Lowongan CPNS 2018 Bidan Yang Akan Dibuka

Lowongan CPNS 2018 Bidan Yang Akan Dibuka | Pada tahun 2018 ini pemerintahan jokowi akan menyusun kembali proses pedaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), ini sudah direncanakan dan akan dilaksanakan pada bulan februari mendatang. Pihak kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kementrian PAN-RB. Menyetakan bahawa ditahun 2018 ini untuk proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipi 2017 kemarin, yang mana prosesn penerimaan CPNS ditahun 2018 akan lebih mengutamakan untuk tenaga kesehatan seperti perawat, bidan, dokter dan spesialis.



Memang sudah ditentukan bahwa penerimaan Calon Pegawai Negri SIpil lebih menitik beratkan pada bidang kesehatan karena melihat tenaga sipil yang tahun lalu bahwa banyak sekali dibutuhkan tenaga kerja untuk pelayanan masyarkat.  Seperti yang sudah di dianalisis bahwasanya di setiap daerah banyak sekali membutuhkan kurang dari sekitar puluhan tenaga medis untuk pelayanan.

Oleh karena itu pememrintahan lebih mengutamakan tenaga kesehatan untuk penerimaan Calon Pegawai Negri Sipil di tahun 2018 ini.  Namun hingga saat ini pemerinahan belum menentukan jumlah pasti untuk kuota yang dibutuhkan untuk penerimaan calon pegawai negri sipil di bidang kesehatan tahun 2018. Pemerintah masih melakukan evaluasi dan pembahasan mengenai berapa kira kira jumlah kuota yang dibutuhkan dalam penerimaan calon pegawai negri sipil.

Syarat Pendaftaran CPNS Untuk Bidan

Tidak ada penentuan persyaratan pendaftaran calon pegawai negri sipil sebenarnya tidak ada deskriminasi dalam setiap penerimaan CPNS. Tidak ada perbedaan syarat pendaftaran disetiap tahunya baik dalam bentuk formasi untuk CPNS guru, formasi CPNS perawat dan formasi CPNS untuk bidan baik fungsional maupun structural.

Secara umum dan structural hal utama yang membedakan hanyalah dilihat pada ijazah yang diminta disesuaikan dengan sesuai formasi yang dibutuhkan di penerimaan CPNS. Persyaratan calon pegawai negri sipil biasanya akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman pendaftaran calon pegawai negri sipil termasuk juga formasi yang dibutuhkan di penerimaan CPNS tahun 2018 ini.

Persyaratan Calon Pegawai Negri Sipil untuk formasi guru, bidan dan perawat semua hampir sama yang beda hanya pada lampiran ijazah masing masing formasi, dan pengumuman dengan syarat pendaftaran formasi lain akan di umumkan secara kolektif dalam satu pengumuman.

Dasar yang digunakan untuk penentuan syarat pendaftaran CPNS 2018 ini berpacu pada Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 tahun 2002 yakni yang berisi tentang berbagai ketentuan pelaksanaan peraturan pemerintah, yang bersangkutan dengan penerimaan calon pegawai negri sipil. Untuk persyaratan berkas pendaftaran juga tidak akan jauh berbeda dari tahun ke tahun, hal ini bisa dipastikan dengan melihat persayratan yang diminta di tahun 2017 yang lalu.


Berikut adalah gambaran secara umum persyaratan pendaftaran CPNS tahun untuk formasi bidan dan perawat akan tetapi juga bisa berlaku untuk formasi lainya.
1.       Harus berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
2.       Beriman dan betaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
3.       Mempunyai integritas yang cukup tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
4.       Tidak memiliki catatan mantan nara pidana atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai
5.       Memiliki kekuatan hokum yang tetap karena telah melakukan suatu tindak pidana kejahatan
6.       Tidak berhenti kerja secara tidak hormat maupun tidak atas permintaan sendiri
7.       Sebagai Pegawai Negri Sipil atau diberhentikan sebagai pegawai swasta.
8.       Tidak sebagai calon pegawai negri sipil atau pegawai negri sipil
9.       Memiliki kualifikasi dalam kecakapan, pendidikan, ketrampilan dan keahlian yang dibutuhkan
10.   Memiliki tingkah laku yang baik dan sopan
11.   Sehat dalam jasmani maupun rohani
Diatas merupakan persyaratan umum untuk pendaftaran CPNS, adapun persyaratan khusus yang akan dijelaskan sebagai berikut : yang pertama yakni memiliki usia paling rendah sekitar 18 tahun dan setinggi tingginya yakni berusia 35 tahun yang ditunjukkan melalui fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan yang masih tertera di ijazah.
Yang kedua yakni bagi pendaftar yang memiliki usia diatas 35 tahun maka sampai tahun 40 dapat mengikuti pendaftaran dengan syarat masih mempunyai masa kerja pada instansi pemerintah atau lembaga yang dapat dibuktikan dengan melampirkan fotocopy sah suart keputusan yag membuktikan pengangkatan pertama dan terakhir, dan ada juga persayaratan khusus yang dilegalisir dari syarat pendaftaran Calon Pegawai Negri Sipil tahun 2018.

a.       Ijazah yang di fotocopy dengan transkip nilai
b.      Empat lembar pas foto terbaru yang berukuran 4x6
c.       Kartu Tanda Penduduk yang di foto copy.
d.      Surat keterangan kesehatan dari dokter atau pemerintahan yang terbaru dan asli
e.      Kartu tanda pencari kerja yang berasal dari Dinas Tenaga Kerja.
Pendaftaran Calon Pegawai Negri Sipil untuk formasi bidan dilakukan secara online, setiap pendaftar CPNS supaya melakukan pendaftaran secara online pada situs yang sudah ditentukan dan dibuat secara resmi oleh panitia penerimaan CPNS. Untuk alamat website pendaftaran CPNS sudah disediakan bersama denga pengumuman pendaftaran sudah dibuka. Para pendaftar yang sudah melakuka pendaftaran secara online akan mendapatkan nomor pendafatarn. Setelah itu pendaftar wajib mengirimkan berkas pendukung untuk melengkapi persyaratan.
Setelah dilakukan seleksi berkas maka akan di umumkan nama nama yang lolos seleksi berkas, dan untuk pendaftar yang lolos seleksi berkas maka akan diberikan nomor ujian Calon Pegawai Negri Sipil dan akan siap untuk mengikuti tes CPNS yang biasanya terdiri dari dua tahap.
Yakni tahap pertama adalah mengerjakan tes soal kompetensi dasar (TKD). Dan ketika anda lolos di tahap tes pertama maka akan mengikuti tes kedua yaitu tes kompentensi bidang (TKB) namun menurut pengalaman ditahun sebelumnya bahwa tes TKB hanya dilakukan untuk formasi tertentu.

Lowongan Penerimaan  Formasi Bidan

Penerimaan calon pegawai negri sipil 2018  pada kemenkes adalah pengangkatan bidan PTT (Pegawai Tidak Tetap) menjadi PNS yang di seleksi sudah lama telah mengabdi, ini menjadi salah satu prioritas utama dalam penerimaan CPNS 2018 ini.  Selain itu pengangkatan formasi bidan PTT menjadi PNS juga kebutuhan bidan melalui jalur umum untuk mengisi tenaga medis yang ada di berbagai daerah masih banyak dibutuhkan.
Ini dapat disimpulkan bahwa pihak kemenkes diperkirakan akan menjadi instansi yang sangat banyak membuka lowongan pekerjaan Pegawai Negri Sipil pada penerimaan tahun ini. Akan tetapi tidak sutuhnya kemenkes memegang kendali karena dalam rekrutmen calon pegawai negri sipil 2018 akan tetap dilakukan secara ketat menutur dengan kebijakan moratorium yang masih berlaku yang menyangkut kuota penerimaan CPNS dan juga masalah anggaran terbatas.

Persiapan Tes CPNS 2018 

Diselang waktu menunggu pelaksanaan tes calon pegawai negri sipil 2018 , maka guna mempermudah belajar praktek mirip ujian CAT anda bisa melakukan berbagai hal seperti berikut :
a.       Anda harus mahir dalam mengoprasikan CAT
b.      Kumpulkan soal latihan tentang CAT beserta pembahasanaya
c.       Dapat diaplikasikan dikomputer, smartphone ataupun tablet.
d.      Dapat digunakan kapan saja dan dimana saja
e.      Soal latihan dan pembahasan bisa di cetak atau download.

Bagikan :

Description
: Lowongan CPNS 2018 Bidan Yang Akan Dibuka
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Lowongan CPNS 2018 Bidan Yang Akan Dibuka
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Maret 01, 2018