Loker CPNS Pemprov Kalsel 2018 yang diusulkan

Loker CPNS Pemprov Kalsel 2018 yang diusulkan | Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan merencanakan akan membuka Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2018. Penyebab utama Pemda Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan masih tetap akan membuka CPNS 2018 adalah karena masih kekurangan tenaga PNS dan banyak dari tenaga PNS yang pensiun setiap tahunnya.



Pengumuman tentang Penerimaan CPNS 2018 Pemprov KALSEL direncakan sekitar bulan Oktober 2018 nanti. Karena memang selama ini penerimaan CPNS dibuka mulai sekitaran bulan September, Oktober, November setiap tahunnya seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Formasi Jabatan yang akan dibuka pendaftaran oleh Pemda Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk CPNS 2018 nanti adalah seperti Tenaga Guru, Tenaga Teknis, Tenaga Kesehatan, Tenaga Penyuluh dan Tenaga Lainnya.

Lowongan CPNS Pemprov Kalsel Membutuhkan 1.245 Pegawai Baru

Rencana tentang penerimaan CPNS (CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL) sangat serius. Saat ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel telah menyusun analisa kekurangan PNS di lingkungan Pemprov Kalsel. Muncul ribuan lebih calon pegawai negeri sipil yang dibutuhkan untuk setiap formasi.

Walaupun hal itu masih belum ada kepastian karena harus menunggu kepastian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Mirisnya, seiring rencana penerimaan CPNS (CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL) tersebut, beredar form palsu yang akan diisi. Menurut dugaan, form palsu itu merupakan kelakuan orang-orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan keadaan untuk mencari keuntungan secara pribadi ataupun merusak rencana penerimaan calon pegawai negeri sipil tersebut.

Bahkan Kepala BKD Kalsel, Perkasa Alam ikut bicara tentang hal tersebut pada hari Senin, tanggal 22 Januari 2018 kemarin. Beliau mengatakan kabar tersebut tidak benar. Masyarakat Indonesia yang ingin mendaftar menjadi pegawai negeri sipil dihimbau jangan percaya, dan harap menunggu pengumuman resmi. Karena hingga saat ini BKD Kalsel belum mengeluarkan formasi resmi.

Hingga saat ini, pihaknya hanya diminta untuk mempersiapkan kebutuhan tambahan CPNS (CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL) dari pemprov.

"Untuk kepastiannya belum, kita masih menunggu surat resminya juga. Yang beredar di internet itu bohong. Yang ada surat disuruh menyusun formasi, dari situ nanti diketahui berapa kebutuhan," begitu ucapnya.

Untuk merancang formasi, sambung Perkasa, memerlukan analisa jabatan (anjab) dan analisa beban kebutuhan (ABK). Dimana wewenang itu adalah milik Biro Organisasi Setdaprov Kalsel. Ia menyebutkan, jika meninjau dari perhitungan manual maka kebutuhan tambahan CPNS (CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL) sejak 2012 hingga dengan 2017 adalah sejumlah 3.000 orang.

Hal itu juga ada kaitannya dengan PNS (pegawai negeri sipil) yang pensiun setiap tahunnya.
"Sejak 2012 kan tidak ada penambahan pegawai lagi. Padahal setiap tahunnya sekitar 250 orang pensiun. Jika dikalikan sampai 2017 sudah hampir 1.000 PNS yang pensiuan, namun tidak ada penambahan," ujar Perkasa.

Walaupun belum ada kepastian formasi CPNS (CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL), menurut Perkasa pihaknya sudah mempersiapkan tempat untuk ujian atau tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Tempat yang telah menjadi usulan ini, selanjutnya akan diverifikasi oleh panitia dari pusat.

"Yang kita usulkan Kantor Regional BKN Kalsel, SMAN 2 Banjarbaru, SMKN 1 Banjarbaru, dan SMAN 1 Banjarbaru. Nanti panitian pusat yang memilih tempatnya di mana yang spek komputernya sesuai ketentuan. Karena, tes sistem komputer," begitu ucapnya.

Mendekati waktu penerimaan CPNS (CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL), banyak kabar dan informasi yang bersifat bohong atau penipuan. Oleh karena itu, Perkasa menghimbau masyarakat untuk jangan mudah percaya dengan kabar yang bersumber dari pihak tertentu yang tidak jelas. Beliau juga menegaskan, tidak ada calo atau pihak manapun yang bisa memastikan lulus tidaknya seleksi kecuali pihak yang bersangkutan.

"Karena sistem penilaan menggunakan komputer, semuanya sudah ditentukan oleh sistem. Jadi jangan pernah percaya denan tawaran apapun. Ikuti saja tahapannya," begitu kata Perkasa.

Kepala Biro Organisasi Setdaprov Kalsel, Taufik Hidayat yang dibarengi kasubbag Analisis Jabatan, Mashudi, mengatakan saat ini pihaknya sedang melengkapi berkas - berkas administrasi formasi CPNS (CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL) pemprov.

Dari hasil analisa sebelumnya pada tanggal 31 Desember 2017 lalu, dibutuhkan tambahan pegawai negeri sipil sejumlah 1.245 orang. Akan tetapi, jumlah tersebut ada kemungkinan berkurang, begitu tambahnya. Jatuh tempo perhitungan tersebut adalah pada tanggal 31 Januari 2018.

"Jumlahnya mungkin berkurang. Sebelumnya penambahan guru satu sekolah direncanakan 4 oran, tapi dikurangi jadi 2 saja. Sesuai arahan Kemenpan RB formasi yang diperbanyak itu tenaga teknis, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya," ujarnya.

Saat ini sudah banyak beredar informasi di dunia maya sehubungan dengan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), baik di lingkungan kementerian ataupun pemerintah daerah. Beberapa dari informasi itu, diduga memang terbukti kebenarannya.

Persyaratan CPNS 2018

Persyaratan CPNS 2018 Pemprov KALSEL rencanya masih sama seperti CPNS tahun sebelumnya. seperti Pelamar adalah warga negara Indonesia, mempunyai SKCK, Tidak sedang menjabat sebagai CPNS/PNS, Sehat jasmani dan rohani serta lain-lain.

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018

Tata Cara Pendaftaran untuk CPNS 2018 Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kemungkinan masih seperti tahun sebelumnya, yaitu dengan melakukan pendaftaran CPNS secara online di www.panselnas.menpan.go.id dan www.sscn.bkn.go.id

Sebelum kamu melakukan pendaftaran, kami menyarankan kamu untuk mendownload formasi CPNS yang dibutuhkan dulu. Untuk melihat formasi yang ada dan jurusan yang diterima silahkan untuk download pengumuman resminya. Formasi ini wajib kamu download agar anda bisa menentukan pilihan kamu.

Tahapan Seleksi Pendaftaran CPNS 2018

Tahapan seleksi Pendaftaran CPNS tersebut berupa Seleksi Administrasi, mencetak kartu pendaftaran serta melakukan verifikasi dengan cara mengirimkan langsung berkas pendaftaran atau mengirim berkas melalui kantor pos pada Kantor BKD Pemprov KALSEL yang ada di kota Banjarmasin. Jika sudah lulus Administrasi, maka Kamu akan mendapatkan Kartu Nomor Ujian. Setelah itu kamu tinggal menunggu jadwal dan seleksi pelaksanaan TKD dan TKB

Tahap Lain-Lain

Pengumuman Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan dimuat di website Panselnas, Menpan, sscn.bkn dan website resmi Pemda Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di www.kalselprov.go.id. Jika sudah dimuat, kamu tinggal mendownload formasi CPNS 2018 dari website tersebut diatas.

Sebelum formasi CPNS 2018 ditetapkan oleh Menpan, biasanya pemda Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengusulkan terlebih dahulu usulan Formasi CPNS 2018, nantinya ketahuan disana berapa orang yang diterima dan jabatan apa yang dibutuhkan.

Menurut kami, ujian CPNS 2018 nanti masih menggunakan sistem CAT. Berdasarkan CPNS 2014 ujian yang dilaksanakan dengan sistem CAT dinilai cukup berhasil, dan tentunya akan didukung oleh masyarakat jika ujian CPNS 2018 nanti menggunakan CAT.

Jadwal ujian TKD dan TKB CPNS 2018 dengan sistem CAT akan diumumkan di website resmi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, bahkan ada juga pemda yang mengumumkan lewat fanspage Facebook resmi mereka.

Pengumuman hasil ujian TKD dan TKB 2018 akan diumumkan di website Menpan.go.id dan website resmi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Pengumuman daftar nama yang dinyatakan lulus CPNS 2018 akan dimuat di website resmi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan di surat kabar lokal.
Description
: Loker CPNS Pemprov Kalsel 2018 yang diusulkan
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Loker CPNS Pemprov Kalsel 2018 yang diusulkan