Loker 2018 Lulusan Teknik Sipil

Loker 2018 Lulusan Teknik Sipil ~ Sebagian orang memilih jurusan teknik agar mendapatkan pekerjaan yang bagus di bidang-bidang teknik yang memang banyak di butuhkan seperti misalnya bidang teknik sipil, teknik mesin, teknik pertanian dan jurusan teknik lainya yang sangat bagus untuk karir anda, peluang karir lulusan teknik di sini banyak macamnya selain teknik yang sudah di sebut di atas, masih banyak jurusan teknik yang biasa di tekuni oleh beberapa kalangan.

Salah satu jurusan Teknik yang banyak diminati oelh masyarakat adalah Teknik sipil. Jurusan ini banyak dipilih karena prospek dan peluang karir lulusan Teknik sipil sangat menjanjikan. Nah bagi kalian yang saat ini sedang bingung tentang apa saja peluang karir lulusan Teknik sipil, berikut akan saya ulas dibawah ini.



Melihat Lebih Dalam Jurusan Dan Peluang Karir Lulusan Teknik Sipil

Jurusan kuliah teknik sipil di berbagai universitas yang ada di Indonesia mempunyai beragam mata kuliah yang berbeda, tergantung kebijakan dari masing-masing universitas. Sebagai gambaran pada umumnya mata kuliah yang ada di Teknik sipil yaitu: Mekanika teknik / statistika, Gambar bangunan, Teknologi bahan bangunan, Rencana anggaran biaya bangunan, Pelabuhan, Bandara, Struktur Jembatan, Struktur beton, Struktur baja, Struktur Kayu, Hidrologi, Hidrolika, Ilmu Ukur Tanah, Mekanika Tanah, Jalan Kereta Api, Jalan Raya, Terowongan, Irigasi bangunan air, Hukum yang berhubungan dengan pekerjaan Konstruksi, Sistem transportasi, Rekayasa pondasi, manajemen proyek. Dalam kuliah Teknik sipil menggunakan Aplikasi komputer seperti Autocad , SAP 2000, eTABS , Staad pro , microsoft office, dan lain sebagainya.

Indonesia termasuk negara berkembang yang terus melakukan pembangunan infrastrukturnya, berbagai program pembangunan infrastruktur yang dilakukan seperti pembangunan jalan, jembatan dan sebagainya merupakan peluang karir lulusan Teknik sipil yang masih sangat luas. Akan tetapi, peluang karir jurusan ini tidak hanya terbatas pada proyek-proyek tersebut. Berikut ini akan say aulas beberapa peluang karir lulusan Teknik Sipil, namun bisa cek juga Lowongan Kerja BUMN 2018.

Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Banyak instansi atau dinas di Indonesia yang membutuhkan para lulusan teknik sipil. Contohnya seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), Dinas Perhubungan. Instansi yang saya sebutkan tadi sangat membutuhkan lulusan teknik sipil sebagai pengawas pekerjaan, maupun ahli di bidang konstruksi.

Perusahaan kontraktor proyek kontruksi
Banyak kontraktor di Indonesia yang sangat membutuhkan tenaga para lulusan teknik sipil, baik perusahan kontruksi BUMN atau pun perusahaan kontruksi swasta. Jika proyek yang mereka kerjakan semakin banyak, maka akan semakin banyak pula lulusan teknik sipil yang dibutuhkan untuk pengerjaan proyek tersebut.

Perusahaan Konsultan perencanaan atau di konsultan pengawasan konstruksi
Selain di bidang pelaksana proyek kontruksi, lulusan teknik sipil juga dapat bekerja di bidan perencanaan dan pengawasan proyek konsruksi, karena sangat dibutuhkan seorang engineer yang mengerti aspek teknik dari konstruksi.

Peluang kerja Teknik Sipil ini lebih terfokus pada peranmu sebagai Project Manager. Pekerjaanmu bisa seputar bangunan, pengembangan garis pantai, konstruksi bendungan, hingga pembangunan jalan raya. Dan tanggung jawabmu adalah memanajemen dan mengawasi jalannya konstruksi, mengatur anggaran pembangunan, serta melihat potensi resiko yang mungkin terjadi dalam pembangunan yang berjalan.

Peluang kerja Teknik Sipil ini kamu membutuhkan kreativitas yang lebih serta kemampuanmu untuk mendesain bangunan yang klienmu inginkan. Jadi untuk kamu yang mampu berimajinasi lebih untuk diterapkan ke dalam bangunan yang kamu kerjakan, prospek kerja Teknik Sipil yang satu ini mungkin sangat cocok.

Supplier/distributor material konstruksi atau bahan bangunan
Pada pengerjaan suatu proyek konstruksi seorang kontraktor menggunakan material produksi sendiri, tapi kadang kala seorang kontraktor juga membutuhkan material dari supplier/distributor lain. Oleh sebab itu, memerlukan engineer yang mengerti tentang jenis material yang dibutuhkan untuk suatu pengerjaan proyek konstruksi.

Perminyakan (oil and gas)
Walaupun termasuk langka atau sedikit lulusan teknik sipil yang bekerja pada bidang ini, bidang perminyakan juga sangat membutuhkan lulusan teknik sipil untuk kegiatan pembangunan prasarana bangunan di bidang perminyakan.

Pengembang Perumahan (developer property)
Kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, pengembang perumahan di Indonesia juga mengalami kemajuan yang pesat. Oleh sebab itu, peran lulusan Teknik sipil dalam membangun perumahan yang baik juga sangat dibutuhkan.

Pabrik/Manufaktur
Pekerjaan pabrik/manufaktur umumnya lebih mengacu pada pengolahan bahan mentah menjadi bahan jadi. Akan tetapi, untuk pemeliharaan dan perawatan bangunan lulusan teknik sipil lebih diprioritaskan.

Pertambangan (mining)
Perusahaan tambang sangat membutuhkan lulusan teknik sipil untuk pengerjaan proyek di lapangan. Contohnya seperti perusahaan tambang batu bara. Lulusan teknik sipil sangat diperlukan untuk meninjau aspek teknik sipil di lokasi kerja.

Perbankan
Bank juga seringkali menerima lulusan teknik sipil. Seorang lulusan teknik sipil juga layak bekerja di bank, karena mereka juga memiliki kemampuan dalam bidang ekonomi serta juga memiliki keakuratan perhitungan yang baik.

Perusahaan Listrik
PLN (Perusahaan Listrik Negara) juga seringkali membutuhkan para lulusan teknik sipil. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu teknik sipil berhubungan erat dengan berbagai bidang pekerjaan di dunia ini.

Surveyor pengendalian bangunan
Apabila kamu bisa bekerja dengan detail dan tertarik dengan bangunan dan konstruksi, peluang kerja Teknik Sipil yang satu ini bisa kamu pertimbangkan. Surveyor pengendali bangunan bertugas untuk memastikan bahwa semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, ditaati oleh pihak proyek pembangunan yang sedang berjalan. Jika tidak terpenuhi, sebagai surveyor pengendali bangunan kamu harus memberikan solusi pemecahannya kepada sang klien.

Kamu juga akan mengurus berkas perijinan bila dibutuhkan dan harus memeriksa pondasi dan sistem drainase dari tanah yang akan dibangun. Hal ini bertujuan untuk keamanan bagi semua pihak yang terlibat.

Kontraktor insinyur sipil
Peluang kerja Teknik Sipil ini berkaitan erat dengan peluang kerja yang sebelumnya, yaitu konsultan konstruksi bangunan. Kontraktor insinyur sipil bertugas untuk merealisasikan rencana atau konsep yang sudah dibuat oleh sang konsultan. Seorang kontraktor insinyur sipil  yang akan melihat bagaimana kondisi nyata saat di lapangan dan bagaimana menerapkan apa yang sudah direncanakan oleh konsultan.

Sebagai kontraktor, peluang karir lulusan Teknik Sipil ini mewajibkan kamu untuk mampu secara profesional mengatur semua orang dan sumber material atau bahan-bahan bangunan yang ada di tempat pembangunan. Dalam beberapa proyek yang tidak menggunakan konsultan, kontraktor juga bertugas untuk membuat perencanaan pembangunannya sendiri, yang akan ia lihat dan terapkan dalam kondisi lapangan.

Insinyur situs pembangunan
Kalau untuk prospek kerja Teknik Sipil yang ini, pekerjaannya lebih condong ke arah teknis, pengorganisasian, dan pengawasan. Kamu bertugas untuk menentukan lokasi pembangunan infrastruktur, baik itu yang terkait yang terlihat di atas, maupun di bawah tanah. Kamulah yang akan membuat dan nantinya mengaplikasikan rencana terkait pembangunan bangunan di situ.

Jangan lupa, harus perhatikan juga mengenai kesehatan dan keamanan di daerah tersebut ya. Kerjaanmu akan membuatmu berhubungan dengan arsitek, manajer konstruksi, perencana, insinyur lainnya, subkontraktor, supervisor, sampai surveyor.

Bagikan :

Description
: Loker 2018 Lulusan Teknik Sipil
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Loker 2018 Lulusan Teknik Sipil
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Maret 28, 2018