CPNS 2018 Peluang karir lulusan akuntansi

CPNS 2018 Peluang karir lulusan akuntansi ~ Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan yang disediakan oleh universitas atau perguruan tinggi di Indonesia. Jurusan yang satu ini biasanya memiliki jumlah peminat yang cukup banyak dibandingkan dengan jurusan yang lain di bidang soshum. Namun, untuk memasuki jurusan tersebut biasanya pihak universitas atau perguruan tinggi menetapkan persyaratan yang cukup ketat karena dibutuhkan pelajar atau sumber daya yang mampu memahami prinsip akuntansi keseluruhan.



Dengan persyaratan dan materi perkuliahan yang cukup sulit, membuat mahasiswa lulusan akuntansi menjadi incaran bagi perusahaan untuk dijadikan sumber daya manusia atau pekerja di perusahaannya. Jurusan akuntansi biasanya mempelajari mengenai pelaporan keuangan yang berasal dari seluruh transaksi keuangan yang dilakukan di suatu perusahaan, mak dari itu peluang terbesar dari lulusan akuntansi adalah menjadi seorang akuntan. Namun, selain menjadi akuntan, berikut ini adalah beberapa peluang karir bagi lulusan akuntansi.

Peluang Karir Bagi Lulusan Akuntansi ~ CPNS Akuntansi 2018

Akuntan

Peluang karir pertama bagi lulusan akuntansi adalah menjadi seorang akuntan di suau perusahaan. Akuntan merupakan sebuah jabatan yang sangat dibutuhkan oleh setiap entitas atau perusahaan yang melakukan kegiatan operasi. Dalam setiap kegiatan atau transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan harus di buat laporan untuk mengetahui keadaan keuangan perusahaan. Untuk menyusun laporan keuangan tersebut dibutuhkan seorang akuntan yang memang mengerti prinsip akuntansi dan memahami alur penyusunan laporan keuangan.

Menjadi seorang akuntan memang menjadi sebuah profesi yang sangat diimpikan bagi lulusan jurusan akuntansi terutama frsh graduated karena untuk lebih mengembangkan diri dan ilmu yang didapat dibangku perkuliahan. Gaji yang dipatok atau ditawarkan untuk profesi akuntan ini tergantung pada masa jabatan dan ukuran perusahaan. Namun, biasanya gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp.6.000.000-Rp.6.5.000.000.

Akuntan Publik

Peluang karir kedua bagi lulusan jurusan akuntansi adalah menjadi seorang akuntan publik di sebuah Kantor Akuntan Publik (KAP). Akuntan publik adalah sebuah profesi di mana anda dituntut untuk memahami ilmu akuntansi dan audit. Akuntan publik memiliki kewajiban untuk memeriksa atau mengaudit laporan keuangan milik klien. Setelah melakukan audit, akuntan publik biasanya akan memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan atau klien dari KAP tempat anda bekerja.

Apabila anda seorang lulusan jurusan akuntansi yang masih fresh graduated, biasanya akan menjadi seorang akuntan atau auditor junior, di mana anda akan dibimbing oleh akuntan yang lebih senior dan memiliki pengalaman yang lebih banyak di bidang akunting dan auditing. Sama halnya dengan profesi akuntan, profesi akuntan publik adalah salah satu profesi yang menjadi incaran mahasiswa lulusan jurusan akuntansi.

Hal tersebut dikarenakan gaji yang ditawarkan, pengalaman, dan pengembangan diri dan ilmu yang diperoleh selama di bangku perkuliahan. Gaji yang ditawarkan untuk profesi akuntan public ini tergantung masa jabatan dan ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) tempat anda bernaung. Biasanya gaji yang diawarkan untuk profesi akuntan ini berkisar antara Rp.6.000.000-7.500.000 untuk akuntan junior dan Rp.15.000.000-Rp20.000.000 untuk akuntan publik senior.

Akuntan Pajak

Peluang karir untuk lulusan akuntansi yang ketiga adalah menjadi akuntan pajak di Kantor Kantor Konsultan Pajak (KKP). Akuntan pajak adalah sebuah profesi di mana anda dituntut untuk memahami mengenai perpajakan dan akuntansi. Akuntan pajak memiliki kewajiban untuk menghitung nilai pajak yang wajib dibayarkan oleh wajib pajak badan maupun perorangan.

Akuntan pajak juga harus menganalisis dan memberikan saran kepada klien KKP nya untuk dapat membayar pajak seminimal mungkin tanpa melakukan kecurangan atas peraturan pajak yang telah ditetapkan pemerintah. Sama halnya dengan akuntan publik, profesi akuntan pajak ini juga menjadi salah satu profesi yang menjadi incaran bagi mahasiswa lulusan jurusan akuntansi.

Hal tersebut dikarenaka gaji yang ditawarkan sekaligus dengan pengalaman yang akan didapatkan. Gaji yang ditawarkan untuk pofesi akuntan pajak biasanya berkisar antara Rp.5.000.000-Rp.7.000.000 untuk akuntan pajak junior.

Auditor Internal

Peluang karir untuk lulusan jurusan akuntansi yang keempat adalah menjadi seorang auditor internal di sebuah perusahaan atau badan layanan umum (BLU). Auditor internal adalah jabatan yang memang disediakan oleh perusahaan atau entitas untuk memastikan kewajaran dari pelaporan keuangan perusahaan yang telah disusun oleh akuntan.

Auditor internal memiliki tugas untuk memeriksa atau mengaudit laporan keuangan perusahaan, kemudian memberikan saran apabila terdapat kesalahan penyajian dan fraud atau kecurangan. Posisi atau jabatan auditor internal adalah salah satu profesi yang menjadi incaran bagi lulusan jurusan akuntansi karena gajai yang ditawarkan cukup menggiurkan yang berkisar antara Rp.7.000.000-7.500.000 tergantung pada ukuran perusahaan dan masa jabatan.

Akuntan Pemerintah

Peluang karir untuk lulusan jurusan akuntansi yang kelima adalah menjadi seorang akuntan pemerintah. Posisi akuntan pemerintah pada dasarnya memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama dengan akuntan yang bekerja di perusahaan, yang membedakan hanya tempat akuntan tersebut bekerja.

Selain memahami ilmu akuntansi dan auditing, akuntan pemerintah juga dituntut untuk memahami peraturan pemerintah mengenai pelaporan keuangan untuk pemerintah. Gaji yang ditawarkan untuk posisi akuntan pemerintah cukup tinggi yang berkisar antara Rp.6.000.000-Rp8.000.000 tergantung masa jabatan dan golongan.

Akuntan Pendidik

Peluang karir untuk lulusan jurusan akuntansi yang keenam adalah menjadi seorang akuntan pendidik. Untuk menerapkan ilmu akuntansi dan auditing yang diperoleh di bangku perkuliahan, selain menjadi seorang akuntan di perusahaan atau pemerintah, anda juga dapat menjadi tenaga pengajar di lembaga Pendidikan atau perguruan tinggi. Untuk menjadi seorang dosen, anda harus melanjutkan Pendidikan terlebih dahulu hingga ke S2 dengan jurusan linier atau searah.

Bagi anda yang ingin menjadi seorang akuntan publik, harus memiliki pengalaman menjadi akuntan public terlebih dahulu selama waktu yang telah ditentukan. Walaupun tidak bekerja di perusahaan, akuntan public juga menjadi salah satu profesi yang cukup diminati oleh lulusan mahasiswa jurusan akuntansi karena gaji yang ditawarkan.

Seorang akuntan pendidik biasanya akan diangkat menjadi seoran pegawai negeri sipil (PNS) dengan gaji berkisar antara Rp.6.000.000-Rp7.000.000 tergantung pada golongan dan masa jabatan.

Analis Keuangan

Peluang karir untuk lulusan jurusan akuntansi yang ketujuh adalah menjadi seorang analis keuangan. Seorang analis keuangan memiliki kewajiban untuk menganalisis pelaporan keuangan dari entitas atau perorangan. Untuk menjadi seorang analis keuangan, persyaratan yang dibutuhkan cukuop rumit di mana setelah anda menyelesaikan Pendidikan sarjana, anda dituntut untuk memperoleh serifikat CFA (Certiied Financial Analyst). Selain memperoleh sertifikat analis keuangan, anda juga dituntut memiliki pengalaman setidaknya 4 tahun di bidang analisis keuangan dan investasi.

Posisi analis keuangan ini merupakan profesi yang sangat bergengsi karena untuk mencapai posisi ini anda memerlukan banyak keterampilan di bidang akuntansi, auditing, perjajakan, dan keuangan. Selain prestise atau gengsi, profesi analis ini juga memiliki gaji yang cukup menggiurkan antara Rp.10.000.000-Rp.12.000.000 tergantung pada masa jabatan.

Nah, demikianlah sedikit pembahasan mengenai beberapa peluang karir atau kerja bagi mahasiswa lulusan jurusan akuntansi. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan gelar yang anda dapatkan di masa perkuliahan.
Description
: CPNS 2018 Peluang karir lulusan akuntansi
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: CPNS 2018 Peluang karir lulusan akuntansi