CPNS Lulusan Hukum 2018 dan Peluang Karir Perusahaan ~ Pada saat ini banyak sekali lulusan dari berbagai jurusan yang sedang kesulitan mencari pekerjaan, tak terkecuali jurusan hukum. Hal terseut disebabkan oleh kesenjangan antara pencari kerja dan peluang kerja yang disediakan oleh penyedia lapangan pekerjaan.

Berbeda dengan jurusan lainnya, jurusan hukum dapat dikataan memiliki peluang kerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan jurusan lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh peluang kerja yang dimiliki mahasiswa lulusan jurusan hukum lebih bersifat mandiri dan tidak bergantung pada perusahaan atau pihak lain. untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa lowongan atau peluang karir bagi mahasiswa lulusan jurusan hukum.



Peluang Karir Lulusan Hukum ~ CPNS Daerah 2018

Pengacara

Peluang karir pertama untuk mahasiswa lulusan jurusan hukum adalah menjadi seorang pengacara. Pengacara adalah salah satu profesi yang sangat identic dengan jurusan hukum karena selalu berkaitan dengan banyak kasus yang menyangkut soal hukum.

Tugas dari seorang pengacara adalah memberikan pembelaan atas tuduhan yang diberikan kepada kliennya. Selain pemahaman atas peraturan hukum, seorang pengacara juga dituntut untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan kemampuan untuk melihat suatu hal yang kecil sebagai bukti yang meringankan tuduhan kliennya. Pengacara dituntut untuk memiliki percaya diri yang tinggi karena harus menyampaikan argumen yang dimiliki di depan persidangan. Rasa percaya diri yang tinggi diperlukan agar argumen yang diberikan dapat meyakinkan hakim yang sedang bertugas.

Menjadis seorang pengacara adalah salah satu profesi yang menjadi favorit mahasiswa jurusan hukum karena prestise yang tinggi dan gaji yang ditawarkan juga menggiurkan. Rata-rata pendapatan yang dapat diterima seorang pengacara setiap bulannya adalah Rp.20.000.000 tergantung ukuran perusahaan dan lama jabatan.

Notaris

Peluang karir kedua untuk mahasiswa lulusan jurusan hukum adalah menjadi seorang notaris. Notaris adalah pejabat umum yang memiliki wewenang untuk membuat dan menerbitkan bukti atau akta otentika ats suatu hal, misalnya akta pendirian perusahaan dan sertifikat rumah. Selain menerbitkan sertifikat atas kepemilikan, notaris juga dapat menerbitkan akta otentik atas sebuah perjanjian atau kerja sama antara dua orang atau lebih.

Walaupun prestise yang akan didapat calon notaris tidak lebih tinggi dari seorang pengacara, namun profesi notaris ini tetap menjadi favorit bagi mahasiswa jurusan hukum karena gaji yang ditawarkan juga sangat menggirukan, di mana untuk setiap akta yang diterbitkan rata-rata seorang notaris akan mendapatkan upah sebesar Rp.2.000.000. namun, sebelum membuka praktik notaris, anda harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari pihak terkait.

Hakim

Peluang karir ketiga untuk mahasiswa lulusan jurusan hukum adalah menjadi seorang hakim. Tugas seorang hakim adalah memimpin sebuah persidangan dan menetapkan hukuman untuk terdakwa. Hakim merupakan profesi yang paling bergengsi dibandingkan dengan profesi lainnya yang berkaitan dengan jurusan hukum.

Hal tersebut dikarenakan posisi hakim menjadi yang paling tinggi dibandingkan dengan profesi yang lainnya pada saat persidangan. Selain prestise yang tinggi, hakim juga memiliki gaji yang menggiurkan di mana pada satu kali persidangan, seorang hakim dapat mengantongi uang hingga Rp.5.500.000.

Jaksa

Peluang karir keempat untuk mahasiswa lulusan jurusan hukum adalah menjadi seorang jaksa. Jaksa adalah profesi di mana bekerja seseorang bekerja pada pemerintah dan berkewajiban untuk menyampaikan dakwaan atau tuduhan kepada seseorang yang melangar hukum.

Untuk dapat menjadi seorang jaksa, anda harus lulus dalam seleksi rekrutmen jaksa kejaksaan Republik Indonesia.  Profesi jaksa ini merupakan lawan dari pengacara, di mana pengacara adalah seseorang yang membela seseorang dari berbagai tuduhan yang didakwakan, sedangkan jaksa adalah seseorang yang memberikan dakwaan atau tuduhan kepada klien dari pengacara tersebut.

Dosen

Peluang karir kelima untuk mahasiswa lulusan jurusan hukum adalah menjadi tenaga pendidik di uiversitas atau dosen. Bagi anda mahasiswa lulusan jurusan hukum yang tidak ingin berkecimpung secara langsung dalam kegiatan hukum dalam persidangan, menjadi seorang dosen adalah salah satu pilihan yang sangat tepat.

Selain memiliki pemahaman mengenai materi peraturan hukum di Indonesia, seorang dosen hukum harus memiliki ilmu keguruan sehingga ilmu yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa. Selain tidak berkecimpung secara langsung dalam kegiatan persidangan, menjadi tenaga pendidik juga memiliki gaji yang cukup menggiurkan terutama bagi yang telah menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp.6.000.000-Rp.8.000.000

Panitera, Juru Staf, dan Staf Administrasi

Peluang karir keenam untuk mahasiswa lulusan jurusan hukum adalah menjadi panitera, juru staf, dan staf administrasi. Panitera, juru staf, dan staf adminsitrasi akan menjalankan tugasnya di mahkamah agung dan mengatur jalannya persidangan.

Staf Legal

Peluang karir ketujuh untuk mahasiswa lulusan jurusan hukum adalah staf legal di sebuah perusahaan. Staf legal memiliki kewajiban untuk mengelola segala urusan yang menyangkut hukum di perusahaan tersebut, seperti akta dan surat perjanjian kerja sama dengan berbagai pihak.

Selain itu, staf legal juga berkewajiban untuk mengurusi kasus hukum yang menyandung perusahaan. Menjadi staf legal di sebuah perusahaan merupakan profesi yang cukup aman bagi anda lulusan jurusan hukum karena jenjang karir yang jelas dan gaji yang lumayan tinggi yang berkisar antara Rp.4.000.000-Rp.Rp.5.000.000 tergantung ukuran perusahaan dan masa jabatan.

Konsultan Hukum

Peluang karir kedelapan untuk mahasiswa jurusan hukum adalah menjadi konsultan hukum. untuk menjadi seorang konsultan hukum, anda perlu memahami segala ilmu hukum termasuk peraturan dan pasal-pasal yang dulu diajarkan pada masa perkuliahan.

Hal tersebut dikarenakan kewajiban dan tuntutan pekerjaan, di mana anda harus memberikan saran dan konsultasi kepada klien dari lembaga hukum tempat anda bernaung.

Diplomat

Peluang karir kesembilan untuk mahasiswa jurusan hukum adalah menjadi diplomat. Diplomat adalah profesi di mana anda dituntut untuk mampu menjalin hubungan baik dengan berbagai negara lain baik dalam bidang pemerintahan maupun hal lainnya. selain menguasai ilmu hukum, untuk dapat menjadi diplomat anda dituntut untuk menguasai berbagai bahasa asing terutama bahasa inggris dan bahasa tempat domisili diplomat anda.

Diplomat adalah profesi yang sangat diimpikan bagi mahasiswa lulusan jurusan hukum karena prestise yang didapatkan cukup tinggi, pengalaman tinggal di berbagai negara, dan gaji serta tunjangan yang cukup menggiurkan.

Wirausaha

Peluang karir kesepuluh untuk mahasiswa jurusan hukum adalah menjadi seorang wirausaha. menjadi seorang wirausaha adalah salah satu pilihan yang dapat diambil apabila anda tidak mau berkecimpung dalam dunia hukum maupun politik.

Dengan menjadi seorang wirausaha, anda dapat menerapkan ilmu hukum yang anda dapatkan dengan mengetahui cara untuk melegalisasi usaha yang anda bangun. Pendapatan yang akan anda peroleh dari berwirausaha juga cukup menggiurkan tergantung pada bagaimana anda mengelola dan mengembangkan usaha anda.

Selain itu, dengan menjadi seorang wirausaha, anda tidak perlu bergantung pada keputusan orang lain, karena segala keputusan ditetapkan oleh anda sendiri.

Nah, demikinlah beberapa peluang karir untuk mahasiswa lulusan jurusan hukum. semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan ilmu dan gelar yang anda dapatkan pada bangku perkuliahan.

Bagikan :

Description
: CPNS Lulusan Hukum 2018 dan Peluang Karir Perusahaan
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: CPNS Lulusan Hukum 2018 dan Peluang Karir Perusahaan