Kabar Gembira CPNS Tenaga Kontrak 2018 Siap Bukaan, Cek Jadwal ~ Seperti yang diharapkan dalam beberapa tahun terakhir bahwa tes CPNS 2018 akan segera dimulai, meski belum ada rilis resmi mengenai tanggal pelaksanaan namun rentang waktu yang direncanakan sesuai dengan keterangan Menpan terbaru adalah selesai Pilkada.

Artinya masih ada waktu yang cukup panjang dan alangkah baiknya waktu tunggu ini bisa diisi dengan proses persiapan diri menjelang seleksi CPNS agar pada saat tes berlangsung kita bisa dengan lancar mengikuti seleksi ujian CPNS dan bisa mencapai cita-cita lulus CPNS tahun ini tentunya dengan cara murni tanpa sogokan maupun KKN lainnya.



Memang sejak diberlakukannya sistem CPNS menggunakan CAT, kompetisi ketat penerimaan berlangsung murni dengan memilah peserta terbaik dari segi wawasan kebangsaan, pengetahuan umum dan karakter pribadi yang sesuai dengan ketentuan seorang ASN.

Untuk itu semua orang berpeluang, jadi buanglah asumsi lama penerimaan CPNS yang sarat dengan kecurangan atau 'main lobi' terhadap 'oknum panitia' yang mencari keuntungan, silahkan berjuang dengan maksimal agar mencapai hasil yang maksimal juga.

Sembari menantikan jadwal penerimaan CPNS resmi yang hanya berasal dari situs resmi Menpan di www.menpan.go.id maupaun web BKN resmi di www.bkn.go.id maka berikut ada 2 informasi penting yang dapat kami sampaikan.

Lihat syarat menjadi CPNS 2018

Pertama : 528 Formasi CPNS Pemkot Tarakan 2018

Peluang CPNS yang cukup besar akan dibuka di Kota Tarakan dalam seleksi CPNS 2018 yang akan datang, adapun jumlah penerimaan tersebut yang diketahui adalah sebanyak 528 formasi yang berisi beragam disiplin ilmu yang prioritasnya adalah dibidang pendidikan dan kesehatan ditambah beberapa peluang lainnya untuk tenaga infrastruktur.

Pernyataan berikut pernyataan Kemenpan-RB mengenai Formasi CPNS Kota Tarakan 2018 tertanggal 21 Maret 2018.

“Di dalam surat itu ada penekanan-penekanankebutuhan fungsional tertentu yaitu dibutuhkan tenaga pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Mendapatkan surat ini kami langsung menyurati masing-masing dinas terkait, karena KemenPAN-RB meminta tenaga kesehatan dan pendidikan,” ujarnya, Rabu (21/3/2018) di ruang kerjanya.

Di lain pihak, salah satu pejabat BKPP Kota Tarakan yaitu Kepala Bidang Perencanaan dan Mutasi, BKPP Kota Tarakan, Amas Ramadhan Harahap mengungkapkan, pihaknya memberikan usulan formasi CPNS tersebut, setelah mendapatkan surat dari KemenPAN-RB.

“Karena kuota CPNS ini kan dibagi-bagi di seluruh daerah di Indonesia, jadi masyarakat Tarakan yang ingin menjadi CPNS yah berdoa saja mudah-mudahan usulan formasi CPNS yang kita kirim ini dapat disetujui semua itu juga harapan kami,” ucapnya.

Dijelaskan juga oleh Amas bahwa dari total formasi yang akan dibuka di Tarakan berjumlah 528 formasi yang diusulkan ini terdiri dari 305 tenaga guru dan 223 tenaga kesehatan, seperti dokter spesialis, bidan dan perawat, termasuk tenaga infrastruktur salah satunya di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Tarakan.

“Saya juga sempat ngobrol dengan Kepala Bidang Pendidikan Dasar pak Awandi yang memberitahukan, bahwa di Kota Tarakan masih kekurangan guru SD sebanyak 123 guru. Begitupula dengan tenaga kesehatan masih kekurangan dokter spesialis seperti dokter spesialis saraf dan anastesi,” ucapnya.

Jumlah demikian diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pegawai di Kota Tarakan sesuai dengan kebutuhan yanga da saat ini dengan formasi utamanya adalah guru dan dokter spesialis. Apalagi sudah tiga tahun ini Pemkot Tarakan tidak pernah membuka pendaftaran CPNS sejak ada pemberlakuan moratorium.

“Kita membuka pendaftaran CPNS sekitar Juni tahun 2015, setelah itu tidak pernah ada lagi. Berarti sudah tiga tahun kita tidak pernah membuka pendaftaran CPNS. Yah mudah-mudahan formasi CPNS yang kita usulkan untuk kebutuhan PNS tahun 2018, dapat diterima KemenPAN-RB,” ujarnya.

Kedua : Formasi CPNS Kobar 2018 Ada 700 TKD menjadi CPNS

Selain Kota Tarakan di akhir Maret ini juga ada info terbaru dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) yang sudah mengajukan sebanyak 700 tenaga kontrak daerah (TKD) tenaga medis menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Adapun 700 TKD tersebut adalah Tenaga Medis yang usulannya telah diajukan oleh Bupati Kobar Hj. Nurhidayah kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpar RB) untuk dijadikan CPNS. 

“Mudah-mudahan ini bisa terlaksana, karena kemarin khusus tenaga medis ada 700 yang kita usulkan ke Menpan,” ujar Nurhidayah di sela-sela seminar keperawatan di Hotel Swiss Bellin Pangkalan Bun, Selasa (20/3).

Kekurangan ini nantinya diharapkan bisa memenuhi kebutuhan yang ada di puskesmas dan rumah sakit yang kekurangan pegawai. Kobar masih kekurangan tenaga medis, terutama untuk daerah pelosok.

Mengenai honor perawat akan menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah Kabupaten Kobar. Honor setiap tahun akan mengalami peningkatan.

“Peningkatannya tidak signifikan tapi ini adalah bentuk kepedulian kita untuk kesejahteraan para perawat,” pungkasnya.

Nah demikianlah tadi 2 poin penting yang disampaikan kepada Menpan di akhir bulan Maret 2018, yaitu 528 Formasi CPNS Kota Tarakan dan juga 700 usulah Tenaga Honorer Daerah (TKD) Pemkab Kotawaringin Barat khusus tenaga medis, info cek SSCN BKN 2018.
Description
: Kabar Gembira CPNS Tenaga Kontrak 2018 Siap Bukaan, Cek Jadwal
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Kabar Gembira CPNS Tenaga Kontrak 2018 Siap Bukaan, Cek Jadwal