Tata Cara Registrasi STIN di SSCN.BKN.Go.ID Non CPNS 2018 ~ Setelah sekian lama website SSCN BKN tidak aktif namun di beberapa hari terakhir ternyata web resmi BKN tersebut tampil kembali di hasil penelusuran google, ada apa gerangan? Setelah di cek secara mendalam tampaknya akan ada bukaan pendaftaran resmi yang akan berlangsung di website BKN tersebut.



Bukaan apakah yang dimaksud? Tentu bukan CPNS karena menurut informasi terakhir yakni tertanggal 23 Maret 2018 kemarin bahwa bukaan CPNS akan dilaksanakan sekitar 20 - 30 hari setelah pilkada serentak, untuk informasi lebih lanjutnya silahkan cek tanggal pendaftaran CPNS 2018.

Nah kembali ke topik bahasan SSCN BKN, tampaknya web ini akan dijadikan tempat pendaftaran resmi sekolah kedinasan intelejen negara, adapun sekolah yang dimaksuh adalah STIN.

Apa itu STIN?

Sepintas namanya cukup familiar, eh tapi tunggu dulu yang tidak asing itu STAN bukan STIN, lalu apakah STAN dan STIN ini berbeda? Dari kepanjangannya hanya yang membedakan yakni huruf 'A' pada STAN dan huruf 'I' pada STIN.

Lebih lanjut perbedaan keduanya adalah sebagai berikut.
A pada STAN yaitu administrasi sedangkan untuk I pada STIN adalah intelejen.

Nah cukup jelas bukan?

Sejarah STIN adalah sebagai berikut.
Berawal dari satu pemikiran bahwa Intelijen merupakan suatu disiplin Ilmu yang dapat dipelajari, maka pada tahun 2002 Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal TNI (Purn) Dr. A.M. Hendropriyono memprakarsai pendirian perguruan tinggi di bidang ilmu intelijen. Pada 9 Juli 2003 Presiden RI meresmikan berdirinya IIN (Institut Intelijen Negara) Tahun 2004 dimulai kuliah perdana dan IIN berubah menjadi STIN. Sesuai UU 17/2011 Alumni STIN menjadi sumber utama SDM BIN.

Jadwal Pendaftaran STIN di tahun 2018
Tentu semua penasaran kapan STIN membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru di tahun 2018 ini, hinggga tulisan ini dibuat belum ada rilis resmi STIN, info cek web resmi di stin.ac.id

Meskipun demikian namun tidak ada salahnya jika kita mulai mempersiapkan diri terutama untuk mengetahui proses langkah demi langkah pendaftaran Non CPNS di STIN tahun 2018 ini.

Cek 4 langkah berikut sebagai Tata Cara Registrasi STIN di SSCN.BKN.Go.ID Non CPNS 2018

Namun sebelum masuk ke langkah pendaftarannya maka ada beberapa hal yang mesti disiapkan agar proses pendaftaran berjalan lancar yakni KTP, KK, Email, dan Foto baru kemudian lanjut ke-4 langkah berikut.

1. Pelamar dan Internet
- Pertama kali silahkan cek Informasi resmi mengenai persyaratan dan kualifikasi pendidikan bagi calon mahasiswa baru STIN.
- Memilih STIN sebagai lembaga pendidikan kedinasan yang diminati.
- Mendaftarkan diri sesuai dengan identitas resmi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), dan KK (Kartu Keluarga).

2. Registrasi di SSCN.BKN.Go.id
Bagi calon pelamar STIN, harap akses situs resmi SSCN BKN di sscn.bkn.go.id agar :
- Mendapatkan file pdf berisi Nomor Registrasi berupa data diri.
- Username (NIK), password dan link registrasi dikirim melalui email aktif yang didaftarkan sebelumnya.

3. Login Pendaftaran
- Pelamar login ke Portal STIN https://ptb.stin.ac.id
- Melengkapi persyaratan yang tertera

4. Login di Portal STIN
- Pelamar login ke Portal STIN https://stin.ac.id
- Melengkapi persyaratan yang tertera

Lalu apa yang harus dilakukan selanjutnya? Hal utama yang penting adalah Masukan Biodata Diri Dengan Lengkap Dan Benar, selain itu yang tak kalah pentingnya adalah Pastikan E-Mail anda aktif dan NIK anda sudah terdaftar di DISDUKCAPIL untuk dapat menerima panduan pendaftaran berikutnya.

Bagikan :

Description
: Tata Cara Registrasi STIN di SSCN.BKN.Go.ID Non CPNS 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Tata Cara Registrasi STIN di SSCN.BKN.Go.ID Non CPNS 2018