Bagi Anda yang baru saja ingin merintis usaha atau sebagai pemula di dunia bisnis, Anda dapat mencoba usaha modal kecil yang memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Usaha modal kecil akan berjalan jika Anda mengerti dan memahami cara atau strategi Anda dalam menentukan konsumen yang akan Anda bidik sebagai pelanggan atau pembeli.

Saat ini Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Indoensia memiliki peranan yang sangat penting karena memberikan konstribusi yang cukup besar dalam meningkatkan perkekonomian dan pembangunan negara.
Bentuk usaha moda kecil biasanya akan mengedapankan kreatifitas untuk dapat bersaing di era ekonomi global seperti pada saat ini hingga masa yang akan datang. Pembisnis dengan usaha modal kecil dapat diibaratkan sebagai pemancing yang hanya memiliki sedikit umpan, hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengetahui bagaimana cara menarik perhatian banyak ikan yang berada di perairan yang luas dengan persaingan dengan para pemancing lainnya yang memiliki umpan yang banyak ataupun sedikit.
Beragam Jenis Contoh Usaha Modal Kecil dengan Untung Besar
Berikut ini beberapa contoh usaha modal kecil yang bisa Anda coba dan dapat Anda jadikan bahan analisa dan sumber ide bisnis usaha sampingan yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk membangun sebuah usaha bisnis
Peluang Usaha Bisnis Kuliner dengan Modal Kecil
  1. Usaha Miniman Coklat Atau Jus Buah
    Saat ini banyak sekali gerai minuman yang menjajakan menu khusus dan berbagai menu jenis minuman hangat ataupun minuman dingin dengan sensasi rasa coklat yang divariasikan dengan rasa buah,keju, greentea ataupun topping lainnya.
    Selain minuman coklat, gerai kecil yang menyediakan berbagai macam minuman jus buah dengan harga yang sangat terjangkau juga dapat Anda coba. Bagi orang yang ingin hidup sehat, minuman seperti jus buah segar biasanya akan dijadikan sebagai pilihan selain segar jus buah juga akan membuat tubuh menjadi sehat.
    Biasanya usaha kecil seperti ini dijalankan dengan sistem waralaba atau franchise. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan sistem waralaba, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang Tips Cerdas Memilih Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil Jika Anda dapat menemukan lokasi yang tepat dan strategis seperti sekolah dan tempat wisata, tidak menutup kemungkinan usaha bisnis dengan modal kecil ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Selain disekolah dan tempat wisata, Anda juga dapat menyewa tempat di depan supermarket atau area perbelanjaan lainnya.
  2. Produksi Kue dan Roti Rumahan
    Usaha produksi kue atau roti rumahan merupakan salah satu contoh usaha modal kecil yang dapat Anda coba. Sudah banyak yang menjalankan usaha bisnis modal kecil dengan memproduksi kue dan roti rumahan. Persaingannya memang sangat ketat, namun jika Anda kreatif dan mau berinovasi dengan menciptakan resep kue dengan rasa yang enak tidak menutup kemungkinan usaha bisnis kue Anda akan laku dan dicari-cari di pasaran.
    Membuka usaha roti atau kue rumahan tidak terlalu sulit, selain itu modal yang dibutuhkan juga dapat Anda sesuaikan. Bisnis ini dapat Anda lakukan dirumah tanpa harus mengeluarkan biaya sewa tempat. Jika Anda memiliki hoby memasak atau membuat kue, tidak ada salahnya Anda mencoba usaha kue ini untuk memperoleh penghasilan tambahan.
  3. Bisnis Katering Rumahan
    Banyaknya ibu rumah tangga yang menjadi wanita karir dan bekerja di kantor atau perusahaan sehingga tidak sempat memasak untuk keluarga dapat Anda jadikan peluang untuk membukan bisnis katering. Bisnis katering tidak akan tergerus oleh zaman karena bisnis ini akan selalu ramapi dan banyak dimintati oleh masyarakat.
    Salah satu alasan bagi mereka yang memesan katering adalah agar tidak perlu repot-repot untuk memasak dan untuk makan siang atau sarapan di kantor. Makanan katering juga lebih terjamin kebersihannya dibandingkan dengan makanan yang ada diluaran.
    Untuk memulai bisnis ini, Anda dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut ini:
  • Masyarakat disekitar Rumah
    Mengenalkan katering kepada lingkungan sekitar Anda misalnya pada saat ada arisan di RT, RT dan sebagainya.
  • Bekerja Sama dengan Event Organizer
    Anda juga bisa menawarkan katering dengan bekerja sama dengan event organizer yang ada disekitar Anda.
  • Katering Bagi Karyawan
    Selain cara diatas Anda juga bisa menawarkan bisnis katering di perkantoran untuk menu makan siang bagi para karyawan.
Peluang Bisnis Jasa Modal Kecil Untung Besar
  1. Agen Pembayaran Listrik dan Telepon
    Anda juga dapat mencoba peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari usaha agen pembayaran listrik dan telepon. Banyaknya orang yang tidak sempat membayar rekening listrik dan telepon sendiri dapat Anda jadikan peluang untuk mencoba bisnis agen ini. Ditambah lagi pada saat ini sistem pembayaran baik untuk rekening listrik ataupun telepon bisa dilakukan secara online sehingga lebih mudah.
    Untuk memulai bisnis tersebut, beberapa hal yang bisa Anda persiapkan adalah sebagai berikut:
  • Bekerja sama dengan PLN
    Untuk memulai bisnis agen pembayaran listrik dan telepon Anda harus bekerja sama dengan pihak PLN dan Telkom terlebih dahulu untuk membuka loket pembayaran secara online.
  • Peralatan Yang Perlu Dipersiapkan
    Printer dan komputer merupakan beberapa peralatan yang harus Anda persiapkan untuk mengeprint struk pembayaran.
  • Pulsa Elektrik
    Selain itu, Anda juga bisa sekalian menjual pulsa eletrik seperti token listrik dan pulsa hp karena masyarakat akan lebih memilih ke tempat Anda dibandingkan harus pergi keluar dengan harga yang sama.
  1. Usaha Bisnis Jasa Laundry
    Jika Anda berada di daerah perkotaan, peluang bisnis jasa laudry dapat Anda coba. Karena di daerah perkotaan masyarakatnya biasanya sibuk bekerja sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaian sendiri, kebanyakan akan menggunakan jasa laundry. Walaupun usaha ini sudah menjamur namun jasa ini masih banjir orderan terutama pada saat musim hujan.
    Jasa laundry sangat cocok sekali bila lokasi rumah Anda berada di lingkunagn kampus dan daerah perumahan kota, Anda juga bisa menyewa tempat untuk membuka jasa laundry dengan biaya tambahan untuk menyewa tempat.
    Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk memulai bisnis laundry:
  • Peralatan yang perlu dipersiapkan
    Ruangan untuk meletakkan cucian, mesin cuci, pewangi, dan setrika. Jika memungkinkan Anda juga bisa membeli alat pengering untuk mengantisipasi cucian agar cepat kering saat musim hujan.
  • Berikan Servis yang Memuaskan
    Berikan layanan dan servis yang memuaskan agar usaha jasa laundry Anda dapat berkembang dan memiliki banyak pelanggan. Misalnya dengan cara mencuci dengan bersih, setrika yang rapi, dan wangi.
  1. Salon Kecantikan
    Jika Anda memiliki skill di bidang kecantikan, mengapa Anda tidak mencoba untuk membuka salon kecantikan dirumah Anda. Bagi para wanita yang senang bermake up, hal ini dapat Anda jadikan sebagai potensi yang Anda miliki untuk berpenghasilan, misalnya membuka jasa perias pengantin, perawatan rambut hingga perawatan tubuh. Kunci sukses agar Anda dapat menjalankan usaha bisnis salon kecantikan dan dapat menarik pelanggan adalah dengan bersikap ramah, baik serta memberikan hasil yang memuaskan bagi para pelanggan Anda.
Itulah beberapa contoh usaha modal kecil paling potensial yang wajib Anda coba sesuai dengan keahlian yang Anda miliki dan bisa meniru cara orang jepang sukses. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

Bagikan :

Description
: Contoh Usaha Modal Kecil Paling Potensial Wajib Dicoba
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Contoh Usaha Modal Kecil Paling Potensial Wajib Dicoba
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Januari 02, 2018