CPNS Lulusan Manajemen 2018 dan Peluang Karir Lainnya ~ Manajemen adalah salah satu jurusan yang disediakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis di suatu universitas atau perguruan tinggi. Jurusan manajemen merupakan jurusan yang paling banyak peminatnya pada bidang soshum dibandingkan dengan jurusan atau program studi yang lain. Seperti yang kita ketahui bahwa jurusan manajemen adalah salah satu jurusan yang memiliki peluang atau prospek kerja yang sangat bagus karena dapat masuk ke dalam berbagai jenis perusahaan. Berikut ini adalah beberapa peluang atau prospek kerja lulusan manajemen.

Peluang Karir Lulusan Manajemen ~ Lihat Info Pendaftaran CPNS 2018


Manager di Perusahaan

Peluang karir lulusan manajemen yang pertama adalah menjadi manager di sebuah perusahaan. Sesuai dengan ilmu yang telah diajarkan selama masa perkuliahan, mahasiswa dituntut untuk dapat mengatur dan memimpin sebuah organisasi atau entitas untuk mencapai tujuan yang ditargetkan.

Menjadi manager di perusahaan merupakan target atau impian dari mahasiswa lulusan jurusan manajemen. Hal tersebut karena gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan antara Rp.5.000.000-Rp.10.000.000 tergantung ukuran perusahaan, jam terbang, dan jabatan.

Selain gaji atau upah yang ditawarkan, daya tarik dari pekerjaan ini adalah prospek kerja yang cukup terbuka untuk masa depan. Apabila seorang manajer melakukan tugasnya dengan baik dan dalam rentang waktu yang cukup, maka membuka peluang bagi manager tersebut untuk diangkat menjadi eksekutif di perusahaan tersebut, dan tentu saja dengan gaji yang lebih besar.

Pengajar atau Guru

Peluang karir lulusan manajemen yang kedua adalah menjadi pengajar atau guru di sebuah lembaga Pendidikan. Untuk dapat menjadi seorang guru, biasanya mahasiswa lulusan jurusan manajemen harus mencari sertifikasi mengajar terlebih dahulu dengan waktu yang dibutuhkan kurang lebih satu tahun. selain menjadi guru, mahasiswa jurusan manajemen juga dapat menjadi seorang dosen di sebuah universitas atau perguruan tinggi.

Untuk dapat menjadi seorang dosen, mahasiswa lulusan manajemen dituntut untuk melanjutkan Pendidikan ke tingkat S2 dengan jurusan yang linier atau sejalur. Menjadi seorang guru atau dosen adalah salah satu pekerjaan yang cukup diminati oleh mahasiswa lulusan manajemen karena gaji dan tunjangan yang ditawarkan cukup menggirukan.

Gaji atau upah yag ditawarkan untuk seorang guru yang telah manjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) antara Rp.6.000.000-Rp.8.000.000. Selain gaji yang tinggi, daya tarik menjadi seorang guru atau dosen adalah waktu kerjanya yang cukup fleksibel di mana hari aktif kerja adalah senin-jumat untuk sitem full day school.

Wirausaha

Peluang karir lulusan manajemen yang ketiga adalah menjadi seorang wirausahawan. Pekerjaan ini sangat cocok bagi anda lulusan jurusan manajemen yang tidak ingin terikat kontrak dengan pihak lain. Dengan menjadi seorang wirausahawan, anda dapat mengatur seluruh aktivitas atau pekerjaan dengan mudah dan tanpa paksaan dari pihak lain. Namun, untuk menjadi seorang wirausahawan, anda dituntut untuk dapat mengerti keadaan pasar dan jenis usaha anda. Hal tersebut dikarenakan anda adalah kepala atau ketua dari usaha yang anda buat.

Menjadi seorang wirausahawan memang memiliki risiko kegagalan yang cukup tinggi karena minimnya modal dan jaringan yang dimiliki oelh seorang wirausahawan. Namun, apabila telah mencapai titik kesuksesan, gaji atau pendapatan dari seorang wirausahawan dapat melebihi seorang pegawai atau bos besar di sebuah perusahaan.

Konsultan manajemen

Peluang karir lulusan manajemen yang keempat adalah menjadi konsultan manajemen. Seorang konsultan manajemen harus memberikan nasihat dan solusi kepada manajemen perusahaan agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai. Selain memberikan nasihat, konsultan manajemen juga harus membantu manager perusahaan untuk merancang strategi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi perusahaan.

Untuk menjadi seorang konsultan manajemen, anda dapat mendirikan perusahaan konsultan sendiri atau melamar pada perusahaan konsultan yang telah berdiri sebelumnya. konsultan manajemen merupakan pekerjaan yang cukup diminati oleh para mahasiswa lulusan jurusan manajemen karena gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan yaitu antara Rp.5.000.000-Rp.7.000.000 tergantung pada besarnya perusahaan dan jabatan.

Manajer Sumber Daya Manusia

Peluang karir lulusan manajemen yang kelima adalah menjadi manajer sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan. Posisi manajer sumber daya manusia merupakan pekerjaan yang cukup penting karena menentukan baik buruknya kinerja sumber daya manusia atau pekerja di perusahaan tersebut.

Manajer sumber daya manusia biasanya memiliki tugas untuk merekrut karyawan, menjadi perantara antara lower manajemen dan top manajemen, dan memantau kinerja para pekerja. Menjadi seorang manajr sumber daya manusia merupakan pekerjaan yang cukup diminati oleh mahasiswa lulusan jurusan manajemen karena prospek kerja masa depan yang terbuka luas dan gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan antara Rp.5.000.000-Rp.6.000.000 tergantung lama jabatan dan besarnya perusahaan.

Staf Pemasaran

Peluang karir lulusan manajemen yang keenam adalah menjadi staf di bagian pemasaran sebuah perusahaan. Pada saat menempuh pendidikan, selain diajari untuk mengatur sebuah perusahaan, mahasiswa juga diajari untuk memasarkan sebuah produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
Posisi staf pemasaran merupakan langkah awal atau batu loncatan bagi anda untuk dapat meningkatkan karir di perusahaan tersebut. Gaji yang ditawarkan untuk posisi staf pemasaran ini berkisar antara Rp.3.000.000-Rp.5.000.000.

Officer Development Program atau Managemen Trainee

Peluang karir lulusan manajemen yang ketujuh adalah menjadi officer development program (ODP) atau manajemen trainee. Apabila diterima pada posisi ini, anda akan ditempa untuk menjadi next manajer di perusahaan tersebut.

Untuk dapat diterima di posisi ini, biasanya perusahaan menetapkan persyaratan atau kriteria yang cukup keta tantara lain pengalaman organisasi yang cukup banyak, fasih berbahasa inggris lisan maupun tulisan, tingkat kepercayaan diri yang tinggi, dan IPK yang tinggi. Gaji yang ditawarkan untuk posisi officer development program (ODP) berkisar antara Rp.5.000.000-Rp.6.000.000.

Direktur Eksekutif

Peluang karir lulusan manajemen yang kedelapan adalah menjadi direktur eksekutif di sebuah perusahaan. Posisi ini merupakan impian bagi seluruh lulusan jurusan manajemen karena gaji dan tunjangan yang ditawarkan cukup tinggi tergantung pada ukuran perusahaan.

Untuk dapat menjadi direktur eksekutif, anda dituntut untuk memiliki pengalaman menjadi seorang manajer perusahaan dengan jangka waktu yang ditetapkan. Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini biasanya berkisar antara Rp.15.000.000-Rp.20.000.000.

Staf Keuangan

Peluang karir lulusan manajemen yang kesembilan adalah menjadi staf keuangan di sebuah perusahaan. Walaupun pada dasarnya jurusan manajemen akan mendidik mahasiswa untuk menjadi manajer atau mengatur dan mengepai sebuah perushaan, namun mahasiswa jurusan manajemen juga diajari dasar-dasr akuntansi atau menghitung semua transaksi keuangan yang terjadi pada suatu entitas atau perusahaan.

Staf keuangan merupakan posisi yang cukup sulit didapatkan untuk mahasiswa jurusan manajemen karena harus bersaing dengan mahasiswa jurusan akuntansi yang memiliki ilmu akuntansi atau keuangan yang lebih mendalam. Gaji yang ditawarkan untuk posisi staf keuangan ini berkisar antara Rp3.500.000-Rp5.000.000 tergantung pada masa jabatan dan ukura perusahaan.

Nah, demikianlah sedikit pembahasan mengenai beberapa peluang karir luntuk ulusan jurusan manajemen. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan gelar yang anda dapatkan pada masa perkuliahan.

Bagikan :

Description
: CPNS Lulusan Manajemen 2018 dan Peluang Karir Lainnya
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: CPNS Lulusan Manajemen 2018 dan Peluang Karir Lainnya