CPNS Lobar (Lombok Barat) 2018

CPNS Lobar (Lombok Barat) 2018 | Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia terdiri dari beberapa Kabupaten salah satunya Kabupaten Lombok Barat. Lombok Barat merupakan Kabupaten yang dikenal dengan pusat pemerintahan wilayah. Oleh karena itu Kabupaten Lombok Barat merupakan sala satu Kabupaten yang sangat penting untuk Nusa Tenggara Barat.



Kabupaten Lombok Barat terbagi dalam 10 kecamatan, antara lain Kecamatan Sekotong, Kecamatan Lembar, Kecamatan Gerung, Kecamatan Labuapi, Kecamatan Kediri, Kecamatan Kuripan, Kecamatan Narmada, Kecamatan Lingsar, Kecamatan Gunungsari dan Kecamatan Batulayar.

Kecamatan Gerung yang sekaligus sebagai pusat Pemerintahan merupakan ibukota Kabupaten Lombok Barat. Kabupaten Lombok barat memiliki luas wilayah kurang lebih 62,30 km2. Kabupaten Lombok Barat (Lobar) terletak antara 1150,46’- 1160.20’ Bujur Timur, dan 80.25’ sampai dengan 80.55’ Lintang Selatan, dengan batas wilayah Selat Lombok dan Kota Mataram batas wilayah sebelah barat, Kabupaten Lombok Tengah batas wilayah sebelah timur, Kabupaten Lombok Utara batas wilayah sebelah utara, dan Samudera Hindia batas wilayah sebelah selatan.

Ditinjau dari keadaan geografisnya, Kabupaten Lombok Barat dibagi menjadi 3 daerah, antara lain adalah daerah pegunungan, daerah berbukit-bukit, dan daerah datran rendah.

Kabupaten Lombok Barat (Lobar) yang dipmpin oleh bupati H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si ini telah meraih banyak prestasi nasional maupun internasional. Jumlah penduduk Kabupaten Lombok Barat berdasarkan data dari Badan Statistik Kabupaten Lombok Barat mencapai 620.412 jiwa yang terdiri dari laki – laki 303.210 jiwa (48,87%) dan perempuan 317.202 jiwa (51,13%). Dapat diartikan jumlah penduduk perempuan yang mendominasi disana.

Kabupaten Lombok Barat yang sebagian besar daerahnya berupa pegunungan dan perbukitan menjadikan sebagian besar  mata pencaharian masyarakat Lombok Barat yaitu berasal dari pertanian. Namun juga tidak jarang masyarakat Lombok Barat yang bekerja di sektor industri maupun pemerintahan.
Kabupaten lombok yang dikenal dengan pusat pemerintahan wilayah merupakan bukti bahwa masyarakat Lombok Barat khususnya yang bekerja dalam pemerintahan memiliki sifat antusias sangat tinggi untuk membangun pemerintahan di wilayah Lombok Barat. Namun sayangnya masyarkat yang berstatus sebagai pegawai sangat menantikan informasi mengenai CPNS 2018.

Tahun 2018 ini merupakan kabar baik bagi seluruh masyarakat NTB yang menginginkan dirinya untuk mendaftarkan sebagi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Informasi mengenai lowongan akan dibukanya CPNS 2018

Informasi ini tentunya membuat maysarakat Lombok Barat mulai mempersiapkan dirinya untuk mendaftar. Pemerintah Kabupaten Lombok Barat telah mengusulkan kuota sebanyak 1.800 formasi CPNS untuk semua profesi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh daerah melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan PSDM namun sampai saat ini belum ada keputusan dari pusat. Kemungkinan lowongan mengenai CPNS 2018 Kabupaten Lombok Barat akan dibuka pada awal Oktober 2018.

Kondisi Lombok Barat (Lobar) yang selama hampir 4 tahun belakangan ini tidak pernah melakukan pengangkatan menyebabkan kondisi Lombok Barat (lobar) saat ini kekurangan pegawai apabila mengacu pada kebutuhan daerah. Oleh karena itu pemkab Lombok Barat mengusulkan jumlah kuota untuk CPNS Lombok Barat ditambah. Usulan ini disesuaikan dengan kebutuhan daerah untuk menopang roda pemeritahan Lombok Barat termasuk tenaga pendidik, para tenaga medis, dan semua profesi.

Sampai saat ini menurut bupati Lombok Barat terkait dengan jumlah kuota yang akan didapatkan oleh Kabupaten Lombok Barat masih belum mendapatkan informasi yang valid dan detail. Untuk lingkup pemprov NTB sendiri mengusulkan kuota sebanyak 4.603 orang. Yang terdiri dari tenaga kesehatan sebanayak 757 orang, tenaga teknis 945 orang, tenaga pendidik termasuk guru SMA sebanyak 1.459 orang, guru sebanyak SMK 1.322 orang serta guru sekolah luar biasa (SLB) sebanyak 84 orang. Inilah yang melatar belakangi kenapa jumlah kuota di provinsi NTB harus ditambahkan.

Sementara itu dalam bidang kesehatan berdasarkan kebutuhan analisis  beban kerja (ABK), tenaga kerja bidang kesehatan dibutuhkn sebanyak 1.633 orang. Sedangkan PNS yang ada hanya sekitar 876 orang. Maka pemerintah provinsi NTB kekurangan PNS sebanyak 757 orang untuk tenaga kesehatan. Jurusan bidang kesehatan yang diusulkan untuk penambahan PNS seperti dokter spesialis, dokter gigi, perawat ahli, apoteker, psikolog, bidan terampil, penyuluh kesehatan masyarakat, perawat gigi, fisioterapis dan lain-lain.

Bidang pendidikan pun juga demikian, pemerintah provinsi NTB masih sangat kekurangan PNS. untuk tenaga teknis kebutuhan sesuai ABK sebanyak 1.12 orang dan yang ada saat ini hanya 179 orang. Berikutnya guru SMA status PNS yang ada saat ini 810 orang dari kebutuhan 2.325 orang. BKD juga mengusulkan untuk jabatan guru SMK. Kebutuhan sesuai ABK sebanyak 1.779 orang, sementara yang ada saat ini hanya 57 orang. Dengan kondisi begini masyarakat NTB khususnya Lombok barat sangat berharap lowongan pendaftaran CPNS 2018 segera dibuka.

Persyaratan Umum CPNS 2018 yang Harus di Paenuhi
Pelamar harus berwarga negara Indonesia (WNI),
Kepegawaian tidak berkedudukan sebagai CPNS / PNS
Tidak pernah di hukum penajara, bebas jasmani maupun rohani

Tata cara untuk pendaftaran CPNS 2018 Kabupaten Lombok Barat biasanya melakukan pendaftaran secara online di www.lombokbaratkab.go.id, Website Panselnas, Website Menpan dan Website SSCN BKN.

Untuk melihat hasil pengumuman CPNS, pelamar bisa juga dilihat di majalah dinding kantor BKD Kabupaten Lombok Barat yang beralamat di kota Gerung. Disana nanti akan ada contoh Surat Lamaran CPNS, Surat Pernyataan, dan lain sebagainya.

Disaran untuk CPNS yang akan melakukan pendaftaran agar mendownload formasi CPNSnya terlebih dahulu. Untuk mendownload formasi CPNS 2018 dapat menggunakan beberapa browser diantara seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Operamini maupun browser yang lain. File formasi ini berbentuk PDF sehingga lebih mudah dan cepat untuk di download.

Namun apabila Bapak / Ibu yang akan mendaftarkn dirinya sebagai CPNS memilih untuk tidak mendownload formasinya, jangan khawatir. Bapak / Ibu dapat melakukan pendaftaran di awal. Setelah melakukan tahap pendaftaran, selanjutnya yaitu tahap seleksi pendaftaran CPNS 2018.

Tahapan seleksi pendaftaran CPNS ini berupa seleksi administrasi, yaitu pelamar harus mencetak kartu pendaftaran kemudian diserahkan untuk melakukan verivikasi dengan cara pelamar mengantarkan langsung berkas pendaftarannya ke kantor BKD Kabupaten Lombok Barat atau dapat mengirim berkasnya melalui kantor pos ke kantor BKD Kabupaten Lombok Barat.

Bagi pelamar yang dinyatakan lulus tahap administrsi biasanya akan mendapatkan kartu nomor ujian untuk mengikuti ujian tes CPNS. Untuk informasi mulai dari pendaftaran, pengumuman, persyaratan CPNS dan berita yang terkait dengan penerimaan CPNS 2018 di Kabupaten Lombok Barat dapat di akses melalui portal berita online dan website resmi Kabupaten Lombok Barat yang beralamat di www.lombokbaratkab.go.id.

Hasil pengumuman CPNS 2018 nantinya akan ditandatangani oleh Bupati yang kemudian akan diumumkan ke masyarakat umum. Apabila pengumuman penerimaan CPNS 2018 dan jadwal ujian CAT TKD dan TKD maupun pengumuman CPNS yang sudah lulus telah diupload di website resmi, maka Bapak / Ibu tinggal mendownloadnya.

Bagikan :

Description
: CPNS Lobar (Lombok Barat) 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: CPNS Lobar (Lombok Barat) 2018
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Februari 26, 2018