Peluang Karir Lulusan Ilmu Komunikasi Non CPNS 2018 ~ Komunikasi merupakan proses interaksi antara seorang komunikan dan komunikator yang mana proses ini bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan yang dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi juga merupakan suatu jembatan dalam terjadinya sebuah interaksi sosial. 

Seiring perkembangan zaman, komunikasi saat ini dimanfaatkan sebagai sarana yang dapat dilakukan untuk perkemabangan tekhnologi dan juga dimanfaaatkan untuk sebuah penemuan-penemuan baru. Maka dari itu, ilmu komunikasi sangatlah dibutuhkan saat ini untuk mempelajari bagaimana cara berkomunikasi dengan baik dan benar.



Apa itu ilmu komunikasi? Loker2018.Com

Ilmu komunikasi merupakan suatu ilmu yang mempelajari bagaiman cara makhluk sosial berkomunikasi dan berinteraksi baik secara verbal maupun non verbal. Suatu komunikasi dapat dikatan baik, jika komunikasi yang dilakukan bersifat artikulatif dan persuasif.

Dalam studi ilmu komunikasi sendiri, semua teori-teori tersebut dirangkum menjadi suatu ilmu yang dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang di kehidupan sehari-hari. Sehingga banyak sekali peluang-peluang karir bagi para lulusan ilmu komunikasi, diantaranya adalah hubungan masyarakat, jurnalisme, produser, sutradara, fotografer, reporter, juru bicara, advertiser, konsultan media, marketing communication, web developer, komunikasi bisnis, dan juga pengusaha.

Berikut ini beberapa prospek kerja ilmu komunikasi berdasarkan peluang karir diatas:

Peluang karir ilmu komunikasi dalam bidang hubungan masyarakat 

Salah satu tujuan ilmu komunikasi merupakan suatu ilmu yang dapat diaplikasikan dalam penghubung antara subuah instansi dengan masyarakat. Oleh karena itu, terjun dalam karir hubungan masyarakat atau yang biasa kita sebut public relation merupakan sesuatu yang sangat menarik dan juga menantang.

Mengapa demikian? Karena dalam menghubungkan sebuah instansi dengan masyarakat luas, public relation harus membangun image yang bagus dari instansi tersebut sehingga masyarakat dapat meniramanya dengan baik.  Seorang public relation juga harus mampu mengkoordinasikan pemunculan instansi dimana dia bekerja  di media-media masa dan juga harus mengatur semua berita-berita baik tentang instansi tersebut untuk dipublikasikan.

Selain itu, public relation juga harus mampu mengontrol pers saat instansi tempatnya bekerja mengalami suatu masalah karena mereka dituntut untuk mampu berfikir kreatif, solutif, dan persuasif.
Peluang karir ilmu komunikasi untuk menjadi seorang produser

Siapa yang tak tertarik menjadi seorang produser? Produser merupakan seorang yang bekerja untuk memproduksi sebuah film ataupun acara.

Profesi ini sangat cocok bagi kalian para lulusan ilmu komunikasi karena dalam perkuliahan ilmu komunikasi, biasanya terdapat konsentrasi broadcasting yang mana para mahasiswa dituntut untuk memahami cara memproduksi sebuah media yang mana akan melalui beberapa tahap yakni reproduksi, produksi hingga pasca produksi.

Sehingga, menjadi seorang produser merupakan salah satu peluang karir bagi kalian para lulusan ilmu komunikasi.

Peluang karir lulusan ilmu komunidasi sebagai seorang sutradara

Selain sebagai seorang produser, para lulusan ilmu komunikasi juga memiliki peluang yang sangat besar untuk berkarir sebagai seorang sutradara.

Konsentrasi broadcasting dalam jurusan ilmu komunikasi juga mengajarkan mereka untuk mampu  merangkai scenario dan juga sebuah cerita dalam pembuatan film, iklan, sinetron ataupun tayangan - tayangan lainnya.

Tak hayal jika menjadi seorang produser merupakan salah satu peluang berkarir bagi para lulusan ilmu komunikasi karena mereka sudah memiliki teori yang sangat baik dan juga pengalaman dalam bentuk praktek yang sudah mereka pelajari dengan detail saat berkuliah.

Peluang karir ilmu komunikasi sebagai seorang reporter

Seorang reporter merupakan seorang yang dapat menyampaikan sebuah berita atau pesan dengan baik kepada masyarakat luas atas informasi yang benar.

Peluang karir untuk menjadi seorang reporter sangatlah cocok bagi para lulusan ilmu komunikasi. Kenapa demikian? Karena pada dasarnya ilmu komunikassi merupakan sebuah study yang mempelajari tentang bahaimana sebuah pesan dapat disampaikan dengan baik dan benar. Sehingga implementasi dari tujuan ini sangatlah cocok dengan profesi seorang reporter.

Seorang reporter juga harus mampu menyiapkan berita dari mulai membaca, menginterpretasi, menulis hingga mengkomunikasikannya kepada masyarakat luas.

Peuang karir ilmu komunikasi sebagai seorang juru bicara

Sebenarnya pekerjaan sebagai seorang public relation dam seorang juru bicara hamper sama. Namun, yang membedakan hanyalah yang diwakili. Jika public relation mewakili sebuah instansi untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat, maka juru bicara hanya mewakili individu. Maka dari itu, seorang juru bicara harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan pekerjaan ini sangatlah cocok bagi para lulusan ilmu komunikasi.

Peluang karir ilmu komunikasi sebagai seorang konsultan media

Pekerjaan lain yang cocok bagi para lulusan ilmu komunikasi yakni sebagai konsultan media. Sebagai seorang konsultan media, mereka dituntut untuk mampu menganalisa penggunaan Bahasa, gambar dan lain sebagainyadalam pembuatan sebuah iklan agar memiliki daya tarik yang tinggi sehingga mampu menarik perhatian masyarakat.

Peluang karir ilmu komunikasi sebagai advestiser

Advertiver merupakan seseorang yang bergelut dalam bidang periklanan, dan sebuah iklan tidaklah dapat lepas dari namanya ide-ide kreatif. Mengapa demikian? Karena iklan yang dikonsep dengan ide-ide yang menarik akan menghasilkan daya tarik yang tinggi terhadap para peminatnya. Semakin menarik sebuah iklan, maka akan semakin sukses iklan tersebut.

Maka dari itu, para edvertiser harus mampu memutar balikkan otak untuk mengahasilkan ide-ide yang kreatif. Dan pekerjaan sebagai seorang advertiser sangat pas bagi para sarjana ilmu komunikasi karena mereka mampu menyediakan jasa untuk pembuatan konsep yang menarik untuk sebuah iklan.
Peluang karir ilmu komunikasi sebagai web developer

Selain mempelajari bagaimana menyampaikan pesan dengan baik, jurusan ilmu komunikasi juga mempelajari bagaimana menggunakan media elektronik dalam penyampaian informasi yang ada.
Maka dari itu, bagi kalian para lulusan ilmu komunikasi yang tertarik pada bidang IT, kalian dapat berkarir sebagai web developer dimana kalian harus mampu memanfaatkan suatu web yang berbasis informasi untuk memasarkan atau mempromosikan suatu produk.

Peluang kerja lulusan ilmu komunaksi sebagai seorang pengusaha

Menjadi seorang pengusaha merupakan impian semua orang. Bekerja dalam mengembangkan usaha sendiri tanpa ada tekanan dari pihak luar (boss).

Tak heran  jika banyak sekali para sarjana ilmu komunikasi yang memilih untuk mengembangkan usahanya sendiri atau menjadi seorang pengusaha. Mereka berfikir bahwa dengan kemampuan komunikasi yang baik, mereka mampu mengelolah dan mengembangkan usahanya dengan baik pula.
Peluang kerja lulusan ilmu komunaksi sebagai seorang fotografer

Siapa bilang fotografer tidak dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah?

Saat ini seorang fotografer mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan mudah. Mengapa demikian? Karena jika melihat dunia pemasaran saat ini, iklan sangatah penting bagi suatu perusahaan. Dimana iklan tersebut harus mampu menarik masyarakat luas, baik dari segi ide, bahasa, dan yang paling penting adalah gambar.

Pengambilan gambar yang menarik dengan angle yang pas akan mengahasilkan gambar yang bernilai tinggi. Oleh karena itu, menjadi seorang fotografer handal akan sangat dicari oleh perusahan-perusahaan besar.

Dan peluang karir ini sangat cocok bagi para sarjana ilmu komunikasi  yang mengambil konsentrasi jurnalistik karena mereka juga belajar tentang teknik fotografi.

Bagikan :

Description
: Peluang Karir Lulusan Ilmu Komunikasi Non CPNS 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Peluang Karir Lulusan Ilmu Komunikasi Non CPNS 2018
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:April 03, 2018