaran CPNS 2018.

Hal ini penting agar pada saat pendaftaran baik online maupun pengiriman berkas bisa berjalan dengan lancar tanpa kekurangan syarat-syarat yang harus dikumpulkan oleh calon peserta seleksi CPNS 2018. Lebih lengkap mengenai persyaratan ini bisa cek di Syarat CPNS 2018.

3. Daftar Online di situs resmi pendaftaran CPNS yaitu sscn.bkn.go.id

Bagi yang pada tahun sebelumnya telah mengikuti pendaftaran seleksi CPNS 2018 maka untuk tahun ini tentu tidak ada kendala terutama dalam proses pendaftaran online namun agaknya sedikit berbeda bagi yang baru pertama kali mengikuti seleksi CPNS, untuk itu ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh peserta.

Beberapa langkah yang dimaksud adalah :

3.1. Silahkan pelajari cara isi formulir pendaftaran CPNS Daerah 2018.

Di awal cara daftar seleksi CPNS 2018 ini adalah dengan akses situs https://sscn.bkn.go.id. Kemudian buat akun, dengan cara pilih menu Pendaftaran.

Selanjutnya mengisi NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga, Pelamar mengisikan alamt email aktif, password akun portal SSCN, dan pernyataan keamanan klik "Daftar". Seperti pada gambar dibawah ini :


Di akhir ada tombol daftar, jangan lupa mengisi kode captcha terlebih dahulu, juga mengisi semua kolom isian.

3.2. Untuk langkah ini adalah cetak kartu informasi Akun SSCN. contohnya seperti dibawah ini :



3.3. Nah dari akun informasi tersebut digunakana untuk Login ke Portal SSCN dengan alamat sscn.bkn.go.id menggunakan NIK dan Password yang telah terdaftar.



3.4. Calon peserta mengisi kembali beberapa form isian dengan data yang benar dilanjutkan dengan memilih jenis formasi yang diminati, diteruskan dengan mengunggah dokumen sesuai syarat pada pengumuman formasi di instansi yang dipilih itu.



3.5. Pendaftaran dinyatakan berhasil bila bisa lakukan cetak kartu pendaftaran SSCN. Silahkan unduh/download lalu cetak kartu peserta.



3.6. Mengecek kelengkapan persyaratan yang telah ditentukan dalam pemberkasan berdasarkan persyaratan pendaftaran masing-masing institusi. Peserta wajib melampirkan copy Kartu Pendaftaran SSCN untuk proses Verifikasi.



3.7. Yang berhak melalakukan verifikasi adalah Tim Verifikator. Bila pada tahap ini telah selesai maka selanjutnya adalah mencetak kartu peserta ujian CPNS untuk melanjutkan ke tahap seleksi menggunakan CAT.



3.8. Poin terakhir yaitu mengenai ketentuan bagi Pelamar yang hanya bisa memilih : 1 (satu) formasi sesuai kualifikasi pendidikan pada 1 (satu) institusi dalam 1(satu) periode.



Sukses tidaknya pendaftaran bisa di cek status pelamar melalui website sscn.bkn.go.id. Semoga apa yang diberikan ini bisa membantu sobat semua dalam menerapkan Cara Daftar Peserta Seleksi CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id, terima kasih.

4. Pengiriman berkas via Pos

Di akhir proses pendaftaran adalah pengiriman berkas offline melalui kantor pos dengan tujuan BKPSDM daerah masing-masing sesuai dengan ketentuan yang tertulis dalam pengumuman formasi seleksi CPNS 2018.

Semua langkah diatas merupakan proses pendaftaran CPNS 2018 melalui komputer atau laptop, sedangkan untuk cara lainnya bisa dengan Cara daftar CPNS 2018 melalui HP.
Description
: Cara Daftar Peserta Seleksi CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Cara Daftar Peserta Seleksi CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id