Bisnis waralaba semakin menjamur pada saat ini, walaupun bisnis waralba serasa tidak mungkin bisa dijalankan dengan modal yang kecil namun hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pelaku bisnisyang dapat meraup keuntungan yang cukup besar dengan modal yang kecil dengan menerapkan beberapa tips cerdas dalam memilih bisnis waralaba dengan modal kecil.



Pengertian Bisnis Waralaba yang Sukses

Anda tertarik untuk menjalankan bisnis waralaba? Sebelumnya anda harus mengerti terlebih dahulu apa itu bisnis waralaba agar anda bisa menjalankan bisnis dengan baik sesuai dengan pengertian dari bisnis waralaba itu sendiri.

Jadi, secara sederhana bisnis waralaba atau biasa disebut dengan bisnis franchise ini merupakan hubungan bisnis atau kerjasama antar pemilik brand atau merk, produk ataupun sistem operasionalnya dengan pihak kedua yang diberikan izin untuk menggunakan merk, produk, dan sistem operasional yang dimilikinya dalam jangka waktu dan biaya yang ditentukan sebelumnya.

Jenis-jenis Waralaba

Adapun jenis dari waralaba dapat dibagi menjadi 2 jenis yakni :

  1. Waralaba Luar Negeri
    Jenis waralaba ini merupakan jenis yang paling banyak disukai sebab sistem, produk, dan merknya sudah jelas dan telah diterima oleh masyarakat yang berada di seluruh dunia dan dirasa lebih jauh bergengsin dibandingkan dengan bisnis waralaba lainnya. Misalnya McDonald, KFC, Starbucks, dan lain sebagainya .
  2. Waralaba Dalam Negeri
    Bagi anda memiliki keinginan untuk menjadi seorang pengusaha akan tetapi masih belum memiliki pengetahuan mengenai piranti awal, sistem waralaba dalam negeri dapat anda dijadikan sebagai pilihan investasi kelanjutan usaha dari bisnis waralaba.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Waralaba

Melakukan da menjalankan bisnis waralaba memiliki beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan, adapun keuntungan-keuntungan yang mungkin anda dapatkan dari memilih bisnis waralaba adalah sebagai berikut:

  1. Lebih Cepat dalam Memulai Bisnis
    Dengan memilih bisnis waralaba anda tidak perlu repot-repot unutk membuat proposal bisnis dan membuat strategi marketing karena merk dari produk yang anda jual biasanya sudah dikenal oleh banyak orang, anda hanya perlu untuk menyiapkan mental dan terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Dilihat dari segi perencanaan, bisnis waralaba ini tergolong singkat karena anda hanya perlu menjalankan sistem yang sudah disiapkan dan diberikan oleh pemilik merk atau pihak pewaralaba. Anda hanya perlu menyiapkan temat dan semua kebutuhan bisnis akan disiapkan oleh pewaralaba.
     
  2. Memiliki Partner atau Mitra yang Profesional
    Pewaralaba secara tidak langsung sudah menjadi partner bisnis anda sejak anda mendaftarkan diri dengan membeli dan menyewa bisnis ini. Dengan bekerjasama dengan partner yang profesional, anda tidak perlu bingung lagi untuk menjalankan bisnis.
     
  3. Tak Perlu Branding
    Merk dari produk dalam bisnis yang anda jalankan biasnaya sudah dikenal oleh masyrakat luas sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan branding merk bisnis yang akan dijalankan. Hal yang terpenting dalam bisnis adalah saat memilih bisnis dan menentukan dengan siapa kita akan bekerja sama. Saran dari kami, sebaiknya anda memilih bisnis waralaba yang sudah dikenal dan memiliki citra yang positif di mata masyarakat.
     
  4. Memiliki Media Promosi Gratis
    Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan bagaimana cara dalam mempromosikan bisnis ini. karena strategi marketing biasanya sudah dipikirkan oleh pewaralaba. Secara tidak langsung anda akan mendapatkan media iklan atau promosi secara gratis dari pihak pewaralaba.
     
  5. Menjalankan Bisnis dengan Mudah
    Pihak pewaralaba sangat menginginkan anda berhasil dan mendapatkan keuntungan yang banyak karena bisnis franchise yang anda jalani akan secara otomatis mempengaruhi perkembangan bisnis pewaralaba. Untuk mendukung hal tersebut pihak pewaralaba akan memberikan sistem manajemen yang sudah teruji sehingga akan memudahkan kita untuk menjalankan bisnis franchise.

Langkah dan Tips Cerdas Memilih Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil

Bisnis waralaba dapat digolongkan menjadi bisnis waralaba dengan skala besar dan bisnis waralaba skala kecil. Bagi anda yang memiliki modal yang kecil, memilih usaha bisnis waralaba dengan modal kecil dibawah 10 jutaan dapat anda jadikan pilihan yang tepat jika anda ingin berbisnis dengan skala kecil-kecilan. Pada saart ini sudah banyak sekali penyedia franchise yang menawarkan paket waralaba murah dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp. 4 juta hingga Rp. 10 jutaan.  Anda tidak perlu khawatir, dengan modal yang kecil ini anda sudah bisa memulai usaha waralaba dengan keuntungan yang cukup besar.

Bagi anda para pemula bisnis franschise, anda harus benar-benar teliti dan tidak asal pilih untuk memulai usaha bisnis waralaba. Nah, bagi anda yang ingin memuali bisnis waralaba dengan modal keicl sebaiknya anda membaca ulasan berikut ini.

  1. Sesuaikan Dengan Modal
    Untuk memulai usaha bisnis waralaba alangkah baiknya jika anda memilih usaha waralaba  dengan menyesuaikan dengan modal yang anda miliki. Setiap orang pasti memiliki modal yang berbeda entah itu modal yang didapatkan dari tabungan, gaji atau dari modal utama yang paling berharga.
     
  2. Pilih Penyedia/Pewaralaba Yang Berpengalaman dan Punya Nama
    Dengan melakukan kerjasama dengan penyedia Franchise yang berpengalaman dan sudah memiliki nama tentunya akan menjadi salah satu indikator kesuksesan bisnis anda di masa yang akan datang. Sebaiknya anda memilih penyedia yang terpercaya serta memiliki nama yang baik dan terbukti sukses, dengan begitu respon pasar terhadap bisnis waralaba yang anda jalankan akan baik.
     
  3. Lihat Segmen Pasar Dari Produk Tersebut
    Untuk menjalankan bisnis waralaba atau frenchise anda harus pintar menentukan segmen pasar terhadap jenis produk yang anda jual. Pastikan terlebih dahulu produk, konsumen serta lokasi usaha waralaba anda agar saling mendukung, bisa juga membangun usaharumahan dengan basis waralaba seperti pangestu yang cabangnya sudah banyak tersebar di seluruh indonesia dengan begitu usaha franchise akan berjalan dengan baik. Misalnya saja jika anda memlai usaha bisnis franchise makanan, maka konsumen yang anda bidik adalah semua kalangan dan semua umur. Oleh karena itu, tempat yang paling cocok adalah keramaian.
     
  4. Siap Dengan Resiko Yang Ada
    Setiap Usaha atau bisnis pasti memiliki resiko entah itu risiko yang kecil ataupun risiko yang besar. Usaha franchise modal kecil juga ada memiliki risiko kegagalan, oleh karena itu anda harus tetap optimis dan jangan pernah menyerah agar membuahkan keberhasilan walaupun modal yang anda keluarkan kecil namun anda harus yakin bahwa bisnis waralaba akan meraup keuntungan yang cukup besar.
     
  5. Pilih Waralaba yang Sudah Memiliki Izin Bisnis dan Legal
    Hal yang paling penting setelah memperhatikan modal yang anda miliki adalah kita harus kritis dalam memilih bisnis waralaba. Pastikan bisnis waralaba yang akan anda jalankan memiliki zin bisnis dan sudah dijalankan secara legal. Hal ini akan membuat kita lebih merasa tenang dan lebih fokus dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis yang kita jalani.

Itulah beberapa hal mengenai Tips Cerdas Memilih Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil. Selain beberapa tips tersebut anda juga masih harus melakukan berbagai hal lainnya untuk mendongkrak keberhasilan dari bisnis waralaba yang anda jalankan agar mendapatkan keuntungan yang besar. Semoga artikel ini bermanfaat, Terimakasih.

Bagikan :

Description
: Tips Cerdas Memilih Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Tips Cerdas Memilih Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil