Peluang Karir Lulusan Farmasi Non CPNS

Peluang Karir Lulusan Farmasi Non CPNS ~ Mendengar kata farmasi mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Apalagi bagi kita yang masih duduk dibangku SMA atau yang sedang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, farmasi akan muncul di salah satu pilihan jurusan yang cukup banyak peminatnya ratusan bahkan hingga ribuan siswa.

Saat ini berbagai macam jurusan banyak menawarkan jenjang karir yang membuat siswa tertarik untuk masuk ke jurusan tersebut. Tidak terkecuali jurusan farmasi, salah satu jurusan yang hampir sebagian besar universitas memiliki jurusan ini juga menawarkan jenjang karir yang menggoda. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai jurusan ini, terlebih dahulu kita lihat apa sih jurusan farmasi itu?

Sebelumnya ada Lowongan kerja untuk lulusan agribisnis.



Farmasi merupakan salah satu cabang dari ilmu kesehatan. walaupun termasuk dalam kategori ilmu kesehatan, tidak semua hal mengenai kesehatan dibahas pada jurusan ini. pada jurusan farmasi kita dapat belajar mengenai berbagai macam jenis obat-obatan dari cara meraciknya sampai kegunaan dari obat tersebut. Selain itu jika kita memilih jurusan farmasi kita juga dapat belajar mengenai anatomi serta fisiologi tubuh manusia.

Sebelum menentukan jurusan yang akan dipilih dalam melanjutkan pendidikan, pastinya perlu pertimbangan dulu misalnya apa saja keuntungan jika memilih jurusan ini serta bagaimana peluang kerjanya. Jika memilih jurusan farmasi, akan diperoleh beberapa keuntungan seperti dapat belajar berbagai macam cara pembuatan obat, ramuan-ramuan dari bahan alami, cara kerja obat tersebut serta berapa dosis yang dibutuhkan untuk menyembuhkan suatu penyakit serta mengetahui efek samping dari obat tersebut.

Jenjang-Jenjang Pendidikan Farmasi

Bagi anda yang ingin menjadi seorang apoteker, anda juga harus mengetahui jenjang pendidikan apa saja yang harus anda tempuh untuk bisa menjadi seorang apoteker yang handal. Berikut akan kemi jelaskan mengenai beberapa jenjang pendidikan yang harus anda tempuh untuk bisa menjadi seorang ahli farmasi atau apoteker.

1. SMA/SMK Farmasi

Untuk bisa menjadi seorang apoteker terlebih dahulu anda harus menempuh pendidikan SMA dengan jurusan IPA atau jika anda ingin mengetahui lebih dalam dan lebih awal lagi mengenai dunia farmasi anda bisa masuk ke SMK dengan jurusan farmasi yang sudah banyak dibuka pada saat ini.

biasanya lulusan SMK Farmasi akan lebih mudah untuk bisa melanjutkan pendidikannya pada saat akan mendaftar ke perguruan tinggi.

2.   Pendidikan Strata 1 Farmasi

Setelah anda menyelesaikan pendidikan dan lulus dari SMA atau SMK Farmasi selanjutya hal yang harus anda lakukan adalah memilih universitas dengan jurusan farmasi terbaik.

Memilih tempat kuliah atau universitas untuk jurusan farmasi merupakan satu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Kami sarankan anda memilih universitas dengan akreditasi minimal B, jangan memilih universitas dengan akreditasi yang rendah karena hal ini akan berpengaruh pada kuaitas dari universitas/fakultas serta alumninya biasanya akan mengalami beberapa kendala ketika sudah lulus, terutama dalam hal mencari kerja.

pada saat ini hampir semua lembaga, perusahaan atau instansi baik swasta maupun pemerintah yang memprioritaskan lulusan yang berasal dari universitas dengan akreitasi A atau B.

selain akreditasi universitas, hal lain yang perlu diperhatikan adalah dengan memilih jurusan farmasi yang memiliki akreditasi yang juga bagus. akan lebih baik jika anda memilih universitas negeri jurusan farmasi daripada univesitas swasta.

3.   Pendidikan Profesi Apoteker

Untuk bisa mendapatkan gelar apoteker, terlebih dahulu anda harus menempuh pendidikan keprofesian apoteker.pendidikan profesi ini akan berlangsung selama 1 tahun.

Syarat untuk bisa menempuh pendidika profesi apoteker ini adalah anda harus lulus S1 farmasi terlebih dahulu dengan memberikan bukti ijazah yang anda miliki. pada saat anda menempuh keprofesian, anda hanya akan menempuh 2 semester selama pendidikan. semester 1 adalah proses perkuliahan penuh sedangkan pada semester 2 anda hanya akan menjalankan proses praktik profeis di lapangan untuk memperdalam ilmu yang anda miliki.

Nah, selama menempuh masa praktik di rumah sakit, apotek, instansi pemerintah dibidang kesehatan atau industri farmasi ada bisa menimba ilmu secara langsung di lapangan.

Sama seperti pendidikan S1 pada akhirnya anda harus menyusun sebuah karya ilmiah sebagai syarat untuk bisa mendapatkan gelas apoteker dan juga ujian kompetensi untuk mendapatkan pernyataan lulus dan dikukuhan dengan prosesi penyumpahan profesi apoteker. 

Peluang Kerja dari Jurusan Farmasi

Melanjutkan pendidikan tinggi ke Jurusan Farmasi mempunyai banyak peluang kerja yang nantinya akan didapatkan setelah lulus kuliah. Beberapa peluang kerja yang akan didapatkan dari jurusan ini antara lain sebagai berikut :

Pabrik Obat
Pabrik obat menjadi salah satu tempat yang membuka peluang kerja bagi lulusan farmasi. Telah dijelaskan bahwa dalam belajar di jurusan Farmasi kita memperoleh pelajaran mengenai cara membuat obat, dosis serta cara kerjanya. Dengan bekal itulah lulusan farmasi dapat dengan mudah memperoleh kerja di salah satu pabrik obat yang ada di Indonesia.

Sebelum melamar kerja di pabrik obat, terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana cara jitu agar diterima menjadi salah satu karyawan di pabrik obat tersebut.
Peluang berkarir di perusahaan bagian penyimpanan dan distribusi obat ke apotik-apotik di wilayah tertentu dan mengatur arus obat keluar masuk ke beberpa apotik yang bermitra.

Apotek
Peluang kerja di apotik untuk apoteker dan asisten apoteker, Asisten apoteker adalah lulusan D3 farmasi atau SMK Farmasi untuk di tempatkan di bagian pelayanan, jika ada orang yang mencari obat untuk jenis penyakitnya. Sedangkan tugas apoteker adalah sebagai penanggung jawab apotik dan mengontrol penuh kelangsungan apotik.

Pabrik Kosmetik
Peluang Kerja di pabrik kosmetik bagian farmasi untuk di tempatkan di peracikan kosmetik dan memastikan kualitas kosmetik yang di hasilkan sudah cukup baik.

BPOM
Menjadi bagian dari BPOM untuk mengawasi product makanan dan obat yang beredar di indonesia.

Beberapa Peluang Wirausaha Farmasi

Berwirausaha di bidang farmasi atau obat-obatan dan kosmetik bisa menjadi pilihan anda untuk membangun karir yang cemerlang, melihat pasar yang sangat potensial di bidang farmasi, tidak banyak yang berani membuat pilihan ini untuk lulusa farmasi mulai dari Asisten Apoteker kelas SMK dan D3 Farmasi, pasarlanya mungkin di rasa berwira usaha model seperti ini sangatlah sulit prosedurnya, apalagi jenis yang kita angkat untuk di buat produk sangatlah di perhatikan oleh beberapa orang.

Berikut ini adalah beberpa jenis peluang usaha untuk anda yang lulusan farmasi

Membuat Produk Makanan Yang Kaya Akan Vitamin
Usaha makanan menjadi salah satu pilihan untuk memulai bisbis anda di bidang farmasi, menjual makanan bergizi dan sehat untuk masyaralat yang sudah kalian tentukan pasarnya, misal menargedkan mahasiswa untuk hal ini, karena lokasi anda berada di dekat Univesitas.

Menjual Produk Kosmetik Yang Aman
Kosmetik pada umunya yang beredar adalah kosmetik kelas dewa yang sudah jelas ijinnya karena sudah sering di iklankan di TV, tetapi perlu anda tahu ternyata kosmetik yang biasa anda pakai hanya mengandung beberapa kandungan yang bisa anda dapatkan secara gampang, tinggal kalian meraciknya sendiri dan uji coba.

Tetapi untuk jenis ini, anda perlu mengetahui seluk beluk farmasi tidak hanya jenjang SMK Farmasi saja, kalian harus menempuh pendidikan sampai menjadi Apoteker, untuk mendapatkan legalitas ini.

Membuat Obat Herbal Untuk Segala Penyakit
Ilmu tanaman obat atau Farmakologi yang di daat di sekolag farmasi bisa di manfaatkan untuk membuat obat-obatan dari bahan alami untuk segala penyakit, buku-buku farmasi dan referensi dari google bisa anda manfaatkan untuk memulai usaha jamu misalnya, atau menjual kapsul yang berisi beberapa tanaman obat.

Dengan begini ilmu anda saat belajar di bidang farmasi bisa di manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sekian dulu pembahasan tentang peluang kerja kerja farmasi yang bisa anda pelajari dan acion untuk memulai wirausaha di bidang farmasi, sampai bertemu di artikel berikutnya.
Description
: Peluang Karir Lulusan Farmasi Non CPNS
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Peluang Karir Lulusan Farmasi Non CPNS