CPNS Lulusan Psikolog 2018 dan Peluang Karir lainnya ~ Mengetahui peluang karir sebelum menentukan jurusan saat memasuki dunia Pendidikan di perguruan tinggi sangatlah penting. Begitu juga bagi kalian yang ingin mengambil jurusan psikologi.

Klik Info Resmi CPNS 2018



Psikologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang jiwa jika dilihat dari sutut pandang estimologinya. Namun pengertian lainnya, psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia secara ilmiah. Berikut ini beberapa hal yang dipelajari dalam ilmu psikologi, diantaranya adalah;

1. Psikologi perkembangan, mempelajari tentang perkembangan manusia sejak lahir hingga tua dan factor-faktor yang mempengaruhinya.

2. Psikologi social, mengamati pengaruh social yang mempengaruhi interaksi manusia dalam kelompok.

3. Psikologi kepribadian, berfokus untuk memahami tingkah laku  manusia saat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

4. Psikologi kognitif, mempelajari tentang persepsi dan proses belajar dari manusia.

Oleh karenanya, seorang sarjana psikologi sangat pandai membaca gerak gerik dan tingkah laku manusia dan keberadaan mereka sangat dicari oleh perusahan-perusahan besar.

Berikut ini beberapa peluang karir untuk lulusan psikologi:

Human Resources Development (HRD)

Setiap perusahan pasti memiliki staff HRD dan keberadaan mereka sangatlah penting bagi perusahan itu sendiri. Seorang HRD (Human Resources Development) harus mampu mengurus beberapa hal, diantaranya adalah oprasional karyawan perusahaan, gaji karyawan, rekruitmen karyawan baru, pengembangan organisasi, dan training serta development karyawan perusahaan itu sendiri.

Profesi ini sendiri bangat digeluti oleh para lulusan psikologi karena seorang HRD (Human Resources Development) harus mampu membaca sifat dan tingkah laku karyawan yang mana kegiatan ini juga dipelajari oleh para sarjana psikologi semasa kuliah.

Dosen psikologi

Jika kalian meneruskan Pendidikan S1 psikologi kalian ke jenjang S2, maka kalian dapat memilih berkarir sebagai seorang dosen.

Sebagai seorang dosen psikologi, kalian dapat membagikan ilmu yang kalian dapat dan juga kalian akan mendapatkan pengetahuan baru.

Psikolog 

Selain menjadi seorang dosen, kalian juga dapat menjadi seorang psikolog dengan syarat mendalami ilmu psikologi klinis terlebih dahulu.

Pekerjaan sebagai seorang psikolog ini sangat dicari oleh banyak orang, selain itu kalian juga akan dibutuhkan oleh pemerintahan dan juga perusahaan-perusahaan. Pekerjaan kalian disini tak lain untuk mengeluarkan hasil tes psikologi yang legal.

Selain itu, jika kalian bekerja dirumah sakit, kalian akan diminta untuk menangani paasien-pasien yang mengalami gangguan jiwa. Tetapi, kalian juga dapat membuka praktek  sendiri dirumah untuk menangani pasien-pasien yang mengalami gangguan mental.

Konselor karir

Bagi kalian para lulusan psikologi, peluang menjadi seorang konselor karir terbuka sangat lebar.
Tugas seorang konselor karir yakni memberikan konseling pada seseorang yang bingung dan memiliki dua pilihan pada pekerjaan atau jurusan perkuliahan yang akan ditempuh.

Di negara negara lain, profesi satu ini sangat dicari oleh banyak orang untuk membantunya untuk sukses dalam wawancara kerja, bertahan dari tekanan pekerjaan, ataupun untuk pembuatan CV yang menarik agar dapat diterima di perusahaan yang di inginkan.

Guru Bimbingan Konseling

Seorang bimbingan konseling merupakan salah satu jabatan yang selalu dibutuhkan disetiap sekolah, mulai dari tingkat SD hingga SMA. Tugaas dari guru bimbingan konselng ini adalah memberikan bimbingan kepada siswa siswi terkait tentang permasalahan yang dialami para siswa seperti hambatan belajar siswa dan juga membantu siswa siswi untuk mengembangkan bakat mereka terpendam.

Bagi kalian para lulusan psikologi yang menyukai anak-anak dan dunia Pendidikan, kalian dapat mencoba berkarir menjadi guru bimbingan konseling.

Trainer 

Setelah lulus sebagai seorang psikolog, cobalah untuk berkarir dalam dunia trainer karena pekerjaan ini sangat cocok bagi para lulusan psikolog.

Trainer merupakan suatu pekerjaan yang terkait dengan pelatihan. Pelatihan yang diberikan dalam bentuk motivasi maupun pengembangan diri untuk menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

Sarjanah psikologi tentunya sudah memiliki basic untuk mengetahui karakter seseorang agar dapat membantu mereka untuk mengembangkan diri seseorang menjadi lebih baik. Sehingga seorang sarjana psikolog sangat cocok untuk bekerja sebagai seorang trainer.

Market Research

Market research atau yang lebih dikenal dengan sebutan peneliti pasar bertugas untuk mengumpulkan dan menganalisa data dari sebuah kondisi pasar dan juga perilaku konsumen. 

Umumnya, market research bekerja di sebuah perusahaan perusahaan besar dan juga Lembaga independent.

Kemampuan sarjanah psikologi untuk menganalisa perilaku seseorang, juga dapat di aplikasikan dalam pekerjaan ini.

UX Analyst

Tugas UX Analyst yakni untuk menganalisis perilaku konsumen saat menggunakan produk/jasa sebuah perusahaan dan kemudian hasil analisis ini digunakan untuk memperbaiki dan mengembangkan produk dan pelayanan sebuah perusahaan.

Pada umumnya jabatan ini berada di perusahaan perusahaan internet atau perusahaan yang memiliki prodek dalam bentuk software. Biasanya peluang karir sebagai UX Analyst ini sangat terbuka lebar bagi para lulusan psikologi.

Psikolog Forensik

Lulusan psikologi tidak hanya dapat bekerja di sebuah perusahaan atau Lembaga swasta. Namun sarjana psikolog juga dapat bekerja  dalam bidang hokum dan kesehatan. Contohnya berprofesi sebagai psikolog forensik.

sebagai seorang  psikologi forensic, mereka bertugas untuk menyelidiki dan mengintrogasi tersangka kasus kriminal. Mereka harus memiliki kemampuan analisis yang bagus karena mereka dituntut untuk jeli dalam mengapati setiap perilaku dan gerak gerik tersangka.

Terapi anak berkebutuhan khusus

Seorang sarjana psikologi tentunya memiliki kemampuan yang baik dalam pengamatan perilaku seseorang, dan juga mampu memberikan motovasi yang positif terhadap orang lain.

Dan peluang karir yang lain bagi lulusan psikologi yakni bekerja sebagai seorang terapi anak berkebutuhan khusus seperti anak autis. Seorang terapis disini bertugas untuk menganalisa perkembangan anak dan meningkatkan kemandirian yang sesua baginya.

Selain itu, seorang terapis juga memiliki peran untuk memaksimalkan fungsi anak untuk tumbuh dan berperilaku selayaknya manusia normal karena pada dasarnya pertumbuhan anak autis berbeda dengan anak anak normal lainnya.

Pekerjaan yang satu ini sangat membutuhkan kesabaran dan rasa kepedulian yang tinggi.

Psikolog klinis

Berbeda dengan seorang psikolog forensik, psikolog klinis memilikiperanan yang berbeda. Mereka bertugas untuk membantu individu yang memiliki gangguan mental. Selain itu, mereka harus membantu untuk membuat individu tersebut beradaptasi dengan baik pada lingkungan baru dan dapat menjalani hidup seperti manusia normal pada umumnya.

Bagi kalian para lulusan psikologi yang memiliki jiwa social yang tinggi, kalian bias mencoba peluang kerja yang satu ini.

Itu tadi beberapa peluang karir yang tersedia bagi para lulusan psikolog. Selain pekerjaan yang menarik, gaji yang diterima oleh lulusan psikolog ini juga sangat menggiurkan dan tergantung pada bidang yang ditekuni.

Misalnya, seorang market research akan digaji sebesar 5 juta rupiah hingga 8 juta rupiah. Berbeda dengan seorang recruiter digaji sebesar 8 juta rupiah hingga 25 juta rupiah. Dan bagi para lulusan psikolog yang bekerja sebagai konsultan akan menerima gaji sebesar 10 juta rupiah hingga 15 juta rupiah per bulannya.

Bagikan :

Description
: CPNS Lulusan Psikolog 2018 dan Peluang Karir lainnya
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: CPNS Lulusan Psikolog 2018 dan Peluang Karir lainnya
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:April 03, 2018