Loker 2018 ~ Jalur Umum Pendaftaran CPNS Guru TKS dan Honorer K2 Tahun 2018 | Kabar gembira bagi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang gagal pada pendaftaran CPNS tahun 2017 silam karena saat ini Pemerintah RI melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS pada tahun 2018. Pembukaan pendaftaran CPNS tahun 2018 ini merupakan pendaftaran gelombang ketiga yang diadakan oleh pemerintah.



Pada gelombang ketiga ini, jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan dibuka jauh lebih banyak dari gelombang sebelumnya, yakni sekitar 120 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini disampaikan langsung oleh Asman Abnur selaku Mentri PAN-RB RI.

"Di tahun 2018 ini akan ada 120 ribu orang calon PNS termasuk formasi untuk pegawai daerah," tegasnya.

Jumlan CPNS ditahun 2018 ini memang mengalami kenaikan yang sangat signifikan, mengingat pada gelombang pertama jumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hanya sebanyak 17.521 orang dan diformasikan untuk Kementerian Hukum dan HAM. Kemudian Pada gelombang kedua jumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diterima sebanyak 17.928 orang yangmana diprioritaskan untuk formasi kementerian, lembaga negara, dan pemerintah provinsi.

Berbeda dengan formasi CPNS sebelumnya, diduga formasi yang di prioritaskan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 ini adalah Guru dan Tenaga Kesehatan. Hal ini dikatakan oleh mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI bahwa penerimaan CPNS tahun 2018 ini akan diprioritaskan formasi guru dan tenaga kesehatan

"Tolong prioritaskan tenaga guru dan tenaga kesehatan di tahun 2018 ini, mohon dengan saangat kalau bisa awal Januari kita sudah menerima rencana usulan tersebut,"  ujar Asman Abnur.

Dalam proses seleksi CPNS tahun 2018 ini, ada beberapa tahap yang harus dilakukan sebelum adanya proses seleksi CPNS guru. Berikut beberapa tahapan yang harus dilalui:
1. Pengajuan formasi dari daerah yang butuh guru
2. Perhitungan anggaran untuk penerimaan CPNS
3. Pengumuman formasi beserta jadwal pendaftaran oleh panselnas manpan
4. seleksi 

Dan berikut ini informasi terbaru mengenai pendaftaran CPNS Guru tahun 2018 dan  beberapa jalur pendaftarannya yang terdiri dari jalur UMUM, jalur Honorer K2, jalur TKS.

Pendaftaran CPNS guru tahun 2018 jalur umum

Bagi para sarjanah Pendidikan atau dengan gelar S. pd. bersiaplah karena CPNS guru jalur umum dibuka untuk lulusan Sarjana Pendidikan. Namun, bagi guru honorer, jangan khawatir karena kalian juga memiliki kesempatan untuk mendaftar dalam seleksi CPNS guru jalur umum ini.
Mengingat besarnya peserta yang turut serta untuk mendaftar seleksi CPNS ini, tentunya sedikit sekali peluang karena banyaknya pesaing dalam seleksi CPNS ini. Maka dari itu, persiapkan diri anda sebaik mungkin agar dapat lolos dalam tes seleksi CPNS guru tahun 2018 ini.

Untuk mengantisipasi persaingan yang ketat tersebut, ada beberapa persiapan yang dapat anda lakukan. Seperti, berlatih mengerjakan soal-soal tes CPNS tahun-tahun sebelumnya, membaca prediksi soal-soal CPNS tahun ini, dan juga anda bias membaca buku referensi yang menunjang kelulusan CPNS .
Pada seleksi CPNS Guru jalur umum ini, peserta harus mengikuti ujian dengan bantuan system CAT (Computer Assisted Test) yang bertujuan agar tes CPNS ini bersifat transparan, akuntable dan objektif sehingga tidak akan ada kecurangan dalam tes CPNS ini. Selain itu, dalam seleksi tes CPNS ada beberapa materi yang harus diselesaikan dengan nilai bagus agar anda dapat lolos dalam tes CPNS ini. Materi tes tersebut adalah tes wawasan kebangsaan (TWK), tes pengetahuan umum (TPU), dan tes kepribadian.

Pendaftaran CPNS guru tahun 2018 jalur Honorer K2

Pada dasarnya tidak ada perbedaan dalam materi tes CPNS guru jalur Honorer K2 dengan tes CPNS jalur umum. Keduanya sama-sama menggunakan sistem CAT dalam ujuannya. Selain itu materi tes yang diujikanpun sama yakni terdiri dari tiga materi tes, yang pertama tes wawasan kebangsaan (TWK), kemudian dilanjut dengan tes pengetahuan umum (TPU), dan yang terakhir tes kepribadian.

Namun kriteria peserta pada  jalur Honorer K2 ini sedikit memiliki perbedaan dengan jalur umum. Perbedaannya yaitu jalur Honorer K2 ini diperuntukkan bagi mereka (guru) yang telah bertahun-tahun mengabdi sebagai guru honorer di sekolah dengan masa kerja yang telah disepakati.
Jalur Honorer k2 ini merupakan bentuk keadilan pemerintah terhadap nasib guru honerer di Indonesia yang kesejahteraannya kurang terjamin. Tujuannya agar kesejahteraan para guru honorer dapat lebih baik lagi.

Pendaftaran CPNS guru tahun 2018 TKS

Guru TKS merupakan nama lain dari Tenaga Kerja Sukarela. Tidak adil bukan jika pemerintah hanya melirik guru honerer K2 dalam pendaftaran CPNS guru tahun 2018.? Sedangkan Guru TKS juga mengabdikan waktunya selama bertahun-tahun untuk mengajar di sekolah dengan gaji sukarela.

Maka dari itu pada pendaftaran CPNS guru tahun 2018 ini, pemerintah membuka jalur CPNS Guru TKS yang bertujuan untuk membuka kesempatan bagi Guru TKS yang sudah mengabdi bertahun-tahun di sekolah untuk menjadi PNS. Namun mereka harus mengikuti tahapan-tahapan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Agar tidak adanya kecemburuan social, maka pemerintah mewajibkan para GURU TKS yang belum Sarjana untuk mengikuti Pendidikan di Perguruan Tinggi swasta atau UT untuk mendapatkan gelar sarjanah mereka. Setelah itu mereka dapat mendaftarkan diri pada pendaftaran CPNS guru 2018 jalur TKS.

Tes CAT dalam seleksi CPNS 2018

Bagi kalian para pendaftar baru CPNS 2018 pasti bertanya-tanya apa itu tes CAT?

CAT merupaka kepanjangan dari Computer Assisted Tes. CAT sendiri merupakan metode seleksi penerimaan CPNS dengan alat bantu komputer yang berfungsi untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Pemerintah sangat memerlukan tenaga Pegawai Negiri Sipil (PNS) yang kompeten dan professional sehingga sangat diperlukan system yang dapat mewujudkan profesionalisme PNS ini. Oleh karena itu, system CAT dipercaya mampu menjamin standar kompetensi dasar CPNS dalam TKD (Tes Kompetensi Dasar).

Ada tiga jenis soal yang harus diselesaikan oleh para CPNS yang dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Peserta dapat menyelasaikan soal-soal tersebut hanya di depan monitor dengan Batasan waktu 90 menit.

Jadwal pendaftaran CPNS Guru 2018

Tentunya banyak sekali yang menanyakan “kapan kadwal pendaftaran CPNS Guru dibuka ?” sampai saat ini belum ada kepastian dari pemerintah pusat tentang pembukaan pendaftaran CPNS tahun 2018 ini. Maka dari itu, berhati-hatilah terhadap segala jenis pemberitaan mengenai pembukaan pendaftaran CPNS Guru tahun 2018. Karena banyak sekali “oknum-oknum” yang mengambil keuntungan dari maraknya pemberitaan tentang pendaftaran CPNS tahun 2018.

Agar terhindar dari segala bentuk penipuan, sebaiknya kunjungi situs resmi BKN untuk memastikan jadwal Pendaftaran CPNS Guru Tahun 2018.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda para calon pendaftar CPNS tahun 2018.

Bagikan :

Description
: Jalur Umum Pendaftaran CPNS Guru TKS dan Honorer K2 Tahun 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Jalur Umum Pendaftaran CPNS Guru TKS dan Honorer K2 Tahun 2018