908 Formasi CPNS Belitung dan 312 Belitung Timur 2018 | Apakah kalian berminat untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil? Jika iya, bersiaplah karena saat ini pemerintah akan membuka lowongan penerimaan CPNS 2018 secara besar-besaran di seluruh daerah. 

Bagaimana tidak? Ada sekitar 150 ribu hingga 250 ribu posisi akan direbutkan oleh para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2018 ini. Namun, Kepastian jumlah ini masih menunggu kajian kementerian keuangan dan Kemenpan RB.

Besarnya jumlah kuota yang ditawarkan oleh pemerintahan ini diimbangi dengan jumlah pensiun para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tahun 2018.



Namun, ada beberapa kriteria untuk pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2018. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja.

"Pertama, tentu posisi yang sesuai dengan rencana strategis masing-masing instansi. Lebih banyak untuk jabatan teknis yang memiliki kemampuan khusus. Kalau untuk pejabat administrasi sekarang ini sudah cukup," ujar Setiawan Wangsaatmaja.

Setiawan menegaskan bahwa kemampuan khusus sangat dibutuhkan untuk jabatan teknis.

Isu tentang Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 secara besar-besaran ini seontak telah menjadi topik hangat dan menyita banyak perhatian masyarakat Indonesia.  Bahkan informasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 ini telah menjadi topik hangat yang banyak di perbincamgkan di seluruh penjuru Indonesia bahkan di kepulauan Belitung yang terdiri dari kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Kuota yang diusulkan dimasing-massing kabupaten tersebut

Belitung usulkan 908 Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS)

Pada tahun 2018 ini, Pemerintahan kepulauan Bangka Belitung mengusulkan penerimaan CPNS 2018 sedikitnya 908 orang. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Subbidang Perencanaan dan Pengadaan Pegawai di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) kepulauan Bangka Belitung.

“Sudah kami usulkan, total semua yang kami usulkan kurang lebih sebanyak 908 orang” Ujar Kaepala bidang BKPSDMS Belitung tersebut.

Jumlah ini diperioritaskan untuk tenaga pendidik, dengan kuota sebanyak 383 orang. Kemudian kuota sebanyak 165 diusulkan bagi tenaga kesehatan dan sisaanya tenaga infrastruktur yakni sekitar 360 orang.

“Kalau untuk tenaga Pendidikan yang kami usulkan sebanyak 383 orang, tenaga kesehatan sendiri sebanya 165 orang dan sisanya tenaga infrastruktur” tambahnya.

Kuota itu hanyalah usulan dari pemerintahan bangka Belitung. Namun, keputusan persetujuan jumlah usulan berada pada pemerintah pusat.

"Untuk jumlah usulan segitu, tapi untuk persetujuan berapa kami masih menunggu kabar dari sana. Kalau sesuai PP 11 tahun 2017 itu kabarnya sudah kami terima pada Mei tahun berjalan," ujar di akhir.

Belitung Timur (Beltim) usulkan 312 Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS)

Berbeda dengan kabupaten Belitung, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Belitung Timur (Beltim) hanya usulkan sebanyak 312 orang sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di tahun 2018 ini. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur BKPSDM Sulastini.

"jumlah tersebut masih baru usulan dari kami. Belum ada kabar berapa yang akan disetujui. Kuota yang dipaparkan tersebut bukan berarti sudah diterima semuanya ya. Usulan sudah dilakukan, namun tinggal diproses di sana saja, dan kita tinggal menunggu." ujar Sulastini, kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur BKPSDM

Menurut kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur BKPSDM, usulan tersebut disampaikan berdasarkan Anjab ABK (Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja) yang dilakukan oleh BKPSDM Beltim.

"Untuk staf umum itu tidak ada. Semuanya fungsional, dan mengutamakan bidang pendidikan dan kesehatan. Tapi belum ada kepastian dari Pusat, Belitung Timur dapat kuota atau tidak," tambah sulastini.

Menurut Sulastini, usulan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di belitung diprioritaskan untuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.

Minimnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Belitung

Melihat besarnya kuota usulan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di Belitung dikarenakan minimnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kepulauan Belitung.

Rahmat Kurniawan - Kabid Kesejahteraan Data dan Informasi BKPSDM Kabupaten Belitung menjelakan bahwa pemerintah Kabupaten Belitung membutuhkan sekitar 1.140 pegawai yang dapat diketahui berdasarkan hasil analisis jabatan.

"Ditahun 2018 ini saja sudah ada pensiun lagi, jumlah yang pensiun ditahun ini ada sekitar 74 orang, ini juga termasuk tenaga pendidikan. Kira-kira Ada sekitar 30 orang guru yang pensiun, jumlah ini termasuk tenaga teknis dan untuk tenaga kesehatan juga ada," ujarnya

Jumlah para pensiun PNS ini memang cukup banyak. Namun untuk sementara untuk jumlah keselurihan Belitung hanya memiliki pegawai ASN sebanyak 3.312 orang.

Jumlah tersebut tersebar di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Belitung.

"Dari jumlah tersebut sudah banyak yang pensiun, dari hitungan pegawai 3.800 orang," tambah Rahmat.

Kepastian Usulan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Belitung Timur Tahun 2018

‎Sulastini - Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Belitung Timur (Beltim)  mengungkapkan bahwa informasi kepastian penerimaan CPNS daerah dapat diketahui pada rapat koordinasi (rakor) di BKN RI.

"Untuk kepastian apakah Belitung Timur juga akan mengadakan rekrutmen CPNS atau tidak, belum bisa dipastikan, karena hal ini masih menjadi pembahasan. Tapi kalau secara nasional, akan ada penerimaan CPNS pada tahun ini di Belitung Timur," ujarnya.

Menurut Sulastini, tahap pemberkasan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) biasanya diadakan pada bulan Mei. Selain itu, untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dimulai pada bulan Agustus.

"hal ini baru secara nasional ya. Tapi untuk kepastiannya adanya rekrutmen atau tidak untuk Belitung timur, kami belum tahu," ucap Sulastini.

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018

Pada tahun 2017 lalu, ada sekitar 60 kementerian atau lembaga dan pemerintah provinsi membuka 17.928 lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Dari jumlah17.428 merupakan formasi CPNS Kementerian atau Lembaga, dan sekitar 1.850 di antaranya diperuntukkan bagi para lulusan terbaik dengan nilai yang tinggi, lalu sekitar 166 untuk mereka para penyandang disabilitas, dan sekitar196 untuk para putra - putri Papua dan Papua Barat. Sehingga murut Badan Kepegawaian Negara (BKN) jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017 mencapai sekitar 1,3 juta pelamar.

Namun untuk jumlah pelamar CPNS tahun 2018 ini masih dipertimbangkan. Menurut menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur, kementrian PAN-RB masin menghitung kemampuan keuangan pemerintah karena penerimaan Pegawai Negeri Sipil baru akan berpengaruh pada anggaran kementrian atau Lembaga.

Selain itu, jumlah kebutuhan penerimaan CPNS dengan jumlah PNS yang akan pensiun dalam waktu dekat juga akan diperhitungkan oleh pemerintah. Hal ini akan segera dirapatkan dengan keterlibatan kementerian atau lembaga lainnya untuk pengambilan keputusan terkait penerimaan CPNS 2018.

"Mungkin dalam waktu dekat (akan ada keputusan)," ujar Asman Abnur.

Bagikan :

Description
: 908 Formasi CPNS Belitung dan 312 Belitung Timur 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: 908 Formasi CPNS Belitung dan 312 Belitung Timur 2018
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Februari 26, 2018