Promosi merupakan suatu usaha yang dilakukan perseorangan maupun perusahaan untuk memberitahukan, membujuk, mempengaruhi, dan menyadarkan konsumen untuk melakukan pembelian barang atau produk yang ditawarkan oleh perseorangan atau perusahaan tersebut.


 

Manfaat dilakukannya Promosi

  • Mengetahui produk atau barang yang diinginkan dan butuhkan konsumen.
  • Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan produk atau barang yang ditawarkan.
  • Mengetahui cara mengenalkan dan penyampaian produk atau barang hingga ke tangan konsumen.
  • Mengetahui harga produk atau barang yang sesuai di pasaran.
  • Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada konsumen
  • Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya
  • Menciptakan image produk
 

Promosi via Media Sosial

Salah satu cara promosi yang bisa Anda lakukan sebagai pemula ialah promosi via media sosial. Selain promosi bisa dilakukan secara offline, Anda dapat memanfaatkan dan memaksimalkan promosi media sosial  yang sangat efisien cara melakukannya. Apalagi semakin seringnya orang – orang saat ini mengakses internet, promosi via media sosial menjadi hal yang wajib Anda lakukan sebagai pemula.
 
Keberadaan media sosial kini bukan hanya sebagai media berkomunikasi atau berbagi ke sesama pengguna, tetapi juga dapat digunakan sebagai media berbisnis ataupun berpromosi. Dikarenakan jangkauan pasarnya yang sangat luas, ini dapat menjadi kentungan bagi jika paham menggunakannya.
 
Mengapa promosi di media sosial? Siapa sih yang tidak menggunakan aplikasi media sosial di tahun 2018 ini? Pasti banyak orang yang saat ini menggunakan aplikasi media sosial seperti membuat halaman di Facebook, membuat chanel di BBM, mebuat akun official di Twitter, WhatsApp bisnis, dan berjualan di Instagram, Line, Path, dan media sosial lainnya. Semua kalangan dari anak – anak sampai orang tua banyak yang menggunakannya dan bahkan hampir semua pengguna gadget menggunakan aplikasi media sosial. Hal tersebut sangat masuk akal dan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin berpromosi produk atau barangnya melalui media sosial.
 

Kemudahan Promosi bagi Pemula

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang, ternyata mampu memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis pemula untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya melalui internet. Promosi melalui media sosial sangatlah efektif dan gampang. Selain itu, media sosial juga dapat menghubungkanorang dari berbagai golongan, dareah, ras, budaya, ataupun yang lainnya. Orang kaya, orang miskin, orang Papua, orang Jawa, semua dapat terhubung bersinergi dalam menjalin komunikasi. Apalagi promosi di media sosial dapat dilakukan secara tidak bayar alias GRATIS.
 
Meskipun berpromosi via media sosial memiliki peluang yang begitu besar, ternyata juga banyak orang yang sudah mencoba promosi via media sosial tetapi tidak ada hasil sama sekali terhadap pernjuangan yang telah dilakukan. Hal tersebut terjadi dikarenakan kurangnya kreativitas dalam berpromosi atau salah dalam mengambil langkah oleh yang berpromosi. Oleh karena itu sangat penting untuk Anda belajar mengenai promosi via media sosial agar dapat memanfaatkan fitur yang ada di dalam smartphone anda.
 

Tips Sukses Promosi via Media Sosial

·     Follower yang berkualitas

Salah satu faktor terpenting berhasil atau tidaknya dari promosi yang dilakukan ialah follower atau pengikut di media sosial. Hal ini dikarenakan bagaimana cara Anda menjangkau orang banyak dan seberapa banyak orang yang bisa Anda jangkau untuk berpromosi. Semakin banyak follower akan semakin bagus terhadap produk yang Anda promosikan. Permasalahannya dalam hal ini ialah sudah berkualitaskah atau seberapa besar kualitas follower yang Anda miliki? Saat ini banyak akun media sosial yang memiliki ribuan follower tetapi didapatkan dari hasil membeli ke jasa follower. Percuma saja memiliki follower banyak jika tidak asli. Lebih baik memiliki follower dengan jumlah tidak banyak tetapi mengikuti Anda dengan alasan menyukai atau tertarik dengan produk atau barang anda.
 
Bagaimana cara menambah follower yang berkualitas? Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar follower Anda bertambah.
  • Harus aktif dalam membagikan konten atau info bermanfaat.
  • Selalu membalas komentar calon konsumen jika diperlukan.
  • Pastikan konten yang Anda bagikan sesuai dengan produk atau barang yang Anda jual.
Dengan beberapa tips tersebut, promosi yang dilakukan dapat tepat sasaran dan berjalan dengan baik. Jika Anda memiliki follower banyak dan berkualitas baik, tentu promosi yang dilakukan akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengan jangkauan yang luas, Anda dapat berpromosi tanpa mengeluarkan biaya lagi.
 

·     Cari tahu apa yang dibutuhkan calon konsumen

Agar mendapatkan konsumen, Anda harus tahu apa yang dibutuhkan konsumen. Di saat Anda sedang aktif membangun ikatan kekerabatan dengan para calon konsumen, Anda juga harus mencari tahu apa yang diinginkan calon konsumen sekaligus Anda juga dapat belajar bagimana jenis promosi yang sempurna dan tepat sasaran. Berikut cara – cara yang dapat Anda lakukan, seperti:
  • Membaca dan menelaah komentar – komentar yang masuk ke akun media sosial anda.
  • Membagikan konten yang menyerupai dengan apa yang sering calon konsumen bagikan.
 

·     Promosi via media sosial butuh proses

Promosi via media sosial tentunya butuh proses. Anda tidak akan sanggup secara instan kecuali Anda mau membayar. Membayar seperti apakah itu? Jika Anda ingin beriklan atau berpromosi di media sosial anda, dapat Anda lakukan jika Anda membayarnya. Dengan beriklan atau berpromosi, pihak media sosial akan membantu mempromosikan produk atau barang anda. Saat ini sudah banyak dan hampir semua media sosial mendukung periklanan. Seperti facebook, instagram, BBM, dan lainnya.
 
Kelebihan berpromosi via media sosial ialah terbangunnya jaringan marketing yang luas, kuat, dan loyal. Pebisnis yang sukses berpromosi di media sosial, rata – rata memiliki ketertarikan terhadap para followernya. Pebisnis dan konsumen saling berdiskusi dan berbagi sehingga membentuk suatu market bisnis yang berpotensi untuk jangka panjang. Agar menjadi pembisnis yang sukses.
 

·     Lintas media sosial

Jika Anda berpromosi hanya melalui satu akun saja, rasanya kurang lengkap. Ada yang lebih suka menggunakan WhatsApp, ada yang lebih suka Instagram, dan lainnya. Anda juga bisa sekaligus berpromosi di beberapa akun dalam sekali promosi.dengan memanfaatkan fitur yang ada. Agar akun Anda terkenal, Anda harus menamakan akun Anda dengan nama yang sama antara media sosial yang lainnya.
 

·     Diskusi dan pemberian solusi

Sangat penting bagi Anda sebagai follower atau pengunjung lainnya untuk memperhatikan pertanyaan. Jika ada yng ditanyakan maka menjawab pertanyaan merupakal hal yang dibutuhkan. Jika ada yang bertanaya, mereka membutuhkan jawabannya. Untuk lebih gampang, sediakan informasi kontak yang dapat dihubungi, seperti WhatsApp, Facebook, Telepon, Email, dan informasi lainnya. Dengan informasi yang lengkap, itu akan memudahkan calon konsumen.
 

·     Mengadakan kontes / kuis

Kontes / kuis merupakan salah satu cara ampuh untuk mempromosikan produk atau barang yang Anda tawarkan di media sosial dan tentunya kontes yang dilakukan berhubungan dengan produk atau barang yang Anda tawarkan. Dengan dilakukannya kontes ini, ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan, seperti:
  • Perhatian yang tinggi dari target konsumen, dikarenakan orang – orang suka hadiah terutama target konsumen anda.
  • Keterlibatan yang tinggi dari target konsumen, dikarenakan target konsumen Anda tertarik dengan hadiah yang Anda berikan
 

·     Berbagi pengetahuan dan informasi produk

Dengan dilakukannya berbagi pengetahuan dan informasi produk Anda mampu mengundang interaksi dari target konsumen anda. Berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan.
  • Berbagi tips penggunaan produk
  • Berbagi video tutorial tentang cara penggunaan produk
Hal tersebut dapat Anda lakukan melalui fan page di Facebook, channel khusus di Youtube, Twitter, dan katalog harian di Instagram.
 
Itulah beberapa informasi mengenai tips sukses promosi via media sosial untuk pemula. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Bagikan :

Description
: Tips Sukses Promosi via Media Sosial untuk Pemula
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Tips Sukses Promosi via Media Sosial untuk Pemula