Formasi CPNS Pemprov NTB 2018

Formasi CPNS Pemprov NTB 2018 ~ Pemprov NTB kurangi 3.903 usulan formasi CPNS 2018 | Kabar mengenai dibukanya pendaftaran CPNS 2018 memang merupakan suatu hal yang ditunggu-tunggu oleh semua orang yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang PNS. Menjadi seorang PNS merupakan cita-cita bagi sebagian besar orang karena dengan menjadi PNS kita akan mendapatkan gaji yang tetap setiap tahunnya.



Pendaftaran atau rekrutmen CPNS 2018 juga merupakan suatu hal yang dinantikan oleh seorang pegawai yang hanya berstatus sebagai pegawai kontrak ataupun pegawai honorer karena gaji yang didapatkan tidak seberapa dibandingkan dengan pengabdian dan perjuangan mereka khususnya bagi guru sukarelawan yang hanya digaji sekitar Rp. 1 Jutaan.

Pembukaan mengenai pendaftaran CPNS 2018 sudah diumumkan secara resmi oleh Kementerian Pemberdayaan dan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (Kemenpan – RB).  Pembukaan pendaftaran CPNS 2018 kebanyakan akan diposisikan di setiap pemerintah daerah dan pemerintah provinsi.

Salah satu pemerintah provinsi yang membuka lowongan kerja CPNS 2018 adalah pemprov NTB. Pemprov NTB merupakan salah satu pemerintah provinsi yang cukup banyak mengusulkan jumlah formasi CPNS 2018.

Formasi CPNS 2018 Pemprov NTB

Pada tahun 2017 tahun lalu, pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mengusulkan formasi sebanyak 4 ribu lebih kepada Kementerian Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan –RB). Pernyataan tersebut disampaikan secara resmi oleh  Rosiady Sayuti pada tanggal 12 Mei 2017 sebagai sekretaris daerah Nusa Tenggara Barat (NTB). Formasi tersebut sudah termasuk keseluruhan provinsi NTB termasuk kota dan kabupaten yang ada disana.

Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov NTB bisa bernafas lega dengan dihembuskannya kabar ni. Namun pihaknya menyebutkan bahwa hal tersebut masih usulan saja, pihaknya masih belum dapat memastikan apakah usulan tersebut akan diterima atau tidak. Terkait tenaga kerja yang dibutuhkan oleh Pemprov NTB, Rosiady menyebutkan bahwa teradapat beberapa ketentuan mengenai kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan di Pemprov NTB.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB hanya membuka  formasi yang berada di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Menurut informasi kuota formasi yang paling banyak dibutuhkan adalah guru dan tenaga kesehatan. Dalam waktu dekat pihak pemprov NTB akan menentukan berapa jumlah tenaga kerja untuk bagian infrastruktur, seperti berapa sarjana teknik yang dibutuhkan dan sarjana lainnya.

Sekedar informasi bagi anda, CPNS 2018 juga dibuka di Pemkot Mataram. Lain halnya dengan pemprov NTB yang masih menuggu kepastian, pemkot Mataram sudah mendapatkan persetujuan dari Kemenpan dan RB dan sudah memutuskan bahwa pemkot Mataram hanya akan menerima 140 formasi CPNS dari total 177 yang mereka usulkan. Dalam hal ini Badan Kepegawaian dan pengembangan SUmber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram mengusulkan sejumlah 98 orang tenaga guru dan 28 orang tenaga kesehatan serta 14 tenaga teknis infrastruktur.

Rincian Usulan Formasi CPNS 2018 Pemprov NTB

pada tahun lalu yakni tepatnya pada tahun 2017, pemprov NTB mengusulkan sebanyak 4.603 formasi CPNS yang dikirimkan kepada Kementerian Pemberdayaan dan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (Kemenpan – RB).

Adapun rincian mengenai usulan tersebut, formasi yang pemprov NTB butuhkan adalah CPNS dibidang pendidikan khususnya gur SMA/SMK/SLB yang paling banyak dibutuhkan. Secara lebih detail mengenai usulan formasi yang pemprov NTB usulkan ke pemerintah pusat terdiri dari tenaga kesehatan sejumlah 757 orang, tenaga teknis sejumlah 945 orang, guru SMA sebanyak 1.495 orang, guru SMK sebesar 1.322 orang, dan juga guru SLB sekitar 84 orang.

Pihak dari pemprov NTB menjelaskan bahwa rincian mengenai kebutuhan tenaga kerja CPNS dari pemprov NTB tersebut didasarkan pada kebutuhan tenaga kerja dari Analisis Beban Kerja (ABK). Sesuai dengan hasil yang diperoleh dari ABK, kebutuhan akan PNS di Pemprov NTB untuk tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan guru SMA/SMK/SLB totalnya ada 6.965 orang. Sedangakan, jumlah PNS yang tersedia untuk bidang-bidang baru tersebut hanya ada sekitar 2.362 orang.

Jadi, pemprov NTB masih kekurangan sekitar 4.603 orang untuk diangkat menjadi PNS pada pendaftaran CPNS 2018 Pemprov NTB yang akan dilaksanakan pada tahun ini. Namun, dengan adanya persyaratan mengenai maksimal rasio belanja pegawai adalah 50% membuat pemprov NTB melakukan perhitungan kembali tentang usulan yang sudah mereka sampaikan kepada Kemenpan – RB menjadi 700 formasi.

Nah, dari perhitungan kembali hingga tersisa 700 formasi CPNS 2018 Pemprov NTB ini menurut informasi tenaga yang paling banyak dibuthkan adalah tenaga guru dan kesehatan. Setelah itu, disusul dengan jumlah formasi bagi tenaga teknis infrastruktur dan pariwisata.

Pihak pemprov NTB mempertegasnya kembali bahwa hal tersebut sesuai dengan kemampuan dari APBD yang mereka miliki. Pihak pemprov menentukan bahwa jangan sampai APBD untuk belanja pegawai  lebih dari 40%. Jadi, secara ideal APBD untuk belanja pegawai adalah sebesar itu, jika belanja pegawai melebihi 50 persen maka anggaran akan habis hanya untuk belanja pegawai tidak untuk pelayanan publik.

Informasi Pengurangan Usulan Formasi CPNS 2018 Pemprov NTB

Setelah adanya kabar  mengenai diusulkannya formasi sekitar 4 ribu lebih dari pemprov NTB tidak selamanya bisa kita anggap sebagai kabar baik. Hal ini karena menurut informasi yang kami dapatkan beberapa bulan hari. Pemprov NTB sudah mengurangi jumlah usulan dari CPNS 2018 yang mereka kirimkan kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi  Birokrasi (Kemenpan – RB).

Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) mengurangi usulan formasi CPNS 2018 tersebut menjadi 3.903 formasi. Kami ingatkan kembali, pada awalnya Pemprov NTB mengusulkan sekitar 4.603 formasi pada tahun 2017 lalu. Adanya persyaratan mengenai belanja aparatur yang harus kurang dari 50 persen, kemungkinan pemprov NTB hanya akan mengusulkan sekitar 700 formasi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Fathurahman yang dikonfirmasi oeh salah satu berita online NTB pada tanggal 5 Februari 2018. Ia mengatakan bahwa rasio belanja aparatur/pegawai dengan jumlah usulan sekitar 700 formasi berubah menjadi 39,28 persen.

Ia  menjelaskan bahwa pihak dari pemprov NTB tidak berani untuk mengusulkan formasi yang melebihi dari rasio belanja pegawai yang mereka miliki. Ia juga menegaskan bahwa usulan mengenai daftar formasi CPNS 2018 pemprov NTB sudah  dikirimkan ke pusat secara resmi dan legal beberapa hari yang lalu.

Informasi yang kami dapatkan ada usulan formasi CPNS 2018 Pemprov NTB terdiri dari tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Selain itu ia juga menjelaskan bahwa dengan adanya usulan sekitar 700 formasi tersebut maka biaya yang akan mereka keluarkan sekitar Rp. 42,9 miliar lebih. Pengeluaran biaya tersebut sudah termasuk dalam biaya gaji hingga diklat prajabatan yang akan dilakukan oleh para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018.

pihak pemprov NTB menjelaskan bahwa total rasio belanja pegawai dengan tambahan 700 formasi tersebut berubah menjadi sekitar 39,28 persen dan sisanya sebagai belanja public yang sekitar 69,72 persen. Nah, dari keadaan yang seperti ini, rasio belanja pegawai berubah menjadi 29,47 persen dan belanja public sekitar 70,53 persen.

Itulah informasi mengenai CPNS 2018 Pemprov NTB yang bisa kami sampaikan. Apabila anda ingin mengetahui secara lebih lengkap mengenai persyaratan dan ketentuan ataupun cara mendaftar sebagai CPNS 2018 anda bisa mengunjungi situs resmi dari Menpan – RB atau situs resmi pemprov NTB. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Bagikan :

Description
: Formasi CPNS Pemprov NTB 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Formasi CPNS Pemprov NTB 2018