Tips Bagi Para Content Creator Pemula 2018

Tips Bagi Para Content Creator Pemula 2018 ~ Di dunia yang serba digital seperti sekarang ini, muncul begitu banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari kita, yang paling terasa dampaknya dari teknologi digital adalah bidang pekerjaan. Kalau dulu mungkin kata-kata pekerjaan yang sering dan familiar kita dengar adalah seperti guru, dokter, polisi, perawat, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang terdengar sangat menjanjikan dengan gaji yang besar. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi digital, banyak sekali bermunculan pekerjaan-pekerjaan yang terdengar “aneh” dan bahkan tidak masuk akal tapi memberikan penghasilan yang menggiurkan. Salah satu pekerjaan yang bisa dibilang menjanjikan itu adalah content creator. Apasih content creator itu? Mungkin banyak dari kalian yang masih awam dengan istilah “pekerjaan” baru ini. Nah, di sisni penulis akan mengulas tentang apa itu content creator dan kiat-kiat bagi para newbie yang ingin mencoba manisnya mendapatkan penghasilan sebagai content creator.


Setiap kali kamu membuka hand phone, android, laptop kemudian menjelajahi internet, browsing-browsing segala hal sembari bersantai atau sendang jenuh menunggu sesuatu atau seseorang, nah hal yang kamu lihat itu merupakan karya dari para content creator. Bisa dikatakan bahwa content creator merupakan sebutan untuk seseorang atau beberapa orang yang bekerja untuk menghasilkan konten-konten yang kreatif yang tersebar di internet. Konten sendiri merupakan media untuk menyampaikan pesan dan informasi dalam bentuk apapun baik edukasi, hiburan, tips-trick, tutorial, dan banyak hal yang membawa muatan kisah. Situs-situs populer untuk berbagi konten antara lain seperti instagram, youtube, dan blog. Jenis konten pun ada bermacam-macam, ada yang berbentuk karya tulis seperti artikel, atau gambar dalam komik dan karikatur, gambar meme, dan konten dalam bentuk video serta suara, bisa juga gabungan dari beberapa komponen tersebut.

Bekerja sebagai content creator memang gampang-gampang susah, gampang jika kalian tidak mudah menyerah dan selalu berinovasi untuk menghasilkan konten yang bermutu dan menarik para pengguna internet, susah jika malas berusaha dan mudah patah arang. Yang perlu diingat dan digaris bawahi adalah untuk menjadi serorang content creator tidak perlu lulusan perguruan tinggi ternama dengan nilai cumlaud, tapi semua jenjang pendidikan dan semua orang bisa menjadi content creator. Tugas utama menjadi content creator adalah mengumpulkan ide dan data, melakukan riset, dan membuat sebuah konsep untuk menghasilkan sebuah konten. Berikut ini penulis akan memaparkan beberapa trik dan tips untuk kamu yang ingin menjadi content creator tapi masih bingung bagaimana untuk memulainya dan hal apa yang harus dilakukan pertama kali.

Beberapa Tips untuk Conten Creator Pemula

Memilih konten sesuai passion 
Ini merupakan hal terpenting dalam menghasilkan sebuah konten, yaitu memilih konten apa yang ingin diberikan. Ada banyak hal dan masalah yang bisa kamu angkat menjadi sebuah konten, sesuaikan dengan passion dan ketertarikan kamu akan sesuatu. Misalnya konten tentang life style, game, makeup dan fashion, sport dan sebagainya. Jika konten yang dipilih adalah sesuai dengan passion kamu, maka akan menghasilkan sebuah karya yang indah yang dapat mempengaruhi dan menginspirasi banyak orang. Konten yang dihasilkan juga akan lebih natural dan mengalir dengan sendirinya. Kamu akan merasa enjoy dan penikmat konten kamu juga mendapat manfaat yang diinginkan.

Mulailah membuat konten dari topik terdekat kamu
Ide yang unik dan kreatif biasanya muncul dari pengalaman pribadi masing-masing creator. Kamu akan lebih mudah menyampaikan karya-karya kamu yang berdasarkan pengalaman sendiri. Pastinya lebih mudah untuk menceritakan pengalaman sendiri dari pada pengalaman orang lain.

Memiliki karya yang original
Banyak sekali content creator yang memiliki keunikan tersendiri, ada kelebihan dan tentunya memiliki kekurangan juga. Misalnya untuk mengumpulkan subscriber atau follower mulai dari nol, maka pastikan untuk memiliki karya sendiri, karya yang original. Buatlah diri kamu berbeda dari content creator lain. Cari keunikan dan kelebihan yang bisa ditonjolkan dari diri kamu, sehingga kamu memiliki keunikan tersendiri dan orang akan mengenali kamu sebagai kamu yang sesungguhnya, yang unik dan berbeda. Karya yang kamu hasilkan sangat menentukan bagaimana penilaian orang terhadap dirimu. Apakah kamu sebagai content creator yang unik dan berbeda atau kamu yang biasa-biasa saja yang hanya membuat konten “musiman” yang tidak memiliki kualitas. Jangan menjadi orang yang “latah” dalam menghasilkan konten.

Selalu update dengan hal-hal kekinian
Menjadi content creator menuntut kamu untuk selalu update dengan perkembangan terkini. Isu-isu yang sedang hangat dibicarakan, trend-trend yang sedang digemari sekarang, mulai dari life style, fashion, makanan, hingga destinasi-destinasi traveiling. Sesuaikan passion kamu dengan hal-hal kekinian dalam menghasilkan konten, dengan begitu subscriber atau follower akan bertambah dengan sendirinya. Karya yang kekinian dan update lebih banya memiliki pangsa pasar sendiri dibandingkan dengan karya yang berisi konten-konten jadul dan monoton.

Selalu konsisten dalam berkarya 
Konsisten dalam menghasilkan karya merupakan tantangan yang berat bagi para content creator. Untuk dapat tetap menjaga kekonsistenan misalnya dalam mengunggah video satu minggu sekali, posting foto 5 kali seminggu atau mengunggah tulisan dalam bog seminggu 2 kali bukan hal yang mudah untuk dilakukan.  Untuk tetap bisa konsisten buatlah timeline dan naskah dari setiap konten yang akan dibuat, sehingga akan lebih terarah dan terjadwal. Komunikasikan pada para subscriber atau follower kamu setiap hari apa saja konten-konten baru akan diunggah. Dengan demikian kamu tetap bisa menjaga kekonsistensianmu dalam berkarya.

Bangun brand channel
Apalah artinya karya-karya yang telah kamu buat dengan susah payah, yang menghabiskan tenaga, waktu, dan biaya tanpa ada seorang pun yang mengetahui hasil karyamu. Di sinilah peran penting dari brand channel untuk mempublikasikan hasil karyamu. Brand channel merupakan jalur atau media yang bisa kamu pakai untuk menyampaikan atau menyajikan konten-konten kamu. Brand channel sendiri banyak macamnya, seperti website, channel youtube, social media account, instagram dan sebagainya. Bangun brand channel kamu dengan karakter yang sama, pesan yang sama dan fungsi konten yang saling mendukung satu sama lain. sebisa mungkin gunakan nama yang sama di seluruh brand channel yang kamu miliki.

Lihat juga peluang bisnis bagi yang menguasai photoshop 2018

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin menjadi content creator, apa lagi buat kamu yang masih awam dan yang masih pemula dalam dunia content creator. Buat tambahan yang wajib dimiliki bagi para content creator yang baik adalah selalu mengasah ketrampilan dan kemampuan dalam hal berpikir kritis, meningkatkan kemampuan persuasi, kepekaan sosial, berbicara yang baik, dan juga mengetahui cara mengomunikasikan secara efektif melalui tulisan. Seperti yang penulis katakan di awal, menjadi content creator itu gampang-gampang susah.

Tinggal bagaimana usaha kamu untuk menjadikannya gampang atau susah, dibikin gampang atau dibikin susah. Tetap konsisten dan pantang menyerah dalam menghasilkan konten-konten terbaik kamu adalah kunci utama jika ingin sukses menjadi content creator. Jadi jangan ragu-ragu lagi bagi kamu yang ingin memulai menjadi content creator, jangan takut salah jangan takut gagal. Salah dan gagal adalah hal biasa, dari kesalahan dan kegagalan tersebut dapat tercipta konten-konten yang unik, bermutu, dan bermanfaat bagi orang lain.

Bagikan :

Description
: Tips Bagi Para Content Creator Pemula 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Tips Bagi Para Content Creator Pemula 2018