Siapa saat ini yang tak mengenal Youtube? Situs berbagi video yang sangat terkenal ini sangat banyak ditonton oleh banyak orang bahkan seluruh dunia. Namun tahukah Anda bahwa Youtube bisa menghasilkan uang? Tentu bisa, yaitu dengan menjadi seorang “Youtuber”. Simaklah artikel berikut ini yang akan membahas mengenai tips cara mendapatkan uang di Youtube bagi youtubers pemula.


Apa itu Youtube?

Youtube merupakan situs milik Google yang memungkinkan pengunjung dapat menonton video secara gratis dengan berbagai jenis dan varian, seperti video edukasi, musik, video musik, berita, vlog, tutorial, dan masih banyak yang lainnya. Situs Youtube juga memperbolehkan pengunjung utnuk mengunggah video yang mereka buat di Youtube secara gratis dan tanpa ada batasan sedikitpun.
 

Lalu, apa itu Youtubers?

Youtubers merupakan pelaku internet yang kerjanya membuat video dan menguploadnya di situs Youtube. Google sebagai pemilik situs Youtube, menawarkan kepada youtubers untuk bekerja sama menjadi partner Youtube, yaitu bekerja sama dengan media periklanan Youtube. Dengan bekerja sama, nantinya video dari youtubers akan bisa menampilkan iklan dari Google Adsense Youtube. Pendapatan yang akan Anda hasilkan nantinya berasal dari penonton video Anda dan iklan yang tampil ketika di klik oleh penonton atau pengunjung video Anda.
 

Bagaimana cara mendapatkan uang di Youtube?

Google sebagai salah satu raksasa internet populer di dunia ini tentunya memiliki media periklanan. Salah satu media periklanan milik Google ialah “Google Adsense”. Siapapun bisa bekerja sama dengan Google untuk beriklan di Google, terutama Anda yang ingin memulai bisnis. Google nantinya akan membantu mempromosikan atau mendistribusikan iklan para pemasang iklan melalui publisher adsense, seperti dari kalangan blogger maupun youtuber.
 
Keuntungan Anda menjadi youtuber yaitu Anda bisa mengupload video Anda secara gratis di Youtube sebanyak – banyaknya, dan tentunya Anda bisa bekerja sama dengan Youtube dengan menjadi publisher iklan Google Adsense Youtube. Jika Anda berhasil menjadi publisher iklan Google Adsense Youtube, Anda bisa membuat setiap video yang Anda upload menayangkan iklan Google Adsense Youtube.
 
Setiap kali video Anda ditonton pengunjung Youtube kemudian video Anda memunculkan iklan Google Adsense Youtube, ketika si pengunjung mengklik iklan tersebut maka Anda akan mendapatkan komisi dari Youtube dengan nilai tertentu setiap kliknya. Semakin banyak yang mengklik iklan di video anda, maka semakin besar pula peluang Anda mendapatkan penghasilan besar dari Youtube. Berikut cara – cara yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan uang di Youtube bagi youtubers pemula.
 

Membuat akun Youtube

Pernahkah anda membuat akun di salah satu produk Google? Jika pernah, Anda dapat menggunakan akun tersebut untuk membuat akun Youtube. Berikut langkah – langkahnya.
  1. Login ke akun Google menggunakan gmail.
  2. Membuka situs Youtube: www.Youtube.com.
  3. Menampilkan halaman awal Youtube.
  4. Membuat channel di akun Youtube, dengan mengklik link “My Channel” di sebelah kiri.
  5. Muncul pilihan
Menggunakan nama asli (nama saat membuat akun email Google)
  1. klik pilihan menggunakan nama asli
Menggunakan nama lain sebagai nama channel.
  1. klik link “To use a business or another name, click here”.
  2. Menampilkan halaman baru.
  3. Masukkan nama channel yang diinginkan
  4. Pilih kategori yang sesuai
  5. Centang bagian “I agree to the Pages Terms”
  6. Klik Done
Menampilkan halaman channel yang baru dibuat.

Mulai mengupload video

Untuk mendapatkan uang dari Youtube, Anda harus mengupload konten video original di channel Youtube Anda. Konten video harus milik sendiri, atau video yang tidak melanggar hak cipta orang lain. Anda dapat membuat konten video dengan merekam atau membuat video vlog, memancing, tutorial, cover lagu, dan lainnya. Semakin banyak dan semakin menarik video yang Anda upload, akan semakin besar peluang mendapatkan uang di Youtube.
 
Banyak sekali jenis atau topik video yang dapat Anda buat dan di upload ke Youtube. Namun Anda harus memperhatikan program kebijakan Youtube jika tujuan Anda membuat video untuk mendapatkan uang di Youtube. Berikut jenis video yang dapat Anda buat, diantaranya:
  • Video slide. Merupakan video gabungan dari kumpulan foto dan disajikan dalam bentuk foto slide, video, dan lainnya.
  • Video original. Merupakan video yang dibuat menggunakan perangkat perekam video. Video jenis seperti ini bisa dibuat dengan menggunakan perekam khusus video, handphone atau smartphone, dan lainnya.
  • Video berkategori. Merupakan video yang dibuat berdasarkan kategori, seperti kategori lucu, peristiwa, hobi, musik, video musik, olahraga, vlog, dan lainnya. Yang terpenting video yang Anda buat kategorinya tidak menyalagi kebijakan Youtube dan Google Adsense.
  • Video dengan durasi 3 menit atau lebih.
 

Meningkatkan popularitas channel Youtube

Berikut beberapa cara yang Anda gunakan untuk meningkatkan popularitas channel Youtube milik Anda.
  • Selalu mengunggah video bermanfaat, menarik, dan unik.
  • Selalu mengunggah video yang memiliki kualitas baik, baik dari segi resolusi maupun segi tampilan.
  • Fokus mengunggah video yang sesuai dengan minat Anda. Jadi channel Youtube Anda perlu memiliki ciri khas agar channel Anda mudah dikenali oleh pengguna Youtube.
  • Mengajak penonton video Anda untuk men-subcribe channel Youtube Anda. Semakin banyak subcribers yang Anda miliki, maka peluang untuk mendapatkan views Anda semakin besar dan banyak.
  • Mempromosikan channel Youtube dan video Anda ke media sosial, seperti ke Instagram, Twitter, Facebook, WhatsApp, dan lainnya.
 

Mendaftar ke Google Adsense

Jika channel Youtube Anda memiliki video dengan banyak views, biasanya otomatis channel Anda akan mendapatkan undangan dari Google Andsense. Tetapi jika Anda belum mendapatkan undangannya, Anda bisa langsung daftar sendiri ke Google Adsense. Bagi Anda yang sudah memiliki akun Google Adsense, Anda tidak perlu mendaftar lagi. Anda hanya perlu menghubungkan channel Youtube Anda dengan akun Google Adsense yang Anda miliki.

Pastikan email yang digunakan sama. Setelah itu Anda hanya perlu menunggu earning yang masuk dari video Anda. Kreativitas merupakan kunci keberhasilan dalam menjadi youtuber. Semakin banyak video kreatif dan berkualitas di channel Youtube anda, peluang mendapatkan uang dari Youtube akan semakin besar juga. Besarnya uang yang didapatkan dari Youtube tergantung dari keunikan, kualitas materi video, dan jumlah views video yang Anda unggah di Youtube.
 

Optimasi video

Tujuan dari optimasi video ialah untuk mengupayakan agar video mudah sekali ditemukan oleh pengunjung Youtube dengan kata kunci pencarian yang relevan. Berikut caranya.
  • Nama file video
Sebaiknya nama file video yang akan diupload mengandung kata kunci yang ditarget. Misalkan saja Anda dapat mengganti spasi dengan tAnda strip. Contohnya yaitu “video-lucu-terbaru-2018.mp4”
  • Judul video
Sebaiknya judul video yang Anda upload menggunakan judul yang bersifat mengajak dan kata kunci diletakkan didepan judul. Tentunya nanti video Anda akan mendapatkan rangking terbaik di pencarian Youtube.
  • Deskripsi video
Sebaiknya deskripsi video yang Anda upload menggunakan kata kunci, bersifat menarik, jelas, padat, dan alami.
  • Tag video
Tag ialah suatu pengkategorian video. Sebaiknya cantumkan tag yang relevan dengan video Anda. Buatlah tag yang sesuai dan gunakan setidaknya sekitar 12 tag dengan jumlah karakter tidak lebih dari 120 karakter.
  • Thumbnail
Thumbnail ialah gambar yang mewakili isi dari video Anda. Sebaiknya gunakan thumbnail yang menarik, jelas, dan relevan. Hal ini akan meningkatkan daya tarik pengunjung Youtube untuk menonton video Anda.
  • Anotasi
Anotasi ialah teks mengambang yang tampil di atas permukaan video ketika ditonton. Sebaiknya tambahkan anotasi yang relevan dan bermanfaat pada video yang Anda upload. Gunakan anotasi untuk mengajak penonton berlangganan saluran, menyukai video, membagikan ke media sosial, ataupun untuk meninggalkan komentar setelah menonton video Anda.
 
Itulah beberapa informasi dan tips yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan uang di Youtube bagi youtubers pemula dan tentunya bisa langsung Anda praktekkan sekarang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Bagikan :

Description
: Tips Cara Mendapatkan Uang di Youtube Bagi Youtubers Pemula
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Tips Cara Mendapatkan Uang di Youtube Bagi Youtubers Pemula
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Januari 05, 2018