Cara Daftar CPNS 2018 Secara Online Melalui Situs SSCN BKN ~ Panduan Lengkap Cara Daftar CPNS 2018, Yuk Simak! | Pada saat ini topik mengenai pendaftaran CPNS tengah menjadi perbincangan hangat dalam masyarakat. Mengapa tidak, pasalnya pada tahun 2018 ini, pemerintah akan membuka kembali pendaftaran lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pembukaan pendaftaran CPNS 2018 menurut informasi akan dibuka pada bulan april mendatang.

Pada pembukaan CPNS 2018 kabarnya akan dibuka lebih banyak lagi jumlah kuota untuk formasi CPNS 2018 yang dibutuhkan dibandingkan dengan gelombang-gelombang sebelumnya. Kabar baiknya lagi, bagi anda yang tidak lolos pada tes CPNS gelombang pertama dan gelombang kedua tahun lalu, anda masih bisa mendaftarkan diri anda pada gelombang ketiga pada tahun 2018 ini.



Informasi resmi mengenai rencana pembukaan pendaftaran CPNS 2018 ini disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan – RB) yakni Asman Abnur yang ditemui di istana kepresidenan, Jakarta pada bulan januari lalu.

Untuk itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara daftar CPNS 2018 serta persyaratan umum yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran CPNS 2018 yang bisa anda pelajari dan anda ketahui sebelum mendaftarkan diri menjadi CPNS 2018.

Langkah-langkah Cara Daftar CPNS 2018

Informasi mengenai cara daftar CPNS 2018 merupakan kata kunci yang banyak dicari di mesin pencari hingga saat ini. Hal ini karena adanya informasi mengenai pembukaan CPNS 2018 gelombang ketiga yang akan dilaksanakan pada tahun ini.

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan – RB) sedang menunggu data yang seharusnya disampaikan oleh setiap kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Pada saat ini Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan – RB) masih belum bisa menyampaikan informasi resmi kapan akan dibukanya pendaftaran CPNS 2018 karena harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan anggaran yang dimiliki oleh Negara.

Namun, meskipun begitu Asman Abnur selaku Kepala Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan – RB) menyadari bahwa, sudah banyak masyarakat yang mencari informasi mengenai rekrutmen CPNS 2018 khususnya cara daftar CPNS 2018 melalui internet.

Namun, ia meminta masyarakat untuk tetap bersabar dalam menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan – RB).

Sembari menunggu pengumuman resmi dari Kemenpan – RB, kami akan menjelaskan mengenai tata cara daftar CPNS 2018 secara online di situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN)

Cara Daftar CPNS 2018 Secara Online Melalui Situs SSCN BKN

Situs resmi CPNS di sscn.bkn.go.id memang sengaja dibuat oleh pihak BKN untuk bisa diakses dimanapun dan kapanpun oleh calon pendaftar CPNS 2018. Adanya situs resmi dari BKN ini sangat memudahkan para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Anda bisa melakukan pengisian formulir secara online di dalam situs yang beralamat di sscn.bkn.go.id. Adanya situs ini, memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin mendaftar dan bergabung untuk bersama-sama berjuang menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri sebagai CPNS 2018 anda bisa membaca cara daftar CPNS 2018 dan langsung saja daftarkan diri anda. Untuk bisa lulus seleksi administrasi, yuk simak cara daftar CPNS 2018 mengenai hal-hal yang anda butuhkan untu mengisi formulir secara online dari sscn.bkn.go.id

1.       Pembuatan Akun Bagi CPNS 2018
Langkah pertama yang harus anda lakukan sebagai langkah-langkah cara daftar CPNS 2018 melalui situs resmi BKN adalah dengan  membuat akun sebagai pelamar CPNS 2018 terlebih dahulu. Cara daftar CPNS 2018 pada tahap ini sangat mudah, anda tinggal mengunjungi situs resmi BKN di sscn.bkn.go.id llalu lakukan pendaftaran dengan memilih menu pendaftaran. Anda akan diminta ntuk mengisi NIK, Nomor KK atau NIK dari kepala Keluarga anda.

Selain itu, pelamar CPNS 2018 juga akan diminta memasukkan alamat email yang aktif dengan password akun portal SSCN lalu mengisi pernyataan keamanan lalu klik “Daftar”.
Bagi anda yang baru saja ingin mendaftarkan diri menjadi CPNS 2018 anda harus perhatikan langah awal cara daftar CPNS 2018 ini, jangan sampai anda terkecok dengan beberapa situs yang hampir sama dengan situs resmi pendaftaran CPNS yang ada di SSCN BKN. Hal ini karena jika anda melakukan pendaftaran diluar situs resmi anda tidak akan ada di database panitia CPNS 2018.

2.       Pengisian Formulir
Untuk lebih lengkapnya mengenai pengisian formulir anda bisa melakukan cara daftar CPNS 2018 untuk mengisi formulir berikut ini:
·         Isi formulir dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang benar, selain itu isi No Kartu keluarha atau NIK dari kepala keluarga yang benar.
·         Setelah itu, langkah terakhir adalah masukkan kode captcha untuk memastikan anda bukanlah robot.
·         Setelah itu, anda akan diarahkan pada tahapan selanjutnya jika data yang anda masukkan sudah valid.

3.       Pengisian Password
Untuk melanjutkan cara daftar CPNS 2018, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan pengisian password. Langkah-langkah cara daftar CPNS 2018 saat megisi pasasword adalah sebagai berikut:
·         Sebelumnya anda akan diminta untuk melakukan pengisian data yangmencakup nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin.
·         Baru setelah itu anda akan diminta untuk mengisi password lalu lakukan konfirmasi password.
·         Menjawab pertanyaan pengamaan sebanyak 2 pertanyaan beserta kode captcha.
Untuk pengisian data anda bisa menyesuaikannya dengan KTP asli dan juga disesuaikan dengan ijazah. Nah, pada saat pengisi nama dari Ijazah, anda tidak perku mencantumkan gelar yang anda raih. Anda bisa mengklik “daftar” apabila anda sudah yakin data yang anda masukkan adalah benar.

4.       Menunggu Notifikasi Berhasil Pendaftaran
Cara daftar CPNS 2018 selanjutnya, anda hanya tinggal menunggu notifikasi berhasil melakukan pendaftaran. Pada saat data diri anda sudah berhasil terdaftar, hal ini menandakan bahwa data anda sudah masuk ke dalam database panitia penyelenggara CPNS 2018. Setelah ini, anda akan mendapatkan akun yang berisi NIK dan Password yang dapat anda gunakan untuk login ke portal resmi CPNS 2018 tersebut,

5.       Lakukan Login untuk Pertama Kalinya
Setelah anda mendapatkan akun resmi untuk bisa masuk ke dalam portal situs resmi CPNS 2018. Selanjutnya anda bisa mengunjungi situs resmi sscn.bkn.go.id untuk log in yang berada pada beranda dipojok kiri atas.

6.       Mengisi Form Biodata Pelamar
Setelah anda berhasil melakukan log ini, anda akan diarahkan untuk mengisi form biodata pelamar. Pada tahapan cara daftar CPNS 2018 ini, anda akan diminta untuk mengisi beberapa data diri seperti alamat tempat anda tinggal, provinsi, kabupaten atau kota, nomer handphone dan code captcha. Lalu klik “simpan” jika anda yakin bahwa data yang anda masukkan sudah benar. Anda akan dialihkan ke halaman selanjutnya untuk mengisi data lainnya.

7.       Memilih Jenis Formasi dan Instansi Sesuai Kualifikasi
Setelah anda mengisis formulir data diri secara lengkap, langkah selanjutnya adalah anda diharuskan untuk memilih jenis formasi dan instansi yang sudah membuka pendaftaran CPNS. Anda hanya bisa memilih satu instansi. Pengisian instansi ini merupakan langkah penting yang harus anda lakukan dibandingkan langkah cara daftar CPNS 2018 lainnya.

Kami sarnkan anda untuk lebih teliti saat melakukan pemilihan formasi ini  karena anda tidak bisa mengubah jenis instansi saat anda sudah memilih dan mendaftarnya.

8.       Mengisi Form Pendaftaran SSCN
Setelah itu cara daftar CPNS 2018 selanjutnya adalah mengisi form pendaftaran sscn sesuai denan ijazah yang anda miliki.

9.       Cetak Kartu Pendaftaran
Setelah selesai, selanjuntya dalah anda harus mencetak kartu pendaftaran di web sscn.bkn.go.ig sebagai bukti anda sudah melakukan proses administrasi CPNS 2018 tahap awal.

10.   Upload Dokumen yang Disyaratkan
Langkah terakhir cara daftar CPNS 2018 adalah dengan mengupload dokumen terkait seperti surat lamaran, foto dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 300 kb dan foto dalam bentuk jpg. Selain itu anda juga harus menginput deskripsi diri anda minimal 200 kata. Lalu cetak kartu ujian setelah anda dinyatakan lulus proses verifikasi.

Itulah informasi mengenai cara daftar CPNS 2018 yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Bagikan :

Description
: Cara Daftar CPNS 2018 Secara Online Melalui Situs SSCN BKN
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Cara Daftar CPNS 2018 Secara Online Melalui Situs SSCN BKN
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Maret 04, 2018