Siap Akses cpns.kemkes.go.id Pendaftaran CPNS Kesehatan 2018 ~ Info pelaksanaan CPNS 2018 ada titik terang yakni di bulan Juli sedangkan pengumuman formasi bulan Mei 2018, karena prioritas penerimaan adalah guru dan kesehatan maka disini kami akan membahas mengenai bukaan CPNS Kesehatan 2018.

Bidang kesehatan meliputi beberapa macam, dan yang paling populer adalah bidan, perawat dan juga dokter. Dari ketiga bidang kesehatan ini diprediksi akan menjadi bidang yang paling banyak diminati sebab lihat saja berapa banyak lulusan perawat dan juga lulusan bidan yang ingin menjadi PNS.

Untuk itu enjoy dulu, mengawali info mengenai Siap Akses cpns.kemkes.go.id Pendaftaran CPNS Kesehatan 2018 ini, kami berbagi mengenai pengalaman menjadi tenaga kesehatan di zaman now, mari disimak.

Suka Duka Menjadi Tenaga Kesehatan

Membahas mengenai tenaga kesehatan, yang terfikir pada diri kita adalah seorang dokter. Tetapi tidak hanya itu, tenaga kesehatan juga berkaitan dengan perawat dan mereka yang bersedia mengabdikan diri untuk memberikan pelayanan yang berkaitan dengan kesehatan. Tenaga kesehatan mempunyai pengertian seseorang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan yang dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan melalui proses pendidikan dengan jenis tertentu.


Berbicara mengenai tenaga kesehatan mungkin banyak sekali yang berpikir bahwa enak ya menjadi dokter, perawat, bidan atau tenaga medis lainnya uangnya banyak. Namun, apa yang masyarakat pikirkan belum tentu sejalan dengan kejadian sebenarnya. Memilih menjadi seorang tenaga kesehatan bisa jadi merupakan cita-cita, impian atau bahkan panggilan hati untuk menolong sesama. Tidak mudah menjadi seorang tenaga kesehatan karena banyak sekali tantangan dan tanggung jawabnya.

Jika anda memilih untuk menjadi tenaga kesehatan harus siap dengan segala tantangan dan tanggung jawab yang nantinya akan dihadapi ketika sudah terjun dalam masyarakat. Meski profesi ini tergolong profesi yang banyak peminat dan ketersediaannya di masyarakat juga cukup banyak, tidak menutup kemungkinan ada daerah lain yang kekurangan tenaga medis.

Jika dilihat dari luar mungkin banyak yang beranggapan enak menjadi seorang tenaga kesehatan. Uangnya banyak, dan memakai seragam yang keren. Pasti banyak yang tertarik bukan? Menjadi tenaga kesehatan tidak terbatas itu saja. Mereka yang sudah lama berkecimpung dalam dunia kesehatan pasti tau bagaimana suka duka menjalani profesi ini. Tenaga kesehatan menjadi salah satu profesi yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Mengenai baik buruk dari profesi ini sebaiknya jangan menilai dari identitasnya lihatlah bagaimana seseorang tersebut menjalani profesinya sebagai tenaga kesehatan.

Baru-baru ini ada pemberitaan mengenai seorang wanita yang dilecehkan oleh salah seorang pegawai kesehatan di rumah sakit Surabaya. Dari pemberitaan ini berdampak pada profesi perawat dan mendapat pandangan cukup serius dalam masyarakat. Belum lagi pemberitaan miring lain tentang tenaga kesehatan lainnya. Hal ini mungkin bisa membuat masyarakat berpandangan negatif mengenai profesi ini.

Nah alangkah lebih baiknya sebelum memberikan pandangan buruk mengenai tenaga kesehatan, lihatlah dulu bagaimana suka duka mereka menjalani profesi ini. Profesi tenaga kesehatan ini berkaitan erat dengan keseharian dan berlangsungnya kehidupan.

Lihat Cara Pendaftaran CPNS Kesehatan 2018

Berikut ini akan dipaparkan sedikit mengenai tantangan dan duka ketika menjadi tenaga kesehatan.

1. Rawan tertular penyakit

Banyak orang melihat bahwa menjadi perawat itu nyaman, dengan alasan paham dengan berbagai penyakit termasuk upaya pencegahannya. Namun, anda tidak boleh mengambil kesimpulan begitu saja. Walaupun mereka tau upaya pencegahan terhadap beberapa penyakit tetap saja pekerjaannya cukup beresiko dan rentan tertular penyakit ketika bekerja di rumah sakit karena justru rumah sakit adalah gudangnya penyakit.

Sebelum melakukan suatu pengobatan terhadap pasien, perawat memang diwajibkan untuk membersihkan tangan dan menggunakan alat pelindung diri. Walaupun demikian, namanya kuman dan bakteri pasti mudah sekali berjangkit. Apalagi dengan resiko tidak sengaja terkena jarum bekas pasien, bisa-bisa juga tertular penyakit yang diderita oleh pasien tersebut.

2. Beresiko terkena makian keluarga pasien

Hal ini sering kali terjadi, banyak beredar berita mengenai seorang perawat dipukuli keluarga pasien. Tanggal 8 Desember 2017 kemarin, seorang perawat di China ditendang oleh ibu pasien hanya karena masalah sepele yaitu anaknya menangis ketika disuntik. Dan yang lebih parahnya lagi perawat tersebut dalam kondisi hamil 6 minggu dan berakibat pada pendarahan yang cukup serius pada perawat tersebut. Kekerasan pada perawat saat ini sering terjadi, tidak hanya kekerasan fisik bisa juga psikologis.

3. Perawat yang sakit

Ketika sudah memilih profesi sebagai tenaga kesehatan, tuntutan untuk fokus, cepat dan sigap dalam kondisi apapun menjadi salah satu kewajiban. Apalagi jika sedang dalam kondisi darurat, ruang rawat yang banyak pasien, serta banyak pasien kritis juga bisa menimbulkan kelelahan pada perawat hingga jatuh sakit ketika sedang bertugas. Tapi kebanyakan dari mereka tetap memilih menulis laporan pasien untuk menyelesaikan pekerjaan demi menjaga profesionalitas.

4. Bekerja ketika sedang hamil

Hamil merupakan salah satu kodrat wanita, apalagi bagi wanita yang menjalani profesi sebagai tenaga medis. Ketika hamil menjadi salah satu tantangan bagi mereka, karena beresiko kehilangan bayi. Faktor kelelahan menjadi salah satu penyebab mereka kehilangan janin karena janin yang masih muda usianya tidak dapat bertahan jika ibu dalam keadaan kelelahan. Faktor tersebutlah yang juga menjadi salah satu mengapa pekerjaan ini beresiko besar.

5. Fasilitas yang belum memadai

Itu tadi adalah beberapa duka sebagai seorang tenaga kesehatan. Masih ada lagi jika anda ditugaskan menjadi seorang tenaga kesehatan di daerah yang terpencil. Dimulai dari medannya yang tidak bersahabat juga terdapat hal lain yang membuat profesi ini cukup menantang. Misalnya saja ketika ditugaskan untuk bertugas di puskesmas yang belum mempunyai fasilitas yang lengkap dan memadai. Hal tersebut menjadi salah satu momok bagi tenaga kesehatan.

Belum tersedianya fasilitas kesehatan yang lengkap tentu memberikan kesusahan sendiri bagi tenaga kesehatan. Apalagi jika ada pasien yang memerlukan pengobatan khusus. Diperlukan waktu berjam-jam untuk melarikan pasien ke rumah sakit yang lebih memadai agar dapat menyelamatkan nyawa pasien.

6. Jarak tempuh ke rumah sakit atau puskesmas yang jauh

Jika anda seorang tenaga kesehatan dan ditugaskan ke derah terpencil hal tersebut menjadi salah satu kendala. Jarak tempuh yang jauh, medan yang terjal belum lagi kalau musim hujan jalannya juga licin menjadi salah satu tantangan bagi mereka. Air bersih yang susah didapat dan perilaku hidup bersih yang kurang di masyarakat menyebabkan banyak penyakit banyak ditemui.

Puskesmas merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang menjadi tujuan utama masyarakat ketika sedang sakit. Jika keadaan dan kondisi jarak tempuh antara rumah warga dengan pusat kesehatan semakin jauh dapat merugikan masyarakat juga karena beresiko kematian. Menjadi tenaga kesehatan tidaklah mudah, harus didasari dengan semangat, tanggung jawab serta komitmen mengabdi pada masyarakat. Menjadi seorang tenaga kesehatan tidaklah semudah apa yang masyarakat bayangkan. Salah sedikit dapat berpengaruh pada nyawa pasien.

Nah itu tadi adalah duka dan tantangan menjadi tenaga kesehatan. Walaupun banyak dukanya, tapi ada juga kok suka dan senangnya menjadi tenaga kesehatan. Sukanya menjadi tenaga kesehatan ini kita bisa melayani dan membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Belum lagi jika membantu ibu-ibu melahirkan, hal tersebut menjadi kepuasan tersendiri bagi tenaga kesehatan karena dapat menolong orang yang kesusahan dan membantu seseorang lahir ke dunia.

Walaupun profesi ini banyak suka dan dukanya, hal tersebut tidak mematahkan semangat mereka yang bercita-cita mengabdikan diri untuk masyarakat. Tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba menekuni salah satu profesi yang bermanfaat dan bermanfaat bagi masyarakat.

Bagikan :

Description
: Siap Akses cpns.kemkes.go.id Pendaftaran CPNS Kesehatan 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Siap Akses cpns.kemkes.go.id Pendaftaran CPNS Kesehatan 2018