Lulusan Agribisnis Kerja Jadi Petani Hidroponik, Staf Pengajar dan Dosen ~ Peluang karir lulusan agribisnis | Agribisnis merupakan salah satu jurusan yang ada di dunia perkuliahan. Bagi seorang yang berpendidikan dan kuliah di jurusan ini, peluang karir yang dimiliki memang sangat besar. Apakah anda salah satunya? Yuk simak artikel berikut ini yang akan membahas mengenai peluang karir bagi lulusan agribisnis.



Mengenal jurusan agribisnis

Saat ini, masih banyak orang yang berpikir bahwa mahasiswa jurusan agribisnis bukanlah  jurusan yang bisa menjanjikan di masa depan. Bahkan ada orang yang lebih parah berpikir bahwa pekerjaan bertani tidak harus sekolah tinggi-tinggi. Jika anda merupakan salah satu mahasiswa agribisnis tentu akan sakit bukan, jika mengetahui pemikiran orang yang seperti itu?

Namun jangan sakit hati atau dendam terlebih dahulu, mereka berpikiran seperti itu dikarenakan hanya tidak tahu bahwa peluang karir lulusan agribisnis itu besar, ditambah lagi dengan Negara kita, Indonesia yang merupakan Negara agraris dengan julukan “Sejumput tanah dari surga” dan status Indonesia yang subur.

Mahasiswa jurusan agribisnis

Bagi orang awam, mahasiswa jurusan agribisnis itu dianggap akan masuk dan terjun ke persawahan, perkebunan, dan perladangan. Hal itu merupakan persepsi yang salah. Seorang mahasiswa jurusan agribisnis akan berfokus pada ilmu pengetahuan tentang pertanian, sebagai bisnis, dan cara mengelola dan lingkungan yang baik dan benar sehingga menjadi suatu tempat yang sangat sehat dan lebih terjaga kepercayaannya.

Lingkungan yang dimaksud dalam agribisnis yaitu lingkungan sosial maupun alam. Agribisnis tidak hanya membahas mengenai pertanian, namun juga membahas mengenai perkebunan, peternakan, perikanan, dan lainnya. Agribisnis sendiri merupakan bisnis yang berbasis usaha pertanian ataupun bidang lainnya baik disektor hulu maupun hilir yang mengacu pada rantai pasok (bahan) makanan.

Jurusan agribisnis biasanya berada dibawah naungan fakultas pertanian. Jurusan agribisnis seringkali disebut dengan sosial ekonomi pertanian. Hal ini dikarenakan sangat eratnya ilmu agribisnis dengan ekonomi pada bagian bisnis. Jurusan agribisnis pada umumnya mempelajari tentang strategi bagaimana cara memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pasca panen, proses pengolahan, dan proses pemasaran.

Peluang karir lulusan agribisnis

Seperti yang anda ketahui, peluang karir lulusan agribisnis sangatlah besar. Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan sektor ekonomi yang bersumber dari sumber daya hayati di Indonesia yang terus berkembang. Hal ini menyebabkan peluang karir dalam bidang agribisnis semakin meningkat dan memiliki pandangan yang menjanjikan.

Peluang Wirausaha Agribisnis

Mendirikan koperasi skala kecil di desa untuk petani
peluang wirausaha agribisnis yang bisa anda lakukan di desa atau lingkungan sekitar anda adalah dengan mendirikan sebuah koperasi khusus untuk para petani di desa. hal ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup besar bagi anda sebagai lulusan Agribisnis.

Dalam hal ini anda bisa bekerja sama dengan gapoktan (Gabungan Kelompok Petani) yang biasanya memang sudah dibentuk oleh desa. untuk bisa mengembangkan usaha anda, anda harus bisa bekerja sama dengan baik dengan para kelompok tani tersebut. hal ini karena kelompok tani sangat berpengaruh sekali kepada masyarakat yang berprofesi sebagai petani.

Membuat dan menanam sayur Hidroponik

peluang usaha lulusan agribisnis yang bisa anda coba selanjutnya adalah dengan membuat atau memproduksi tanaman sayur hidroponik. Secara umum, dibanku perkuliahan mahasiswa agribisnis sudah pasti juga diajari mengenai cara bercocok tanam dan hal-hal yang berhubungan dengan pertanian.

Untuk itu, anda bisa mencoba peuntungan dengan membuat dan menanam sayur hidroponik. Bisnis sayur hidroponik cukup menjanjikan pada saat ini karena banyak masyarakat yang sadar akan bahaya bahan kimia dan pestisida yang berbahaya bagi kesehatan. sehingga dengan mengkonsumsi sayur hidroponik yang alami bisa mengurangi risiko terserang penyakit yang berbahaya.

Ada banyak macam sayuran yang bisa anda tanam dengan menggunakan sistem menanam sayur hidroponik. 

Menjual bibit parfum hasil suling
salah satu peluang kerja lulusan agribisnis dalam dunia usaha adalah dengan menjalankan bisnis menjual bibit parfum asli dari hasil suling tanaman yang memiliki aroma yang enak.

Menjual tanaman hias
Usaha bisnis menjual tanaman hias juga bisa menjadi peluang usaha lulusan agribisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa mencoba peruntungan dengan menjual tanaman hias karena tanaman hias merupakan tanaman yang cukup menjadi favorit untuk dijadikan sebagai dekorasi eksterior ataupun interior rumah.

Budidaya dan menjual pohon Bonsai
Bagi anda yang menyukai tanaman dengan ukuran yang kecil sekaligus dapat dijadikan sebagai tanaman hias untuk dekorasi rumah. Anda bisa mencoba membudidayakan pohon bonsai dari berbagai macam pohon atau tanaman yang bisa dijadikan bonsai.

Banyak orang yang tertarik untuk membeli tanaman Bonsai karena selain memiliki ukuran yang minimalis, bonsai juga bisa dijadikan sebagai tanaman untuk memperindah pekarangan rumah orang.

Menjual sayuran packing
peluang usaha bagi lulusan agribisnis yang selanjutnya adalah dengan menjual sayur yang sudah dipacking untuk menigngkatkan kualitas dari sayuran tersebut dalam hal kebersihaan.

usaha ini bisa anda jalankan dengan menggabungkan usaha menanam sayuran hidroponik atau organik yang dapat menghasilkan sayur yang berkualitas. Kemudian, selanjutnya anda bisa mengepacknya dengan rapi dan tetap terjaga kebersihannya.

Sayuran dan Buah Organik
peluang usaha bagi lulusan agribisnis yang menjanjikan dan sangat menguntungkan lainnya adalah dengan mencoba menanam atau budidaya sayuran atau buah organik. Tanaman atau sayuran organik pada saat ini sangat populer dikalangan masyarakat yang peduli atau berusaha hidup sehat.

bagi para vegetarian mengkonsumsi sayuran atau buah organik yang bebas bahan kimia merupakan suatu hal yang wajib untuk dikonsumsi dan dilakukan.

Peluang sebagai Staf Pengajar atau Dosen
Jika anda sangat menggemari ilmu agribisnis dan memiliki bakat dalam dunia pendidikan, anda bisa melanjutkan pendidikan hingga S2 dan nantinya bisa bekerja sebagai dosen. Tentu saja sebelum itu anda harus melakukan pendidikan S1 terlebih dahulu.

Peluang sebagai Instansi Pemerintahan di Sektor Pertanian
Saat ini pemerintah telah menyediakan instansi pemerintahan di sektor pertanian, baik di tingkat kabupaten atau kota, provinsi, hingga nasional. Bagi anda sebagai lulusan agribisnis, anda memiliki peluang besar untuk bekerja di instansi tersebut.

Anda bisa mencari informasi mengenai peluang kerja ini sesuai dengan wilayah tempat tinggal anda. Dengan menyesuaikan posisi dan lokasi kerja, anda tidak akan kewalahan dalam mengikuti update informasi pekerjaan yang anda inginkan. Jika anda bekerja sebagai instansi pemerintahan di sektor pertanian juga sangat berpengaruh terhadap pemerintahan yang ada di Indonesia, Tentu sangat bangga bukan, menjadi bagian dari orang - orang yang mengembangkan dan memajukan pemerintahan Indonesia.

Peluang sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
Seperti yang anda ketahui, negara Indonesia merupakan negara agraris. Namun tahukah anda apa yang sangat disayangkan? Banyak orang yang memiliki lahan pertanian luas, namun mereka belum bisa mengelolanya. Hal ini dikarenakan banyak petani yang belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pertanian dan bagaimana mengelola lahan agar dapat menghasilkan panen yang sangat berkualitas dan melimpah.

Inilah kesempatan anda sebagai lulusan agribisnis untuk mengambil peluang ini. Anda bisa menyampaikan ilmu pertanian yang telah anda dapatkan selama dibangku perkuliahan. Dengan bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), anda juga bisa membantu petani agar mudah mengetahui bagaimana mengelola lahan pertanian,maupun lainnya dengan baik
Description
: Lulusan Agribisnis Kerja Jadi Petani Hidroponik, Staf Pengajar dan Dosen
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Lulusan Agribisnis Kerja Jadi Petani Hidroponik, Staf Pengajar dan Dosen