Sscndikdin.bkn.go.id CPNS STAN 2018 Sekolah Kedinasan ~ Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah sekolah yang menyelenggarkan ikatan dinas bagi para mahasiswanya. Selama masa Pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya sedikitpun atau gratis dan tidak diasramakan. Sistem ikatan dinas yang digunakan di STAN artinya setelah lulus mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang dilaksanakan oleh BKN dengan kesempatan gagal maksimal 3x.


Apabila dinyatakan lulus, maka mahasiswa akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditempatkan di instansi-instansi di bawah naungan Kementrian Keuangan RI dan instansi pemerintah lainnya, baik yang berada di pusat atau di daerah. Ikatan dinas yang dianut dalam sistem Pendidikan STAN, menjadikan mahasiswa lulusan STAN memiliki prospek atau jenjang karir yang cukup bagus dan terjamin. Berikut ini adalah peluang karir lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Peluang Karir Lulusan STAN ~ Sscndikdin.bkn.go.id CPNS STAN 2018 Sekolah Kedinasan

Pegawai di Lingkungan Ditjen Pajak

Peluang karir lulusan STAN yang pertama adalah menjadi pegawai di lingkungan Ditjen Pajak. Salah satu keuntungan menjadi lulusan atau alumni STAN adalah dapat menjadi pegawai PNS di bawah Kementrian Keuangan dengan mudah. bukan menjadi rahasia lagi, bahwa untuk menjadi pegawai di instansi di bawah naungan Kementrian Keuangan adalah hal yang sangat sulit dilakukan terutama bagi Sarjana dari perguruan tinggi atau Universitas ternama sekalipun.

Bekal praktik dan ilmu yang ditempa selama pendidikan ditambah dengan sistem ikatan dinas, membuat lulusan STAN menjadi pilihan pertama bagi kementrian keuangan untuk direkrut

Tax Planner di Kantor Akuntan Publik (KAP)

Peluang karir lulusan STAN yang kedua adalah menjadi tax planner di Kantor Akuntan Publik (KAP). Kantor Akuntan Publik (KAP) biasanya dikenal sebagai usaha untuk jasa audit bagi perusahaan-perusahaan yang telah go public atau telah listed di BEI.

Namun, banyak yang belum mengetahui bahwa KAP juga menawarkan jasa untuk perencanaan pajak. untuk memenuhi posisi sebagai perencana pajak, KAP biasanya akan merekrut lulusan D3 Perpajakan dan S1 Jurusan Akuntansi, tentu saja lulusan STAN akan lebih didahulukan untuk direkrut karena kelebihan dari sisi ilmu, praktik, dan sistem pendidikan.

Pekerjaan menjadi tax planner atau perencana pajak adalah salah satu pekerjaan yang sangat diinginkan bagi para lulusan STAN dan perguruan tinggi ternama sekalipun karena gaji yang ditawarkan cukup menggirukan antara Rp.5.000.000-Rp.20.000.000 tergantung jam terbang dan jabatan.

Tax Advicer
Peluang karir lulusan STAN yang ketiga adalah menjadi tax advicer. Selain Kantor Akuntan Publik (KAP), perusahaan yang diincar para sarjana dan lulusan STAN adalah Kantor Konsultan Pajak (KKP). Kantor Konsultan Pajak (KKP) memiliki perbedaan dari Kantor Akuntan Publik (KAP) karena lebih berfokus pada penyediaan jasa konsultasi atas perencanaan pajak bagi perusahaan.

Selain memberikan jasa konsultas, seorang tax advicer juga berkewajiban untuk turut membantu dalam menghitung, membuat laporan, dan membantu adminstrasi perpajakan termasuk dalam hal potong pungut. KKP yang memiliki ukuran perusahaan yang cukup besar juga dapat menyelenggarakan jasa litigasi, yaitu jasa untuk mendampingi klien saat melakukan audit yang dilakukan oleh kantor pajak dan menjalani pengadilan karena masalah pajak.

Sama halnya dengan menjadi tax planner di Kantor Akuntan Publik (KAP), menjadi tax advicer di Kantor Konsultan Pajak (KKP) juga menjadi salah satu pekerjaan yang sangat dinginkan para sarjana dan lulusan STAN karena gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan yaitu antara Rp.5.000.000-Rp.20.000.000 tergantung pada jam terbang dan jabatan.

Konsultan Pajak Mandiri
Peluang karir lulusan STAN yang keempat adalah menjadi konsultan mandiri. Untuk menjadi konsultan pajak mandiri, anda diharuskan untuk memiliki pengalaman di bidang yang sama dan bekerja di Kantor Konsultan Pajak (KKP) selama beberapa tahun. Selain pengalaman, untuk menjadi konsultan pajak mandiri diperlukan ijin dari pihak terkait yang berwenang sesuai dengan ketentuan Direktorat Jenderal Pajak. Upah yang didapatkan pada saat awal menjadi konsultan pajak mandiri memang tidak sebesar pada saat anda menjadi konsultan pajak di KAP atau KKP.

Namun, dengan seiring dengan jam terbang dan kualitas jasa yang anda berikan, maka upah yang akan anda dapatkan juga akan meningkat, bahkan lebih besar. biasanya konsultan pajak mandiri yang memiliki reputasi yang baik dan jam terbang tinggi akan mendapatkan bayaran sekitar Rp.10.000.00-rp.30.000.000 dalam sekali melakukan tugasnya.

Taxman di Dalam Perusahaan
Peluang karir lulusan STAN yang kelima adalah menjadi taxman di dalam sebuah perusahaan. Sebelum menggunakan jasa tax planner atau tax advicer dari KAP atau KKP, perusahaan biasanya melakukan perencanaan pajak dengan taxman atau pegawai yang memang ditugaskan untuk melakukan perencanaan dan penghitungan pajak. menjadi taxman di dalam sebuah perusahaan merupakan pekerjaan yang diimpikan banyak orang karena gaji yang ditawarkan cukup besar dibandingkan dengan staff accounting yaitu sekitar Rp.5.000.000-Rp.10.000.000

Pegawai Di Ditjen Bea dan Cukai (DJBC)
Peluang karir lulusan STAN yang keenam adalah menjadi pegawai di Ditjen Bea dan Cukai (DJBC). Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) memiliki tugas untuk melakukan perumusan dan pelaksanaan kebijakan serta standardisasi dalam bidang bea dan cukai. DJBC memiliki kewajiban untuk memperlancar dan mengatur pola arus barang impor untuk meningkatkan nilai ekspor.

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Peluang karir lulusan STAN yang ketujuh adalah menjadi pegawai Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK). BPPK bertugas untuk melaksanakan pendidika, pelatihan, dan penataran keuangan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di dalam departemen keuangan.

Peluang Karir Lulusan STAN Sesuai Dengan Program Studi/Jurusan

Jurusan Akuntansi
Sesuai dengan namanya, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) menyediakan jurusan akuntansi sebagai jurusan andalan. Lulusan STAN jurusan akuntansi memiliki peluang kerja di setjen kemenkeu, DJA, DJP, DJBC, DJKN, DJPU, Bapepam-LK, BKF, BPPK, dll.

Jurusan Pajak
Jurusan kedua yang disediakan oleh Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah pajak. lulusan STAN jurusan pajak memiliki peluang kerja di kantor pusat DJP, kantor wilayah DDJP, KPP, KPPBB, dan KP2KP.

Jurusan Studi Pajak Bumi dan Bangunan
Jurusan ketiga yang disediakan oleh Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah studi pajak bumi dan bangunan. Lulusan STAN jurusan studi pajak bumi dan bangunan memiliki peluang kerja di kantor pusat DJP-Direktorat Ekstensifikasi dan penilaian, KPP Pratama, dan KPPBB.

Program Studi Kepabeanan dan Cukai
Jurusan keempat yang disediakan oleh Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah program studi kepabeanan dan cukai. Lulusan STAN jurusan kepabeanan dan cukai memiliki peluang kerja di kantor pusat DJBC, PPBC, KBPBC, PPBC, dan BPIB.

Progam Studi Kebendaharaan Negara
Jurusan kelima yang disediaan oleh Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah program studi kebendaharaan negara. Lulusan STAN jurusan kebendahaaan negara memiliki peluang kerja di KPN, DJA, DJPK, dan DJPU.

Program Studi Piutang dan Lelang Negara
Jurusan keenam yang disediakan oleh Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah program studi piutang dan lelang negara. Lulusan STAN jurusan piutang dan lelang negara memiliki peluang kerja di kantor pusat DJKN dan KPKNL.

Nah, demikianlah sedikit pembahasan mengenai peluang karir lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mendapatkan pekerjaan terutama lulusan dari STAN.

Bagikan :

Description
: Sscndikdin.bkn.go.id CPNS STAN 2018 Sekolah Kedinasan
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Sscndikdin.bkn.go.id CPNS STAN 2018 Sekolah Kedinasan