Lowongan CPNS Kemendikbud 2018 Jumlah Kuota Formasi yang dibuka | Sebagai warganegara yang baik, alangkah baiknya menunjukkan darma baktinya pada negeri.  Tidak hanya sebagai tentara, atau polisi, atau aparat lain yang membela dengan cara fisiknya saja tetapi juga dengan cara menyalurkan ilmu dan kreatifitas yang dimiliki, seperti kualifikasi pendidikan dan skill yang dapat diasah dibangku sekolah formal.



Kamu bisa mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil, atau sekarang sesuai peraturan perudangan yang baru diubah namanya menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).
 
Lowongan cpns kemendikbud 2018

Ada banyak kementrian yang menjadi istilahnya “langganan” dalam penerimaan CPNS dan favorit pada pendaftar. Pada tahun 2017 lalu, pemerintah membuka lowongan cpns di 60 kementrian/lembaga dan 1 propinsi. Salah satu diantaranya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan selalu di kementerian ini mendapatkan porsi paling besar.

Seperti yang diketahui bahwa kemendikbud sendiri bekerja dengan menyelenggarakan pendidikan di negara ini mulai dari pendidikan dasar, Pendidikan anak usia dini, mpendidikan menengah, sampai pendidikan umum, dan juga tidak lupa dengan pengelolaan kebudayaannya. Untuk mengetahui cara pendaftaran CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini. Anda dapat melihat langsung ke website kemendikbud Atau ke website SSCN.

Kemendikbud sendiri didirikan karena mempunyai tugas dan fungsi Yang tentunya penting dalam penyelnggaraan pendidikan dalam pemerintahan.

Beberapa fungsi dari kemendikbud

1. Dapat merumuskan dan menetapkan suatu kebijakan dalam bidang pendidikan dan pengelolaan kebudayaan.
2. Dapat melaksanakan dan memfasilitasi penyelenggaraan tersebut.
3. Dalam pelaksanaan kebijakan tersebut dibutuhkannya peningkatan mutu seperti kesejahteraan guru dan tenaga pendidikan lainnya.
4. Adanya koordinasi dalam melaksanakan tugas, pemberian dukungan, dan juga pembinaan dalam organisasi dalam lingkungan kemendikbud.
5. Adanya pengelolaan barang negara.
6. Melaksanakan bimbingan teknis atas pelaksanaan urusan kemendikbud setiap daerah.
7. Melaksanakan penelitian juga pengembangan pada bidang Pendidikan dan pengelolaan kebudayaan.
8. Melaksanakan pengembangan, pembinaan, juga perlindungan Terhadap bahasa dan sastra.
9. Melaksanakan dukungan yang substantive terhadap seluruh Organisasi dalam lingkungan kemendikbud.

Dari beberapa fungsi dan tujuan adanya kementrian pendidikan dan kebudayaan itu, jika Anda memiliki minat untuk menjadi anggota CPNS 2018 pada formasi instansi kemendikbud tersebut Anda harus mencari tahu cara pendaftaran CPNS 2018 pada Kementerian tersebut. Sebelum melakukan Pendaftaran online, Anda lebih baik melakukan pendaftaran awal pada website sscn. Kemudian Anda baru melakukan pendaftaran online.

Unit Kerja Yang Mendapatkan Alokasi Formasi CPNS

Unit  kerja  yang mendapatkan alokasi  formasi  (alokasi penempatan) adalah sebagai berikut:
1. Sekretariat jenderal
2. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
3. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat
4. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
5. Direktorat Jenderal Kebudayaan
6. Inspektorat Jenderal
7. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
8. Badan Penelitian dan Pengembangan

Untuk jenis formasi dari CPNS kemendikbud, jika merujuk pada tahun 2017 lalu, maka akan ada 4 jalur penerimaan. Yaitu : Jalur Umum, Jalur Cumlaude, Jalur Disabilitas, dan Jalur putra/putri Papua dan Papua Barat.

Tata Cara Pendaftaran CPNS Kemendikbud

Kembali merujuk pada tahun 2017 lalu dan beberapa tahun sebelumnya, tren pendaftaran CPNS sudah bergeser dari offline ke online melalui website SSCN. Tentunya ini mempermudah pemerintah pusat dalam menyeleksi kelayakan berkas yang dikirim secara online. Namun ada beberapa instansi yang masih mempersyaratkan pendaftaran dengan menirimkan berkas secara offline setelah kegiatan online berlangsung. Berikut disajikan tata cara pendaftaran CPNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) :
1. Pelamar  wajib  memiliki  alamat  email  yang  aktif  untuk mengikuti  proses  rekrutmen  CPNS  Kemendikbud.  Pelamar melakukan  pendaftaran terlebih dahulu secara  online  di  portal  nasional  dengan  alamat https://sscn.bkn.go.id. Pendaftaran tersbut mensyaratkan pengisian nomor unik NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor KK pribadi atau NIK Kepala Keluarga, email aktif, dan password pada akun portal SSCN.
2. Selanjutnya  pelamar  wajib  mencetak  Kartu  Informasi  Akun SSCN 2017
3. Pelamar  melakukan  login  atau sign up ke  SSCN  dengan menggunakan  NIK  dan  password (kata kunci) yang  telah  didaftarkan dengan  melengkapi  biodata,  memilih  instansi,  dan  memilih jenis  formasi  sesuai  instansi  (pastikan  bahwa  instansi  yang dituju  adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada 1  instansi, 1  jabatan, dan 1  jenis formasi.
4. Selanjutnya  pelamar  dapat melakukan  pendaftaran  melalui portal mandiri instansi. Pelamar melakukan proses pendaftaran melalui laman CPNS Kemendikbud dengan  alamat https://cpns.kemdikbud.go.id dengan  melakukan  login  aplikasi  cpns  online  untuk melengkapi isian data pendaftaran online dengan tahapan :
mengisi  formulir  data  pendaftaran  CPNS  online dan mencetak lembar formulir pendaftaran. Pelamar wajib memilih zona (wilayah) tempat seleksi sesuai dengan yang diinginkan;
menyetujui Pernyataan  Integritas  bahwa  data  dan informasi yang disampaikan adalah benar;
menyetujui  pernyataan  komitmen  untuk melanjutkan  proses  lamaran  apabila  telah dinyatakan lulus pada tahap seleksi akhir;
melakukan upload pas foto; dan mencetak  Kartu  Tanda  Peserta  Seleksi  setelah dinyatakan  memenuhi  persyaratan  (MP) administrasi.

Proses seleksi CPNS / ASN 2018

Kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) menuturkan bahwa proses seleksi calon pegawai negeri sipil atau disebut juga calon aparatur sipil Negara tidak jauh berbeda dengan proses seleksi pada tahun sebelumnya. Yaitu melalui 3 tahapan :
1. Seleksi  administrasi  dilakukan  untuk pelamar  yang  telah memenuhi persyaratan dalam tata cara pendaftaran;
2. Seleksi Kompetensi Dasar  (SKD)  dilaksanakan  bagi  pelamar yang memenuhi persyaratan seleksi administrasi. Seleksi dilaksanakan  menggunakan  sistem  Computer  Assisted  Test (CAT),  dengan  cakupan  materi  meliputi  Tes  Wawasan Kebangsaan  (TWK),  Tes  Inteligensi Umum  (TIU),  dan  Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilakukan untuk pelamar yang memenuhi  persyaratan seleksi kompetensi dasar,  dengan  materi psikotes  lanjutan  (terdiri dari : tes  kemampuan  berpikir  lanjutan,  tes kepribadian lanjutan, dan tes penilaian diri (self assessment).
Yang membedakan tentu saja pada tanggal pelaksanaan, kriteria penentuan kelulusan, dan jumlah formasi calon pegawai negeri sipil (CPNSP) yang diambil pada masing-masing direktorat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Untuk info selanjutnya, dan update informasi terbaru tentang CPNS tahun 2018, rajin-rajinlah mengunjungi website https://sscn.bkn.go.id dan https://cpns.kemdikbud.go.id. 

CPNS Guru (GTK) di Lingkungan Kemendikbud Tahun 2018

Penerimaan CPNS tahun ini secara garis besar sama seperti tahun-tahun lalu. Juga pada hal keunikan pada instansi Kemendikbud. Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) meminta kementerian pemberdayaan aparatur Negara dan reformasi birokrasi (kemen-PANRB) seperti dilansir dari suarapgri.com agar mempermudah persyaratan penerimaaan calon pegawai negeri sipil guru (CPNS guru) pada tahun 2018. Diantaranya, terkait dengan syarat mengantongi sertifikat profesi guru.

Kedepannya, kemendikbud meminta kementerian PAN RB menangguhkan syarat tersebut, namun dengan menurunkan usia batas CPNS guru dari 35 tahun ke 33 tahun. Alasannya, dengan mengurangi 2 tahun syarat batas usia cpns yang mendaftar, maka 2 tahun tersebut bisa digunakan untuk member pelatihan guru untuk atau agar setara dengan guru yang telah mendapat sertifikat profesi.

Seperti dilansir di suarapgri.com, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Hamid Muhammad menuturkan, jika persyaratan mengantongi sertifikat profesi guru tetap dimasukkan, maka Indonesia akan kekurangan jumlah guru PNS. Mengapa? Pada tahun 2018, sebanyak 51.458 orang guru/pendidik PNS akan memasuki masa pensiun. Sementara itu, guru berstatus honorer yang memenuhi persyaratan diangkat menjadi CPNS sebanyak 2.992 orang. Tentunya, salah satu persyaratan itu adalah memiliki sertifikat pendidikan profesi. Dia menuturkan bahwa Jumlah guru honorer ada tak kurang dari 750.000 orang, tapi sebagian besar dari mereka belum lulus sertifikasi.

Jika persyaratan sertifikasi profesi guru itu bisa ditangguhkan sementara, maka akan ada sekitar 350 ribu guru honorer yang siap diangkat jadi CPNS. Dari 350 ribu guru tersebut, saat berusia 35 tahun tidak semuanya bisa lulus sertifikasi.

Menurutnya inilah yang lebih masuk akal. Namun usulan ini masih akan dirapatkan lagi, dan lagi. Keputusan tersebut nantinya masih belum final karena dalam perekrutan guru CPNS, pemerintah juga harus mengacu pada UU Guru dan Dosen. Penangguhan itu sifatnya usulan saja. kepastian pengangkatan CPNS juga sebaiknya disepakati dengan pemerintah propinsi, kabupaten dan atau kota.

Sebab, untuk guru jenjang SMA sederajat, berada di bawah binaan pemerintah provinsi. Sementara untuk guru tingkat SD/MI dan SMP yang sederajat, menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota.
Description
: Lowongan CPNS Kemendikbud 2018 Jumlah Kuota Formasi yang dibuka
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Lowongan CPNS Kemendikbud 2018 Jumlah Kuota Formasi yang dibuka