Berikut Info Pendaftaran CPNS 2018 Lengkap Info resmi terbaru adalah Tanggal Pendaftaran CPNS 19 September 2018, Jadwal dan Petunjuk Pendaftaran Akun SSCN BKN CPNS 2018 Registrasi Online akan resmi dipublish di web resmi sscn.bkn.go.id


Rincian Formasi Pendaftaran CPNS Pelamar Umum dan Honorer K2 di Sscn.BKN.go.id

Loker2018.Com ~ Setelah cukup lama penantian seleksi CPNS hingga di akhir bulan Agustus ini belum juga ada pengumuman resmi bakal diadakannya pendaftaran online. Lihat Cara Cepat Daftar CPNS Lewat HP.

Ada apa gerangan?

Apakah tes pendaftaran CPNS 2018-2019 benar-benar ada? Atau malah tidak ada bukaan CPNS itu tidak ada sama sekali di tahun ini.

Nah perlu sobat loker2018 ketahui bahwa sebelumnya memang ada informasi seperti ini :

Tanggal Pendaftaran CPNS 19 September 2018, Apa saja formasi yang dibuka?


Kabar baiknya adalah tidak hanya formasi umum yang dibuka kali ini melainkan juga ada tenaga Honorer K2 baik itu Guru maupun tenaga kesehatan, untuk lulusannya S1, ada juga DIII bahkan lulusa SMA.

Silahkan cek infonya berikut.

  1. Pilih info-info terbaru CPNS pada menu Daftar isi.

Pemerintah akan melaksanakan pengadaan CPNS Tahun 2018. Fokus perencanaan dan rekrutmennya diarahkan untuk meningkatkan daya saing bangsa, dengan prioritas pada bidang pelayanan dasar yang meliputi pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

“Proporsi terbesar formasi CPNS tahun ini adalah untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis yang saat ini masih kurang, antara lain tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, serta tenaga yang memiliki kualifikasi teknis di bidang infrastruktur sesuai dengan program Nawacita,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, pada acara Rapat Koordinasi Penyampaian Rincian Penetapan Kebutuhan Formasi PNS dan Persiapan Pengadaan CPNS Tahun 2018 di Komplek Bidakara, Jakarta, Kamis (06/09).

Dikatakan bahwa, prioritas perencanaan pengadaan CPNS pada jabatan-jabatan tersebut disesuaikan dengan program pembangunan Pemerintahan Kabinet Kerja dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden  M. Jusuf Kalla.

Di sisi yang lain, pengadaan CPNS tahun ini bersamaan dengan perubahan yang bergulir begitu cepat di era industri 4.0 yang bercirikan dominannya peran mesin dan otomatisasi, serta terintegrasinya sistem komputasi dan jejaring dalam proses fisik.

“Karena itu, untuk menghadapi tantangan dan mengantisipasi perubahan tersebut, kita harus mempersiapkan SDM Aparatur berkelas dunia yang berintegritas, memiliki nasionalisme, profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), ramah dan melayani (hospitality), serta memiliki daya jejaring yang kuat (networking),” ucap Syafruddin.

Saat ini jumlah PNS sekitar 4,3 juta, dengan proporsi terbesar selain guru dan tenaga kesehatan adalah tenaga pelaksana/administratif sebesar 1,6 juta atau sekitar 38% dan tenaga teknis keahlian sebesar 372 ribu atau sekitar 8,6%. Komposisi PNS yang tidak seimbang tersebut akan menyulitkan dalam menghadapi tantangan ke depan.

“Menyikapi hal tersebut serta dihadapkan pada tantangan era industri 4.0, kita memerlukan spesialisasi keahlian. Untuk itu pula, perencanaan dan usulan PNS baru, harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional dan daerah, serta sasaran Nawacita, sehingga daya saing bangsa kita semakin meningkat di kancah internasional,” sambungnya.

Pengadaan CPNS Tahun 2018 ini direncanakan akan membuka 238.015 formasi. 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat  (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda).

Petunjuk Cara Pendaftaran Registrasi Akun SSCN BKN CPNS 2018. SSCN.BKN.go.id, Sebelum melakukan proses pendaftaran bisa akses terlebih dahulu Formulir Pendaftaran CPNS 2018 dan Lihat Petunjuk Pendaftaran Akun SSCN BKN CPNS Registrasi Online.

Peruntukan instansi Pemerintah Pusat terdiri dari : Jabatan Inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi, Guru Agama sebanyak 8.000 formasi (Formasi CPNS Guru 2018), Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 formasi (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis) Lihat Formasi Perawat Honorer 2018, serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Penetapan formasi khusus pengadaan CPNS Tahun 2018 terdiri dari Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Untuk persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh setiap calon pelamar disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Teknis pendaftarannya dilakukan serentak secara daring/online oleh Panitia Seleksi Nasional yang secara teknis dikoordinasikan oleh Badan Kepegawaian Negara melalui portal pendaftaran daring/online (sscn.bkn.go.id). Calon pelamar hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan.

Ada tiga tahapan seleksi pelamar CPNS, yakni seleksi administrasi, SKD, dan SKB. Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan, pelamar harus lolos seleksi administrasi. SKD merupakan salah satu tahapan setelah pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi. Seperti tahun lalu, pelaksanaan SKD CPNS tahun 2018 ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan, peserta SKD harus melampaui nilai ambang batas (passing grade) seperti diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018.

Pada penerimaan CPNS tahun ini dibuka formasi khusus yang terdiri dari lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, olahragawan berprestasi internasional, serta tenaga pendidik dan tenaga kesehatan eks tenaga honorer kategori II yang memenuhi persyaratan.

Terkait dengan pelamar Diaspora, dialokasikan untuk formasi jabatan peneliti, dosen, dan perekayasa dengan pendidikan minimal Strata 2. Khusus untuk perekayasa, dapat dilamar dari lulusan Strata 1.

“Diaspora merupakan formasi khusus yang dibuka pertama kali tahun 2018 ini,” ujarnya.

Formasi khusus yang sempat menyita perhatian masyarakat pasca Asian Games adalah atlet berprestasi internasional. Dalam hal ini, pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Menpora, dan merujuk pada ketentuan Permenpora No. 6/2018 tentang Persyaratan dan Mekanisme Seleksi, dan Pengangkatan Olahragawan Berprestasi menjadi CPNS tahun 2018.

Mekanisme/sistem pendaftaran untuk eks THK-II dilakukan tersendiri di bawah koordinasi BKN. Pendaftar dari eks THK-II yang telah diverifikasi dokumennya wajib mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Jadwal pelaksanaan pengadaan CPNS Tahun 2018 direncanakan mulai bulan September 2018. Diawali dengan tahap pengumuman, pendaftaran dan verifikasi administrasi pada minggu kedua September sampai dengan minggu kedua Oktober 2018. Pelaksanaan seleksi pada minggu ketiga Oktober 2018 (SKD dan SKB). Pengumuman kelulusan pada minggu keempat November 2018. Sedangkan tahap pemberkasan dimulai pada bulan Desember 2018.

Masyarakat diminta memantau informasi mengenai rekrutmen CPNS ini melalui situs Kementerian PANRB yakni menpan.go.id dan situs BKN melalui sscn.bkn.go.id. Mantan Wakapolri ini juga menyampaikan bahwa masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap seseorang yang menjanjikan dapat masuk menjadi CPNS.

“Jadi jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang,” imbuhnya.
Download Formasi CPNS 2018

Cara Mendaftar CPNS di Situs SSCN BKN!

Cara Mendaftar CPNS di Situs SSCN BKN! Pemerintah membuka pendaftaran puluhan ribu pegawai negeri sipil (CPNS) di Mahkamah Agung (MA) dan Kemenkumham khusus pelamar D3. 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memperingatkan bahwa pendaftaran dilakukan secara online secara resmi hanya melalui situs https://sscn.bkn.go.id.

Cara Mendaftar CPNS di Situs SSCN BKN yaitu harus mempersiapkan semua yang terkait dengan identitas Anda sehingga dapat dimasukkan dengan data yang sama, seperti nama, tempat lahir dan jenis kelamin menurut akte kelahiran. Jika terdapat perbedaan atas data identitas segera diperbaiki di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, ”kata siaran pers dari Biro Hubungan Masyarakat PANRB.

Berikut ini adalah langkah-langkah lengkap tentang cara mendaftar CPNS di situs web SSCN BKN yang dikutip dari Panduan Pendaftaran:

Dokumen yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaftarkan CPNS Melalui Portal SSCN. Sebelum mendaftar dengan pihak yang bersangkutan, pastikan pelamar telah menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. 

Dokumen ini terdiri dari:
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Identitas (KTP)
3. Diploma
4. Transkrip Nilai
5. Lewati foto
6. Dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan institusi yang akan diterapkan

Ketentuan yang Harus Diketahui Sebelum Mendaftarkan CPNS di Portal SSCN
1.      Pelamar harus masuk ke portal SSCN: https://sscn.bkn.go.id
2.      Klik "Pengumuman" untuk menemukan informasi tentang institusi yang dibuka
3.      Pilih agensi untuk dilihat. Agensi terlampir adalah agensi yang dilampirkan ke agensi yang telah terdaftar atau akan dibuka.
4.      Pelamar hanya dapat mengajukan permohonan untuk 1 (satu) posisi dalam 1 (satu) jenis formasi (Formasi Umum atau Formasi Khusus untuk Lulusan Terbaik (cum-laude) atau Formasi Khusus untuk Pria / Wanita Papua dan Papua Barat atau Formasi Cacat Khusus) di 1 (satu) agensi pada periode yang sama. Dan pelamar dapat mendaftar di berbagai institusi dalam periode yang berbeda.
5.      Klik "Jadwal dan Persyaratan" untuk melihat jadwal
6.      Klik "Helpdesk & Complaint" untuk bantuan dan keluhan
7.      Klik "FAQ" untuk menemukan masalah
8.      Klik "Call Center" untuk menghubungi agen pendaftaran terkait

Bagaimana Cara Mendaftar CPNS di Situs SSCN BKN?

 1. Cara Mendaftar di Portal SSCN
Jika pemohon siap mendaftar, langkah-langkahnya adalah:
1.      Klik "Daftar" dan halaman untuk mengisi Nomor Registrasi Populasi dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Family Head (NIK KK) akan muncul.
2.      Masukkan Nomor Pendaftaran Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau Kepala Keluarga (NIK KK)
3.      Jika pemohon tidak dapat mendaftar mengenai data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silakan hubungi Kantor Catatan Sipil dan Kependudukan sesuai dengan KTP pemohon, bukan agen atau Badan Layanan Sipil Negara (BKN) sebagai Komite Pilihan (Panselnas)
4.      Masukkan kode captcha terlampir. Kode captcha tidak case sensitive
5.      Setelah semua data di atas telah dimasukkan, kemudian klik "Lanjutkan" untuk proses selanjutnya.
6.      Dalam proses ini, pelamar mengisi dan membandingkan data pada KTP mereka dengan data diploma. Proses pengarsipan CPNS menggunakan data diploma sebagai data karyawan dasar yang terdiri dari nama tanpa judul, tempat dan tanggal lahir. Pastikan Anda mengisi data dengan benar.
7.      Data lain yang harus diisi, terdiri dari data:
         E-mail. Masukkan e-mail aktif dan valid
         Kata Sandi. Masukkan kata sandi yang mudah diingat. Harap dicatat dan simpan kata sandi Anda karena akan digunakan untuk memasukkan
         Pertanyaan Keamanan 1. Pilih pertanyaan keamanan Anda
         Jawaban keamanan. Masukkan pertanyaan keamanan 1 jawaban yang telah Anda pilih
         Pertanyaan Keamanan 2. Pilih pertanyaan keamanan Anda
         Jawaban keamanan. Masukkan pertanyaan keamanan jawaban 2 yang telah Anda pilih
         Captcha. Masukkan kode captcha yang muncul di layar
8.      Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau diubah.
9.      Kemudian klik "Daftar"
10.  Proses selanjutnya, Anda memasukkan halaman pemberitahuan bahwa pendaftaran ke portal SSCN berhasil, klik "Cetak Informasi Pendaftaran" untuk mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pemohon telah berhasil mendaftar ke portal SSCN. Simpan kartu dengan benar.
11.  Klik "Lanjutkan Masuk" untuk pergi ke formulir berikutnya.

Bagaimana Metode Pendaftaran CPNS di Situs SSCN BKN Aman?

 2. Masukkan Portal SSCN dan Isi Biodata
         Setelah pemohon berhasil mendaftar, silakan ke https://sscn.bkn.go.id dengan mengklik tombol "Login" yang memilih di sudut kanan atas
         Masukkan NIK dan kata sandi Anda. Kemudian halaman Form Biodata Peserta akan muncul.
         Masukkan Formulir Biodata Pemohon. Domisili, Provinsi, Kabupaten / Kota, Nomor Telepon, Tinggi, Status Pernikahan dan Nomor Ponsel.
         Klik "Simpan" jika data selesai.
         Setelah pelamar mengisi biodata, klik "Daftar" untuk proses pembaruan pendaftaran yang dimaksudkan.

3. Daftar Agensi
1.      Masukkan halaman Formulir Pendaftaran SSCN. Pilih Tipe Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh agensi. Jenis Opsi Formasi dapat digunakan dalam Pengumuman Agensi
2.      Pilih institusi tujuan
3.      Klik "Periksa" dan formulir Pendaftaran akan muncul. Bagi yang ingin bertemu, klik "Daftar" lagi untuk mengatur ulang institusi yang menggunakan SSCN. Sementara lembaga yang tidak menggunakan SSCN hanya dapat mengklik tombol "Periksa" sekali, data akan disimpan dalam Sejarah sebagai pelamar untuk lembaga Non SSCN. Pelamar tidak dapat mengubah institusi.
4.      Lembaga yang muncul adalah lembaga yang telah membuka pendaftarannya sesuai dengan pengumuman dari lembaga.
5.      Klik pilih notifikasi yang akan muncul, klik OK untuk melanjutkan
6.      Masukkan Formulir Pendaftaran
7.      Pilih pendidikan sesuai dengan ijazah
8.      Pilih posisi yang akan diterapkan. Posisi akan muncul sesuai dengan pendidikan yang dipilih
9.      Pilih Lokasi Kerja untuk memberikan informasi lowongan pekerjaan
10.  Pilih Lokasi Tes untuk memberikan lokasi pemohon untuk memilih Lokasi Tes
11.  Ketik nama Universitas atau sekolah sesuai dengan ijazah.
12.  Isi Tanggal Diploma dan Tahun Wisuda sebagaimana tercantum dalam Diploma.
13.  Pilih Program Akreditasi Pendidikan Tinggi dan Akreditasi Studi untuk universitas. Untuk pelamar SMA yang setara, akreditasi "Lainnya" dapat dipilih
14.  Isi nilai IPK menggunakan periode (.) Dan dua digit di belakang koma atau nilai diploma untuk lulusan SMA yang setara.
15.  Isi nomor ijazah
16.  Isi kode captcha sesuai dengan gambar yang muncul
17.  Sebelum mengklik "Daftar", pilih apa yang ingin Anda terapkan ke Agensi karena pemohon hanya dapat mendaftar di satu institusi dan satu periode. Pendaftar dapat mendaftar secara berbeda dengan periode (batch) yang berbeda
18.  Klik "Kotak" dan klik "Daftar"
19.  Data pelamar akan memasuki database SSCN
20.  Untuk pelamar non SSCN 2017 (lembaga yang tidak menggunakan SSCN, atau menggunakan portal pendaftaran mereka sendiri), setelah memilih lembaga non-SSCN, mereka akan diarahkan ke portal alamat untuk proses registrasi pendaftaran.
21.  Maka halaman Print Card akan muncul.

Apakah Cara Pendaftaran CPNS di Situs SSCN BKN Ini Dipungut Biaya?


4. Riwayat Aplikasi SSCN

1. Setiap pendaftaran yang dikirim oleh pemohon dapat dilihat dan diperiksa statusnya di menu Riwayat dimulai:
a.       Sebuah. Agen: Agen terapan
b.      Tipe Formasi: Jenis formasi sesuai dengan yang dipilih
c.       Tanggal Registrasi: tanggal registrasi registrasi daftar registrasi
d.      Batch: periode terapan
e.       SSCN: informasi tentang apakah institusi menggunakan SSCN atau Non SSCN
f.       Status administratif: status proses administrasi pemohon
g.      Registrasi: tombol untuk mencetak Kartu Registrasi
h.      Ujian: tombol untuk mencetak Kartu Ujian saya.
i.        Dokumen: tombol untuk mengunggah (mengunggah) Dokumen sebagai persyaratan sesuai dengan Pengumuman Badan.
2. Untuk mencetak ulang Kartu Registrasi, klik "Cetak" di kolom Registrasi.
3. Untuk mengunggah dokumen, klik "Dokumen", maka Formulir Unggah Dokumen akan muncul.
4. Jenis dokumen ini akan muncul sesuai dengan kebutuhan pelamar
         Pilih dokumen untuk diunggah (unggah) di komputer Anda, klik "Pilih File"
         Dokumen yang diunggah harus dalam bentuk gambar (.jpg / .jpeg.png) atau dalam bentuk .pdf dengan maksimum 200 kilobyte
         Nama dokumen akan muncul setelah dipilih
         Klik "Unggah" untuk menyimpan dan sistem akan memvalidasi dokumen
         Setelah berhasil memvalidasi dokumen, itu akan disimpan dalam sistem
         Untuk membatalkan, klik "Kembali"
Kartu Tes

Untuk mencetak Kartu Ujian, pilih kolom lalu klik "Cetak" di kolom Ujian. Kartu Ujian dapat berubah untuk pelamar yang lulus verifikasi sebagai bukti untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Semoga artikel tentang cara mendaftarkan CPNS di situs web SSCN BKN berguna untuk Anda, dan terima kasih untuk artikel ini.

_     _     _   _    _




Dan itu bukan kabar hoax karena memang ada sebuah pernyataan Menpan yang isinya seperti berikut:
“Rencananya akhir Juli ini, tapi itu kan fleksibel saja ya karena merumuskan formasi itu kan nggak gampang,” ujar Menpan, Rabu (11/7/ 2018) di gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.
Lalu kenapa hingga kini penerimaan CPNS 2018 itu belum dimulai? Sudah sampai mana proses persiapan seleksi CPNS 2018 yang akan digelar?

Dan yang terbaru di tanggal 14 Agustus 2018 lalu, ternyata Menpan Asman mengundurkan diri dari posisinya.

Lah koq gitu? Lalu bagaimana dengan bukaan CPNS 2018? Terus kapan Tanggal Pendaftaran CPNS 2018-2019 dan Jadwal Daftar Online?

Berikut alasan Menpan mengundurkan diri :

Pengunduran Asman sebagai bentuk sikap PAN mengusung Prabowo-Sandiaga, “Saya tidak mau keberadaan saya membebani Presiden karena tuntutan dari koalisi,” ucap Asman, yang merupakan kader PAN itu.
Meskipun Menpan baru telah dilantik yakni Syafruddin ternyata proses persiapan CPNS 2018 tetap berjalan dan itu tercermin dari kemajuan proses dengan mulai diadakannya proses sosialisasi oleh BKN, tepatnya 2 hari lalu di tanggal 25 Agustus 2018.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang baru, Syafruddin, memastikan pendaftaran CPNS 2018 tetap akan digelar tahun ini.

Tahapan pendaftaran CPNS 2018 dimulai dengan pengumuman pembukaan pendaftaran melalui website resmi Kemenpan RB di https://menpan.go.id.

Tentang teknisnya didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 11/2017 tentang Manajemen PNS, di pasal 22 diatur secara jelas tentang mekanisme pengumuman lowongan PNS.

Pada pasal Pasal 22 ayat 1 disebutkan: panitia seleksi instansi pengadaan PNS mengumumkan lowongan Jabatan PNS secara terbuka kepada masyarakat berdasarkan pengumuman lowongan oleh panitia seleksi nasional pengadaan PNS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21.

Ayat 2: Pengumuman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan paling singkat 15 (lima belas) hari kalender.

Kemudian Pelaksanaannya akan berlangsung secara online :
"Secara persiapan kami sudah semua, karena semua terfokus pada sistem online. Kalau persyaratan sama semua, tinggal teman-teman download, dan bisa dilihat di situs BKD atau Menpan RB," jelas Karo Humas BKN.
Akun resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan kepada para calon pendaftar bahwa situs resmi pendaftaran CPNS 2018.

Hanya ada satu portal yakni situs SSCN.

"Hanya ada satu portal dalam penerimaan CPNS 2018 #SobatBKN yaitu SSCN dan terjamin transparansinya,"  tulis BKN di akun resmi twitternya.

Mengapa pernyataan-pernyataan akhir-akhir ini terkait dengan pendaftaran CPNS berasal dari BKN?

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, BKN ditugaskan untuk mengumumkan penerimaan CPNS.

"Di PP 11 2017, kami berkewajiban untuk mengumumkan itu, paling tidak (selama) 3 minggu. Mereka (masyarakat) bisa mendaftar online di sscn.bkn.go.id. Itu kira-kira di kasih waktu 1 bulan, setelah itu akan ada seleksi kompetensi dasar oleh BKN, kemudian mungkin ada seleksi kompetensi bidang oleh kementerian, lembaga dan daerah masing-masing. Setelah itu selesai," ungkap dia.

Apa yang dinantikan mengenai kapan bukaan CPNS 2018 sudah hampir pasti, dan bocoran Menpan mengenai jadwal baik itu waktu pengumuman formasi maupun waktu pendaftaran CPNS 2018, yakni Info Pendaftaran CPNS 2018 Jadwal Penerimaan Formasi Pembukaan Juli.

Informasi selengkapnya adalah sebagai berikut.

Update tahapan CPNS sebelumnya bisa cek di gambar berikut. Namun ternyata ada perubahan sedikit mengenai jadwal pengumuman formasi yang akan digelar akhir Juni atau bulan Juli 2018 (beberapa hari ke depan), cek info selengkapnya.


Jadwal Pendaftaran CPNS Juli 2018 Online Pelamar Umum sscn.bkn.go.id

Lebih lanjut mengenai pengumuman pendaftaran CPNS 2018 bisa cek beberapa link berikut,


Rincian Formasi CPNS 2018 yang akan dibuka

Mayoritas formasi yang akan dibuka pada seleksi CPNS kali ini adalah formasi daerah, ada banyak lowongan untuk di daerah, ayo ditunggu bersama-sama pengumuman formasi tersebut.

Dan sebagian daerah pun telah merilis jumlah formasi, sebagai contoh kepala BKD Kalimantan Selatan pada 17 Mei 2018.

Kepala BKD Kalsel, Perkasa Alam mengatakan informasi tersebut baru dikabarkan Menpan RB dalam minggu ini.

"Baru saja dirilis oleh Menpan RB," ujarnya, Kamis (17/05/2018) kepada Banjarmasinpost.co.id.

Sebelumnya Pemprov Kalsel mengusulkan 874 formasi untuk lingkungan Pemprov Kalsel. Dari total formasi yang diusulkan paling banyak formasi guru, tenaga kesehatan dan infrastruktur pembangunan, sisanya adalah lulusan ekonomi dan lain-lain.

Jika diumumkan setelah pilkada serentak maka minimal pengumuman akan dilakukan pada akhir Juni.

Rincian Semua Formasi CPNS 2018 Daerah, silahkan cek link yang aktif berikut :

Berikut Pengumuman Tanggal Pendaftaran CPNS 2018 :

Akhir – akhir ini banyak orang yang sedang menunggu pengumuman jadwal pendaftaran CPNS dan lowongan formasi terbaru 2018. Kapan tanggal pelaksanaan pendaftaran CPNS 2018 tersebut?
Pelaksanaan Pendaftaran CPNS 2018 akan diselenggarakan selesai Pilkada 2018 atau menurut perkiraan pengumuman Pendaftaran CPNS 2018 antara akhir Juli dan awal Agustus 2018.
Hingga kini tepatnya di bulan Juni 2018, belum ada kabar resmi mengenai kapan tanggal bukaan CPNS 2018, hanya saja diketahui bahwa pelaksanaan rekrutmen CPNS 2018 tersebut akan segera berlangsung dalam waktu dekat.
‎"Sekarang sedang masuk semua permintaannya, tetapi kita kan sedang menghitung kebutuhan riil, apakah benar yang diajukan sesuai dengan beban kerja, sesuai dengan target yang mau dihasilkan apa. Jadi SDM seperti apa yang dibutuhkan. Ini sedang kita sisir masing-masing K/L, Setelah Pilkada. Tapi yang jelas formasinya sedang kita proses." ujar Menpan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Tes penerimaan CPNS 2018, kata dia, akan dilaksanakan seusai pemilihan kepala daerah. Menurut perhitungan Badan Kepegawaian Negara (BKN), tes akan dilangsungkan 10-20 hari setelah pencoblosan yang jatuh pada 27 Juni 2018.

Meskipun tanggalnya belum diketahui, maka menurut informasi yang beredar bahwa pelaksanaan pendaftaran CPNS akan berlangsung di bulan Maret hingga April tahun ini. Berdasarkan keterangan terbarunya dari Kementrian PAN-RB, Asman Abnur, bahwa penerimaan CPNS 2018 masih dalam proses validasi data usulan formasi dari setiap daerah.
“Pemprov Jatim akan membuka pendaftaran CPNS pada Mei 2018,” jelas Kepala BKD Jatim, Siswo Heroetoto , Pada Hari Selasa Tanggal 13 Februari 2018.
Pendaftaran diperuntukkan untuk Sejumlah Pemprov dan pemkot kemudian cukup banyak di lowongan CPNS pemkab.  Selanjutnya untuk pelaksanaan tes CPNS 2018 akan digelar serentak pada Juli 2018.
“Semua hasil tes dan peserta yang berhak mekanjutkan ke tahapan tes berikutnya akan disampaikan secara terbuka. Daftarnya akan dipajang setelah mengerjakan di ruang tes,” terang Siswo.

Kemenpan & RB Masih tunggu usulan Formasi 6 K/L dan 1 Pemda

Berdasarkan laman situs Sekretariat Kabinet RI, Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan BKN tertanggal 12 Januari lalu setidaknya ada 6 kementerian atau lembaga dan satu pemerintah daerah yang hingga kini belum mengajukan usul penetapan formasi CPNS 2018.

Adapun instansi yang dimaksud adalah (1). Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), (2). Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), (3). Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), (4). Badan Keamanan Laut (Bakamla), (5). Kementerian Pertahanan (Kemenhan), dan (6). Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi. Lalu Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Usulan ini masih akan diterima terakhir pada penghujung bulan Februari 2018.

Jumlah Formasi CPNS 2018 yang akan diterima

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada tahun 2017 telah mengumumkan mengenai seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) daerah akan dibuka secara nasional pada tahun 2018. Setidaknya akan ada 220.000 posisi yang pensiun di tahun 2017. Sebanyak 38.000 berasal dari pemerintah pusat, dan sisanya dari pemerintah daerah.

Hal – hal yang perlu Anda ketahui mengenai Pendaftaran CPNS 2018

·      Tujuan seleksi penerimaan CPNS 2018

Pemerintah kembali membuka seleksi penerimaan CPNS 2018 – 2019 dilakukan untuk memprioritaskan pembangunan daerah, seperti:
-          Dari 220 PNS yang pensiun, periode seleksi penerimaan CPNS 2018 kali ini akan dilakukan sekitar 50 – 60 % dari jumlah tersebut dan sesuai dengan usulan gubernur atau bupati setempat.
-          Pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS kali ini akan dilakukan di pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten atau kota.
-          Masing – masing pemerintahan memiliki kewenangan dan kebajikan, serta tidak melenceng dari peraturan yang sudah ditetapkan.
-          Untuk daerah tertentu, posisi cpns yang kosong akan diisi dengan orang yang mendaftar CPNS 2018 yang memiliki keterampilan khusus pada suatu bidang tertentu.

·      Sekitar 110 posisi CPNS akan dibuka

Perkiraan 220.000 PNS yang akan pensiun di tahun 2017, pemerintah membuka lagi seleksi pendaftaran CPNS. Seleksi penerimaan CPNS ini tidak 100 % dari jumlah PNS yang pensiun, tetapi hanya sekitar 50 – 60% dari total PNS yang pensiun yaitu sekitar 110.000 orang saja. Jadi Anda perlu berusaha keras untuk menjadi bagian dari 110.000 orang dan terpilih menjadi PNS di seluruh Indonesia.

·      Dibuka untuk posisi PNS yang belum terisi

Selain dikarenakan banyaknya PNS yang pensiun di tahun 2017, pembukaan seleksi penerimaan CPNS 2018 ini juga dikarenakan banyaknya posisi kosong yang masih belum terisi. Contohnya saja pada sector BNN. Pada bagian tersebut masih kekurangan pegawai yang bisa menjadi pelatih anjing pelacak narkoba.

·      Pembukaan penerimaan CPNS direncanakan pada awal tahun 2018

Banyaknya PNS yang pensiun di tahun 2017, pembukaan seleksi penerimaan CPNS perlu dilakukan secepat mungkin, yaitu pada awal tahun 2018. Hal ini dilakukan agar terhindar dari beberapa hal yang berkaitan dengan pekerjaan tidak terbengkalai dan tidak tertunda karena kurangnya tenaga kerja yang seharusnya mengerjakan pekerjaan tersebut telah pensiun dari pekerjaannya.

Persiapan proses pendaftaran CPNS 2018

Persiapan proses pendaftaran CPNS merupakan persiapan yang wajib dilakukan dan dilalui setiap seleksi penerimaan CPNS. Berikut persiapan yang dipersiapan baik dari sisi panitia maupun sisi peserta.

·      Sisi panitia

Panitia telah menganilisis jabatan kebutuhan daerah dari formasi yang telah diusulkan dari masing – masing pemerintah daerah. Setelah dianalisis hasilnya akan dijadikan pengumuman formasi.

·      Sisi peserta

Membludaknya pendaftar CPNS periode sebelumnya dengan 1.2 juta pelamar memperebutkan 35.000 peluang, itu menjadi informasi untuk Anda agar mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin untuk mendaftar di seleksi penerimaan CPNS 2018 dan terpilih menjadi PNS.

Pengumuman formasi pendaftaran CPNS 2018

Hingga saat ini belum ada kabar mengenai kapan jadwal seleksi CPNS 2018 dimulai. Keputusan akhir yang dipegang oleh Menpan mengatakan bahwa pengumuman itu akan diumumkan sekitar 2 bulan kedepan, yang artinya jika tidak di bulan Februari, berarti di bulan Maret 2018.

Pelaksanaan pendaftaran CPNS 2018

Proses pendaftaran CPNS biasanya hanya dibuka dengan rentang waktu yang tidak begitu lama, yaitu sekitar 10 hari hingga 2 mingguan. Hal tersebut menjadi alasan Anda sebagai calon pendaftar untuk selalu update dan jangan sampai ketinggalan informasi mengenai jadwal pelaksanaan pendaftaran CPNS 2018.

Banyaknya persyaratan yang harus disiapkan seperti SKCK dari kepolisian, Kartu Kuning atau Kartu Tanda Lamaran Pekerjaan dari Kemnaker, akan membutuhkan waktu lama jika diproses pada saat pelaksanaan jadwal pendaftaran CPNS.

Cara pendaftaran CPNS 2018 secara online

Jika jadwal seleksi penerimaan CPNS 2018 dimulai, inilah saatnya untuk Anda melakukan pendaftaran CPNS 2018 secara online. Berikut cara pendaftarannya.
-          Membuka web dengan alamat www.sscn.bkn.go.id
-          Mengakses bagian Formulir Pendaftaran CPNS 2018
-          Mengisi formulir registrasi sesuai prosedur yang telah ditetapkan
-          Print out hasil pendaftaran.
-          Menggabungkan hasil print out hasil pendaftaran online dengan berkas – berkas persyaratan CPNS 2018 lainnya kemudian mengirim berkas tersebut ke BKD atau BKPP daerah tempat dilaksanakannya seleksi tes CPNS 2018 via kantor pos.

Pengumuman kelulusan seleksi CPNS 2018

Proses pengumuman kelulusan seleksi CPNS 2018 cukup panjang dan bisa diakses secara offline dan online. Untuk online pengumuman kelulusan akan diumumkan di situs resmi CPNS, sedangkan untuk offline, diumumkan di instansi resmi pegawai daerah.

Alasan perlu menjadi PNS

Berikut beberapa alasan mengapa perlu menjadi pegawai negeri sipil.

·         Tidak perlu khawatir di PHK

Jika Anda menjadi pegawai negeri sipil, Anda tidak perlu khawatir akan diberhentikan dari pekerjaan dikarenakan suatu hal, seperti dikarenakan kondisi perekonomian maupun instansi tempat Anda bekerja. Anda hanya perlu fokus pada bidang pekerjaan yang Anda geluti agar hasil pekerjaan yang Anda kerjakan menjadi lebih baik dan bagus.

·         Banyak tunjangan, selain gaji pokok

Jika Anda menjadi pegawai negeri sipil, Anda akan mendapatkan banyak tunjungan selain gaji pokok anda. Contohnya seperti tunjangan keluarga, tunjangan makan, dan tunjangan kinerja.

·         Memiliki waktu berwirausaha

Jika Anda sudah diterima menjadi pegawai negeri sipil, Anda juga bisa menjadi wirausahawan. Dikarenakan menjadi seoran PNS memiliki jam kerja, Anda dapat memanfaatkan waktu luang Anda untuk merintis suatu usaha baru untuk dijadikan pekerjaan sampingan.

·         Ikut turun tangan membantu pemerintahan

Jika Anda menjadi pegawai negeri sipil, Anda dapat langsung turun tangan membantu pemerintahan dengan menjadi salah satu bagian dari suatu lembaga atau kementerian terkait.

·         Bertemu orang penting di Indonesia

Jika Anda menjadi pegawai negeri sipil, Anda memiliki kesempatan untuk bertemu orang – orang penting di Indonesia.terutama jika Anda menjadi pns di bagian lembaga atau kementerian yang terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh wakil rakyat.

Ketentuan dan persyaratan pendaftaran CPNS 2018

Berikut merupakan ketentuan umum, persyaratan umum, dan persyaratan khusus untuk mendaftar CPNS 2018.

·      Ketentuan umum

-          Terbuka untuk semua Warga Negara Indonesia
-          Pelamar bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi dilokasi yang ditentukan dan menggunakan biaya sendiri.

·      Persyaratan umum CPNS Daerah 2018

-          Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
-          Setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI.
-          Sehat jasmani dan rohani.
-          Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara.
-          Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat / tidak atas permintaan sendiri
-          Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri
-          Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta
-          Tidak berkedudukan sebagai CPNS/ONS/Calon Anggota TNI/Polri
-          Tidak berkedudukan sebagai Anggota TNI/Polri
-          Tidak sedang terikat dengan perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.
-          Tidak menjadi pengurus dan atau anggota parpol

·      Persyaratan khusus Pendaftaran CPNS 2018

-          Memiliki ijazah Diploma, Sarjana, dan Magister
-          Lulusan perguruan tinggi negeri ataupun swasta yang terakreditasi oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) atau perguruan tinggi luar negeri yang mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
-          Memiliki IPK minimal 3.00 untuk S2 dan 2.65 untuk S1.
-          Berusia minimal 18 tahun (lahir sebelum 30 November 1998)
-          Berusia maksimal 30 tahun (lahir setelah 30 November 1986) untuk pelamar S1, sedangkan untuk pelamar S2 maksimal berusia 32 tahun (lahir setelah 30 November 1984).
-          Memiliki nilai TOEFL 400 untuk S1, sedangkan S2 memiliki nilai TOEFL 500 (pelaksanaan tes dalam tahun 2017)

·      Persyaratan Pendaftaran CPNS 2018 SMA

-          Untuk info terbarunya cek Pendaftaran CPNS 2018 Jalur Umum Lulusan SMA.

Tata cara dan syarat pendaftaran CPNS Daerah 2018

1.    Proses pendaftaran yang diakses secara online masing – masing kementerian/CPNS daerah yang dumumkan.

2.    Mengisi form pendaftaran dan mencetaknya kemudian ditandatangani menggunakan tinta hitam.

3.    Mendapatkan nomor pendaftaran.

4.    Mengunggah berkas pendaftaran, seperti:
-       Pas foto terbaru background merah yang berformat JPG dengan besar maksimal 400 kb.
-       Scan ijazah asli yang berformat JPG dengan besar maksimal 400 kb.
-       Scan transkrip asli nilai akademis yang berformat JPG dengan besar maksimal 400 kb.

5.    Berkas pendaftaran yang disusun rapi sesuai urutan dan dimasukkan kedalam map dan map dimasukkan ke dalam amplop coklat, serta menulis nomor pendaftaran di pojok kiri atas amplop. Langkah terakhir dikirimkan melalui pos tercatat di situs online. Berkas pendaftarannya  seperti:
-       Form pendaftaran yang sudah dicetak dan ditempelkan di sampul map
-       Unduhan Daftar Riwayat Hidup (RDH) dari akun pelamar
-       1 lembar fotocopy ijazah berlegalisir
-       1 transkrip nilai berlegalisir
-       Fotocopy surat keterangan sehat dari dokter
-       Unduhan Surat pernyataan dari akun pelamar beserta tandatangan di atas materai Rp. 6.000.
-       Pas foto terbaru background merah 3 lembar: 1 lembar ditempel di form pendaftaran dan 2 lembar diberi nama di belakang foto.
-       Fotocopy sertifikat TOEFL.
-       Fotocopy KTP yang masih berlaku.

Pelaksanaan ujian CPNS 2018

-          Pelamar yang memenuhi syarat administrasi akan diumumkan secara online dan dapat mencetak kartu tanda peserta ujian di situs online masing – masing kementerian/CPNS daerah.
-          Untuk pelamar yang lulus seleksi administrasi, kemudian akan mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD).
-          Pelamar yang memenuhi syarat administrasi

Syarat yang harus dibawa saat mengikuti ujian ialah KTP asli, ijazah asli, transkrip nilai akademis asli, dan kartu tanda peserta ujian. Jika tidak membawa persyaratan tersebut ataupun tidak hadir saat jadwal ujian, pelamar tidak dapat mengikuti ujian dan dinyatakan gugur. Pengumuman dan jadwal ujian dapat di lihat di situs online masing – masing kementerian/CPNS daerah.

Itulah beberapa informasi mengenai Pendaftaran CPNS 2018. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi Anda yang ingin menjadi bagian dari PNS 2018. Semoga sukses.

Bagikan :

Description
: Rincian Formasi dan Cara Pendaftaran CPNS Pelamar Umum - Honorer K2 di Sscn.BKN.go.id
Rating
: 4.5
Reviewer
: Cessa Morena
ItemReviewed
: Rincian Formasi dan Cara Pendaftaran CPNS Pelamar Umum - Honorer K2 di Sscn.BKN.go.id
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:September 10, 2018