Peluang CPNS dan Swasta Lulusan Teknik Informatika ~ Prospek kerja jurusan teknik informatika sesungguhnya sangat terbuka lebar, baik itu bagi lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) maupun lulusan jenjang universitas. Tidak dapat kita pungkiri bahwa di era digital ini, hampir semua sektor selalu berhubungan dengan teknik informatika atau dalam istilah lain disebut Ilmu Komputer. Dari perusahaan dengan skala kecil sampai perusahaan besar, instansi Pendidikan seperti sekolah, serta instansi pemerintahan semuanya berkaitan dengan teknik informatika.

Jadi bagi Kamu yang saat ini sedang menempuh studi di jurusan tersebut boleh berlega hati karena masa depan yang cerah tengah menanti Kamu. Nah, berikut adalah peluang karir lulusan teknik informatika yang akan saya ulas untuk Kamu.



Peluang Kerja di Swasta sebagai Programmer Freelance

Selain bekerja pada suatu perusahaan, bagi para lulusan Teknik informatika bisa bekerja sebagai programmer freelance. Pekerjaan ini paling fleksibel. Kita bisa ngantor dimana saja selama terhubung ke Internet.

Bagi saya pribadi, programmer freelance ini dapat dianggap sedang membuat perusahaan start-up. Meskipun yang bekerja hanya kita sendiri dan untuk diri sendiri.

Bidang pekerjaan programmer freelance ada bermacam-macam. Contohnya, kamu bisa membuka jasa pembuatan website, pembuatan aplikasi, hingga membuka layanan konsultasi untuk mahasiswa yang bimbang dalam mengerjakan skripsi.

Peluang terbesar dari seorang programmer freelance adalah membuat aplikasi yang kemudian dijual ke marketplace yang berasal dari luar negeri. Sebagai contoh kalian bisa coba cek situs internet themeforest.net. Situs itu merupakan situs marketplace untuk template atau theme website.

Jika kalian mampu (dan bisa) membuat tema wordpress, kamu bisa mencoba untuk menjualnya disini. Satu tema dihargai dari $30 hingga $50 (sekitar 350rb sampai 600rb). Untuk tema yang bagus bisa terjual hingga $1000 – $2000.

Aplikasi atau software juga dapat dijual, seperti plugin wordpress, script PHP, dan lain sebagainya. Contoh marketplacenya bisa ke codecanyon.net. Walaupun tidak berkaitan langsung dengan jurusan IT, banyak juga lulusan jurusan IT yang fokus ke design. Hasil dari desain tersebut bisa dijual ke graphicriver.net.

Dibalik kenyamanan kerja di rumah dan bisa bangun tidur suka-suka. Tantangan terbesar dari seorang programmer freelance adalah pendapatan yang tidak pasti. Sama seperti dagang, kadang kita bisa mendapatkan banyak orderan, kadang tidak ada sama sekali.

Akan tetapi, dengan skill yang mumpuni dan insting bisnis yang tepat, tidak ada yang dapat mmeperkirakan kedepannya kamu mampu menciptakan the next Apple atau Google dari Indonesia.

Peluang Kerja di Swasta sebagai Teknisi Jaringan (Network Engineer) dan Database Administrator

Selain mempelajari tentang software, di kampus informatika juga diajarkan jaringan (networking) dan database. Keahlian di bidang ini juga sangat diperlukan di industri telekomunikasi seperti telkom, indosat, xl, biznet, dan lain sebagainnya.

Tapi agar dapat diakui keahlian dalam bidang ini, kita harus mendapatkan lagi sertifikasi pihak ketiga seperti CCNA (Cisco Certified Network Associate) atau Oracle Database Administrator.

Peluang Kerja di Swasta sebagai Teknisi Komputer

Masyarakat pada umumnya beranggapan bahwa lulusan jurusan IT itu bisa memperbaiki komputer. Padahal nyatanya tidak ada mata kuliah yang memang dikhususkan mengajarkan cara merakit komputer, memperbaiki laptop, menghapus virus, ataupun instalasi program.

Umumnya keahlian ini dipelajari secara otodidak atau dipelajari sendiri diluar kampus. Ada yang memang hobi membongkar pasang komputer atau mencari tata caranya di internet. Ini bukan skill yang akan kalian dapatkan saat masuk ke jurusan ilmu komputer ataupun teknik informatika.

Keahlian seperti ini lumayan dibutuhkan. Jika kalian bekerja di perusahaan non-IT (seperti PNS atau di bank), pekerjaan sebagai teknisi komputer akan lebih banyak menjadi tanggung jawab kalian. Ini juga bisa menjadi peluang karir untuk membuka jasa perbaikan komputer atau laptop. Selain itu juga bisa sekalian membuka toko komputer.

Peluang Kerja sebagai CPNS Pengajar IT (Instruktur/Guru/Dosen)

Untuk beberapa tahun kedepannya pendidikan IT sangat penting. Karena di negara lain telah dilakukan agar anak-anak melek IT dan pelajaran “Coding” sudah termasuk Kurikulum SD di Australia.

Sembari menunggu pemerintah sadar akan pentingnya pendidikan IT, kalian bisa mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang mumpuni di bidang IT. Beberapa perguruan tinggi juga sudah memiliki jurusan pendidikan IT dengan gelar S.Pd. Menjadi instruktur atau membuka kursus komputer juga dapat menjadi peluang kerja untuk lulusan bidang IT.

Jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Sepertinya inilah pekerjaan yang diimpikan bagi sebagian besar masyarakat. Bekerja sebagai PNS mempunyai banyak kelebihan, seperti tidak akan dipecat, kecuali bertindak kriminal, kerja lumayan santai terutama jika dibandingkan dengan karyawan bank / perusahaan swasta yang setiap hari memiliki target, karir yang sudah jelas jalurnya hingga jaminan hari tua (pensiun).

Lulusan IT juga bisa bekerja menjadi PNS, pastinya selama ada lowongan untuk bidang tersebut yang pada umumnya memiliki peminat yang sangat banyak.

Dari beberapa cerita dan curhat teman, tugasnya tidak jauh dari seorang teknisi komputer, yaitu memperbaiki komputer rusak, menghapus virus, menginstall program, dan lain sebagainya. Sangat jarang saya dengar PNS yang pekerjaannya murni sebagai programmer.

Info cek Pendaftaran CPNS 2018

Fakta di Dunia Kerja

Untuk selanjutnya saya ingin menyampaikan sebuah fakta yang saya temui di dunia kerja. Faktanya yaitu kalian tidak harus bekerja di bidang IT.

Jika boleh dibilang, tidak banyak lulusan teknik informatika / ilmu komputer yang pekerjaannya sesuai dengan bidang komputer (contohnya seperti programmer). Hal ini juga sering kali terjadi di sebagian besar jurusan atau bidang lain. Cukup jarang lulusan teknik kimia yang pekerjaannya memang di bidang kimia.

Sebagai salah satu alumni jurusan ilmu komputer di salah satu PTN, dan faktanya hanya 10-20% dari lulusan ilmu komputer yang saat ini bekerja di bidang IT, sisanya bekerja pada bidang lain, mulai dari perbankan, perkebunan, guru, PNS, dan perusahaan swasta non-IT.

Alasannya juga bermacam-macam, mulai dari mengejar pekerjaan di BUMN seperti perbankan, mengharapkan gaji yang lebih tinggi, tidak terlalu menguasai tentang programming, hingga di kota tersebut tidak ada lowongan untuk seorang programmer.

Untuk adik-adik di SMA/SMK yang sebentar lagi akan lulus, jangan membayangkan masuk jurusan IT harus bekerja sebagai programmer. Masih banyak peluang kerja yang menanti selain itu. Industri perbankan kebanyakan juga menerima lowongan kerja semua jurusan termasuk IT.

Jadi Programmer Tidak Harus Kuliah IT

Hal yang unik dari dunia IT adalah untuk bisa menjadi seorang programmer, kamu tidak harus kuliah dengan mengambil jurusan IT. Menurut saya pribadi, programming merupakan soft skill yang bisa dipelajari secara otodidak oleh siapa saja dan dengan cara apa saja. Perangkat yang digunakan untuk belajar programming juga sangat mudah diperoleh, cukup dengan modal laptop/komputer dan buku tutorial seputar programming.

Salah satu penyebabnya karena web programming hanyalah salah satu ilmu yang dipelajari di jurusan teknik informatika. Yang kuliah di IT tidak hanya belajar web programming saja, mereka harus belajar matematika, fisika, desktop programming, database, jaringan, dll. Jadi umumnya juga hanya sekilas paham web programming.

Description
: Peluang CPNS dan Swasta Lulusan Teknik Informatika
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Peluang CPNS dan Swasta Lulusan Teknik Informatika