Profesi Guru Zaman Now di Mata Masyarakat Modern ~ Profesi menjadi salah satu bagian terpenting dalam hidup dan keseharian. Saat ini ada berbagai macam profesi yang digeluti oleh masyarakat Indonesia. Dimulai dari profesi dengan tingkat penghasilan yang tinggi hingga yang rendah.

Biasanya profesi seseorang dapat dilihat berdasarkan latar belakang pendidikan mereka. Akan tetapi tidak semua profesi ini sesuai dengan latar belakang pendidikan, bisa jadi pendidikan yang mereka tempuh tidak sejalan dengan profesi yang mereka inginkan sehingga lebih memilih untuk keluar jalur atau memilih profesi berseberangan dengan latar belakang pendidikan.



Berbagai macam profesi ada di Indonesia, masyarakat tinggal memilih pekerjaan apa yang mereka inginkan. Misalnya saja sebagai tenaga kesehatan, petani, beternak maupun sebagai tenaga pendidik atau yang biasa kita sebut dengan guru.

Guru mempunyai pengertian sebagai profesi yang memberikan pendidikan dasar, melatih, mengembangkan bakat serta memberikan penilaian mengenai perkembangan anak. Sebagai sebuah profesi yang fungsinya memberikan pelatihan serta pengajaran pada seseorang, haruslah mempunyai bekal yang cukup memadai sebelum menyalurkan ilmunya kepada anak-anak.

Oleh sebab itulah perlu adanya pendidkan khusus sebelum benar-benar terjun ke dunia pendidikan. Karena profesi pendidik ini berkaitan erat dengan masa depan bangsa dan kualitas Sumber Daya Manusia di negeri kita.

Saat ini profesi guru menjadi salah satu pekerjaan yang banyak peminatnya. Dimulai dari sistem pendidikannya yang tidak terlalu sulit, dan saat ini juga banyak yang membutuhkan tenaga pendidik baik dari sekolah formal, bimbingan belajar maupun dari sekolah non formal. Sehingga profesi ini membuka banyak peluang bagi mereka yang ingin berkecimpung di dunia pendidikan dan mempunyai tujuan mencerdaskan anak bangsa 

Jaman dahulu tentunya berbeda sekali dengan kondisi pada jaman sekarang. Pada jaman pergerakan nasional misalnya, profesi guru menjadi salah satu profesi yang sangat dihormati dan disegani dalam masyarakat. Karena masyarakat merasa guru menjadi salah satu pahlawan pendidikan yang saat itu memang sangat dibutuhkan dalam perjuangan melawan penjajahan.

Kondisi tersebut berbeda sekali dengan kondisi pada jaman sekarang apalagi kita sudah memasuki abad 21 yang pastinya semua teknologi semakin canggih dan persaingan dalam hal profesi menjadi sangat ketat sekali.

Disini kita akan membahas bagaimana sih pandangan masyarakat di era globalisasi ini terhadap profesi guru? Info profesi guru bisa cek di Gurudikdas.id

Nah untuk menemukan jawabannya ini pastilah sangat mudah sekali jika anda sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan Indonesia. Apalagi sekarang sebagian besar masyarakat sudah modern pastinya banyak sekali penilaian mengenai pfosesi pendidikini. Dari segi pandangan masyarakat modern, guru dituntut untuk lebih banyak menguasai berbagai macam bidang. Dalam artian guru tidak hanya sekedar bisa mengajari siswa membaca, berhitung maupun menulis.
Di era modern seperti sekarang ini, guru harus mempunyai keahlian dan keteramplan lain agar dapat menciptakan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan.

Apalagi jika kita melirik kurikulum pendidikan sekarang ini yang tentunya jauh berbeda dengan kurikulum jaman dahulu. Kurikulum dahulu lebih berpatokan pada pendidik atau semua kegiatan pembelajaran ini berpusat pada pendidik. Hal tersebut sangat jauh berbeda dengan tuntutan kurikulum nasional yang saat ini banyak dikeluhkan oleh beberapa orang pendidik yang merasa kurikulum ini sangat rumit.

Pada kurikulum nasional ini, proses belajar mengajar berpusat pada siswa. Jadi, posisi guru dalam proses pembelajaran sebagai penuntun bagi siswa untuk menjadi lebih kreatif dan mampu mengembangkan bakat minat mereka. Nah untuk itulah guru harus mempunyai pemikiran-pemikiran kreatif yang mampu membuat siswa menjadi lebih berkembang.

Jika dilihat dari sudut pandang masyarakat modern, guru yang mempunyai kemandirian seta ide-ide baru menjadi salah satu aspek penting dalam usaha membangun negara. Masih ingat dengan salah satu aspek yang menjadikan negara termasuk salah satu kategori negara maju? Ya, salah satunya adalah dilihat dari pendidikannya yaitu bagaimana negara tersebut mencetak Sumber Daya Manusia dengan kualitas yang tinggi dan pastinya hal tersebut berkaitan erat dengan guru. Yaitu bagaimana guru mampu mencetak generasi muda yang peduli akan kemajuan bangsa.

Berbicara tentang profesi guru negara kita di era modern seperti ini sangatlah menarik. Walaupun banyak peminat, guru menjadi salah satu profesi yang tidak begitu menarik karena berkaitan dengan gaji atau penghasilannya yang memang tidak seberapa. Sehingga sebagian besar masyarakat lebih memilih meninggalkan guru dan mencari profesi dengan penghasilan yang menjanjikan.

Tidak ada salahnya jika pemerintah mempunyai inisiatif untuk lebih meningkat kesejahteraan pendidik. Jika kesejahteraan mereka meningkat, dalam bekerja pastinya juga akan semakin produktif dan mampu menghasilkan karya-karya baru untuk bangsa.

Pandangan masyarakat mengenai profesi guru harus ditingkatkan. Anda pasti banyak mendengar mengenai demo guru yang menginginkan kesejahteraan mereka ditingkatkan. Mungkin itulah yang menjadikan salah satu sebab mengapa masyarakat tidak begitu tertarik dengan profesi yang satu ini.

Belum lagi baru-baru ini juga banyak diberitakan mengenai seorang guru yang meninggal akibat diserang oleh siswanya, lalu ada lagi “guru dihajar oleh orang tua siswa karena menegur anaknya sedang tidur saat proses pembelajaran”. Melihat berita- berita tersebut sepertinya miris sekali nasib seorang guru. Sepertinya rasa hormat pada seorang pendidik semakin berkurang, sehingga terdapat beberapa orang yang merendahkan profesi ini.

Dari berita- berita yang beredar dalam media massa mengenai peristiwa tersebut juga menjadikan salah satu alasan mengapa masyarakat enggan memilih profesi ini.

Dalam banyak hal sebenarnya guru merupakan profesi yang mulia dan patut untuk dihormati di masyarakat. Guru merupakan profesi yang cukup berkesan di hati dan pikiran siswa. Jika anda sudah mantap memilih guru sebagai pekerjaan, maka anda akan benar-benar menghayati dan memberikan ilmu yang anda peroleh kepada siswa dengan tulus tanpa memandang berapa penghasilan yang anda peroleh. Dengan berprofesi sebagai guru, setiap hari anda berusaha dan berupaya memberikan cara terbaik bagaimana mendidik, memahami serta memberikan motivasi dan ide-ide baru pada siswa agar sukses mencapai apa yang mereka harapkan.

Kehadiran seorang guru dalam masyakat mampu memberikan pencerahan dan penyelesaian masalah mengenai kehidupan di era modern seperti ini. Dari seorang guru juga masyarakat dapat mengenal berbagai macam budaya Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Dari guru juga masyarakat dapat mengenal berbagai macam jenis pengetahuan-pengetahuan baru yang tidak mereka dapatkan dilingkungan masyarakat. Guru juga banyak mengajarkan tentang norma-norma yang mampu mencegah terjadinya penyimpangan sosial dalam masyarakat. Banyak sekali yang masyarakat dapatkan dari profesi ini.

Melihat banyaknya peran yang dapat kita peroleh dari seorang guru, akan lebih baik jika kita menghargai salah satu profesi mulia. Lebih penting lagi profesi guru bukanlah untuk mencari penghasilan yang banyak tetapi untuk menciptakan generasi muda yang kreatif dan inovatif. Karena itulah diperlukan suatu komitmen dan tanggung jawab agar mampu mencetak SDM yang berkualitas.

Bagikan :

Description
: Profesi Guru Zaman Now di Mata Masyarakat Modern
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Profesi Guru Zaman Now di Mata Masyarakat Modern